Pemberdayaan

Pelatihan Branding dan Keuangan untuk Fasilitator Pemberdayaan Ekonomi

Sidoarjo, YM News – Yatim Mandiri mengadakan Pelatihan Fasilitator Pemberdayaan Ekonomi. Pada hari pertama, Rabu, (8/6/2022) mengangkat topik tentang “Branding Produk UMKM dan Pentingnya Manajeman Keuangan”.

Sebanyak 25 orang fasilitator pendamping program pemberdayaan Yatim Mandiri hadir pada pelatihan ini. Pelatihan ini diadakan di Aula Insan Cendekia Boarding School (ICMBS), Sidoarjo, Jawa Timur. Tujuan dari pelatihan ini sendiri adalah terbentuknya standarisasi kemampuan pendampingan UMKM di cabang Yatim Mandiri.

Pada pelatihan ini, Yatim Mandiri menghadirkan Bapak Patria Wijaya, selaku Praktisi Branding Yatim Mandiri yang menyampaikan materi tentang pentingnya branding produk UMKM. Selanjutnya, untuk pelatihan manajemen keuangan, Yatim Mandiri menghadirkan Ibu Jenna Sarita, SE, MM selaku Dosen Institut Teknologi Insan Cendekia Mandiri (ITICM).

Peserta pelatihan mengerjakan tugas tentang manajemen keuangan UMKM.

Pelatihan branding dan manajemen keuangan ini sangat penting bagi para pelaku UMKM, karena branding dapat membantu produk yang dijual atau dipasarkan lebih menonjol dari para kompetitor. Identitas yang diberikan kepada produk juga mempengaruhi keputusan konsumen untuk membelinya.

Manajemen keuangan juga tidak kalah penting bagi para pelaku UMKM. Kebanyakan UMKM tidak memisahkan antara uang pribadi dan uang usaha, tidak tahu kondisi keuangan usaha apakah untung atau rugi karena tidak semua dicatat dan dibukukan dengan baik.

Dengan membuat pembukuan dan mengetahui cara manajemen keuangan dengan baik dapat membantu dan memudahkan UMKM melakukan pengembangan usaha, selain itu juga dapat mengevaluasi untung atau rugi dan posisi keuangan usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *