Amalan Isra Miraj Berikut, Cara Lain Dapatkan Pahala Lebih

amalan isra miraj

Berikut ini ada beberapa amalan isra miraj yang penting untuk dilakukan. Apa saja amalannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!


Isra Miraj diperingati sebagai hari yang mengisahkan sebuah peristiwa yang dialami oleh Rasulullah SAW untuk menerima perintah shalat. Dengan demikian, ada beberapa amalan Isra Miraj yang perlu dilakukan sehingga bisa mendapatkan pahala tambahan.

Amalan tersebut juga merupakan wujud syukur dalam memperingati hari Isra Miraj. Apalagi peristiwa ini adalah bentuk kasih sayang Allah SWT kepada Rasulullah SAW setelah melewati tahun kesedihan. Amalan ini bisa dikerjakan pada bulan Rajab.

Bulan Rajab termasuk salah satu dari empat bulan yang mulia, dimana ibadah yang dilakukan pada bulan ini dihitung sebagaimana ibadah di bulan lainnya.

Amalan apa saja yang bisa dilakukan pada saat Isra Miraj? Selengkapnya terkait amalan tersebut akan dibahas berikut ini.

5 Anjuran Amalan Isra Miraj 

Bagi umat muslim, Isra Miraj adalah salah satu hari besar yang patut untuk dirayakan. Dalam menyambut momen tersebut, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala lebih. 

1. Amalan Puasa

5 Anjuran Amalan Isra Miraj 

Amalan pertama yang bisa dilakukan adalah berpuasa. Puasa di bulan Rajab menjelang hari Isra Miraj ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadist yang berbunyi:

Dari Baihaqi, Anas bin Malik menyatakab bahwa Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya di Surga ada suatu sungai bernama ‘rajab’, warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa yang berpuasa sehari di bulan Rajab maka akan diberi minum oleh Allah dari sungai tersebut” (HR. Muslim).

Tak hanya puasa satu hari di bulan Rajab, umat muslim juga bisa menunaikan puasa sunnah Senin Kamis setiap minggunya sebagai amalan Isra Miraj sehingga bisa mendapatkan pahala puasa secara rutin. Amalan ini akan sangat berguna bagi umat yang ingin menahan hawa nafsunya.

Pasalnya, puasa sangat bermanfaat untuk melatih diri dalam menahan hawa nafsu agar tidak mudah terjerumus ke dalam nafsu yang dipengaruhi oleh syaitan. Dengan demikian kualitas iman dan ketaqwaan akan terus bertambah.

2. Bacaan Doa Pagi dan Petang

Bacaan Doa Pagi dan Petang

Isitilah doa pagi dan petang merupakan zikir rutin yang bisa dibaca pada waktu tersebut. Doa ini mampu menghindari pembacanya dari siksaan api neraka. Tak hanya itu, amalan ini juga merupakan wujud untuk selalu mengingat Allah setiap harinya.

Pahala yang didapatkan setelah membaca doa ini bisa didapatkan setiap harinya jika dilakukan secara rutin dan ikhlas karena Allah SWT. Keutamaan amalan doa pagi petang sebagai amalan Isra Miraj terdapata dalam salah satu ayat Al-Quran berikut ini. 

رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَاماً. إِنَّهَا سَاءتْ مُسْتَقَرّاً وَمُقَاماً

(… Rabbanaṣrif ‘annā ‘ażāba jahannama inna ‘ażābahā kāna garāmā * Innahā sā`at mustaqarraw wa muqāmā)

Artinya: 

“Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan men jauhkan kami dari azab (siksa) api neraka jahanam, karena azabnya itu sungguh membinasakan dan seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman. (QS Al-Furqan: 65-66)

3. Banyak-banyak Berdoa

Momen Isra Miraj termasuk salah satu momen yang tepat untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Sebenarnya tidak ada doa yang secara khusus harus dibaca, namun bisa langsung berdoa dan meminta apa yang diinginkan kepada Allah.

Baik doa untuk memohon ampunan dan doa meminta suatu hajat atau keinginan untuk dikabulkan. Tentunya jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka doa tersebut segera dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu, amalan Isra Miraj yang satu ini adalah amalan yang paling ringan untuk dilakukan.

Meskipun demikian, doa yang dipanjatkan harus disampaikan dengan bersungguh-sungguh dan lengkap, serta selalu berprasangka baik kepada Allah SWT. 

4. Zikir Menjelang Hari Isra Miraj

Zikir Menjelang Hari Isra Miraj

Berikutnya adalah amalan zikir sebelum atau menjelang hari Isra Miraj. Bacaan zikir tersebut adalah “Laa haula walaa quwwata illa billaah”. Memperbanyak zikir ini akan menambah ketaatan dan mempermudah dalam mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

Perintah zikir ini juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub Al Anshari. Hadis tersebut menjelaskan bahwa pada malam Isra Miraj Rasulullah SAW melewati Nabi Ibrahin AS yang saat itu bertanya pada malaikat Jibril.

Pertanyaan Nabi Ibrahim adalah siapakah yang sedang bersamanya pada saat malam Isra. Kemudian malaikat Jibril menjawab bahwa orang tersebut adalah Nabi Muhammad SAW. Lalu Nabi Ibrahim AS menyuruh untuk memberikan perintah bacaan zikit kepada umat Nabi Muhammad.

Alasannya adalah zikir ini mampu menjadi dan memberikan taman surga, tanah yang subur dan luas bagi umat Nabi Muhammad SAW yang banyak membaca zikir tersebut. 

5. Amalan Shalat Sunnah

Peristiwa Isra Miraj adalah peristiwa dimana Rasulullah SAW menghadap Allah untuk menjemput perintah shalat wajib. Tentunya hal ini sangat berkaitan dengan shalat seperti shalat sunnah. Untuk itu, ibadah shalat sunnah juga dianjurkan dalam amalan Isra Miraj.

Amalan ini sangat berguna untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, pahala yang didapatkan dari shalat sunnah juga tak kalah utama dan banyak. Jadi, anjuran amalan ini sangat berguna bagi orang-orang yang ingin terus memanen pahala.

6. Memperbanyak Istigfar dan Mengingat Allah SWT

Istigfar merupakan salah satu amalan untuk terus mengingat Allah SWT. Amalan ini juga sangat mudah untuk dilakukan dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Terlebih lagi, di bulan Rajab yang mulia tersebut adalah waktu yang pas untuk mengingat Allah dengan kemuliaannya.

Amalan istigfar ini adalah wujud untuk berusaha taat kepada Allah dan memohon perlindungan dari Allah SWT. Orang yang tidak sengaja melakukan suatu kesalahan atau keburukan sebaiknya langsung mengucap istigfar sebagai bentuk permohonan ampun kepada Allah SWT.

Amalan Isra Miraj di atas akan sangat bagus untuk dilakukan baik menjelang atau pada hari Isra Miraj. Seluruh amalan tersebut akan memberikan dampak yang baik kepada kehidupan dan mampu mendekatkan diri kepada Allah dalam kondisi apapun. 

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.