Kelembagaan

Sejarah dan Perjalanan Yatim Mandiri

Kelahirannya Yatim Mandiri berawal dari kegelisahan beberapa orang aktivis panti asuhan di Surabaya yaitu Sahid Haz, Sumarno, Hasan Sadzili, Syarif Mukhodam, dan Moch Hasyim. Mereka prihatin melihat anak-anak yatim di panti asuhan, setelah lulus SMA anak-anak yatim itu terlunta-lunta dan tidak bekerja.

Hal itu karena tidak semua panti asuhan mampu untuk menyekolahkan anak binaannya sampai ke perguruan tinggi atau tidak mampu mencarikan mereka lapangan pekerjaan, jadi sebagian besar anak-anak yatim ini dipulangkan kembali kepada keluarga yang masih ada.

Setelah mereka pulang kembali, maka hidup mereka akan kembali kepada keluarga yang masih hidup dan belum bisa mandiri secara ekonomi.

Melihat kondisi seperti ini, 5 orang aktivis ini berpikir bagaimana anak-anak ini bisa hidup mandiri tanpa bergantung kepada orang lain lagi?

Kemudian dari situ mereka merancang sebuah wadah gerakan dengan badan hukum yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan anak yatim purna asuh dari panti asuhan dengan program mengikutsertakan anak-anak yatim kursus keterampilan.

Harapannya dengan keterampilan yang dimiliki, nantinya anak-anak yatim ini bisa memiliki nilai lebih untuk melanjutkan sekolah atau bekerja setelah tamat SMA. Sehingga bisa membawa perubahan dan kemandirian untuk dirinya sendiri dan keluarga.

Perjalanan dan Cerita

  • 1994

Pada tanggal 31 Maret 1994 dibentuk sebuah yayasan yang diberi nama Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Panti Asuhan Islam dan Anak Purna Asuh (YP3IS). Kemudian pada tanggal tersebut dijadikan sebagai tanggal lahirnya. Para pendiri memiliki visi  bahwa YP3IS atau yang kita kenal dengan nama Yatim Mandiri sekarang ini adalah lembaga milik umat yang menjadi solusi memandirikan yatim.

  • 1995-2007

Selama 12 tahun perjalanan YP3IS semakin berkembang dengan baik, berkat dukungan dari masyarakat dan semakin profesional untuk memandirikan anak yatim melalui program-programnya. Setelah melalui banyak perubahan, baik secara kepengurusan maupun secara manajemen serta untuk memperluas kemanfaatan memandirikan anak yatim, maka melalui rapat bersama, diputuskan untuk mengganti nama menjadi YP3IS menjadi Yatim Mandiri.

  • 2008

Pada tanggal 22 April 2008 Yayasan Pembinaan dan Pengembangan Panti Asuhan Islam dan Anak Purna Asuh (YP3IS) resmi berganti nama menjadi Yatim Mandiri. Perihal perubahan nama tersebut disahkan melalui akta KEMENKUMHAM RI / AHU-2413.AH.01.02.2008.

  • 2008-2015

Yatim Mandiri mulai membuka kantor layanan, hingga saat ini Yatim Mandiri sudah memiliki 40 kantor layanan di 13 Provinsi di Indonesia dengan mengusung semangat lima pilar program Yatim Mandiri.

  • 2016

Yatim Mandiri resmi terdaftar sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional berdasarkan SK. KEMENAG RI No. 185 tahun 2016.

  • 2017-2018

Setelah resmi menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional, Yatim Mandiri semakin meluaskan manfaat bukan hanya untuk anak yatim, tetapi untuk dhuafa dan 8 asnaf penerima zakat.

  • 2019

Yatim Mandiri resmi terdaftar sebagai Lembaga Nazhir Wakaf berdasarkan SK. BWI No. 3.3.00052 tahun 2019.

  • 2019-2020

Selain mengelola dana zakat, infak, sedekah Yatim Mandiri juga mengelola dana wakaf. Beberapa program yang bergulir adalah wakaf untuk sarana pendidikan anak yatim dan wakaf produktif.

  • 2021

Sebagai upaya meningkatkan produktivitas dan perluasan manfaat, Yatim Mandiri melakukan revolusi kepengurusan maupun manajemen untuk menghadapi tantangan global dan digital, hingga pada tanggal 06 Maret 2021 Yatim Mandiri memperbarui akta yayasan di KEMENKUMHAM RI dengan nomer pengesahan KEMENKUMHAM RI / AHU-AH.01.06-0018643. Yatim Mandiri juga memperbarui akta Lembaga Amil Zakat Nasional berdasarkan SK. KEMENAG RI No. 509 tahun 2021.

2022 Semoga Yatim Mandiri ke depannya Allah Ta’ala selalu limpahkan keberkahan usia serta para amilnya senantiasa amanah untuk membantu menyelesaikan permasalahan umat.

Redaksi YM News

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Menanam kebaikan di dunia, memanen kebahagiaan di akhirat.

2 komentar pada “Sejarah dan Perjalanan Yatim Mandiri

  • MOCH JAELANI

    Assalamualaikum wr wb.
    saya pengurus YPBM( Yayasan Panti Asuhan Bustanul Ma’arif) di Gumukmas Jember Jawa Timur)
    Yys kami sdh cukup lama berdiri dan sdh pernah ganti pengurus.Namun YPBM tdk bs berkembang dan hampir dibilang staknan. ,baik pengelolaannya maupun penggalian danananya sangat terbatas.Saat ini ada sktr 40 anak asuh kami ,yg semuanya tinggal di pesantren BUSTANUL MA’ARIF GUMUKMAS JEMBER.Mereka ngaji dan besekolah mulai tingkat MI, SMP,SMK di lokasi pondok.
    kami merasa kesulitan utk membekali ilmu yg cukup dan keterampilan kpd mereka agar bs hidup mandiri kelak di masyarakat. Mrk belum pernah mendapat pelatihan ketrampilan .
    Tolong mungkin bs dibantu solusi yg bs sy lakukan bersama pengurus agar anak asuh mempunyai skill yg cukup utk bekal masa depan.
    Trims
    waalaikum wr wb

    Balas
  • MOCH JAELANI

    SAYA PENDUKUNG YATIM MANDIRI DAN SANGAT BANGGA DG PERKEMBANGANNYA
    MOHON DIBERI ARAHAN AGAR SY BS BERGABUNG IKUT TERLIBAT LANGSUNG DG YATIM MANDIRI YG SDH LAMA SY KENAL.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *