5 Doa Ketika Turun Hujan dan Artinya, Lengkap!

Daftar Doa ketika Turun Hujan yang Bisa Dipanjatkan ke Allah SWT

Terdapat 5 doa turun hujan yang bisa Anda panjatkan untuk menyampaikan rasa syukur dan meminta perlindungan Allah SWT. Cari tahu bacaannya di sini!


Sebagian umat muslim sudah pasti tahu kalau hujan yang turun membasahi bumi menjadi waktu mustajab untuk berdoa. Maka dari itu, sudah sepatutnya memanjatkan doa ketika turun hujan sebagai doa khusus.

Tujuannya supaya air hujan yang turun bisa memberikan manfaat dan keberkahan untuk semua makhluk hidup.

Selain itu, doa ini juga sebagai pengakuan bahwa di alam semesta ini sesungguhnya milik Allah dan memohon supaya hujan tidak menjadi bencana. Mari baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui doa ketika turun hujan yang bisa dipanjatkan!

Baca juga:   Amal Jariyah! Keutamaan Sedekah Air Bersih

5 Doa Ketika Hujan Turun Arab dan Artinya

Melantunkan doa turun hujan menjadi salah satu amalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Apabila hujan membasahi bumi, semua pintu langit akan terbuka dan saat inilah Allah SWT mengabulkan doa para hambanya.

Setidaknya ada beberapa doa yang dapat dihafalkan dan dibaca dengan menyesuaikan situasi. Inilah kumpulan doa yang bisa dibaca saat turun hujan lengkap beserta latin dan terjemahannya:

1.   Doa Meminta Hujan yang Bermanfaat

Doa Meminta Hujan yang Bermanfaat

Bacaan doa turun hujan menjadi doa yang terbilang sangat penting, khususnya di wilayah yang sering dilanda kemarau berkepanjangan. Seperti yang diketahui, air hujan adalah sumber kehidupan untuk semua makhluk di bumi.

Tanpa basahnya tanah yang disebabkan air hujan, kehidupan kita tentu akan sulit dan mungkin tidak mampu bertahan lama. Maka dari itu, bacalah doa berikut agar hujan yang turun bisa berkah dan bermanfaat.

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban nafi’an

Artinya: “Ya Allah, curankahlah air hujan yang bermanfaat.”

2.   Doa Saat Hujan Turun Deras dan Lebat

Doa ketika Hujan Deras dan Lebat

Dalam musim yang tertentu, sering juga disambut dengan hujan yang turun begitu deras dan lebat. Hal ini tentu akan membuat merasa khawatir seperti dampak buruk yang mungkin terjadi, seperti longsor, banjir, dan lainnya.

Sehingga dibutuhkan doa khusus untuk memohon perlindungan kepada sang pencipta. Jika ingin terhindar dari marabahaya, sebaiknya baca doa ketika hujan turun seperti berikut ini:

 اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Doa tersebut pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW saat hujan yang turun sangat deras dan lebat. Untuk sumber doanya berasal dari suatu hadits yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Majah, yakni hadist no 3882.

3.   Doa ketika Turun Hujan dan Angin Kencang

Doa ketika Turun Hujan dan Angin Kencang

Banyak sekali fenomena cuaca yang sering dijumpai sehari-hari, termasuk turun hujan yang disertai angin sangat kencang. Jika sudah dalam situasi ini, sudah sepatutnya melindungi diri sekaligus memohon pertolongan Allah SWT.

Inilah doa yang bisa dibaca saat hujan turun yang disertai dengan angin kencang menggunakan bahasa Arab, latin, beserta terjemahannya:

 اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Allaahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

4.   Doa ketika Turun Hujan dan Petir

Doa Hujan Deras dan Petir

Selain angin kencang, hujan deras seringkali disertai petir yang sangat mengagetkan manusia. Situasi ini tentu akan semakin membuat semakin takut dan cemas jika tak kunjung reda.

Untuk mengatasinya, masih banyak doa baik yang dapat dilafalkan berulang kali sampai hujan berhenti. Menurut hadits Imam Malik, Rasulullah SAW pernah membaca doa turun hujan yang disertai petir seperti berikut:

  سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: “Maha Suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbillah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya.”

Diriwayatkan juga oleh Abdullah bin Umar dan ayahnya, Umar bin Al-Khattab R.A. bahwa ketika Nabi s.a.w. akan mendengar suara guntur, dia akan berkata: 

اللَّهُمَّ لاَ تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ وَلاَ تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

Allahumma la taqtulna bi-ghadobika, wa-la tuhlikna bi-’adhabika, wa-’afina qabla dhalik

Artinya: “Ya Allah, jangan bunuh kami dengan murka-Mu, dan jangan hancurkan kami dengan hukuman-Mu, dan maafkan kami sebelum itu” (H.R. At-Tirmizi)

5.   Doa Sesudah Hujan Membasahi Bumi

Doa Sesudah Hujan

Air hujan memang menjadi salah satu nikmat paling berharga yang diberikan Allah SWT untuk kehidupan. Jika hujan sudah berhenti, jangan lupa berdoa supaya selalu mengingat kenikmatan dan bersyukur atas semua karunianya.

Keutamaan berdoa setelah hujan berhenti juga sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Adapun untuk bacaannya secara lengkap yang dapat dipahami dengan mudah adalah sebagai berikut:

 اللَّهُمّحَوَالَيْنَاوَلَاعَلَيْنَا,اللَّهُمَّعَلَىالْآكَامِوَالْجِبَالِوَالظِّرَابِوَبُطُونِالْأَوْدِيَةِوَمَنَابِتِالشَّجَر

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Artikel pilihan:   Akibat & Dampak Kekurangan Air Bersih Bagi Kehidupan Manusia

Hikmah Turunnya Air Hujan Membasahi Bumi

Hujan menjadi nikmat terbaik yang Allah turunkan ke bumi beserta semua makhluk di dalamnya. Tanah yang awalnya sangat gersang atau kering kerontang akan berubah menjadi subur.

Semua kebutuhan makhluk hidup akan air menjadi terpenuhi sehingga mampu bertahan hidup. Hal ini tentu sudah cukup membuat kita bersyukur atas segala kenikmatan yang diberikan.

Selain itu, hujan juga memiliki hikmah tersendiri yang juga penting diketahui, diantaranya seperti berikut:

  1. Hujan adalah rahmat Allah untuk makhluk ciptaannya dan sebagai bentuk keseimbangan alam.
  2. Jumlah air hujan yang Allah turunkan ke bumi sudah dipastikan sesuai dengan perhitungannya. Jika terjadi suatu bencana seperti banjir, kemungkinan ulah dari perbuatan manusia yang sering merusak alam untuk keuntungan tersendiri.
  3. Hujan bisa dijadikan sebagai pengingat akan azab dan murka Allah SWT. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu membaca doa ketika turun hujan sebagai perlindungan kepada  Allah SWT.
  4. Air hujan termasuk air yang suci sehingga bisa membersihkan dari hadas kecil dan hadas besar. Meskipun begitu, apabila terkontaminasi dengan benda lain seperti kotoran maka akan menghilangkan sifat sucinya.
  5. Rasulullah SAW menyampaikan bahwa hujan menjadi salah satu waktu terbaik untuk diijabahnya doa-doa.

Amalan Ketika Hujan Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Sejatinya, hujan menjadi rahmat dari Allah sehingga Rasulullah SAW menganjurkan untuk melakukan beberapa amalan. Inilah amalan sunnah yang dapat dilakukan ketika hujan turun:

1.   Membasahi Tubuh dengan Air Hujan 

Dalam suatu riwayat diceritakan bahwa Anas bin Malik pernah bersama Rasulullah SAW saat hujan. Rasulullah SAW pada saat itu menyingkap bajunya sehingga terkena tetesan air hujan.

Imam Nawawi memberi penjelasan lebih lanjut bahwa menyingkap baju berarti menyingkap sedikit badan. Hal itu dilakukan karena air hujan yang baru membasahi bumi diturunkan oleh Rabbnya, sehingga beliau ingin mendapatkan keberkahan dari air tersebut.

2.   Berwudhu Menggunakan Air Hujan

Berwudhu menggunakan air hujan mungkin masih terdengar cukup asing bagi sebagian orang. Hal ini karena biasanya berwudhu dilakukan dengan air yang berasal dari kran ataupun sungai.

Namun, Rasulullah SAW justru menganjurkan umatnya untuk berwudhu menggunakan air hujan. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ibnu Qudamah bahwa Rasulullah SAW mengatakan:

 اُخْرُجُوا بِنَا إلَى هَذَا الَّذِي جَعَلَهُ اللَّهُ طَهُورًا ، فَنَتَطَهَّرَمِنْهُ وَنَحْمَدَ اللّهَ عَلَيْهِ

Keluarlah kalian bersama kami menuju air ini yang telah dijadikan oleh Allah sebagai alat untuk bersuci.” Kemudian kami bersuci dengan air tersebut dan memuji Allah atas nikmat ini.”[18]

Namun hadits tersebut termasuk hadits yang lemah karena terputus sanadnya atau muqothi.

3.   Melantunkan Doa 

Selain membasahi tubuh dan berwudhu, amalan sunnah lainnya yang dapat dikerjakan yaitu membaca doa turun hujan. Pastinya banyak sekali doa yang dapat dipilih, mulai dari doa memohon hujan bermanfaat, doa yang dibaca ketika turun hujan lebat, hingga disertai petir.

Selain itu, bisa juga membaca doa lainnya karena memang waktu ini mustajab sehingga sebaiknya tidak dilewatkan. Jangan lupa  untuk membaca doa setelah hujan sebagai bentuk syukur atas nikmat yang paling berharga.

4.   Jangan Sampai Mencela Hujan

Kaum muslimin tentu sudah tahu bahwa hujan adalah nikmat berharga yang diberikan Allah Ta’ala. Namun sungguh sayang sekali jika hujan tersebut dirasakan membuat aktivitasnya terganggu, sehingga timbul celaan yang mungkin tidak disadari.

Padahal, apapun yang diucapkan seseorang baik yang berdosa ataupun tidak maka akan dicatat secara langsung oleh malaikat. Sesuai firman Allah SWT dalam surah Al Qaaf ayat 18 yang berbunyi:

 مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf [50] : 18)

Rasulullah SAW menasihatkan supaya tidak menyalahkan makhluk yang tidak bisa berbuat apa-apa atas segala urusan kita. Seperti beliau juga melarang untuk mencela angin dan waktu karena keduanya tidak memiliki salah sama sekali. 

Doa ketika hujan turun dianjurkan dengan harapan agar mendatangkan banyak manfaat dan keberkahan untuk makhluk hidup. Selain itu, tentu juga sebagai bentuk perlindungan agar terhindar dari marabahaya seperti banjir, tanah longsor, dan lainnya.

Demikian daftar doa ketika turun hujan yang bisa dipanjatkan, untuk mendapatkan informasi mengenai doa-doa lainnya yang bermanfaat, silakan mengunjungi blog Yatim Mandiri.

 

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.