Doa Sebelum Tidur & Bangun Tidur, Lengkap dengan Amalannya!

Membaca doa tidur dapat melindungi diri dari gangguan setan dan jin saat kita sedang terlelap.

Tak hanya itu, membaca doa sebelum dan sesudah tidur juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kehidupan. Itulah kenapa, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa ini sebelum tidur.

Doa tidur sangatlah mudah dihafal karena lafalnya pendek. Jadi, sebaiknya amalkan doa ini sebelum tidur dan dapatkan manfaatnya.

Namun, bagaimana bacaan doa tidur? Dan apakah ada amalan lain yang menyertainya? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, mari baca artikel ini sampai habis!

Doa Tidur dalam Islam yang Dianjurkan Rasulullah

Setelah mengetahui beberapa keutamannya, dapat diketahui bahwa membaca doa tidur dalam Islam sangat dianjurkan. Adapun doa sebelum tidur dan bangun tidur, yaitu sebagai berikut:

1. Doa Sebelum Tidur dan Artinya

Bacaan Doa Sebelum Tidur

Membaca doa sebelum tidur dilakukan untuk memohon perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari mimpi buruk. Berikut adalah lafal doa sebelum tidur yang diajarkan oleh Rasulullah SAW:

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

“Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut.”

Artinya: “Dengan nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan aku mati.”

2. Doa Bangun Tidur dan Artinya

Bacaan Doa Bangun Tidue

Setelah bangun tidur, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat hidup yang diberikan. Berikut ini adalah lafal doa bangun tidur beserta artinya yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

“Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami, dan kepada Allah kami dibangkitkan.”

Amalan yang Dianjurkan Sebelum Tidur

Seorang Laki-Laki sedang berwudhu

Selain membaca doa, terdapat amalan lainnya yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum tidur. Berikut ini adalah amalan sunnah sebelum tidur yang diajarkan Rasulullah SAW.

1. Berwudhu Seperti Akan Shalat

Berwudhu sebelum tidur adalah salah satu amalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan didukung oleh hadits Bukhari dan Muslim. Hal ini dilakukan agar tubuh dalam keadaan suci dan bersih dari hadas meskipun dalam kondisi tidur.

Seperti yang diketahui, kematian bisa datang kapan pun termasuk saat sedang tidur. Jadi, jika seseorang ditakdirkan meninggal pada saat tidur malam itu, maka Ia meninggal dalam keadaan suci dan bersih (dari dosa).

2. Mengibaskan Kasur

Setelah berwudhu, amalan sebelum tidur yang dianjurkan Rasulullah SAW selanjutnya, yaitu mengibaskan kasurnya menggunakan kain sebanyak tiga kali. Sambil mengibaskan kasur, Rasulullah juga membaca lafadz basmalah.

Selain menggunakan sarung atau kain, mengibaskan kasur bisa juga dilakukan menggunakan sapu lidi untuk membersihkan kasur dari segala kotoran atau benda lainnya yang tidak diketahui.

3. Membaca Doa Sebelum Tidur dan Artinya

Setelah membersihkan kasur, amalan sunnah lainnya, yaitu membaca doa sebelum tidur yang sudah dijelaskan di atas. Akan lebih baik jika Anda mengetahui arti dari doa sebelum tidur supaya lebih memahami makna yang ada di dalamnya.

Dengan membaca doa sebelum tidur, maka akan terhindar dari gangguan setan yang bisa menimbulkan mimpi buruk. Selain itu, membaca doa merupakan bentuk mengingat Allah dan bentuk rasa syukur atas segala sesuatu yang telah diberikan.

Amalan ini juga bertujuan untuk meminta perlindungan Allah dari segala gangguan yang mungkin datang saat tidur. Hikmah dari amalan ini yaitu mengajarkan manusia untuk selalu berhubungan dengan Tuhan dalam setiap aktivitas yang dilakukan.

4. Membaca Surah Tertentu dalam Al-Qur’an

Selain membaca doa sebelum tidur, umat Muslim juga dianjurkan untuk membaca ayat atau surah tertentu dalam Al-Qur’an. Adapun Ayat Al-Qur’an yang sangat dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur, yaitu ayat kursi, surah Al-Mulk, dan surah Al-Kafirun.

