BeritaKemanusiaan

Gempa Cianjur: Magnitudo 5.6, Guncangan Kuat Terasa hingga Jakarta

Cianjur, YM News –  Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 dirasakan warga Jakarta dan sekitarnya. Pusat gempa berada di darat 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Warga berhamburan keluar saat merasa ada guncangan hebat itu.

Konfirmasi BMKG Gempa Cianjur

Gempa yang terjadi pada pukul 13.21 WIB itu berpusat di Cianjur, Jawa Barat. Dikutip dari akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berkekuatan 5,6 skala richter. “Mag:5.6, 21-Nov-22 13:21:10 WIB, Lok:6.84 LS,107.05 BT (10 km BaratDaya KAB-CIANJUR-JABAR), Kedlmn:10 Km,” begitu tulis akun Twitter @infoBMKG pada Senin (21/11/2022)

BMKG menambahkan, bahwa gempa yang baru saja terjadi itu tidak berpotensi mendatangkan tsunami. “tdk berpotensi tsunami,” lanjutnya.

Tagar #Gempa pun langsung naik di tangga trending media sosial Twitter. Bahkan mengungguli kata kunci lain, yaitu Piala Dunia 2022. Tidak hanya gempa yang menjadi trending, kata-kata lain turut menyertai peristiwa itu, seperti ‘kerasa’, ‘kenceng’, ‘Cianjur’, ‘Bekasi’, ‘Bandung’, ‘Cikarang’, hingga ‘BMKG’.

Pascagempa M 5.6, Dua Warga Cianjur Meninggal Dunia

Sejauh ini Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mendapatkan sejumlah informasi dari beberapa daerah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur melaporkan, selain adanya korban meninggal dunia, empat warganya mengalami luka-luka rumah rusak berat sebanyak 7 unit. Data sementara per pukul 14.49 WIB.

Respon Tim Tanggap Bencana Yatim Mandiri

Merespon peristiwa tersebut, melalui Tim Tanggap Bencana Yatim Mandiri bergerak cepat untuk berkoordinasi dengan pihak terkait dan melakukan assesment bagi warga dan lokasi terdampak gempa.

Perbanyak Doa Agar Dijauhkan Dari Bencana

Dalam Islam, ketika banyak muncul bencana tiba-tiba seperti gempa, banjir, kebakaran dan musibah lainnya hendaknya kita memperbanyak membaca doa berikut.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu. (HR. Muslim)

Menyegerakan Sedekah Menolak Bala

Sedekah bisa menjauhkan kita dari penyakit dan berbagai kesulitan yang datang dalam hidup kita. Selain itu, ada 70 jenis bala dan bencana lainnya yang bisa menghilangkan berbagai bala dan bencana dalam hidup kita. Jika banyak kesulitan dan hal-hal yang meresahkan dalam hidup kita, bersedekah bisa meringankannya.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah  bersabda, “Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah karena sungguh bencana tidak dapat melewati sedekah.” (Ath-Tabrani)

Mari sahabat, kita bahu membahu untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak banjir dan bencana alam diberbagi wilayah di Indonesia.

Redaksi YM News

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Menanam kebaikan di dunia, memanen kebahagiaan di akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *