9 Ide Hampers Lebaran Untuk Mertua yang Menarik

Ide hampers lebaran untuk mertua yaitu uang tunai, perlengkapan masak, peralatan makan, sembako, busana muslim, perhiasan, serta alat sholat dan Al-Quran.


Setelah menikah, keluarga pasangan juga secara otomatis akan menjadi keluarga kita juga. Oleh karena itu, berbagi hampers dengan mereka saat lebaran adalah hal yang penting.

Sebagai bukti cinta dan kasih sayang, Anda dapat memberikan hampers lebaran untuk mertua. Memberikan bingkisan kepada orang-orang terdekat juga dapat mempererat tali silaturahmi dan sebagai ungkapan syukur.

Nah, pastikan Anda mempersiapkan dana sebelum hari raya tiba khusus untuk pembelian isian hampers untuk selanjutnya dikemas sendiri.

Namun, jika tidak memiliki waktu yang cukup atau keahlian untuk itu, Anda dapat menggunakan bantuan jasa pembuatan hampers.

Saat ini, sudah banyak orang atau perusahaan yang menyediakan jasa tersebut sehingga tidak sulit untuk mencarinya.

Baca juga:   CATAT! 10 Rekomendasi Hampers Lebaran Unik

9 Ide Hampers Lebaran Untuk Mertua

Memberikan sesuatu kepada mertua tentu harus spesial layaknya orang tua sendiri. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memberikan sesuatu yang mereka butuhkan atau bermanfaat saat digunakan.

Nah, berikut ini terdapat beberapa ide hampers menarik untuk mertua saat hari raya tiba, bisa dijadikan referensi untuk bahagiakan mereka.

1.   Sembako

Setiap orang tentu akan membutuhkan sembilan bahan pokok (sembako) untuk dikonsumsi sehari-hari. Isi sembako untuk mertua dapat berupa beras, minyak goreng, susu, terigu, mie instan, margarin, saus, kecap, telur, gula, garam, hingga daging.

Namun, jika Anda memutuskan untuk memberikan telur tentu harus memastikan bahwa kemasannya aman. Hal ini disebabkan karena telur rentan untuk pecah saat terkena barang yang keras.

Akibatnya, hasil pecahannya akan mengenai isian hampers yang lain. Sama halnya dengan daging, bahan makanan yang tidak tahan lama saat berada di suhu ruang.

Jika hampers dikirim dan tiba di tempat tujuan dalam waktu yang singkat, maka memasukkan daging masih bisa dilakukan, Akan tetapi, jika jarak rumah mertua cukup jauh, maka sebaiknya tidak perlu.

Dalam memilih sembako, Anda dapat membandingkan harga terlebih dahulu antara penjual satu dengan penjual lain untuk mendapatkan harga yang ekonomis.

Sembako juga mudah untuk didapatkan, yaitu di pasar, toko kelontong, supermarket, hingga mall.

2.   Perlengkapan Masak

Salah satu kegiatan yang dilakukan setiap hari adalah memasak. Untuk menunjang kegiatan tersebut agar berjalan dengan baik, maka membutuhkan perlengkapan memasak.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakannya sebagai isian hampers lebaran untuk mertua.

Perlengkapan memasak dapat berupa satu set panci, teflon, wajan, sodet, pisau, talenan, sendok sayur, dan lain sebagainya. Anda bisa membeli peralatan yang anti karat sehingga aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bahan alat masak ada yang terbuat dari kaca, keramik, titanium, aluminium, cast iron, hingga stainless steel. Jadi, Anda bisa memilih perlengkapan masak berdasarkan bahan dengan mempertimbangkan keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Selain itu, harga yang ditawarkan setiap alat masak juga berbeda-beda, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan dana yang sudah disiapkan. Jika Anda menyukai satu bahan dengan harga yang cukup tinggi, maka kurangi jumlah isian parcel.

3.   Buah dan Sayur

Buah dan sayur juga dapat dibuat menjadi hampers lebaran untuk dikirimkan kepada keluarga terdekat, termasuk mertua.

Anda hanya perlu mencari buah-buahan serta sayur-sayuran yang segar kemudian menata dan membungkusnya sendiri hingga menjadi hampers yang cantik.

Beberapa pilihan buah yang cocok digunakan yaitu apel, anggur, mangga, pir, alpukat, pisang, jeruk, anggur, dan lain-lain.

