6 Amalan Sunnah Saat Sahur Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Amalan saat sahur yang bisa dikerjakan selama Ramadan, yaitu memperbanyak doa, membaca Al-Quran, banyak istighfar, makan & minum.

Sahur merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW yang sangat dianjurkan dilakukan saat bulan Ramadhan. 

Umumnya, sahur dilakukan pada dini hari hingga menjelang adzan Subuh. Selama jangka waktu tersebut, ada beberapa amalan saat sahur yang bisa dilakukan.

Dengan melakukan amalan tersebut, ibadah puasa akan terasa semakin bermakna. Tidak hanya itu saja, Allah SWT juga akan memberikan ganjaran pahala yang berlipat ganda kepada umat-Nya yang dengan tulus menjalankan sunnah di saat bulan Puasa.

Pada akhirnya, sahur bukan hanya tentang makan dan mengisi energi sebelum puasa, tetapi juga memberikan makna spiritual yang penting bagi setiap Muslim yang mengerjakannya. 

Oleh sebab itu, selagi sanggup dan mampu, jangan sia-siakan kesempatan bulan Ramadhan dengan meningkatkan amalan.

Maka dari itu, mari ketahui daftar amalan saat sahur dengan membaca artikel ini sampai habis. Simak baik-baik, ya!

Niat Sahur

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai amalan sunnah saat sahur, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui dan memaknai niat sahur. 

Seperti diketahui, sebelum sahur, seorang Muslim wajib membaca niat sahur terlebih dahulu. Dengan membaca niat, maka amalan puasa akan lebih mudah dijalankan.

Adapun bacaan niat sahur adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shaumaghadin an-ada’i fardhisyahri Ramadhana, hadzihissanati lillahi ta-ala.

Seperti diketahui, sahur merupakan kegiatan makan dan minum yang dilakukan seorang Muslim sebelum memulai puasa. 

Biasanya, makan sahur disunnahkan dilakukan pada dini hari sampai datangnya waktu imsak atau adzan Subuh. 

Karena dilakukan tengah malam, beberapa orang pun kadang merasa malas bangun. Padahal, Rasulullah telah bersabda yang artinya:

“Sahurlah kalian! Karena sesungguhnya (jika seorang muslim) mengerjakan sahur (maka) terdapat barakah.” 

Amalan Sunnah Saat Sahur

Sesuai dengan namanya, amalan sunnah saat sahur merupakan serangkaian amalan yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum, saat, atau bahkan sesudah sahur. Apa saja amalan saat sahur.yang bisa dilakukan?

1. Memperbanyak Doa

Saat sahur, sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa danmemohon ampun kepada Allah SWT atas segala kesalahan dan dosa yang dilakukan selama ini.

Selain itu, seorang Muslim juga sangat dianjurkan untuk berdoa dan meminta kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa. 

Disisi lain, jangan lupa juga untuk memohon keberkahan agar ibadah yang dilakukan sepanjang bulan Ramadan tidak sia-sia.

Adapun doa yang sangat dianjurkan untuk menjadi amalan saat sahur dan puasa adalah:

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Bacaan latin: Allahumma sallimn-li Ramadhana, wa sallim Ramadhana liwa sallimhu minni

Dalam Hadis Riwayat Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami disebutkan bahwa Rasulullah SAW kerap membaca doa tersebut dengan tujuan untuk mendapatkan kebaikan dan keberkahan di bulan Ramadan.

2. Beristighfar

Amalan ketika sahur selanjutnya adalah memperbanyak istighfar. Semakin banyak beristighfar, maka semakin besar kemungkinan dosa diampuni oleh Allah SWT.

Di sisi lain, istighfar juga dapat meningkatkan ketaqwaan, membukakan pintu rezeki, menenangkan hati, hingga melancarkan ibadah puasa. 

Oleh sebab itu, seharusnya tidak ada alasan lain yang memberatkan seorang Muslim untuk tidak menjalankan amalan saat sahur dan puasa satu ini.

3. Makan dan Minum

Seperti yang diketahui, sahur merupakan kegiatan makan dan minum yang dilakukan saat dini hari hingga menjelang adzan Subuh. 

Secara umum, tujuan sahur adalah memastikan tubuh memiliki energi yang cukup untuk menjalankan ibadah puasa selama 13 jam di pagi hingga sore hari.

Sebagai salah satu amalan saat sahur, makan dan minum sangat dianjurkan untuk dilakukan karena Rasulullah SAW juga melakukannya. 

4. Membaca Al-Quran

Ramadan menjadi spesial karena Al-qur’an, kitab suci umat muslim pertama kali diturunkan. Adapun Al-qur’an kali pertama diturunkan di Gua Hira pada 17 Ramadhan. 

Oleh sebab itu, membaca Al-qur’an saat bulan Ramadan menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan.

Dengan membaca Al-qur’an sebagai amalan saat sahur di bulan Ramadan, seorang Muslim akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. 

Pasalnya, membaca satu huruf Al-qur’an itu bernilai 10 kebaikan. Bayangkan jika seseorang bisa membaca satu lembar. Pahalanya luar biasa, bukan?

Keutamaan lain membaca Al-qur’an di bulan Ramadan adalah akan memberikan syafaat bagi para pembacanya saat hari kiamat nanti. 

Oleh sebab itu, jangan pernah malas untuk membaca Al-quran untuk mengisi waktu Ramadhan, ya!

5. Mengakhiri Sahur Menjelang Waktu Subuh

Sebagaimana diketahui, waktu sahur sebenarnya bukan berakhir saat imsak. Melainkan saat azan Subuh tiba. Imsak sendiri merupakan batas waktu 10 menit sebelum waktu Subuh. 

Apabila seseorang masih makan dan minum saat imsak, ini masih diperbolehkan selama adzan belum berkumandang.

Berkaitan dengan waktu ini, amalan saat sahur yang dianjurkan dilakukan adalah mengakhiri sahur menjelang waktu Subuh tiba. 

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar umat Islam terhindar dari keraguan saat berpuasa. Hasilnya, puasa pun makin berkah.

6. Makan Kurma Kering

Tidak hanya berbuka puasa, kurma kering juga sangat dianjurkan untuk dimakan saat sahur. Pasalnya, kurma kering memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Dengan makan kurma 3-5 butir saat sahur, maka tubuh akan jadi lebih bugar.

Diketahui, kandungan nutrisi yang terkandung di dalam kurma kering memiliki banyak manfaat kesehatan mulai dari membantu melancarkan pencernaan, menjaga kadar gula darah, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain amalan saat sahur di atas, sangat dianjurkan bagi umat Muslim untuk memperbanyak sedekah di bulan Ramadan. 

Oleh sebab itu, ayo sisihkan sebagian pendapatan untuk program Buka Puasa bareng Yatim di Yayasan Yatim Mandiri. Dengan berbagi, maka puasa akan jadi makin berkah!

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top