Kelembagaan

Ramadhan Nanti, Yatim Mandiri Siap Alirkan Energi Kemandirian

Menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H/2022 M, Yatim Mandiri meluncurkan program khusus dengan mengusung tema Ramadhan #AlirkanEnergiKemandirian.

Hal ini merupakan komitmen Yatim Mandiri untuk bersiap memfasilitasi kebaikan para donatur dalam menyalurkan ZISWAF dan bersama-sama #AlirkanEnergiKemandirian untuk penerima manfaat.

“Ini adalah program kemandirian yang kami buat di tahun ini, memfasilitasi para donatur untuk berbagi di bulan Ramadan dengan target sebanyak 100 ribu penerima manfaat,” kata Direktur Program Yatim Mandiri Hendy Nurrohmansyah saat meluncurkan program Ramadhan #AlirkanEnergiKemandirian di Graha Yatim Mandiri, Sabtu, 19 Maret 2022 lalu.

Melalui program Ramadhan #AlirkanEnergiKemandirian, Yatim Mandiri ingin menjadi perantara umat Islam dalam hal ibadah di bulan suci Ramadhan nanti.

Hendy menjelaskan, program ini dinamai Ramadhan #AlirkanEnergiKemandirian, untuk mengajak semua pihak bersama-sama saling membahagiakan dan memandirikan, terutama bagi mereka yang membutuhkan.

“Kita (Yatim Mandiri) tentu berharap kita tak sendiri dalam menyelesaikan program kemandirian ini. Kita harap semuanya saling kolaborasi dan sinergi, dan saatnya disisa pandemi ini kita bersama tumbuh dan membahagiakan, memberikan senyum kepada mereka yang membutuhkan,” kata Hendy.

#AlirkanEnergiKemandirian Program THR Yatim.

Hendy mengungkapkan, Ramadhan #AlirkanEnergiKemandirian ini terdiri atas 6 program utama yakni:

  1. Buka Puasa Ceria

Menurut Hendy, program ini yakni mendistribusikan paket makanan lengkap untuk berbuka puasa anak yatim dan dhuafa di daerah terpencil. “Kami ingin berbagi buka puasa kepada seluruh anak-anak di daerah terpencil dan pedalaman Indonesia,” kata Hendy.

  1. UMKM Ramadhan

Program ini memberikan bantuan modal untuk masyarakat dhuafa yang memiliki jenis usaha dengan high season di bulan Ramadhan dan Idul Fitri seperti kuliner, baju dan kue kering. Harpannya dengan bantuan ini bisa meningkatkan ekonomi keluarga dan kecukupan kebutuhan saat Ramadhan dan lebaran.

  1. THR Yatim dan Dhuafa

Program santunan anak yatim dan dhuafa ini sebagai bentuk semangat dan apresiasi untuk anak yatim dan dhuafa yang telah menuntaskan ibadah selama bulan Ramadhan. “Melalui program ini kita harap anak yatim dan dhuafa bisa memenuhi kebutuhan mereka saat Ramdahan maupun lebaran dan mereka semakin semangat dalam beribadah,” kata Hendy.

  1. Paket Lebaran Yatim

Hendy mengatakan, bagi anak yatim dan dhuafa, belanja tentunya hal yang luar biasa. “Ini kami spesialkan kepada mereka yang tidak mampu, untuk bisa lebaran seperti membeli baju, celana dan sebagainya. Nanti kami bawa mereka ke pusat perbelanjaan, kita belanja bersama. Ini paket lebaran spesial untuk mereka,” kata Hendy.

  1. Dakwah Ramadhan

Dakwah Ramadhan adalah program kajian selama bulan Ramadhan yang dilaksanakan oleh Yatim Mandiri. Mengambil tema “Mencapai Kualitas Terbaik Saat Ramadhan” Dakwah Ramadhan ini mengambil 3 topik utama, yaitu pemuda, parenting dan sedekah.

  1. Indonesia Gemar Mengaji

Indonesia Gemar Mengaji adalah program kolaborasi untuk mengajak segenap lapisan masyarakat untuk mengaji bersama selama Ramadhan. “Direncanakan kegiatan ini akan melibatkan 5.000 peserta mengaji bersama selama bulan Ramadhan,” kata Hendy.

“Mudah-mudahan program kemandirian Ramadan tahun ini bisa bermanfaat dan kami harap seluruh donatur di Indonesia bisa ikut serta dalam program kemandirian Ramadan tahun ini,” pungkas Hendy. Yatim Mandiri adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, wakaf serta dana sosial lainnya melalui program pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kemanusiaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *