CATAT! 10 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik

sumber foto: abisgajian.id

Rekomendasi hampers lebaran unik diantaranya kurma, bunga, produk perawatan tubuh, aromaterapi, skincare, cokelat, kopi, teh, dan perlengkapan sholat.


Pemberian hampers pada pada saat lebaran merupakan salah satu tradisi yang sudah berkembang dalam masyarakat.

Umumnya, orang-orang memberikan hampers kepada keluarga, teman, atau kolega bisnis. Oleh karena itu, penting untuk mencari hampers lebaran unik dan menarik.

Tidak ada standar atau kriteria tertentu dalam pemberian hampers. Orang-orang dapat memberikan sesuai keinginan, baik dari isi maupun ukurannya.

Meskipun demikian, Anda juga harus mempertimbangkan manfaat dari hampers yang akan diberikan.

Untuk membuat hampers, Anda dapat menata dan menghiasnya sendiri. Akan tetapi, jika ingin lebih praktis, maka menggunakan jasa pembuatan hampers dapat menjadi pilihan.

Pihak penyedia jasa tersebut akan membuat hampers sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari para pelanggan.

 

Baca juga:    Menarik! 9 Ide Parcel Lebaran Kekinian

Rekomendasi Hampers Lebaran Unik

Setiap orang tentu ingin memberikan bingkisan lebaran yang spesial kepada orang lain. Oleh karena itu, Anda harus mencari hampers unik yang berbeda dari yang lain namun tetap memiliki manfaat.

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi ide hampers unik yang dapat Anda berikan.

1.   Aromaterapi

Beberapa tahun terakhir, aromaterapi merupakan barang yang banyak diminati masyarakat. Aromanya yang wangi dan menenangkan dapat pikiran menjadi lebih rileks setelah seharian beraktivitas.

Aromaterapi dapat berupa lilin, reed diffuser, maupun cairan aromaterapi. Jenis aromaterapi yang paling umum digunakan yaitu sebagai pewangi ruangan.

Adapun pilihan wangi yang tersedia yaitu lavender, mawar, jahe, lotus, vanilla, lemon, bunga camelia, dan green tea. Anda dapat memilih wangi aromaterapi yang paling disukai untuk dijadikan sebagai hampers

Selain itu, tidak semua orang sudah memiliki aromaterapi. Jadi, mereka dapat langsung menggunakan hampers tersebut di rumahnya.

Harga hampers aromaterapi yaitu mulai dari Rp35.000 hingga ratusan ribu, tergantung merek, ukuran, dan jumlah produk.

2.   Skincare

Untuk mendapatkan wajah yang bersih, mulus, segar, dan bebas jerawat membutuhkan perawatan yang cukup.

Jika dulu orang-orang harus berkunjung ke klinik atau dokter kecantikan, maka sekarang sudah bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan skincare.

Skincare merupakan produk-produk perawatan khusus wajah, baik untuk wanita maupun pria.

Beberapa produk skincare yang dapat digunakan sebagai isian hampers adalah sabun pencuci bawah, toner, pelembab, masker, serum, krim mata, sunscreen, hingga krim malam.

Dalam hal ini, penting untuk memahami siapa orang yang akan diberikan hampers. Anda harus memberikan skincare sesuai jenis kulit maupun jenis kelaminnya. Hal ini disebabkan ada skincare khusus pria maupun khusus wanita.

Perbedaan struktur kulit keduanya dapat membuat wajah menjadi iritasi maupun rusak jika salah pemakaian.

Selain itu, tekstur dan jenis kulit juga harus menjadi pertimbangan. Misalnya, penerima hampers memiliki wajah yang berjerawat, maka sebaiknya berikan skincare acne.

Untuk mengetahui jenis kulitnya, Anda dapat bertanya secara langsung terkait produk skincare yang ia gunakan.

Akan tetapi, jika tidak ingin repot dapat menggunakan skincare yang cocok untuk semua wajah sehingga pengguna terhindar dari iritasi atau bruntusan.

3.   Perlengkapan Sholat

Memberikan hampers lebaran unik berupa perlengkapan sholat juga dapat dilakukan.

Anda dapat membeli sajadah, kopiah atau peci, tasbih, sarung, baju koko untuk laki-laki. Sementara untuk perempuan dapat memberikan sajadah, mukena, dan tasbih.

Jika ingin menambahkan pelengkap berupa Al-Quran berukuran kecil juga cocok. Anda dapat memilih warna yang menarik untuk digunakan beribadah, misalnya warna-warna netral seperti putih.

Namun, juga bisa memberikan perlengkapan sholat warna lain yang bagus untuk dilihat. Alat sholat tetap akan digunakan oleh umat muslim meskipun di luar bulan suci Ramadhan.

Hal ini disebabkan karena mendirikan sholat wajib dilakukan setiap hari sebanyak lima kali. Dengan memberikan perlengkapan sholat, Anda juga akan mendapatkan pahala.

Untuk anak-anak, memberikannya peci atau mukena kecil akan membuat mereka menjadi lebih semangat untuk beribadah.

Anda dapat memilih warna yang menarik perhatian mereka agar selalu ingin menggunakan perlengkapan sholat yang diberikan.

4.   Cokelat

Siapa yang tidak suka dengan makanan manis seperti cokelat? Hampir semua orang tentu suka untuk memakannya.

Oleh karena itu, memberikan hampers berisi cokelat dapat menjadi pilihan saat lebaran. Anda dapat membeli cokelat dengan kualitas yang bagus dan rasa yang enak.

Sebelum membeli dalam jumlah banyak, coba rasa cokelat terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena tidak semua produk cokelat memiliki rasa yang enak dan layak untuk diberikan. Setelah itu, Anda dapat mengemas cokelat dengan bentuk yang menarik dan unik.

Cokelat mudah untuk didapatkan di toko, supermarket, hingga mall. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal tergantung kualitas, merek, dan jumlahnya.

Jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsa cokelat untuk menghindari pembelian barang yang tidak layak dikonsumsi.

Anda juga dapat meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat untuk memilih jenis cokelat terbaik dengan harga yang ekonomis.

5.   Suplemen dan Vitamin

Selama berpuasa, umat muslim harus lebih ekstra untuk menjaga kesehatan agar tidak jatuh sakit.

Oleh karena itu, memberikan hampers lebaran unik seperti vitamin dan suplemen adalah pilihan yang tepat. Anda dapat memberikan berbagai jenis suplemen dan vitamin yang aman untuk dikonsumsi.

Terlebih lagi pandemi covid-19 yang baru saja berakhir menyebabkan imunitas tubuh harus lebih dijaga dengan baik. Kandungan dari suplemen sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika disertai dengan olahraga maupun pola hidup yang sehat.

Sebelum memutuskan untuk membeli hampers suplemen dan vitamin, terlebih dahulu Anda harus memastikan kandungan apa saja yang dimilikinya. Hindari juga untuk membeli produk yang tidak BPOM meskipun dengan harga yang murah.

Orang yang mengonsumsi suplemen atau vitamin yang abal-abal, dapat terkena efek samping mulai dari yang ringan hingga berat. Selain itu, Anda juga dapat terkena masalah jika penerima hampers mengalami sakit yang parah.

6.   Kopi dan Teh

Saat pagi atau sore hari, orang-orang biasanya makan kue sambil minum teh atau kopi. Hal ini bahkan sudah menjadi tradisi untuk masyarakat Indonesia, meskipun tidak semua melakukannya. Nah, kedua minuman tersebut dapat Anda gunakan sebagai isian hampers lebaran unik.

Beberapa pilihan kopi dengan rasa yang enak yaitu arabika, robusta, liberika, ekselsa, kintamani, toraja, luwak, gayo, dan masih banyak lagi.

Adapun untuk jenis-jenis teh pilihan seperti teh hijau, teh hitam, chamomile, peppermint, teh jahe, teh melati, teh putih, dan lain-lain.

Agar lebih praktis, pilihlah teh atau kopi bubuk yang berkemasan, sehingga lebih mudah untuk dikemas dalam parsel. Akan tetapi, jika Anda merasa lebih tertarik dengan teh dan kopi yang berbentuk botolan, maka bisa juga digunakan.

Untuk mencari jenis kedua minuman tersebut cukup mudah, yaitu di supermarket, toko-toko, atau membelinya di online store.

Akan tetapi, jika membeli online pastikan jika toko tersebut sudah terverifikasi atau official store, sehingga barang jualannya adalah asli.

7.   Tanaman Hias

Jika ingin memberikan hampers yang unik dengan harga yang terjangkau, maka tanaman hias dapat menjadi pilihan. Tanaman ini dapat mempercantik atau memperindah rumah agar terlihat lebih segar dan alami.

