15 Amalan 10 Muharram yang Dianjurkan Dalam Islam

15 Amalan 10 Muharram yang Dianjurkan Dalam Islam

Apa saja amalan 10 Muharram terbaik yang bisa dilakukan di tanggal 10 Muharram? Berikut ini adalah amalan dengan beragam keutamaanya yang bisa Anda jalankan. Baca sampai selesai !!


Tanggal 10 Muharram menjadi salah satu hari mulia bagi umat Islam, banyak amalan 10 Muharram dapat menjadi momentum mengumpulkan pahala dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Apalagi jika sudah mengetahui bahwa banyak hal penting yang pernah terjadi di hari tersebut, seperti meninggalnya cucu Rasulullah SAW bernama Husein pada saat perang Karbala. Lantas apa saja amalan dapat dilakukan pada hari tersebut?

15 Amalan 10 Muharram

Untuk mendapatkan banyak pahala, Allah SWT menyediakan berbagai cara mudah untuk dilakukan. Pada momen 10 Muharram, bisa dilakukan berbai amalan untuk mengumpulkan pahala dan menjadi muslim yang lebih baik.

1. Puasa Tasu’a dan Asyura

Berpuasa sunnah memang dianjurkan dilakukan pada tanggal-tanggal tertentu, dimana akan ada nilai khusus yang akan didapatkan sesuai janji Allah SWT di dalam Al-quran.

Pada tanggal 9 Muharram, disunnahkan berpuasa Tasu’a sebagaimana Rasulullah SAW meniatkan diri untuk melaksanakan puasa tersebut.

Kemudian di tanggal 10 Muharram juga dianjurkan berpuasa sunnah, dosa selama satu tahun akan diampuni jika melakukan puas ini. 

Sesuai dengan hadits riwayat Muslim yang menjelaskan bahwa, Rasulullah SAW pernah ditanya mengapa melakukan puasa di tanggal 10 Muharram. Beliau menjawab bahwa puasa tersebut akan menghapus dosa selama setahun terakhir.

Oleh karena itu, jika tidak memiliki halangan apapun sebaiknya melakukan puasa ini. Selain semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, tentu menjadi langkah untuk mengurangi dosa-dosa.

2. Sedekah

Bersedekah merupakan amalan 10 Muharram berikutnya yang dapat dilakukan mulai dari pagi hingga malam. Berbeda dengan sedekah pada biasanya, akan lebih baik jika memberikan sesuatu langsung saat ada siapapun yang meminta.

Misalnya, saat sedang berjalan menuju kantor lalu ada seorang anak yang meminta uang untuk membeli sarapan. Langsung saja diberikan, tanpa memandang siapakah anak itu dan lainnya.

Sama halnya saat melihat kotak amal di masjid yang jumlahnya mungkin lebih dari satu, bersedekahlah untuk semua kotak amal tersebut tanpa memilih salah satu.

3. Memberi Harta Untuk Keluarga

Menurut hadits riwayat At-Thabarani dan Al-Baihaqi, orang yang memberikan harta kepada keluarganya dan melapangkan keluarga di hari Asyura akan mendapat kelapangan rezeki juga sampai setahun setelahnya.

Contohnya, dengan membawa keluarga makan malam bersama atau membelikan baju baru untuk pasangan tercinta. Memenuhi apa kebutuhan mereka hari tersebut semaksimal mungkin, merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan.

4. Perkuat Silaturahmi

Dalam hadits shahih riwayat Muslim nomor 2560, disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, tidak halal mendiamkan saudara melebihi tiga malam. Hal terbaik dapat dilakukan adalah mempererat silaturahmi.

Jika di waktu lalu Anda memiliki masalah dengan seseorang, lalu membuat hubungan menjadi renggang sehingga tidak ada komunikasi terjalin. Maka pada hari Asyura dapat dijadikan momen untuk memperbaiki hubungan tersebut.

Bisa dengan mengundangnya untuk bertemu dan sekedar makan bersama, memulai komunikasi kembali melalui chatting, atau mengunjunginya langsung tanpa memikirkan masalah yang pernah dialami bersama orang tersebut.

