Kirim Hampers Lebaran Berbagi Kebahagiaan Hantaran Spesial

Punya rencana kirim hampers lebaran tetapi masih bingung bagaimana cara melakukannya dan barang apa yang sebaiknya dipilih? Simak informasi ini dulu ya

Selain mudik, kegiatan kirim hampers lebaran juga menjadi salah satu tradisi dan kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Sebelum membahas lebih lanjut soal kirim – mengirim hampers lebaran, perlu diketahui dulu bahwasanya ini bukanlah suatu kewajiban. 

Meskipun demikian, mengirim hampers lebaran diketahui menjadi salah satu langkah yang akan menjadi penyambung silaturahmi sekaligus merupakan aksi berbagi dengan keluarga atau sesama. Sehingga, apabila hal ini dilakukan setiap kali lebaran tiba, tidak ada salahnya. 

Bahkan, mengirim hampers juga tidak harus dilakukan saat lebaran loh. Di luar waktu lebaran juga bisa karena pengiriman hampers ini sendiri tidak dibatasi oleh waktu. Namun sebelum itu, mari simak dulu deh beberapa penjelasan terkait aksi kirim hampers lebaran ini. 

Hampers Lebaran Dikirim Kapan?

Hampers Lebaran Dikirim Kapan?

Mungkin dimulai dari pertanyaan yang diajukan oleh sejumlah pihak mengenai waktu terbaik untuk mengirimkan hampers lebaran.

Pada dasarnya, tidak ada jadwal khusus untuk mengirimkan lebaran. Namun, ada sebagian yang berpendapat bahwasanya hampers ini perlu dikirim jauh sebelum lebaran.

Sedangkan pendapat yang lain menyatakan bahwa hampers lebaran sebaiknya dikirimkan sekitar H-7 lebaran. Pendapat mana yang akan diikuti, tentunya ini terserah pada individu masing-masing.

Hanya saja, pengiriman hampers sebaiknya memperhatikan isi yang ada di dalamnya. 

Kalau memang isinya adalah barang-barang yang sekiranya bisa awet dalam waktu lama, Anda bisa mengirimkannya jauh-jauh hari. Tetapi kalau isi hampers adalah barang-barang yang mudah basi atau busuk, sebaiknya dikirim sekitar 5 hari hingga 2 hari sebelum hari raya. 

Selain perlu memperhatikan tingkat keawetan isi hampers, sebaiknya Anda juga memperhatikan estimasi jarak serta waktu pengiriman hampers ya. Pasalnya, kalau orang yang akan diberi hampers berada di kota lain yang berbeda dengan Anda, maka Anda akan memerlukan bantuan jasa ekspedisi. 

Nah ketika harus menggunakan jasa ekspedisi seperti ini, maka isi hampers harus yang dipastikan tahan lama. Mengirimkannya juga sebaiknya jauh hari supaya bisa sampai ke tangan penerima tepat waktu. 

Baca Juga : Menarik! 9 Ide Parcel Lebaran Kekinian

Tips Kirim Hampers Lebaran

Tips Kirim Hampers Lebaran

Seperti yang sudah bisa disimak secara sepintas, Anda pasti sudah tahu bahwasanya mengirimkan hampers lebaran itu perlu disiasati dengan baik. Sebab kalau tidak, kondisi finansial bisa terganggu. Untuk menghindari hal tersebut, mari simak beberapa tips mengirimkan hampers lebaran berikut ini. 

1. Buat Daftar Orang yang Akan Diberi Hampers

Pertama, Anda perlu membuat daftar orang yang akan diberi hampers. Anda bisa menuliskan nama rekan kerja, keluarga, teman, maupun partner bisnis atau siapapun.

Tips yang pertama ini tentunya akan mempermudah Anda dalam mengatur budget untuk pembuatan hampers. 

Satu hal yang perlu diingat adalah tidak semua orang yang Anda kenal dikirim hampers. Kecuali kalau memang kondisi keuangan tidak bermasalah, mengirim hampers ke semua orang yang Anda tahu mungkin tidak masalah. 

Tetapi jika budget cukup terbatas, pilih saja orang-orang terdekat. Atau bisa juga hanya memasukkan nama-nama orang yang dahulunya pernah mengirim hampers kepada Anda ke dalam daftar penerima ini. 

Atau jika Sahabat tidak punya daftar nama, bisa kirim hampers untuk anak yatim dan dhuafa melalui program Paket Lebaran Yatim mulai dari Rp.50.000 setiap paketnya.

2. Siapkan Budget untuk Hampers

Tips kirim hampers lebaran selanjutnya ialah menyiapkan budget. Bagaimanapun, mengirimkan hampers ini memerlukan biaya dan kalau budget tidak ditentukan sejak awal, bisa-bisa pengeluaran jadi sangat membengkak. 

Sekedar saran, budget untuk hampers ini bisa ditentukan sekitar 10% hingga 15% dari uang THR. Akan tetapi, besar kecilnya budget ini juga masih bisa disesuaikan lagi dengan banyaknya THR yang Anda terima. 

Namun yang paling penting adalah, anggaran total untuk hampers wajib disesuaikan dengan kondisi finansial Anda. Bagaimana kondisi finansial, tentunya Anda sendiri yang bisa menilainya. 

Kalau memang kondisi keuangan sedang kurang sehat, tidak ada salahnya kalau ingin mengurangi budget untuk setiap hampers. Atau bahkan tidak mengirimnya sama sekali juga tidak apa-apa mengingat mengirim hampers bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan.

Baca Juga : 9 Ide Hampers Lebaran Untuk Mertua yang Menarik

3. Pilih Jenis Hampers yang Diinginkan

Tips kirim hampers lebaran selanjutnya ialah memilih jenis hampers. Seperti yang sudah diketahui, jenis hampers ini sangatlah bervariasi, mulai dari minuman, makanan, pakaian hingga berbagai peralatan. 

Soal harga, hampers juga sangat beragam. Ada yang Rp50 ribu sudah dapat, ada pula yang harganya hingga jutaan rupiah.

Biasanya, soal harga ini tergantung pada ukuran hampers, isian hampers dan juga tingkat kerumitan pembuatannya kalau Anda memutuskan untuk membeli hampers yang sudah jadi. 

Soal mana jenis hampers yang terbaik, tentunya ini dikembalikan lagi dengan kemampuan. Hindari memaksakan diri memilih hampers yang harganya terlalu mahal kalau memang budget yang disediakan terbatas. 

Abaikan rasa gengsi karena yang terpenting dari kegiatan mengirim hampers ialah rasa ikhlas untuk berbagi. Jadi, sebaiknya memang tidak perlu memaksakan diri. 

4. Pilihan untuk Membuat Hampers Sendiri Atau Membeli yang Sudah Jadi

Sekarang, ada pilihan apakah akan membuat hampers sendiri atau membeli hampers yang sudah jadi. Mengenai mana pilihan yang terbaik, tentunya ini disesuaikan dengan kondisi Anda.

Kalau memang budgetnya mencukupi, mungkin membeli hampers yang sudah jadi adalah pilihan terbaiknya. 

Apalagi kalau Anda adalah seorang yang sibuk serta tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan bingkisan ini sendiri.

Kan sekarang sudah banyak penyedia jasa pembuatan hampers, manfaatkan saja mereka. Biasanya mereka juga menawarkan kustomisasi isian hampers. 

Tetapi kalau Anda ingin berkreasi, bisa memilih untuk membuat hampers sendiri saja. Isiannya pun bebas, Anda sendiri yang menentukan. Soal bentuk dan bagaimana cara menata isian hampers, referensi di internet ada banyak sekali. 

Biasanya, membuat hampers sendiri bisa lebih murah dan hemat. Selain itu, bingkisan ini akan terasa lebih personal. Apapun pilihan Anda, sebaiknya lengkapi hampers ini dengan ucapan personal dan kata-kata manis ya. 

5. Poin Penting Tentang Barang Isian Hampers Lebaran

Isi hampers lebaran biasanya apa aja? Seperti yang sudah diketahui, jawaban atas pertanyaan ini ialah sangat beragam. Hanya saja sekali lagi, sesuaikan isian hampers dengan orang yang akan menerimanya. 

Orang yang akan menerima hampers bisa digolongkan dalam beberapa kategori. Ada keluarga, teman dan juga teman kerja. Melihat beberapa kategori tersebut, ada beberapi jenis kategori hampers yang tepat untuk diberikan, seperti berikut:

  • Kalau penerimanya adalah rekan bisnis atau teman kerja, sebaiknya pilih hampers yang berkualitas. Pasalnya, isian dan model hampers yang Anda pilih juga akan menunjukkan tingkat kualitas Anda sebagai rekan kerja mereka
  • Kalau penerimanya adalah keluarga, bisa pilih hampers yang sekiranya bisa memberikan nostalgia dan dapat membangkitkan kenangan. Contohnya makanan, pakaian atau alat ibadah
  • Kalau penerimanya adalah teman, bisa pilih hampers yang lebih menonjolkan sentuhan personal. Ini bisa menjadi salah satu bentuk perhatian Anda kepada mereka. Contohnya ialah paket perawatan tubuh. Tetapi usahakan agar produk yang dipilih adalah produk yang mereka suka. 

6. Manfaatkan Jasa Ekspedisi yang Terpercaya

Tips kirim hampers lebaran selanjutnya ialah gunakan jasa ekspedisi yang terpercaya. Ini perlu dilakukan jika alamat orang yang akan diberi hampers berada cukup jauh atau di kota yang berbeda dengan tempat tinggal Anda. 

Jasa ekspedisi sekarang sudah banyak. Tugas Anda hanyalah memilih salah satu dari jasa ekspedisi tersebut yang sekiranya bisa mengantarkan bingkisan Anda dengan aman, cepat serta tepat waktu.

Selain itu, jasa ekspedisi yang ada di masa sekarang sudah menawarkan sejumlah layanan terbaik. 

Diantaranya adalah layanan antar paket kilat kalau memang ingin hamper lebih cepat sampai di tangan penerima. Namun, perlu diperhatikan agar sebelum mengirim hampers tersebut, pastikan bahwa packagingnya sudah aman. 

Ide Isian Hampers Lebaran

Seperti yang sudah disebutkan, usahakan agar agar isi hampers bermanfaat bagi penerima dan memang cocok untuk mereka.

Contoh kalau penerimanya adalah perempuan yang terbiasa menggunakan make up, Anda bisa memberikan hampers yang berisi peralatan make up atau skincare. 

Atau kalau penerima adalah orang yang suka otomotif, maka isi hampers bisa berupa benda-benda yang berkaitan dengan dunia otomotif. Hanya saja kalau hampers ini akan dikirimkan saat momen lebaran, isinya bisa menyesuaikan. 

Biasanya yang populer berupa kue kering, atau peralatan sholat. Tetapi terkadang bisa juga peralatan makan, peralatan masak dan lain sebagainya.

Tetapi kalau Anda masih bingung dengan barang apa saja yang sebaiknya dijadikan isian hampers lebaran, ide berikut bisa dicontek. 

1. Hampers Berupa Perlengkapan untuk Meminum Kopi

Hampers Berupa Perlengkapan untuk Meminum Kopi

Pertama, ada isian hampers yang berupa perlengkapan untuk minum kopi. Ide yang pertama ini bisa Anda pilih kalau orang yang akan diberi hampers sangat gemar dan merupakan pecinta kopi.