Penempatannya pun tidak mengambil banyak ruang sehingga bisa diletakkan dimana saja.

Beberapa jenis tanaman hias yaitu aglonema, monstera, begonia, syngonium, sansevieria, anggrek, paperwhite, kaktus kepiting, lidah mertua, hingga paku sarang burung.

Umumnya, tanaman ini ditanam dalam sebuah pot dengan daun yang rapi, bersih, dan cantik.

Jadi, penerima hampers akan merasa senang saat melihatnya. Cara perawatan tanaman hias juga tergolong mudah, yaitu dengan memberikan sinar matahari yang cukup, menjaga kelembaban tanaman, menyiram, membasmi hama, dan memotong bagian yang kering.

Jika ingin memberikan tanaman yang dapat diletakkan di atas meja, maka Anda bisa membuat hampers kaktus mini.

Ukurannya yang kecil dan bentuknya yang unik dapat menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Tidak hanya itu, menyiram kaktus dapat dilakukan 10 hari sekali.

8.   Bunga

Untuk berbagi kebahagiaan di hari lebaran, tidak harus memberikan barang yang dapat dikonsumsi atau digunakan.

Anda bisa memberikan bunga sebagai hampers lebaran unik yang berbeda dengan orang lain. Membeli buket bunga tentu jauh lebih mudah dan simpel dari barang yang lain.

Anda hanya perlu mencari toko bunga terdekat atau menghubungi pihak toko melalui sosial media. Bunga-bunga yang biasanya dijadikan hampers adalah mawar, aster, baby breath, lili, matahari, anggrek, dan lain sebagainya.

Pilih jenis bunga sesuai keinginan dan minta untuk dikemas untuk hampers, baik berbentuk buket maupun ditata dalam sebuah kotak.

Jika penerima hampers adalah orang yang sangat spesial, jangan lupa untuk menyisipkan kartu ucapan yang berisi kata-kata manis.

9.   Kurma

Bukan rahasia lagi kalau kurma sangat identik dengan bulan suci Ramadhan dan lebaran. Mengonsumsi makanan ini bahkan termasuk sunnah dalam ajaran Islam. Maka tidak salah jika Anda memberikan hampers lebaran unik yang berisi kurma.

Kurma memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi makanan lain seperti bolu kurma, teh kurma, susu kurma, kurma goreng tepung, dan lain-lain. 

Kurma juga dikenal mengandung berbagai macam zat, seperti gula, vitamin, kalori, lemak, protein, karbohidrat, magnesium, potassium, serat, dan zat besi. Campuran zat-zat tersebut mampu memberikan khasiat yang baik untuk tubuh seperti:

  1. Melancarkan sistem pencernaan
  2. Menstabilkan gula darah
  3. Pengganti gula yang lebih sehat
  4. Mencegah penyakit kronis
  5. Mengganti elektrolit dalam tubuh
  6. Melindungi tubuh dari peradangan
  7. Mencegah anemia
  8. Meningkatkan kesuburan

Jadi, dengan memberikan kurma kepada orang lain sama halnya dengan berkontribusi terhadap kesehatannya. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa buah kurma yang diberikan memiliki kualitas yang bagus dan layak untuk dikonsumsi.

10.   Produk Perawatan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh adalah hal yang penting bagi setiap orang. Oleh karena itu, memberikan hampers perawatan tubuh pasti akan bermanfaat untuk orang lain.

Adapun produk yang dapat menjadi pilihan yaitu sabun mandi, body lotion, parfum, lulur, body serum, hingga body oil.

Semua produk tersebut mudah untuk ditemukan di supermarket terdekat sehingga Anda tidak perlu pusing untuk mencarinya.

Untuk menghindari kesalahan pengiriman, Anda sebaiknya membeli produk perawatan tubuh yang bisa digunakan oleh semua orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Beda halnya produk perawatan tubuh untuk bayi atau anak-anak. Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih agar mereka terhindar dari iritasi maupun berbagai efek samping lain. 

Merayakan lebaran tentu tidak lengkap dengan pemberian bingkisan atau hampers kepada orang-orang terdekat.

Rekomendasi hampers lebaran unik diantaranya kurma, bunga, produk perawatan tubuh, aromaterapi, skincare, cokelat, kopi, teh, dan perlengkapan sholat.

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.