Pemberdayaan

Pelatihan Marketing dan Analisis SWOT untuk Fasilitator Pemberdayaan Ekonomi

Sidoarjo, YM News – Rangkaian kegiatan Pelatihan Fasilitator Pemberdayaan Ekonomi Laznas Yatim Mandiri, hari kedua berlangsug pada Kamis, (9/6/2022). Pada hari kedua ini, tim pemateri mengangkat topik terkait “Strategi Marketing untuk UMKM” yang dilaksanakan di Aula Insan Cendekia Boarding School (ICMBS), Sidoarjo, Jawa Timur.

Pemateri pada hari kedua ini adalah dosen Institut Teknologi Insan Cendekia Mandiri (ITICM), yakni Radityo Wiratsongko, SKom, MM. Bapak Radityo menjelaskan bahwa adanya strategi marketing dalam UMKM ini sangat penting.

“Proses marketing adalah bekerja secara berkesinambungan, seorang pemasar tidak akan kehilangan arah jika sudah memiliki dan memahami strategi marketing, strategi marketing membantu seorang pemasar untuk selalu ke arah tujuan yang akan dicapai,” ujar Radityo.

Peserta pelatihan mengerjakan tugas tentang marketing dan analisis SWOT.

Selain itu, Radityo Wiratsongko, SKom, MM., juga memberikan materi tentang analisis SWOT. Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu.

Para peserta pun diberi tugas untuk melakukan analisis SWOT pada UMKMnya masing-masing. Selanjutnya dipresentasikan secara bergantian.

Ini merupakan rangkaian pelatihan terakhir. Sekaligus diakhir sesi pelatihan ini Manager Program Pemberdayaan Yatim Mandiri, Miko Sujatmiko, menyampaikan harapannya usai pelatihan ini rampung.

“Setelah adanya pelatihan ini harapan saya ada dampak program yang lebih di cabang masing-masing, terlebih harus ada peningkatan dari 2 sisi, yaitu peningkatan dari kualitas ibadah atau mandiri rohani dan  peningkatan dari sisi dari ekonomi atau kesejahteraan mustahik,” tutur Miko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *