8 Keutamaan Puasa Ramadhan bagi Umat Islam

sumber foto: freepik

Apa saja keutamaan puasa Ramadhan bagi umat Islam? Berikut adalah beberapa keutamaan bagi seseorang yang berpuasa di bulan Ramadhan!


Ketika bulan Ramadhan tiba, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh agar bisa meraih ketakwaan yang berlimpah.

Ada beberapa keutamaan puasa Ramadhan yang harus diketahui oleh semua umat muslim. Dengan begitu, mereka bisa lebih semangat untuk menjalankannya.

Pada dasarnya, puasa Ramadhan memiliki kedudukan yang sangat agung dan menjadi salah satu jenis ibadah tertua dalam sejarah umat manusia.

Dengan banyaknya keutamaan yang ada di dalam puasa Ramadhan, membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Hukum puasa Ramadhan itu sendiri adalah wajib fardhu’ain bagi semua umat muslim yang telah memenuhi persyaratannya.

Sementara untuk beberapa syarat puasa adalah beriman, berakal, sehat, mampu, dan tidak sedang dalam kondisi haid maupun masa nifas bagi umat muslim wanita.

Baca juga:    Wajib Tahu! 10 Persiapan Menyambut Ramadhan yang Berkah

8 Keutamaan Puasa Ramadhan untuk Meraih Ketakwaan

Bahasa Arab dari kata puasa adalah Ash-Shoum dan memiliki arti menahan. Dalam hal ini, puasa akan mengharuskan seluruh umat muslim untuk menahan hawa nafsunya dari terbitnya fajar hingga matahari terbenam.

Jadi, mereka dilarang untuk melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Tidak sedikit dari beberapa umat muslim yang bertanya-tanya tentang apa saja keutamaan puasa Ramadhan yang dapat melipatgandakan pahalanya.

Untuk itu, di sini kami akan membagikan informasi mengenai keutamaan puasa di bulan Ramadhan secara lengkap, yaitu:

1. Doanya MustajabUcapan Isra Miraj Terbaik 2023

Keutamaan paling utama dari puasa di bulan Ramadhan adalah doa yang selalu dipanjatkan oleh para umat muslim dapat lebih mustajab.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat waktu paling mustajab untuk berdoa dalam agama Islam adalah ketika seseorang sedang menjalankan ibadah puasa.

Sejak terbit fajar hingga matahari terbenam kita diwajibkan untuk menahan makan, minum, emosi, dan berhubungan badan.

Maka dari itu, ketika berpuasa kita dianjurkan untuk memperbanyak doa demi kebaikan diri sendiri. Nantinya, doa selama berpuasa ini bisa menjadi doa yang sangat mustajab.

2. Melindungi Diri dari Setan

Selain menjadikan doa lebih mustajab, salah satu keutamaan puasa Ramadhan adalah sebagai pelindung dari setan.

Setan akan selalu berusaha untuk menggoda manusia, agar mereka melakukan hal-hal yang dilarang dalam agama Islam.

Namun, ketika bulan Ramadhan tiba pintu-pintu surga akan dibuka secara lebar dan pintu-pintu neraka akan ditutup dengan serapat mungkin. Dengan begitu, hal ini akan membuat setan-setan terkurung di dalam api neraka tersebut.

Baca Juga : 7 Doa Menyambut Puasa Ramadhan yang Bisa di Lakukan

3. Mendapatkan Surga Ar-Rayyan

Ucapan Isra Miraj Terbaik 2023

Keutamaan lain dari puasa Ramadhan adalah mendapatkan surga Ar-Rayyan yang menjadi impian bagi sebagian besar umat Islam.

Pintu surga Ar-Rayyan itu sendiri dikhususkan untuk orang-orang yang menjalankan puasa dengan syariat Islam yang benar.

Namun, pintu surga ini tidak bisa dilalui oleh sembarang orang. Hanya orang-orang yang menjalankan puasa dengan cara yang tepat saja yang bisa masuk surga melalui pintu ini.

Apabila pintu surga ini sudah ditutup, maka tidak akan ada orang lain lagi yang bisa melaluinya.

artikel lainnya:    Keutamaan 10 Hari Pertama Ramadhan beserta Amalan Baiknya

4.   Penghapus Dosa

Puasa di bulan Ramadhan juga dapat membuat dosa yang ada dalam diri masing-masing umat muslim semakin berkurang.

Sebab, salah satu keutamaan dari berpuasa di bulan Ramadhan adalah sebagai penghapus dosa yang paling mujarab.

Selama berpuasa, umat muslim dapat memperbanyak melakukan hal-hal yang penuh kebaikan, agar pahala dalam dirinya bisa semakin bertambah.

Pasalnya, balasan pahala selama berpuasa akan lebih tinggi dibanding pahala di hari-hari biasa.

5.   Bau Mulut yang Lebih Wangi

sumber foto: freepik

Tidak banyak orang yang tahu bahwa salah satu keutamaan puasa Ramadhan adalah bau mulut bisa lebih wangi dari biasanya.

Hal ini sudah disebutkan dalam hadits riwayat Syaikhan (Al-Bukhari dan Muslim yang menyatakan bahwa bau mulut orang berpuasa akan lebih wangi di sisi Allah SWT.

Jadi, tidak perlu merasa kurang percaya diri ketika sedang berpuasa di bulan Ramadhan, karena Allah SWT akan selalu memberikan kenyamanan serta keringanan selama umatnya berpuasa.

6.   Pahala yang Berlipat Ganda Tidak Terhingga

Selain bisa menghapus dosa yang ada dalam diri masing-masing umat Islam, berpuasa di bulan Ramadhan juga bisa menjadikan kita memiliki pahala yang lebih berlimpah.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat di bulan Ramadhan sendiri pahala orang-orang akan dilipatgandakan.

Maka dari itu, selama berpuasa para umat muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai kegiatan yang positif dan dapat membuatnya meraih pahala yang lebih tidak terhingga.

7.   Mendapat Dua Kebahagiaan yang Sangat Berharga

Dua kebahagiaan yang akan diperoleh umat muslim selama berpuasa di bulan Ramadhan ini akan terjadi selama mereka berbuka puasa serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ada banyak umat muslim yang memilih untuk lebih fokus beribadah selama bulan Ramadhan.

Hal ini terjadi karena mereka ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selama berpuasa, mereka dapat merasakan kebahagiaan yang lebih berharga dibanding hari-hari biasanya.

8.   Menjauhkannya dari Neraka Jahanam

Neraka jahanam adalah mimpi buruk bagi seluruh umat muslim, sehingga tidak mengherankan jika mereka selalu mencari cara agar bisa menjauhkan diri dari panasnya api neraka ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari panasnya api neraka adalah dengan berpuasa.

Sebab, salah satu keutamaan dari puasa Ramadhan adalah menjauhkan seseorang dari panasnya neraka jahanam sejauh 70 tahun.

Jadi, umat muslim dilarang keras untuk meninggalkan puasanya dengan alasan yang tidak masuk akal.

Beberapa keutamaan puasa Ramadhan ini dapat membuat seseorang lebih merasa semangat untuk menjalankan kewajibannya tersebut.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat, sehingga isi keseharian selama bulan Ramadhan dengan hal-hal yang penuh kebaikan, seperti berdonasi, berinfak, dan membantu sesama.

Salurkan infak dan sedekah sahabat melalui platform donasi online Yatim Mandiri. Yatim Mandiri akan memastikan dana yang diberikan disalurkan ke orang yang tepat.

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.