5 Keutamaan Wakaf Alquran dan Tata Caranya Menurut Islam

wakaf alquran
Sumber Gambar : Unplash

Kenali 5 keutamaan dan pahala wakaf Alquran beserta penjelasan lengkap tentang tata cara dan niat wakaf Alquran.


Jika masih beranggapan berwakaf harus tanah atau bangunan, maka segera hilangkan anggapan tersebut karena wakaf dapat berupa Alquran. Terkesan lebih ringan dibandingkan tanah, namun wakaf Alquran memiliki manfaat dan keutamaan yang dahsyat baik bagi waqif maupun penerima.

Alquran merupakan kalam Allah yang wajib dijadikan pedoman. Bayangkan berapa banyak kebaikan yang akan didapat jika menyedekahkan Al Quran yang setiap hurufnya ketika dibaca mendatangkan limpahan pahala? Jenis wakaf ini memberikan kesempatan lebih besar bagi masyarakat untuk beramal.

Apa Itu Wakaf Alquran?

Apa Itu Wakaf Alquran
Sumber Gambar : Unsplash

Secara umum, pengertian wakaf merujuk pada pemberian secara ikhlas berupa harta benda yang dipunyai secara sah untuk tujuan kemaslahatan umat. Sehingga secara lebih spesifik, definisi wakaf Alquran adalah pemberian berupa Alquran untuk kepentingan umat dengan niat karena Allah.

Jenis harta yang diwakafkan menurut syariat memang beragam, mulai dari harta berupa uang, harta bergerak seperti kendaraan hingga harta yang tidak bergerak seperti tanah. Alquran termasuk dalam kategori benda wakaf yang bergerak karena sifatnya yang mudah dipindahkan dan dibawa.

Menyedekahkan Al Quran sama istimewanya dengan menyerahkan tanah atau bangunan utuh. Sebab, substansi dari wakaf apapun jenis harta bendanya yakni diambil manfaatnya secara maksimal oleh orang banyak.

Tata Cara dan Niat Wakaf Alquran

Tata Cara dan Niat Wakaf Alquran
Sumber Gambar : Pixabay

Setiap akan beribadah, seorang muslim diwajibkan untuk berniat sebagai bentuk kesungguhan dalam menjalankan ibadah tersebut. Kedudukan niat dalam Islam memang sangat penting karena Allah akan memberikan ganjaran sesuai dengan niat yang dimiliki oleh seorang muslim.

Begitu juga ketika akan berwakaf, seorang waqif sangat dianjurkan untuk melaksanakan niat, baik dengan diikrarkan maupun dalam hati. Namun sebaiknya, waqif mengikrarkan secara lisan saat berwakaf Alquran sebagai wujud kesungguhan yang lebih nyata.

Bagaimana niat saat akan mewakafkan Alquran? Waqif boleh menggunakan bahasa Indonesia untuk berikrar. Contoh susunan kalimatnya seperti ini “Alquran ini merupakan benda/harta wakaf. Saya mewakafkan Alquran ini untuk umum.”

Dengan mengatakan kalimat tersebut secara tegas dan jelas, maka waqif sudah mengutarakan kesungguhannya untuk mewakafkan Alquran. Agar lebih jelas, berikut tata cara wakaf Alquran yang sesuai dengan ajaran Islam:

  1. Pewakaf wajib memastikan bahwa Alquran yang akan diserahkan dalam kondisi yang bagus, layak dan tanpa cela sehingga nilainya masih belum berkurang sama sekali;
  2. Selain kualitas Alquran, pewakaf juga harus menentukan dengan jelas jumlah Alquran yang akan diwakafkan. Sebab, salah satu syarat sah wakaf yakni harta benda diketahui kadar/jumlahnya secara pasti;
  3. Pewakaf mendatangi pihak yang dipilih untuk menerima wakaf ayat suci tersebut, kemudian mengucapkan niat beserta ikrar secara jelas, lalu menyerahkan Alquran secara langsung kepada perwakilan;
  4. Apabila ingin menyerahkan melalui lembaga pengelola wakaf, maka pewakaf menyerahkan Alquran kepada lembaga tersebut untuk kemudian disalurkan kepada pihak penerima.

Pada zaman modern seperti sekarang, wakaf berupa Alquran tidak harus dalam wujud fisik secara langsung, tetapi berupa uang yang disetorkan ke lembaga. Kemudian, lembaga pengelola wakaf tersebut akan membelanjakan uang untuk membeli Alquran wakaf.

Program wakaf semacam itu memang sangat memudahkan setiap muslim yang ingin mengamalkan sedekah jariyah. Sebab, mereka dapat mendonasikan sebagian uang secara online untuk digunakan membeli Alquran sebagai benda wakaf. Jadi, tidak perlu harus bertatap muka dan membeli sendiri.

Keutamaan dan Pahala Wakaf Alquran

Alquran merupakan mukjizat Nabi Muhammad sekaligus kitab suci umat Islam yang senantiasa dijaga oleh Allah hingga hari kiamat. Nilai Alquran begitu tinggi sehingga mendatangkan keutamaan dan pahala yang berlimpah, baik bagi pewakaf maupun penerima wakaf.

Berikut penjelasan selengkapnya tentang 5 keutamaan dan pahala mewakafkan Alquran:

  • Mendapatkan Pahala yang Kekal

Islam menawarkan amalan yang pahalanya tidak akan terputus walaupun seorang muslim sudah meninggal yakni bersedekah jariyah. Wakaf termasuk dalam sedekah jariyah karena memberikan harta yang dimiliki di jalan Allah untuk kepentingan umat.

Sepanjang harta wakaf, termasuk Alquran, digunakan manfaatnya, maka pewakaf akan terus mendapatkan pahala. Alquran yang diwakafkan termasuk dalam salah satu amalan jariyah yang disebutkan oleh Rasulullah.

Adapun beberapa amalan jariyah lain yang Rasulullah sebutkan yaitu ilmu yang disebarluaskan, anak yang saleh, sungai untuk kepentingan umum, masjid dan bangunan untuk tujuan amal. Ganjaran yang kekal ini tentu menjadi motivasi yang besar bagi muslim untuk berwakaf.

  • Mendekatkan Diri kepada Allah

Dalam surat Al Maidah ayat 35, Allah memerintahkan umat Islam untuk mendekat kepada-Nya agar memperoleh banyak keberuntungan.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَابْتَغُوْٓا اِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِهٖ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan carilah wasilah (jalan) untuk mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah (berjuanglah) di jalan-Nya, agar kamu beruntung.

Mendekatkan diri kepada Allah memang kewajiban bagi setiap hamba karena membuat hati menjadi lebih tenang, hidup lebih berkah dan keistimewaan lainnya. Terdapat banyak cara untuk mendekat kepada Allah, salah satunya dengan bersedekah, termasuk wakaf.

Dengan mewakafkan Alquran, maka seorang muslim telah mengeluarkan harta bendanya di jalan Allah sekaligus mensucikan dirinya. Wakaf juga mendorong waqif untuk lebih bersyukur atas nikmat yang Allah berikan dan rasa syukur tersebut juga dapat mendekatkan diri hamba kepada Allah.

  • Memenuhi Kebutuhan Jumlah Alquran

Selanjutnya, keutamaan wakaf Alquran yaitu membantu masjid, mushola, pondok pesantren maupun tempat mengaji yang kekurangan Alquran. Selain itu, Alquran juga dapat diwakafkan kepada suatu daerah yang masyarakatnya tidak mampu membeli Alquran.

Mewakafkan Alquran kepada orang-orang yang mampu mengambil manfaatnya untuk kebaikan diri dan orang lain akan melipatgandakan pahala pewakaf. Kebutuhan jumlah Alquran yang terpenuhi berkat wakaf akan membuka jalan ibadang yang lebih luas bagi pewakaf.

Pewakaf harus memastikan Alquran yang akan diberikan dalam kondisi yang baru dan baik. Sebab, Allah melarang seorang muslim bersedekah dengan harta yang buruk, bahkan harta tersebut pun tidak ingin digunakan oleh pemilik.

Allah mencintai seorang hamba yang menyedekahkan harta yang paling baik dan dicintai sehingga manfaatnya dapat menunjang kemaslahatan umat.

  • Mendorong Generasi Islam untuk Mencintai dan Membaca Alquran

Generasi muda Islam harus dibiasakan untuk dekat dengan Alquran sehingga semakin tumbuh rasa cinta yang mendalam terhadap kalam Allah tersebut. Dengan mewakafkan Alquran kepada orang lain, misalnya tempat mengaji, sekolah maupun yayasan, maka hal tersebut akan terwujud.

Sebab, tidak semua orang mampu menyediakan jumlah Alquran yang cukup dan kondisi yang bagus untuk banyak orang sekaligus. Pemberian pewakaf berupa Alquran tentu akan sangat membantu mereka untuk lebih mudah membaca dan mempelajari isi Alquran tanpa harus gantian.

Memberikan sedekah berupa Alquran untuk dibaca juga bagian dari upaya menghidupkan syiar Islam. Sebuah perbuatan baik yang mulia karena syiar Islam di muka bumi memang harus terus dihidupkan dan dijaga agar Islam selalu terdengar gaungnya.

  • Memotivasi Para Penghafal Alquran

Keutamaan lain dari mewakafkan kitab suci umat Islam yakni memberikan dorongan lebih bagi para calon penghafal Alquran. Dengan memberikan Alquran kepada mereka, maka pewakaf telah memudahkan muslim lain dalam beribadah kepada Allah yakni menghafal kitab suci-Nya.

Dapatkah dibayangkan betapa derasnya pahala yang mengalir? Selama menghafal Alquran, seorang muslim pasti akan selalu membaca ayat demi ayat sehingga mendatangkan pahala bagi pewakaf.

Tidak berhenti sampai disitu, setelah berhasil dihafal dan dipelajari dengan baik, kemudian ayat Alquran akan disebarkan ke orang lain. Ilmu yang bermanfaat tersebut juga merupakan amalan jariyah yang berpahala melimpah.

Bagi siapapun yang ingin mendapatkan keutamaan dan pahala dengan melaksanakan wakaf Alquran, maka silakan menghubungi Yayasan Yatim Mandiri. Kami akan menyalurkan Alquran wakaf kepada pihak-pihak yang berhak dan membutuhkan sehingga tujuan wakaf setiap waqif akan terpenuhi.

Sumber Referensi :

  • https://tabungwakaf.com/5-manfaat-menakjubkan-wakaf-al-quran-masha-allah/
  • https://www.bwi.go.id/5664/2020/11/10/keistimewaan-dan-keutamaan-wakaf/
  • https://almanhaj.or.id/3035-keutamaan-waqaf.html
  • https://sedekahair.org/dalil-tentang-wakaf-al-quran-hadis-ulama-uu/