AMALKAN! 4 Kalimat yang Dicintai Allah

Apa saja kalimat yang dicintai Allah Ta’ala? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini beserta dalil dan keutamaan yang terkandung didalamnya.


Seorang Muslim sebisa mungkin memperbanyak amal sholeh guna mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan cinta-Nya.Salah satunya ialah dengan membaca kalimat yang dicintai Allah Ta’ala.

Beberapa kalimat seperti Alhamdulillah, Subhanallah, Allahu Akbar dan Laa ilaaha illallah, merupakan bacaan dzikir yang paling dicintai Allah Ta’ala dan dicatat sebagai amal sholih.

Hal ini diperkuat dengan hadist Nabi Muhammad SAW: Dari Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ada empat ucapan yang paling disukai oleh Allah: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah, dan Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai.” (HR. Muslim no. 2137).

Baca juga:   Bacaan Doa & Dzikir Setelah Sholat Tahajud dan Manfaatnya

Dari hadits diatas sangat jelas digambarkan, bahwa ada 4 kalimat yang dicintai Allah yang dapat diamalkan bagi seorang Muslim, diantaranya sebagai berikut:

 

1.   Membaca Subhanallah wa Bihamdih

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya kalimat yang paling dicintai oleh Allah adalah subhanallah wa bihamdih,”

Bacaan kalimat subhanallah wa bihamdih memiliki arti dan makna menyucikan Allah SWT dengan hal yang tidak sebanding dengan-Nya. Kalimat ini bisa menjadi amalan dan dzikir yang ringan untuk dibaca.

Sebagaimana keterangan dari Abu Umamah, dirinya berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

“Barangsiapa yang tidak mampu untuk beribadah pada malam hari, atau tidak sanggup membelanjakan hartanya karena bakhil (pelit), atau tidak sanggup berjihad karena penakut maka hendaknya ia memperbanyak membaca subhanallah wa bihamdihi sebanyak-banyaknya karena kalimat ini dicintai Allah SWT lebih daripada membelanjakan emas sebanyak gunung di jalan Allah Azza Wa Jalla.” (HR. At-Thabrani)

 

2.   Mengucap Alhamdulillah

sumber foto: freepik

Kalimat Alhamdulillah adalah ungkapan rasa syukur terhadap segala nikmat dan rezeki yang telah diberikan Allah Ta’ala. Bacaan ini juga bisa dijadikan ungkapan terima kasih atas rezeki, anugerah segala nikmat yang telah diberikan dan salah satu kalimat yang dicintai Allah SWT.

Dengan mengucap kalimat Alhamdulillah, maka seorang Muslim akan mendapatkan limpahan pahala dan dihapuskan segala dosa-dosanya oleh Allah Ta’ala.

Ganjaran bagi orang yang senantiasa membaca kalimat tayyibah (salah satunya kalimat Alhamdulillah) adalah sebesar Gunung Uhud.

Hal ini diperkuat dengan sabda Nabi Muhammad SAW, “Tidaklah setiap di antara kalian yang mengerjakan amal setiap harinya sebanyak Gunung Uhud?” Para sahabat bertanya, “Siapa yang sanggup melakukannya Ya Nabi?” “Siapakah yang mampu di antara

kalian yang sanggup?” Para sahabat bertanya, “Apakah itu Ya Nabi?” Nabi bersabda, “Pahala membaca subhanallah lebih besar dari Gunung Uhud dan pahala

membaca walaa ilaa ha illahu lebih besar daripada Uhud dan pahala membaca wal hamdulillah, lebih besar daripada Uhud.” (HR. At-Thabrani)

Artikel lainnya:   Bacaan Doa dan Dzikir Malam Jumat Arab & Latin yang Mustajab

3.   Senantiasa Berdzikir Laa Ilaaha Illallah

pakaian muslim

Salah satu kalimat yang dicintai Allah Ta’ala selanjutnya adalah Laa ilaaha illallah. Amalan ini bisa dibaca saat dzikir ataupun saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Keutamaan dengan membaca Laa ilaaha illallah adalah dihindarkan dari siksa api neraka. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW,  disebutkan bahwa iblis dan bala tentaranya akan menghancurkan manusia dengan perbuatan dosa dan manusia menghancurkan aku dengan kalimat laa ilaaha illallah.

 

4.   Berdzikir dengan Allahu Akbar

Berdzikir mendatangkan ketenangan bagi hati.

Kalimat yang sering kita dengar dan kenal sebagai kalimat takbir memiliki banyak sekali keutamaan. Kalimat Allahu Akbar sebagai bentuk pengagungan seorang hamba atas kebesaran Allah SWT. 

Dengan sering mengucapkan Allahu Akbar, seorang hamba menyadari bahwa Allah SWT adalah Dzat yang Maha Besar, sementara itu manusia hanya makhluk yang lemah dan tidak berdaya.

Sebagaimana dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim menerangkan, Nabi Muhammad SAW berkata kepada seorang Arab Badui yang mendatanginya untuk bertanya:

“Ajari aku dzikir untuk aku baca!” Rasulullah SAW bersabda: “Katakanlah: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah yang banyak. Maha Suci Allah, Tuhan sekalian alam dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Bijaksana.”

Orang Badui itu berkata: “Kalimat itu untuk Tuhanku, mana yang untukku ?” Rasulullah SAW bersabda: “Katakanlah: Ya Allah! Ampunilah aku, belas kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku dan berilah rezeki padaku”.

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.