Ini Keutamaan Sholat 5 Waktu yang Harus Diketahui, Luar Biasa!

Sebagai muslim, sudah seharusnya menunaikan kewajiban sholat lima waktu. Berikut ini adalah keutamaan sholat 5 waktu untuk diketahui!

Sholat lima waktu adalah salah satu kewajiban utama dalam agama Islam. Tentunya terdapat keutamaan sholat 5 waktu dan manfaat yang tak terhingga bagi umat Muslim. Praktik ibadah ini merupakan fondasi utama dalam menjalin hubungan spiritual dengan Allah SWT.

Selain itu, sholat juga sebagai sarana untuk memperkuat iman dan taqwa. Setiap waktu sholat memiliki keistimewaan dan keutamaannya sendiri, yang menjadikannya sebagai momen yang penuh berkah dan keberkahan dalam kehidupan seorang Muslim.

Keutamaan Sholat 5 Waktu

Sholat lima waktu merupakan tiang utama dalam membangun kehidupan spiritual seorang Muslim. Dalam ajaran Islam, sholat tidak hanya merupakan kewajiban, tetapi juga merupakan jalan menuju keberkahan dan keutamaan yang tak ternilai. 

Dalam pandangan agama, sholat memiliki keutamaan yang luar biasa, di antaranya adalah:

1. Diangkat Derajatnya

Dalam sebuah riwayat HR. Muslim dinyatakan bahwa Allah SWT akan meningkatkan martabat seseorang karena ibadah sholatnya. Ini sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW kepada Tsauban, yang dulunya adalah seorang budak yang dibebaskan oleh beliau. 

Rasulullah SAW menasihati Tsauban agar rajin sujud kepada Allah SWT, karena setiap sujud kepada-Nya akan meningkatkan martabat seseorang dan menghapuskan kesalahan yang dilakukan. Hal ini merupakan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim.

2. Mencegah Perbuatan Keji dan Munkar

Sholat lima waktu menjadi tameng yang mampu melindungi umat manusia dari perbuatan-perbuatan buruk. Firman Allah SWT dalam surah Al-Ankabut ayat 45 menegaskan bahwa sholat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. 

Ini menggambarkan betapa pentingnya menjaga ketaatan dalam menjalankan sholat sebagai upaya untuk memperkuat moralitas dan etika kehidupan sehari-hari.

3. Menghapus Dosa

Sholat adalah sarana untuk membersihkan diri dari dosa-dosa kecil. Setiap kali seorang Muslim melakukan sholat, dosa-dosanya akan dihapuskan, seperti yang diungkapkan dalam sebuah hadis yang menyamakan sholat dengan membersihkan diri dari kotoran.

Oleh karena itu, diharapkan dengan terus sholat dan berdoa, dosa yang sudah dikerjakan akan diampuni oleh Allah SWT.

4. Mendapat Petunjuk di Hari Kiamat

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW memberikan penekanan tentang pentingnya sholat fardhu kepada umatnya. Salah satu keutamaannya adalah janji akan mendapat cahaya dan petunjuk di hari kiamat. Riwayat ini berasal dari Abdullah Ibnu Umar RA, yang menyampaikan sabda Rasulullah SAW.

Beliau menyatakan bahwa bagi mereka yang menjaga ketaatan dalam melaksanakan sholat, akan diberikan cahaya, petunjuk, dan keselamatan di hari kiamat. Namun, bagi yang tidak menjaga sholat dengan baik, tidak akan mendapat cahaya, petunjuk, atau keselamatan. 

Mereka akan disatukan dengan para pelaku kezaliman seperti Qarun, Fir’aun, Haman, dan Ubay bin Khalaf di hari kiamat. Hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad dan Ad-Darimi dengan sanad yang dapat dipercaya.

5. Dijanjikan Surga Firdaus

Orang-orang yang menunaikan sholat lima waktu dengan penuh ketaatan pada waktunya diberikan janji yang istimewa oleh Allah SWT, yaitu dijanjikan untuk masuk ke dalam surga Firdaus. Keutamaan sholat 5 waktu dalam al quran terdapat dalam ayat dalam Al-Qur’an, surah Al-Mu’minun ayat 9-11.

Pada ayat tersebut menggambarkan bahwa orang-orang yang memelihara sholat mereka dengan sungguh-sungguh akan menjadi pewaris surga Firdaus. Mereka akan hidup kekal di dalamnya sebagai ganjaran atas amalan dan ketekunan mereka dalam menjaga sholat. 

Ayat ini menjadi pengingat akan keutamaan luar biasa bagi mereka yang menjaga sholat dengan penuh keikhlasan dan ketaatan kepada Allah SWT.

6. Hati Jadi Lebih Tenang

Sholat memiliki peran yang sangat penting dalam menenangkan hati dan jiwa seseorang. Nabi Muhammad SAW pada hadits riwayat An-Nasa’i no. 3391 dan  HR Ahmad 3: 128 menyatakan bahwa sholat adalah sumber kegembiraan baginya di dunia. 

Beliau menyatakan bahwa sholat adalah sumber kedamaian hatinya. Sholat adalah momen di mana seorang hamba berinteraksi secara langsung dengan Tuhannya, dan saat berdzikir dalam sholat, hati akan menjadi tenteram.

7. Dicintai oleh Allah SWT

Salah satu amal yang paling utama dan dicintai oleh Allah SWT adalah sholat. Menurut Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah SAW pernah ditanya tentang amal yang paling utama. Beliau menjawab, “Sholat tepat pada waktunya.” 

Kemudian, Abdullah bin Mas’ud kembali bertanya, “Lalu apa yang seharusnya dilakukan setelah itu?” Rasulullah SAW menjawab, “Berbakti kepada orang tua.” Abdullah bin Mas’ud kembali bertanya, “Dan setelah itu?” Rasulullah SAW memberi jawaban bahwa setelahnya adalah berjihad di jalan Allah.” Hadis riwayat Muslim dan Al-Bukhari.

8. Mendapatkan Kemuliaan

Barang siapa yang konsisten dalam melaksanakan sholat lima waktu tepat pada waktunya akan diberikan sembilan macam kemuliaan oleh Allah SWT, seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang disampaikan oleh Utsman bin Affan. 

Kesembilan macam kemuliaan tersebut meliputi cinta dari Allah, keberkahan dalam kesehatan jasmani, perlindungan dari malaikat, berkah dalam rumah tangga, wajah yang memancarkan kebaikan, hati yang lembut karena rahmat Allah.

Kemuliaan lainnya adalah kemudahan dalam menyeberangi jembatan Shirath di hari kiamat, perlindungan dari api neraka, serta janji masuk surga bersama orang-orang yang hidup tanpa rasa takut dan kekhawatiran.

Keutamaan sholat 5 waktu ini tentunya bisa menjadi motivasi dalam terus istikomah untuk memperbaiki dan mempertahankan kualitas sholat.

Dengan semakin mengenal agama islam, maka akan semakin meningkat keimanan. Tambah pengetahuan lainnya di Blog Yatim Mandiri.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
ebook kurban