Inspirasi Kata-Kata Mudik di Instagram, WA, dan Sosmed

Kata-kata mudik bisa diberikan kepada orang lain sebagai upaya menyambung tali silaturahmi dan mendekatkan diri kepada Allah SWT

Sangat menyenangkan saat waktu idul fitri tiba karena bisa diartikan sebagai libur panjang. Tidak jarang orang akan mudik ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga tercinta.

Agar suasana mudik menjadi lebih terasa maka bisa mengirimkan kata-kata mudikKata-kata ini akan menjadi penyemangat dan merasakan serunya mudik setelah bekerja sekian lama.

Bertemu orang tua dan saudara adalah bagian dari liburan yang sangat menyenangkan. Cobalah menggunakan kata-kata ini untuk teman dan kerabat yang sedang mudik. 

Mengenal Pengertian Mudik

Sebelum membuat kata-kata yang berisikan tentang mudik, bisa mengenal dari arti kata ini terlebih dahulu. Mudik adalah kata yang sering disebutkan pada saat ingin menuju ke kampung halaman pada saat hari raya atau lebaran idul fitri. 

Bahkan, ada yang mengatakan bahwa mudik dengan pulang kampung adalah hal yang berbeda. Bagaimana bisa keduanya memiliki arti yang berbeda sedangkan kadang orang berbicara secara bebas untuk dua sebutan tersebut. 

Nah, untuk mudik di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki dua artian yang berbeda.

Pertama adalah pulang ke kampung halaman dan yang kedua adalah pulang kampung dengan waktu yang sementara dan nantinya akan kembali lagi ke kota perantauan. 

Sedangkan, untuk arti dari pulang kampung adalah pulang ke kampung halaman dan tidak akan kembali ke kota sehingga bisa diartikan menetap di kampung halaman.

Oleh sebab itu, ada yang mengira bahwa kedua hal tersebut sama nyatanya memang berbeda. 

Inspirasi Kata-Kata Mudik di Berbagai Situasi

Biasanya untuk bisa mengirimkan kata-kata ini maka cukup dengan mengirimkan melalui pesan online. Akan tetapi, tidak jarang orang menggunakannya pada status WhatsApp atau story Instagram sehingga banyak orang yang melihatnya. 

1.   Kata-Kata Mudik Seru

Sudah menjadi hal yang lumrah jika mengirimkan pesan kepada kerabat dan saudara dengan bahasa sehari-hari namun tetap seru.

Dengan begitu, tidak akan canggung dan pesan dari kata-kata tersebut bisa diterima dengan baik, contohnya saja untuk kata-kata seru mudik tersebut yaitu:

  • Wah, mau lebaran nih, siap mudik ya? Hati-hati di jalan ya jangan sampai nyasar. 
  • Perhatian bagi yang mudik, harap selalu berhati-hati di jalan. Jika lelah bisa beristirahat sebentar. Jika ngantuk tolong minggir tidur dulu. Tapi, jika bosan bilang jangan langsung ngilang. 
  • Mudik akan terasa sangat penting saat sudah di titik terjauh dari keluarga dan ingin sekali rasanya berkumpul. Bahkan banyak orang yang masih menganggapnya sebagai hal yang konyol. 
  • Yang gak pernah mudik buat lebaran pasti gatau sensasinya gimana nahan pipis di mobil karena macet parah. Dan, pom bensin ternyata masih jauh, pasti lihat maps terus. 
  • Membangun keterampilan budaya tiap tahunnya dengan mudik bisa melatih menjadi penduduk surga. Bagaimana tidak? Mudik merupakan tahap awal untuk pembelajaran ilaihi roji’un sejak dulu kala. 
  • Musik pasti terasa menyenangkan jika bersama dengan keluarga tersayang. Jangan lupa untuk selalu hati-hati di jalan ya. 

2.   Kata-Kata Mudik Lucu

Selain kata-kata mudik yang seru, juga bisa menggunakan kata-kata lucu yang bisa digunakan dalam situasi yang menegangkan.

Karena, untuk mudik sendiri sebenarnya sangat penting namun dengan kata-kata lucu yang dikirimkan akan mencairkan suasana, yaitu:

  • Mau mudik? Pastikan kembali untuk rumah apakah sudah dalam keadaan terkunci? Dan pastikan Anda tidak terkunci di dalamnya!. 
  • Buat yang mudik, bisa hati-hati di jalan tapi yang di hati tolong jangan jalan-jalan. 
  • Saat mudik menggunakan kendaraan umum maka jangan turun di tengah perjalanan, apalagi pakai pesawat terbang atau kapal laut, bahaya! Selamatkan nyawamu untuk bisa berkumpul dengan keluarga!. 
  • Mudik yang dilakukan akan membuat orang tua bahagia? Gas lah, mudik aja! Siapa tau nanti aku juga bahagia ya kan? 
  • Transportasi umum buat mudik memang banyak, jika menggunakan bus maka lihatlah wujudnya harus panjang, memiliki banyak jendela, dan rodanya besar, jangan sampai salah! Takutnya malah naik odong-odong nanti.
  • Bawalah barang seperlunya untuk mudik, gak perlu bawa barang yang tidak perlu seperti tangga, mesin cuci, meja makan, genset, kulkas, piano, jendela, apalagi dipan. Sudah pakai saja yang ada di rumah orang tua. 
  • Mau mudik ke kampung halaman tapi berapa ya nomor halamannya? 

3.   Kata-Kata Mudik Story Instagram

Siapa yang tidak suka bermain media sosial yang satu ini? Instagram memiliki fitur story yang bisa digunakan untuk membuat konten yang bisa dilihat oleh pengikutnya.

Nah, dalam hal ini, membagikan kata-kata tentang mudik di Instagram adalah pilihan yang terbaik, dengan kata-kata mudik di bawah ini:

  • Tempat yang tepat untuk pulang saat hari kemenangan adalah rumah yang memiliki rindu yang harus dituntaskan. Pulanglah, habiskan waktu liburanmu di sana!. 
  • Rasanya ingin pulang ke kampung halaman, namun masih belum bisa memberikan apa-apa. Semoga pencapaianku di sini bisa membuat orang tua bangga.
  • Mudik adalah cara yang tepat untuk mengungkapkan rasa rindu yang sudah lama terpendam. Bagaikan angin sepoi-sepoi yang bisa menyampaikan rinduku untuk keluarga tercinta. 
  • Tanah kelahiran dimana aku dibesarkan adalah tempat yang sangat indah. Gimana dengan tanah kelahiranmu teman? Yuk mudik bersamaku. 
  • Persiapan mudik 95%, loadingnya lama banget ya!. 
  • Merasakan keseruan mudik memang menyenangkan, sayangnya harus tinggal dulu disini gatau sampai kapan bisa pulang. 
  • Bagaimana bisa kampung halaman menjadi tempat yang terbaik dan ternyaman? Tentu saja, perantauan akan membuatmu merasa sangat ingin pulang dan merasakan hangatnya rumah yang penuh dengan orang-orang tersayang.

4.   Kata-Kata Mudik Story WhatsApp

WhatsApp juga memiliki fitur yang serupa dengan Instagram, hanya saja memang lebih sederhana.

Untuk story WhatsApp biasanya akan dilihat oleh kontak yang dimiliki saja, oleh sebab itu kata-kata yang diberikan juga tidak terlalu rumit, seperti di bawah ini:

  • Persiapan mudik sudah 90% nih, kalau kamu berapa teman? 
  • Alhamdulillah sudah bisa pulang kampung tahun ini, kerjaan beres, gak ada tanggungan, tabungan cukup lah, terus kampungnya dimana? Belum dapet, info kampung halaman dong friend!. 
  • Jangan mudik dulu! Saat ini virus menyenangkan ini sudah menginfeksi 700 ribu orang, 1 orang tertular, 302 sudah mulai bertambah. Bahkan, orang tua kerap terinfeksi dan menjadikan anaknya tidak mau kembali merantau lagi. 
  • Maaf ya mak, mudik tahun ini masih bawa parcel doang, belum bawa calon istri. 
  • Gak dapat THR dari kerjaan? Slow aja, yang penting bisa mudik!. 
  • Selamat mudik idul fitri semuanya, sejauh apapun rumah maka akan menjadi tujuan terakhir utuk bisa merasakan kehangatan pulang kembali, semoga selamat sampai tujuan teman-teman. 
  • Tips mudik 101: Jangan bawa barang yang gak perlu seperti barang peninggalan mantan, buang saja!. 
  • Mudik hari raya memang seru ya, tapi harus sabar karena alamat rumah mertua masih blur. 

5.   Kata-Kata Mudik Membuat Terharu

Sudah menjadi hal biasa jika memang mudik yang dilakukan untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Kata-kata yang bisa diberikan kepada orang lain yang terasa dekat dapat menggunakan kata-kata yang membuat haru. 

