3 Syarat Sedekah yang Harus Kamu Tahu Agar Diterima

sumber gambar : istock

Sedekah harus dilakukan dengan memperhatikan syarat-syarat yang sesuai dengan ajaran agama Islam agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Ini dia syarat sedekah yang harus dilakukan.


Sebagai umat muslim yang beriman harus selalu beribadah di jalan Allah SWT. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah bersedekah. Sedekah merupakan salah satu ibadah yang mendatangkan keberkahan yang banyak. Sedekah juga harus dilakukan sesuai dengan syarat sedekah.

Syarat dari sedekah tersebut berguna agar sedekah yang sudah dilakukan lebih diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dan syarat tersebut dapat menjadikan orang yang bersedekah menjadi orang yang dikehendaki oleh Allah untuk menerima kebaikan-Nya.

Makna Sedekah

Sedekah merupakan salah satu perbuatan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Dalam bahasa Indonesia, sedekah merupakan suatu kegiatan berupa memberikan sesuatu hal bagi orang-orang yang mampu kepada orang-orang yang membutuhkannya.

Sedekah dapat dilakukan setiap hari dan dimana saja. Yang perlu diperhatikan adalah sedekah bukan termasuk dalam zakat. Sehingga sedekah bisa dilakukan secara berulang di luar kewajiban zakat. Dalam bersedekah tidak ada sedikitpun jumlah minimal ataupun maksimal dari nominal yang dikeluarkan.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 245 pada Al-Qur’an, Allah menyebutkan bahwa siapapun yang memberikan rezeki yang dimiliki maka Allah akan senantiasa melipatgandakan gantinya berkali kali lipat. Hal ini berarti bersedekah dapat mendatangkan rezeki yang lebih dan diberkahi oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW juga selalu memberikan peringatan kepada umatnya agar selalu bersedekah setiap hari untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera dibandingkan sebelumnya. Rasulullah SAW juga menerangkan bahwa orang yang ingin bersedekah harus mengeluarkan sesuai kemampuan.

Dan sesuai dengan kapasitas pribadi. Bersedekah juga tidak hanya berhubungan dengan harta atau materi saja, bersedekah juga dapat berupa selalu berperilaku baik yang dilakukan untuk orang lain. Nabi Muhammad SAW bahwa perilaku kebaikan dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Berikut ini beberapa kebaikan yang bisa dikategorikan sebagai perilaku bersedekah.

  1. Selalu mengucapkan kalimat tasbih, takbir, tahmid, dan tahlil. Kalimat tersebut harus diucapkan dengan sungguh-sungguh dan khidmat, dan dapat diucapkan setiap hari.
  2. Selalu mengajak untuk berbuat kebaikan pada orang lain serta mengingatkan orang lain untuk tidak berbuat hal-hal yang tidak disukai dan dilarang oleh Allah SWT.
  3. Menuntun orang yang tidak bisa melihat untuk menyeberang di jalan.
  4. Menyingkirkan batu yang ada di jalan agar orang lain lebih mudah untuk melalui jalan tersebut.
  5. Memberikan jawaban atau petunjuk yang jelas jika ada yang bertanya.
  6. Kegiatan lainnya yang termasuk dalam membantu orang lain yang sedang membutuhkan bantuan, tanpa mengharapkan balasan apapun.

Kegiatan tersebut bisa dilakukan karena termasuk dalam sedekah. Jadi sedekah bisa dilakukan dengan memberikan beberapa harta yang dimiliki dan juga berbuat kebaikan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan tanpa mengharapkan imbalan apapun dari orang lain.

Baca Juga : Kisah Orang Miskin Jadi Kaya Karena Sedekah, Bisa Jadi Pelajaran Hidup

Syarat Sedekah

Dalam melakukan sedekah harus diperhatikan beberapa syarat yang wajib dilakukan agar sedekah tersebut menjadi sebuah amalan baik yang diterima oleh Allah SWT. Syarat-syarat tersebut sebaiknya dilakukan agar mendapatkan manfaat lebih untuk kehidupan.

Inilah beberapa syarat dari sedekah berdasarkan ajaran Islam yang harus diperhatikan dan dilakukan agar sedekah yang sudah dikeluarkan lebih diridhoi oleh Allah SWT.

1. Bersedekah dengan Mengetahui Ilmu Sedekah

Dalam melakukan sedekah dengan mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki, seseorang tidak harus mengeluarkan secara berlebihan dan harus mengetahui beberapa ilmu dari sedekah. Ilmu dari sedekah yang harus dilakukan adalah tentang prioritas sedekah yang akan dikeluarkan.

Bersedekah ataupun beribadah dengan memperhatikan ilmu yang diatur dalam ibadah tersebut adalah hal yang lebih baik karena jika tidak mengetahui ilmu dari ibadah tersebut maka akan membuat ibadah tersebut menjadi rusak dibandingkan dengan memperbaikinya.

Bersedekah dapat dilakukan dengan memberikan orang-orang yang membutuhkan khususnya pada keluarga, inilah syarat sedekah yang pertama. Bersedekah untuk keluarga yang membutuhkan bantuan jauh lebih baik dan lebih diutamakan. Karena keluarga merupakan salah satu prioritas utama.

Sedekah yang memprioritaskan keluarga terlebih dahulu memiliki pahala yang lebih besar daripada bersedekah untuk orang fakir miskin yang tidak termasuk dalam keluarga. Bersedekah untuk fakir miskin, anak yatim piatu dan kaum dhuafa dapat dilakukan ketika sudah memiliki harta lebih.

Kemudian harta tersebut sudah disedekahkan untuk keluarga yang dimiliki. Sehingga dalam ilmu syarat bersedekah, yang menjadi prioritas utama dalam sedekah adalah keluarga baru orang lain yang lebih membutuhkan bantuan.

2. Bersedekah dengan Ikhlas Tanpa Berharap Imbalan

Syarat sedekah yang kedua adalah lakukan sedekah tersebut dengan ikhlas serta tidak mengharapkan imbalan apapun. Karena sedekah dapat memberikan ketenangan diri ketika dilakukan dengan ikhlas tanpa memikirkan hal-hal lainnya.

Karena orang-orang yang bersedekah tanpa mengharapkan imbalan akan mendapatkan berkah lainnya dari Allah SWT. Contohnya adalah kesehatan diri, keselamatan ketika berada di jalanan, serta dapat terhindar dalam kematian yang buruk, dan kebaikan lainnya.

Sedekah yang dilakukan dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun dapat menjadikan diri sendiri sebagai orang yang dikehendaki oleh Allah untuk mendapatkan limpahan berkah serta rezeki yang tentunya diridhoi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Lakukanlah sedekah tersebut tanpa memikirkan imbalan baik dari orang lain maupun dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena Allah selalu memberikan pahala yang lebih bagi orang-orang yang bersedekah dengan ikhlas.

3. Sedekah Harus dilakukan Secara Diam Diam Tanpa Ada yang Tahu

Syarat selanjutnya dalam bersedekah adalah lakukan sedekah dengan diam-diam tanpa ada satupun orang yang mengetahuinya. Hal tersebut jika dilakukan akan memberikan ketenangan bagi diri sendiri. Selain itu, sedekah dilakukan secara diam-diam agar tidak merusak amalan baik diri sendiri.

Karena orang-orang yang sering memamerkan sedekah yang sudah dilakukan akan memunculkan sifat riya’. Dimana sifat riya’ tersebut adalah salah satu sifat yang tidak disukai oleh Allah SWT. Sedekah yang harus dilakukan diri sendiri hanya diketahui oleh Allah SWT.

Sedekah yang dilakukan dengan diam diam dan tidak diketahui oleh siapapun dapat memberikan manfaat serta berkah yang berlimpah dari Allah SWT.

Baca Juga : Bolehkah Sedekah Untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia?

Manfaat dari Sedekah

Sedekah yang dilakukan dengan memperhatikan syarat sedekah sesuai dengan ajaran Islam, akan mendatangkan beberapa manfaat bagi kehidupan baik di akhirat maupun di dunia ini. Salah satu kebaikan yang didapatkan adalah pahala yang berkali lipat.

Selain itu sedekah juga dapat menjadi sebuah perilaku yang mendatangkan perasaan tenang dan damai. Dengan bersedekah juga dapat mempererat tali silaturahmi bagi keluarga, kerabat maupun orang lain. Sebab dengan bersedekah, akan membuat diri sendiri menjadi orang yang baik.

Dan ketika diri sendiri sedang mengalami kesulitan, orang lain akan lebih mudah untuk membantu kesusahan yang sedang dialami.

Sedekah sendiri memiliki beberapa jenis, seperti sedekah khofiyyah, sedekah saat berada dalam keadaan sehat dan kuat, sedekah saat memiliki ke harta yang berlebih, kemudian sedekah dengan kemampuan yang dimiliki, dan lainnya.

Syarat sedekah tersebut dapat menjadi acuan bagi diri sendiri untuk melakukan sedekah yang sesuai aturan. www.yatimmandiri.org/ menyediakan layanan donasi bagi yang ingin bersedekah dengan secara online. Yayasan Yatim Mandiri akan memberikan sedekah tersebut bagi orang yang membutuhkan bantuan.

Ika Faztin
Nasibmu telah ditulis dengan tinta cinta-Nya dan disegel dengan rahmat-Nya jadi jangan takut, percayakan dirimu kepada-Nya dan berharaplah pada ketetapan-Nya - Gems of Jannah.