Membaca bacaan ayat kursi bisa mendatangkanm perlindungan dari Allah SWT. Di sisi lain, membaca surah Al-Mulk bisa membuat umat Muslim terhindar siksa kubur. Lebih lanjut, surah Al-Kafirun bisa membantu menegaskan keimanan dan keteguhan hati dalam menghadapi godaan yang bisa datang dari mana saja.

5. Berbaring ke Arah Kanan

Berbaring ke arah kanan merupakan salah satu amalan sunnah sebelum tidur yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Amalan ini mengandung banyak manfaat bagi siapa pun yang menjalankannya, baik dalam segi kesehatan maupun spiritual.

Dalam segi kesehatan, tidur dengan posisi miring ke arah kanan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi risiko gangguan tidur, serta memperlancar proses pencernaan.

Secara spiritual, amalan ini merupakan bentuk mengikuti anjuran dari Rasulullah SAW, yang merupakan panutan terbaik bagi umat Muslim. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk tidur dengan berbaring ke sisi kanan sesuai ajaran Rasulullah SAW.

6. Berdzikir

Berdzikir merupakan amalan yang sangat baik dilakukan menjelang tidur, karena memiliki banyak keutamaan bagi siapapun yang menjalankannya. Dengan berdzikir sebelum tidur, maka seseorang akan lebih tenang jiwanya, dan tidur dalam keadaan mengingat Allah.

Keutamaan Membaca Doa Tidur

Seorang perempuan Muslim sedang tidur setelah membaca doa tidur

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai bacaan doa tidur, ketahui beberapa keutamaan membaca doa ini terlebih dahulu. Sehubungan dengan itu, berikut beberapa keutamaan dan manfaat membaca doa sebelum tidur dan bangun tidur.

1. Tidur dengan Mengingat Allah

Manusia yang sedang tidur, pada dasarnya jiwanya berada dalam genggaman Allah SWT. Bagi yang belum tiba waktu kematiannya, maka Allah akan mengembalikan jiwanya hingga pada batas waktu yang ditentukan.

Sedangkan, bagi manusia yang sudah tiba waktu kematiannya, maka Allah akan menahan jiwa tersebut. Dengan begitu, maka ada kemungkinan seorang manusia menemui ajalnya ketika Ia sedang tidur.

Dengan memanjatkan doa sebelum dan sesudah tidur sesuai ajaran Rasulullah SAW, maka setidaknya seseorang tidur dalam keadaan mengingat Allah. Inilah salah satu keutamaan membaca doa sebelum tidur sebagaimana anjuran Rasulullah.

2. Selalu Dijaga oleh Allah SWT

Doa yang dibaca sebelum tidur mengandung makna yang sangat mendalam, yaitu sebagai bentuk kepasrahan dan tawakal kepada Allah SWT. Hal ini tidak terlepas dari hakikat tidur yang merupakan kematian yang tertunda.

Selain itu, gangguan jin dan setan bisa saja datang saat manusia sedang tidur, sehingga bisa menimbulkan dampak negatif. Dengan membaca doa tidur, maka Allah akan menjaga, melindungi, menangkal berbagai gangguan yang datang saat sedang tidur.

3. Terhindar dari Gangguan Setan

Membaca doa mau tidur dan artinya juga bisa melindungi diri dari gangguan setan yang menyesatkan. Selain itu, membaca doa sebelum tidur bisa membuat tidur lebih tenang dan terhindar dari kegelisahan maupun mimpi buruk.

Mimpi sendiri terbagi menjadi 3, yaitu mimpi baik yang asalnya dari Allah SWT, mimpi karena terbawa pikiran ketika masih terbangun, dan mimpi buruk yang datangnya dari setan dan bisa menyesatkan manusia.

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan doa tidur yang bisa dibaca sebelum tidur dan ketika bangun. Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa membaca doa ini bisa memberikan banyak hikmah untuk umat Muslim, salah satunya yaitu meningkatkan keimanan.

Agar iman semakin kuat, umat Muslim juga dianjurkan untuk melakukan beberapa sunnah sebelum tidur yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Mari amalkan doa sebelum tidur untuk melindungi diri dari segala gangguan setan saat tidur hingga terbangun.

Dapatkan informasi lain terkait doa-doa yang bisa diamalkan sehari-hari dengan mengunjungi website blog Yatim Mandiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top