6 Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur, Bisa Didoakan Malaikat

Berwudhu tidak hanya ketika saat ingin shalat saja, namun juga dapat dilakukan sebelum tidur. Ini 6 keutamaan berwudhu sebelum tidur!

Keutamaan berwudhu sebelum tidur merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari yang sering kali terabaikan.

Berwudhu sebelum tidur bukan hanya sekadar kewajiban ritual kebersihan, tetapi juga membawa manfaat spiritual dan kesehatan yang luar biasa.

Berikut ini adalah fadhilah berwudhu sebelum tidur yang perlu untuk diketahui. 

Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur

Berwudhu sebelum tidur merupakan suatu amalan sunnah yang tidak hanya mengajarkan kesucian fisik, tetapi juga membawa berbagai keutamaan dan keberkahan spiritual. 

Rasulullah SAW secara tegas menganjurkan umatnya untuk menjalankan kebiasaan ini sebagai bentuk penghormatan terhadap keseimbangan antara dimensi rohaniah dan jasmaniah. 

Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda bahwa bagi orang yang tidur pada malam hari dengan kondisi suci atau keadaan berwudhu, maka malaikat akan tetap mengikutinya, lalu ketika dia akan bangun, maka niscaya malaikat akan mengikuti dan menyampaikan doa untuknya.

Adapun keutamaan berwudhu saat akan tidur malam adalah:

1. Terjaga dari Mimpi Buruk

Berwudhu sebelum tidur membawa manfaat luar biasa terhadap kualitas mimpi. Kesucian tubuh dan pikiran dalam keadaan berwudhu menciptakan filter positif, memastikan mimpi yang dialami lebih benar dan terhindar dari gangguan setan.

Praktik berwudhu sebelum tidur bukan hanya menjaga kebersihan fisik, tetapi juga menciptakan keseimbangan spiritual dan mental, menjauhkan dari mimpi buruk, dan mendukung tidur yang lebih berkualitas.

2. Jika Meninggal, Wafatnya dalam Keadaan Suci

Keutamaan berwudhu sebelum tidur lainnya adalah akan wafat dalam keadaan suci jika meninggal. Kesucian tubuh dan pikiran yang dijaga oleh berwudhu menjadi garansi bahwa akhir hayatnya diberkahi dan suci.

3. Didoakan Para Malaikat

Rasulullah SAW menyampaikan bahwa malaikat akan senantiasa bersama dengan orang yang tidur dalam keadaan suci. Mereka akan berdoa untuk keampunan hamba Allah hingga ia terbangun. 

Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang tidur di malam hari dengan keadaan berwudhu atau suci, maka malaikat akan tetap mengikutinya, lalu ketika bangun niscaya malaikat akan mengikuti dan menyampaikan doa untuknya”.

4. Seperti Orang Sholat Sampai Bangun

Manfaat berwudhu sebelum tidur malam adalah akan seperti orang shalat sampai terbangun. Orang yang berwudhu sebelum tidur dianggap sedang dalam keadaan ibadah sholat atau berdzikir, meskipun tubuhnya sedang beristirahat. Ini membuktikan keberlanjutan keberkahan spiritual.

5. Bisa Wafat Khusnul Khotimah

Berwudhu sebelum tidur bukan hanya tentang kesucian fisik, tetapi juga melibatkan kesejatian spiritual.

Jika seseorang meninggal dunia setelah menjalankan amalan ini, ia akan wafat dalam keadaan baik dan bersuci.

Bisa meninggal dengan keadaan khusnul khotimah tentunya sudah menjadi hal yang diinginkan oleh setiap umat muslim.

Oleh karena itu, hal ini bisa diterapkan agar kesempatan untuk wafat dalam khusnul khotimah lebih banyak.

Amalan Sebelum Tidur Lainnya

Selain wudhu, terdapat beberapa amalan lainnya yang bisa dilakukan. Melakukan beberapa amalan berikut ini akan membantu untuk mendapatkan tidur yang lebih terjaga dan berkualitas. Beberapa alaman sebelum tidur lainnya adalah:

1. Membaca Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas

Mengamalkan membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas sebelum tidur bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga merupakan upaya mendalam untuk merawat hubungan dengan Allah SWT dan Qur’an. 

Langkah ini tidak hanya membantu menjaga ikatan spiritual dengan Sang Pencipta, tetapi juga memperkuat keterhubungan dengan kitab suci. Sebagai muslim, surah pendek dalam Al Quran ini sudah seharusnya dihapal agar mudah dibaca sebelum tidur.

2. Membaca Doa Tidur

Membaca bacaan doa sebelum tidur bukan hanya rutinitas sebelum beristirahat, melainkan satu bentuk penyelenggaraan hubungan dengan Allah SWT dan penjagaan hati.

Dengan mengucapkan doa-doa ini, seseorang tidak hanya merawat ikatan rohaniah, tetapi juga menjaga kekhusukan batin.

Doa dapat dilafalkan dalam bahasa arab atau pun bahasa indonesia. Doakan agar tidur selalu di bawah lindungan Allah.

3. Membersihkan Tempat Tidur

Membersihkan tempat tidur bukan hanya menjaga kesehatan fisik, tetapi juga menunjang kesehatan mental.

Dengan merawat kebersihan tempat tidur, kita tidak hanya menghindarkan diri dari potensi penyakit, tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung ketenangan pikiran.

Selain itu, membersihkan tempat tidur sebelum tidur akan membuat tidur menjadi lebih nyaman dan berkualitas.

4. Berdzikir

Berada dalam ritme berdzikir sebelum tidur bukan hanya menjaga hubungan dengan Allah SWT, melainkan juga menjaga hubungan dengan hati.

Dengan mengulang nama-nama-Nya, kita tidak hanya memperdalam ikatan spiritual, tetapi juga meresapi ketenangan dan ketentraman dalam diri.

Dzikir yang dibaca dapat beragam, baca beberapa dzikir yang dihapal agar lebih mudah. Jangan lupa untuk perbanyak hapalan dzikir agar dapat dibaca sebelum tidur dan untuk berbagai amalan lainnya. 

5. Membaca Ayat Kursi

Membaca ayat Kursi bukan sekadar upaya terakhir sebelum tidur, tetapi merupakan langkah efektif menjaga hubungan dengan Allah SWT dan mengokohkan keterikatan dengan Qur’an. 

Kekuatan ayat Kursi menciptakan lapisan perlindungan spiritual dan menguatkan hubungan rohaniah dengan kitab suci.

Oleh karena itu, sudah seharusnya sebagai seorang muslim menghapal ayat Kursi agar bisa dibaca dan diterapkan dalam berbagai amalan lainnya. 

Banyak amalan sebelum tidur yang bisa dilakukan, contohnya adalah wudhu. Keutamaan berwudhu sebelum tidur di atas tentunya membuat seseorang merasa akan rugi jika tidak melakukannya.

Agar tidak banyak merugi, cari tahu amalan dan hal terkait lainnya di Blog Yatim Mandiri.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
ebook kurban