Sementara itu, untuk sayur-sayuran dapat berupa wortel, kentang, kol, brokoli, tomat, cabai, pare, jagung, paprika, selada, dan sayur lainnya.

Pastikan untuk memilih buah dan sayur yang masih segar dan tidak memiliki cacat apapun pada bagian kulit maupun daunnya.

Hindari juga untuk memilih yang sudah terlalu matang karena mudah untuk rusak saat ditata atau disusun dengan sayur atau buah lain.

Untuk membeli kedua bahan makanan ini, sebaiknya Anda datang langsung ke pasar atau supermarket.

Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi buah atau sayuran benar-benar sesuai keinginan. Jadi, tidak ada bahan makanan yang tidak layak untuk diberikan ke orang lain.

4.   Peralatan Makan

Sebagian ibu-ibu gemar untuk mengoleksi barang pecah belah, termasuk peralatan makan.

Umumnya, mereka tertarik untuk membeli berbagai jenis piring, gelas, mangkok, sendok, garpu, dan cangkir dalam jumlah tertentu atau langsung satu set.

Nah, Anda juga dapat menggunakan peralatan makan sebagai hampers lebaran untuk mertua dengan mencari corak-corak yang menarik.

Bahan peralatan makan yang aman untuk digunakan adalah yang terbuat dari stainless steel, kayu, plastik, kaca, keramik, hingga batok kelapa.

Semakin bagus kualitas bahan pembuatnya, maka harga peralatan makan pun akan semakin mahal. Oleh karena itu, Anda bisa menyesuaikan dengan estimasi dana yang sudah disediakan.

Akan tetapi, jika memiliki uang yang berlebih, maka sebaiknya beli yang kualitas bagus.

Hal tersebut dapat berupa apresiasi atau ungkapan rasa syukur atas segala bantuan yang diberikan oleh mertua. Selain itu, mereka juga akan merasa sangat senang dan selalu mengingat Anda saat menggunakan peralatan makan tersebut.

Artikel lainnya:   Menarik! 9 Ide Parcel Lebaran Kekinian

5.   Kue Lebaran

Kue kering yang khusus dibuat atau diperjualbelikan menjelang hari raya disebut dengan kue lebaran.

Kue-kue tersebut sudah menjadi salah satu makanan yang harus ada saat lebaran. Sebagian orang bahkan meluangkan waktu untuk membuat kue kering beberapa hari sebelum hari raya tiba.

Beberapa jenis kue tersebut diantaranya lidah kucing, nastar, putri salju. kue sagu, kastengel, kue kacang, dan masih banyak lagi.

Bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu serta keahlian khusus untuk memasak kue kering, maka mereka memutuskan untuk membelinya dari toko kue.

Oleh karena mertua merupakan salah satu orang terdekat, maka Anda harus memastikan bahwa kue lebaran yang akan diberikan memiliki rasa yang enak.

Caranya dengan mencoba terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli dalam jumlah yang banyak.

Jika rasanya sudah sesuai dengan selera, maka Anda bisa memilih jenis kue lain. Hampers biasanya tidak hanya berisi satu jenis kue, namun beberapa jenis.

Hal ini bertujuan agar penerima hampers dapat mencoba banyak rasa dan tidak bosan untuk memakan satu jenis saja.

6.   Busana Muslim

Saat merayakan hari raya, orang-orang biasanya menggunakan baju-baju baru yang sudah dibeli. Nah, khusus hampers lebaran untuk mertua, Anda dapat memberikan busana muslim seperti gamis, jilbab, celana panjang, dan baju koko.

Pastikan memberikan baju yang sesuai dengan ukuran mertua, baik untuk mertua laki-laki dan perempuan. Anda dapat menanyakan ukuran pakaian mereka terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi membeli busana tersebut.

Jangan lupa juga untuk memilih warna serta corak yang kemungkinan disukai oleh mertua sehingga mereka akan senang untuk menggunakannya.

Harga busana muslim tergolong bervariasi, mulai dari yang murah hingga cukup mahal untuk kualitas terbaik. Jika ingin menata dan mengemasnya sendiri, maka lipat atau bentuk pakaian tersebut secara rapi.

Kemudian kemas hampers agar terlihat menarik atau memasukkannya ke dalam kotak. Terakhir, hias bagian luar hampers dengan pita berwarna dan tambahkan kertas ucapan kecil.

7.   Alat Sholat dan Al-Quran

Bulan Ramadhan merupakan waktu dimana seluruh umat muslim di dunia berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala.

Mereka akan lebih fokus dan banyak beribadah kepada Allah SWT, termasuk berpuasa, mendirikan sholat wajib maupun sunnah, membaca Al-Quran, hingga tarawih.

Bulan tersebut seharusnya menjadi pedoman untuk bulan-bulan lainnya dalam mencari pahala.

Jadi, setelah bulan suci Ramadhan, orang-orang diharapkan akan tetap mengerjakan ibadah dengan semangat. Salah satu cara untuk mendukung hal tersebut dengan memberinya hampers alat sholat.

Hampers tersebut dapat berisi baju koko, tasbih, peci, mukena, dan sajadah. Jika Anda ingin memberikan barang yang jauh lebih berguna yaitu tambahkan Al-Quran kecil didalamnya.

Memberikan barang-barang tersebut juga akan mendatangkan pahala bagi Anda. Memilih hampers alat sholat dan Al-Quran tentu tidak serumit dengan yang lain.

Hal ini disebabkan karena sebagian besarnya modelnya akan sama, namun hanya berbeda pada warna, corak, serta ukurannya. Sebaiknya pilihlah peralatan sholat berwarna netral dan tidak mencolok.

8.   Perhiasan

Jika Anda memiliki hubungan yang sangat baik dengan mertua, maka dapat memberikan hampers dengan harga yang sedikit mahal. Hampers lebaran untuk mertua yang dimaksud adalah perhiasan, seperti cincin, gelang, kalung dan anting.

Anda tidak perlu membeli langsung satu set jika merasa harganya sangat mahal. Cukup dengan membeli salah satunya kemudian kemas dalam kotak bersama dengan bunga.

Selain bisa digunakan, perhiasan juga dapat digunakan sebagai investasi di masa yang akan datang.

Misalnya, membeli kalung emas dengan harga Rp800.000 per gram. Beberapa tahun kemudian, harga kalung tersebut dapat naik menjadi Rp1.000.000 gram.

Jadi, jika mertua Anda menjualnya akan mendapatkan uang yang lebih banyak daripada saat perhiasan tersebut dibeli.

Adapun untuk mertua laki-laki, jika ia tidak menggunakan perhiasan layaknya mertua perempuan, maka Anda bisa membeli emas batangan.

Pastikan membeli perhiasan di tempat-tempat terpercaya dengan kualitas yang bagus. Anda sebaiknya mengecek keaslian toko tersebut terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan perhiasan yang marak terjadi beberapa tahun terakhir.

Umumnya, penipu menawarkan barang tersebut melalui media sosial dengan harga yang murah jika dibandingkan dengan harga pasaran. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat membeli perhiasan.

9.   Uang Tunai

Hampers lebaran untuk mertua yang terakhir adalah uang tunai. Anda dapat memberikan sejumlah uang khusus untuk orang-orang tercinta dalam rangka berbagi kebahagiaan di hari raya.

Jumlah uang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan tidak memiliki batasan tertentu. Agar terlihat lebih menarik, Anda bisa membentuknya seperti buket yang disusun dengan rapi kemudian diikat dengan pita.

Untuk membuat buket uang tunai, tentu membutuhkan keahlian tertentu dalam menyusun dan merangkainya hingga terlihat seperti rangkaian bunga.

Uang yang digunakan juga harus dalam keadaan baru sehingga Anda dapat menukarnya di bank terlebih dahulu. Namun, jika merasa hal tersebut terlalu rumit, maka gunakan jasa pembuatan buket uang yang sudah banyak tersedia saat ini.

Anda dapat memilih jenis lembaran uang apa yang ingin dirangkai, mulai dari Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, atau Rp100.000.

Perlu diketahui bahwa uang yang bisa dirangkai adalah uang kertas bukan uang koin. Mertua adalah salah satu keluarga terdekat dan sudah seperti orang tua kandung sendiri.

Adapun ide hampers lebaran untuk mertua yaitu uang tunai, perlengkapan masak, peralatan makan, buah dan sayur, sembako, kue lebaran, busana muslim, perhiasan, serta alat sholat dan Al-Quran.

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.