Menarik! 9 Ide Parcel Lebaran Kekinian, Bisa Dicontoh

Ide parcel lebaran yang dapat digunakan yaitu makanan ringan, perlengkapan mandi, alat sholat, produk kecantikan, peralatan masak, dan lain sebagainya.

Setelah berpuasa selama satu bulan, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya atau lebaran.

Hari tersebut disambut penuh suka cita dengan berbagi kebahagiaan bersama keluarga maupun kerabat. Salah satunya dengan mempersiapkan ide parcel lebaran kekinian.

Parcel merupakan bingkisan yang berisi berbagai jenis produk seperti makanan, minuman, kue kering, buah-buahan, pakaian, dan lain sebagainya.

Bingkisan tersebut ditata secara rapi dan cantik kemudian dibungkus sehingga aman saat dibawa. Ukuran parcel berbeda-beda sesuai dengan keinginan pembuat atau pembelinya.

Jika Anda memiliki keahlian dan bersedia meluangkan waktu untuk membuat parcel, maka akan terasa lebih spesial. Namun, jika tidak dapat menggunakan jasa pembuatan parcel yang ditawarkan orang lain.

Ide Parcel Lebaran Kekinian

Berbagi kebahagiaan kepada orang terdekat menggunakan parcel akan lebih praktis. Anda dapat membawa parcel secara langsung ke rumah tujuan atau menggunakan jasa kirim.

Nah, berikut ini terdapat beberapa ide yang dapat digunakan untuk membuat parcel lebaran.

1. Makanan Ringan

Ide Parcel Lebaran Makanan Ringan
Dokumentasi Yatim Mandiri

Parcel lebaran yang sangat terjangkau adalah makanan ringan. Parcel ini sangat cocok untuk siapa saja, termasuk orang-orang yang sudah memiliki anak kecil.

Untuk membuat parcel ini, Anda hanya perlu membeli beberapa jenis makanan ringan di toko, pasar, atau minimarket terdekat.

Jenis makanan ringan yang diperjualbelikan sangat banyak, misalnya permen, biskuit, keripik, cokelat, kripik pisang, kripik tempe, rambak pisang, hingga sirup. Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan dan besaran dana yang tersedia.

Jika ingin membuat parcel terlihat lebih menarik, maka cari makanan ringan dengan warna yang senada. Akan tetapi, jika lebih menyukai tampilan yang lebih heboh, maka pilihlah makanan ringan dengan kemasan berwarna terang.

Setelah itu, susun dengan rapi dan buat bentuk yang semenarik mungkin. Bungkus parcel dengan plastik atau gunakan kotak yang bercorak cantik.

Jangan lupa untuk menambahkan pita pada bagian luar dan tuliskan kartu ucapan yang berisi pesan singkat untuk penerima.

2. Alat Sholat

Ide Parcel Lebaran Alat Sholat
Sumber Gambar @nzfhatipoglu on Canva

Bulan Ramadhan hingga hari raya merupakan waktu yang digunakan oleh umat muslim untuk mengumpulkan banyak pahala dengan beribadah. Oleh karena itu, perlengkapan ibadah (alat sholat) dapat menjadi ide parcel lebaran yang bagus.

Anda dapat membeli sajadah, peci, mukena, baju koko, tasbih, Al-Quran, hingga sarung. Isi parcel dapat disesuaikan dengan penerima.

Misalnya, perempuan berarti sajadah, mukena, Al-Quran, dan tasbih. Adapun untuk laki-laki adalah sajadah, baju koko, tasbih, peci, Al-Quran, dan sarung.

Namun, jika parcel akan diberikan kepada orang-orang yang sudah memiliki pasangan, dapat menggabungkan semuanya. Jangan lupa untuk menyesuaikan harga dengan jumlah dana yang sudah disiapkan.

Anda dapat mengurangi atau menambah produk untuk mendapatkan harga ekonomis. Selain itu, memberikan sepasang sajadah couple untuk pasangan juga banyak diminati.

Anda hanya perlu mencari sajadah dengan motif dan warna yang senada dengan ukuran yang sedikit berbeda. Akan tetapi, membeli sajadah couple ukuran sama juga tidak menjadi permasalahan.

3. Produk Kecantikan

Ide Parcel Lebaran Produk Kecantikan
Sumber Gambar – Pixabay

Membeli dan menggunakan produk kecantikan hampir dilakukan oleh semua wanita. Hal ini bertujuan untuk menunjang penampilan wajah mereka agar lebih cantik, mulus, segar, dan mempesona.

Tidak hanya itu, mereka juga melakukan perawatan wajah untuk menghindari penuaan dini. Nah, Anda dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai ide parcel lebaran khusus untuk penerima perempuan.

Beberapa jenis produk kecantikan yang dapat digunakan yaitu toner, sabun pencuci wajah, pelembab, krim siang, krim malam, lipstick, blush on, maskara, pensil alis, dan lain sebagainya.

Hal yang penting diperhatikan sebelum membeli produk ini adalah mengetahui produk kecantikan yang digunakan oleh penerima. Hal ini disebabkan karena tidak semua produk cocok dengan semua wajah.

Misalnya, penerima parcel memiliki wajah yang sensitif dan berjerawat, maka kirim produk acne.

Akan tetapi, jika merasa hal tersebut terlalu rumit, maka cari produk yang cocok untuk semua jenis kulit. Dengan begitu, parcel yang Anda kirim pasti akan digunakan. Pemilihan isi parcel juga tidak harus berasal dari satu merek yang sama.

Anda dapat mencari produk kecantikan dengan merek yang berbeda-beda dan menggabungkannya kemudian. Pastikan untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa dari setiap produk.

Hindari untuk membeli dan mengirimkan produk kecantikan kadaluarsa karena dapat merusak kulit wajah.

4. Perlengkapan Mandi

Ide Parcel Lebaran Perlengkapan Mandi

Dari segi penggunaan, perlengkapan mandi sangat efektif untuk digunakan sebagai parcel lebaran. Hal ini disebabkan karena orang-orang pasti akan menggunakan peralatan tersebut setiap harinya.

Anda dapat memilih untuk membeli barang yang bisa digunakan untuk jangka panjang Misalnya, handuk, sisir, sikat gigi, dan botol tempat sabun.

Namun, jika Anda memiliki sabun mandi favorit dengan wangi dan manfaat yang bagus untuk kulit, juga dapat dimasukkan. Agar lebih estetik saat ditata, carilah barang yang terbuat dari bahan alami seperti kayu.

Untuk handuk, lipat atau gulung hingga menghasilkan bentuk yang rapi dan lucu. Anda bisa menggulungnya berbentuk roll, angsa, kelinci, hingga boneka. Pemilihan bahan dengan kualitas bagus juga penting untuk diperhatikan saat membeli handuk.

5. Sembako

Ide Parcel Lebaran Sembako

Ide parcel lebaran yang pasti dibutuhkan oleh semua orang adalah sembako. Sembako atau Sembilan bahan pokok merupakan makanan atau minuman yang dibutuhkan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Mulai dari beras, minyak goreng, susu, teh, kopi, saus, kecap, margarin, mie, telur, dan lain-lain. Akan tetapi, membeli telur dan menjadikannya sebagai isian parcel harus dilakukan dengan hati-hati.

Hal ini disebabkan karena makanan tersebut mudah untuk pecah jika terkena benda keras atau terkendala selama proses pengiriman. Oleh karena itu, pastikan telur dikemas dengan sangat aman.

Harga parcel sembako cenderung mahal, namun juga dapat diatur sesuai dengan dana masing-masing.

Anda dapat melakukan survei pasar untuk membandingkan harga antara penjual satu dengan lainnya. Jangan lupa untuk melihat kualitas apakah sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Misalnya, hindari membeli beras yang sudah tidak layak makan atau mengandung banyak kutu. Meskipun harganya murah, tetapi beras tersebut tidak enak dan sehat untuk dikonsumsi.

Adapun untuk produk seperti susu, saus, kecap, maupun mie perlu untuk mengecek tanggal kadaluarsanya.

6. Kue Kering

Lebaran atau perayaan hari raya identik dengan kue-kue kering yang disediakan oleh tuan rumah kepada para tamu.

Oleh karena itu, mengirim parcel yang berisi kue kering pasti akan disukai oleh semua orang. Anda dapat membuat kue sendiri atau membelinya dari orang lain.

Beberapa jenis kue kering yang biasanya digunakan sebagai isian parcel adalah putri salju, kastengel, kue kacang, nastar, lidah kucing, kue sagu, dan lain sebagainya.

Pastikan kue tersebut memiliki rasa atau tampilan yang menarik sehingga layak untuk diberikan.

Jika Anda membeli kue, jangan lupa untuk mencobanya rasanya terlebih dahulu. Setelah itu, simpan ke dalam toples yang bentuk dan ukuran sesuai dengan selera.

Tata kue kering tersebut dengan rapi di dalam toples dan hindari untuk menumpuknya secara langsung sehingga tampilannya berantakan.

Umumnya, orang-orang mengirim parcel kue kering dengan beberapa jenis. Misalnya, satu toples berisi putri salju, satu toples untuk lidah kucing, dan toples lainnya berisi nastar.

Hal ini bertujuan agar penerima parcel dapat mencoba berbagai jenis kue dengan rasa yang berbeda-beda.

7. Peralatan Masak

Sama halnya dengan perlengkapan mandi, peralatan masak juga akan digunakan setiap hari. Nah, ide parcel lebaran yang berisi perlengkapan masak pasti disukai oleh ibu-ibu yang beraktivitas di dapur setiap harinya.

Isi parcel dapat berupa panci, wajan, pisau, teflon, sodet, dan talenan. Anda dapat menggabungkan semuanya dengan membeli satu set atau membeli satu per satu dengan merek yang berbeda.

Kualitas peralatan masak juga penting untuk dipertimbangkan sebelum digunakan sebagai isian parcel.

Untuk mendapatkan tampilan yang menarik, pilihlah peralatan dengan warna yang senada. Misalnya, semua berwarna hitam, silver, atau cokelat. Dengan begitu, penerima dapat menatanya di dapur dengan rapi dan terlihat estetik.

Meskipun harus mengeluarkan uang yang cukup besar, parcel peralatan memasak sangat bermanfaat untuk orang lain. Mereka tidak perlu lagi membeli panci, wajan, atau barang-barang sudah ada sebagai isian parcel.

8. Peralatan Makan

Selain peralatan masak, peralatan makan juga dapat digunakan untuk membuat parcel. Anda dapat memasukkan sendok, piring, gelas, garpu, cangkir, dan mangkuk.

Usahakan untuk membeli peralatan dengan corak dan warna yang senada agar terlihat seragam atau langsung satu set.

Berbeda dengan isian parcel lain yang cenderung ringan, peralatan makan justru lebih berat dan membutuhkan kehati-hatian saat dikemas.

Hal ini disebabkan karena peralatan makan mudah pecah dan hancur saat terjatuh atau terkena benda-benda yang besar dan keras.

Oleh karena itu, proses pengemasan parcel jenis ini biasanya membutuhkan jasa pembuatan parcel khusus.

Dibutuhkan keahlian tertentu untuk melakukannya agar parcel tetap dalam kondisi baik selama proses pengiriman hingga tiba di tempat tujuan.

Bahkan, saat dikirim, parcel peralatan makan harus diberi tanda bahwa tidak dapat ditumpuk oleh barang lain.

Jika mengantar sendiri, tentu Anda sudah tahu bagaimana cara menjaganya, namun saat menggunakan jasa kirim jangan lupa untuk memberitahu kurirnya.

9. Buket Bunga/Uang

Selain barang-barang yang telah disebutkan sebelumnya, buket bunga dan uang juga dapat digunakan sebagai parcel  yang dikirim ke orang lain.

Parcel jenis ini dinilai sangat simpel dan tidak berisiko pecah selama proses pengiriman, meskipun kondisinya juga harus tetap diperhatikan.

Jasa pembuatan buket bunga dan uang sudah sangat banyak, sehingga Anda dapat langsung menghubungi untuk melakukan pemesanan.

Anda hanya perlu memilih jenis bunga atau jenis uang serta jumlahnya yang akan digunakan sebagai isian parcel.

Pastikan budget yang tersedia sesuai dengan buket yang akan dibeli. Buket bunga dapat membuat suasana hati penerimanya menjadi baik dan senang.

Jangan lupa untuk memilih bunga yang beraroma harum, tampilan cantik, dan kondisi yang masih segar.

Jika memutuskan untuk membeli buket uang, penerima tentu akan merasa lebih senang lagi. Cara ini juga dapat digunakan untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada sanak keluarga atau kerabat terdekat.

Pemberian parcel saat hari raya merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan syukur dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Ide parcel lebaran kekinian yaitu makanan ringan, perlengkapan mandi, alat sholat, produk kecantikan, peralatan masak, dan lain sebagainya. Selain ke kerabat terdekat, sahabat juga bisa berbagi paket lebaran kepada Yatim Dhuafa sekarang. Sekali klik sedekahmu diterima mereka.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
ebook kurban