Jadi, selain untuk mengucapkan kata-kata mudik seperti selamat mudik, selamat hari raya idul fitri, namun juga bisa sekaligus meminta maaf.

Pastilah hubungan akan lebih erat dan membuat siapa saja yang mendapatkan kata-kata ini menjadi tersentuh, yaitu:

  • Mama, Papa, aku pulang. Sekarang aku bisa bersantai di rumah tanpa harus sibuk dengan pekerjaan di kota perantauan!. 
  • Mudik memang menjadi hal yang sangat menyenangkan, namun tahun ini keadaan tidak bisa membuatku bertemu dan berkumpul hangat bersama keluarga. Mama, papa tunggu dulu ya, maafkan anakmu baru bisa pulang tahun depan. 
  • Saat hidup di kota orang memang jauh dari orang tua namun bukan berarti hidup bebas semaunya. Tetap ada yang mengawasi dan kebahagiaan orang tua adalah pada kesuksesan anaknya yang tentram dan taat pada Allah SWT. 
  • Ibadahmu bagaimana? Sudah bagus? Jika sudah, maka bolehlah pulang ke rumah orang tua. 
  • Ibu, Ayah, aku mau pulang, mudik sebentar gapp ya lalu aku akan berjuang lagi untuk mendapatkan ilmu dan calon menantu. 

Keutamaan Menjalin Silaturahmi dengan Kata-Kata Mudik

Salah satu silaturahmi yang wajib diketahui untuk menjalin hubungan baik antar manusia adalah melalui ucapannya. Ucapan yang dilantunkan harus sopan dan tidak menyakiti hati orang lain.

Jika sudah memiliki kata-kata yang baik maka bisa menjalin silaturahmi dengan orang lain. Pastinya orang yang menjalin silaturahmi menggunakan kata-kata yang baik akan diberikan keutamaan, seperti:

1.   Mendatangkan Ketentraman Hati

Orang yang memberikan kata-kata baik kepada orang lain pastinya akan merasakan hal yang luar biasa. Dalam hal ini, untuk hati yang mengungkapkan kata-kata tersebut akan menjadi lebih tentram dan merasa dekat dengan orang lain. 

Memang tidak semua kata-kata mudik yang diucapkan di atas menggunakan kata-kata sopan. Namun, dengan sesama teman masih memberikan kata-kata yang menyenangkan tetap akan merasa lebih dekat dan tentram hatinya. 

2.   Dipanjangkan Umurnya

Barang siapa yang menjalin silaturahmi dengan sesamanya maka Allah SWT akan memanjangkan usianya.

Dengan selalu bersilaturahmi dengan orang lain maka kebahagiaan akan muncul dan tetap merasakan bahwa hidup sangat menyenangkan. 

Allah SWT sangat suka dengan orang yang selalu menjaga dan menyambung silaturahmi dengan keluarga, kerabat, serta orang lain.

Bahkan dengan begitu, maka akan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan berkah umur dari-Nya. 

3.   Dilapangkan Rezekinya

Rezeki orang yang selalu menjalin silaturahmi akan terbuka lebar. Hal ini merupakan salah satu nikmat dan rahmat dari Allah SWT karena sudah menjalankan kewajiban sebagai makhluk yang mulia.

Allah SWT sangat menyukai umatnya yang menjalankan perintahnya. Salah satunya adalah menjalin silaturahmi dengan memberikan ucapan yang baik. Saat disertai dengan doa maka kebaikan akan selalu mengalir kepadanya. 

4.   Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Allah sangat menyukai hambanya yang memiliki kemurnian hati dan selalu berbuat baik kepada sesamanya. Memberikan perhatian dengan mengirimkan kata-kata mudik unik ini akan membuat orang yang menerimanya sangat senang. 

Orang yang memiliki niatan baik akan selalu berada di dekat Allah SWT. Jadi, selain sebagai sarana mendatangkan rezeki, silaturahmi juga bisa membuat orang yang melakukannya senantiasa dekat dengan Allah. 

Menjalankan ibadah sholat, puasa, dan lainnya memang bisa membuat diri semakin dekat dengan Allah.

Akan tetapi, salah satu hal yang penting dilakukan adalah menjalin silaturahmi melalui ucapan seperti mengirimkan kata-kata mudik yang menginspirasi dan membuat orang lain bahagia. 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.