Untuk ini, Anda bisa memasukkan kopi, cangkir kopi, tumbler serta penggiling kopi manual. 

2. Hampers Berupa Piring dan Alat Makan

Hampers Berupa Piring dan Alat Makan

Selanjutnya, Anda juga bisa memilih isian hampers yang berupa piring serta alat makan. Hampers yang satu ini memiliki keunggulan, yaitu rupanya yang cantik serta bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Mereka yang menerima hampers ini bisa menggunakan piring serta alat makan tersebut berulang kali. Namun, perlu diperhatikan, piring dan alat makan sekarang sudah ada dalam berbagai variasi warna. Bahkan ada juga yang bermotif. 

Untuk itu, Anda bisa memilih piring dan alat makan yang warnanya sesuai dengan warna kesukaan orang yang akan menerima hampers tersebut. Sebagai wadahnya, Anda bisa menggunakan wadah keranjang anyam serta plastik yang bening. 

Dengan begini, isian hampers bisa terlihat dari berbagai sisi serta tampak mahal. Kalau khawatir piringnya akan pecah, Anda bisa menggantinya dengan piring maupun alat makan yang dibuat dari kayu. 

3. Hampers Berupa Lilin Aroma Terapi

Hampers Berupa Lilin Aroma Terapi

Ide isi hampers yang ketiga ialah lilin aromaterapi atau scented candle. Blakangan ini produk ini memang banyak peminatnya. Alasannya tidak lain adalah karena aromanya yang enak dan beragam, kemasan serta bentuk lilin ini juga sangat cantik. 

Menemukan lilin aromaterapi saat ini tidaklah sulit sama sekali. Sebab, ada banyak toko yang menjual produk ini secara khusus. Anda bebas memilih apakah akan menggunakan lilin yang aromanya buah-buahan segar, aroma bunga maupun aroma manis layaknya kue. 

4. Hampers Berupa Alat Sholat

Hampers Berupa Alat Sholat

Kalau masih bingung soal ingin kirim hampers lebaran apa, alat sholat juga bisa dijadikan ide untuk membuat hampers loh. Apalagi menjelang lebaran, ini adalah momen yang tepat untuk berbagi alat sholat dengan orang-orang tercinta. 

Selain untuk berbagi, memberikan alat sholat seperti ini berarti juga memberikan kesempatan pada mereka untuk menggunakan perlengkapan ibadah yang baru.

Sebab, belum tentu semua orang bisa dan memiliki kesempatan untuk membeli alat sholat yang baru ini. 

Alat sholat yang dimaksud juga beragam. Bisa sarung, sajadah serta mukena. Tetapi Anda masih bisa menambahkannya dengan barang lain seperti tasbih, mukena dan kopiah. Dijamin, ide hampers yang satu ini memberikan manfaat kepada orang yang menerimanya. 

5. Hampers Berupa Makanan Khas Nusantara

Hampers Berupa Makanan Khas Nusantara

Ide lain yang juga layak dipertimbangkan saat Anda ingin berbagi dan kirim hampers lebaran ialah makanan khas nusantara.

Memang, makanan menjadi salah satu isian hampers yang sangat populer. Namun untuk ide yang kali ini, Anda hanya fokus pada makanan khas saja. 

Makanan khas ini contohnya adalah nasi tumpeng. Nasi tersebut bisa dihias dengan aneka lauk pauk yang disusun secara unik dan juga lucu. Agar kesan lebarannya lebih keluar, Anda bisa menambahkan dekorasi yang mencerminkan lebaran. 

Atau bisa juga menggunakan tempat makanan yang menonjolkan ciri khas lebaran. Hanya saja, karena makanan seperti ini mudah basi, sebaiknya memang Anda memberikannya pada orang-orang yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal Anda. 

Sehingga begitu hampers ini jadi, bisa langsung dikirimkan ke orang yang dicatat sebagai penerimanya. Dengan demikian, hampers Anda bisa segera disantap dan tidak terbuang percuma. 

6. Hampers Berupa Teh

hampers teh

Kalau sebelumnya ada hampers khusus untuk pecinta kopi, kali ini ada hampers yang isinya khusus bagi mereka pecinta teh.

Ini juga merupakan opsi lain agar Anda tidak bingung lagi dengan isian hamper lebaran yang akan dikirimkan. Teh yang dijadikan isian hampers bisa dipilih dari aroma yang berbeda. 

Jenis teh yang bisa dijadikan isian hampers juga lumayan banyak. Diantaranya ada teh hijau, teh bunga telang, teh rosella, daun mint kering, teh melati serta perlengkapan pembuatan teh seperti gelas, sendok serta gula. 

Baca Juga : CATAT! 10 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik

7. Hampers Berupa Essential Oil

Essential oil juga merupakan pilihan yang bagus ketika akan membuat hampers lebaran. Anda bisa memasukkan beragam jenis essential oil ke dalam hampers ini. Tetapi, akan lebih bagus lagi kalau Anda melengkapinya dengan diffusernya supaya essential oil bisa segera digunakan oleh penerima. 

8. Hampers Berupa Kue Kering

Hampers Berupa Kue Kering

Lebaran juga identik dengan sajian kue kering yang disuguhkan kepada para tamu. Nah, ini juga bisa dianggap sebagai ide cemerlang untuk membuat hampers. Proses pembuatan hampers yang isinya kue kering sangatlah mudah. 

Tentunya, ada banyak orang yang menyukai kue ini sehingga tidak akan ada yang menolak bingkisan dari Anda. Adapun kue kering yang bisa dipilih diantaranya adalah kue putri salju, kastengel, nastar dan cookies coklat. 

9. Kirim Hampers Untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Hampers terkahir yang bisa dilakukan Anda adalah dengan ikut berpartisipasi dalam program Paket Hadiah Lebaran Yatim yang akan kita distribusikan untuk anak-anak Yatim Dhuafa yang ada di seluruh Indonesia.

Mau ikut berpartisipasi? Cek berikut ini.

Hadiah lebaran yatim

Asal Mula Tradisi Kirim Hampers Lebaran

Sepertinya mengulik asal mula munculnya tradisi kirim hampers lebaran adalah hal yang sangat menarik. Diketahui bahwsanya tradisi saling mengirim hampers ketika lebaran ini sudah dilakukan sejak lama dan merupakan tradisi dunia. 

Bahkan diketahui sejak abad ke-11 silam, tradisi kirim hampers ini sudah ada. Kala itu, yang mengenalkan pertama kali diperkenalkan oleh William The Conqueror setelah terjadinya pertempuran Hastings. 

Pada masa itu pula, konon para perempuan yang tidak ikut berpartisipasi dalam pertempuran akan membuat serta mengirim hampers pada para pejuang. Bingkisan ini isinya adalah makanan dan lambat laun menjadi tradisi yang terus berjalan hingga saat ini. 

Sedangkan untuk pengiriman hampers yang kemudian dihubungkan dengan perayaan penting terjadi sejak tahun 1800-an. Kala itu bertepatan pula dengan revolusi industri. Namun pada masa tersebut hampers ini masih berhubungan dengan pemberian hadiah serta hari natal. 

Namun seiring dengan berjalannya waktu, hampers kemudian juga ikut dikaitkan dengan perayaan lebaran. Jadi sudah jelas ya bagaimana mengirim hampers ini bisa terjadi dan menjadi tradisi hingga saat ini?

Aktivitas kirim hampers lebaran pada dasarnya merupakan kegiatan berbagi dengan orang-orang tercinta. Anda bebas menentukan isian hampers tersebut. Namun agar budget lebih hemat, sebaiknya perhatikan dulu tips membuat hampers di atas ya. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
ebook kurban