Selain itu, memperkuat silaturahmi juga dapat dilakukan dengan berkumpul bersama orang-orang soleh. Berbagi pengalaman dan saling menguatkan dalam keislaman, membuat hati tentu akan merasa lebih tenang dan damai.

5. Introspeksi Diri

Jangan lewatkan amalan 10 Muharram introspeksi diri. Setiap orang pasti membutuhkan waktu untuk melakukan hal tersebut, untuk melihat apa saja yang sudah dilakukan selama ini dan apa hal buruk serta baik pernah terjadi.

Dengan introspeksi di waktu yang tepat, membantu seseorang menjadi lebih mengenal dirinya dan semakin dekat dengan sang pencipta. Sejatinya, manusia diciptakan untuk mengabdi kepada Allah SWT.

Jadi ketika ada hal yang tidak baik pernah dilakukan, kepada Allah SWT tempat kembali dan meminta pengampunnan.

Begitu juga ketika introspeksi diri, juga akan menjadikan seseorang lebih baik dari sebelumnya. Asalkan hal tersebut dilakukan dengan sungguh-sungguh dan berniat, untuk mengubur hal buruk dan mencari kebaikan dan amal baik sebanyak-banyaknya di masa yang akan datang.

Seperti disampaikan Ibnu Mas’ud RA, ketika melakukan introspeksi diri. “ Tidak ada penyesalan selain saat matahari sudah tenggelam, kemudian hidup berkurang dan amal tidak juga bertambah,”

6. Menahan Emosi

Layaknya di bulan Ramadhan, ketika umat muslim menjalankan ibadah puasa. Selain menahan lapar dan haus, juga menahan emosi agar pahala yang diharapkan bisa didapatkan selama sebulan penuh.

Salah satu amalan 10 Muharram yang juga bisa dilakukan adalah, menahan emosi agar pahala seharian berpuasa Asyura yang dilakukan benar-benar didapatkan.

Jika seseorang mampu lebih sabar dan tidak marah di hari tersebut, tentu ganjarannya sangat mulia. Yaitu Allah SWT akan menjadikannya bagian dari umat yang diridhoi.

Menahan emosi bisa saja sangat susah dilakukan, misalnya ketika bertemu dengan orang yang temperamental. Namun, semakin hebat Anda menahan emosi maka kemenangan di hari Asyura berupa keridhaan dari Allah SWT akan didapatkan.

7. Memuliakan Fakir Miskin

Kelapangan kubur akan didapatkan, ketika memuliakan fakir miskin di hari Asyura 10 Muharram. Caranya sangat banyak, seperti memberikan makan bagi mereka untuk satu hari penuh.

Dapat juga dengan mengajak mereka untuk melakukan kegiatan bermanfaat, menghasilkan, lalu mereka bisa membawa pulang hasil tersebut untuk dimanfaatkan bersama keluarga.

Dapat juga dengan memberikan baju baru, membiarkan mereka istirahat seharian tanpa bekerja karena sejatinya fakir miskin juga manusia yang derajatnya sama di mata Allah SWT.

8. Pakai Celak

Celak merupakan suatu produk yang dipakai untuk membuat alis menjadi lebih hitam, dahulu dipakai oleh pria dan wanita bahkan dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Ketika pemakaiannya dilakukan di tanggal 10 Muharram, maka banyak keberkahan yang akan didapatkan. Tidak hanya berlaku untuk wanita yang memang suka menghias diri menggunakan produk tersebut, tapi juga bagi pria.

Niat memakai celak yang benar adalah untuk kebutuhan kesehatan diri, membuat alis menjadi lebih panjang dan tebal. Bukan untuk menghias diri agar dilirik oleh lawan jenis.

9. Menjaga Kehormatan

Menjaga kehormatan merupakan hal wajib dilakukan oleh orang muslim, agar terhindar dari hal-hal tidak baik. Berpakaian yang sopan, menjaga tutur kata, pergi ke tempat yang baik, dan melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh Allah SWT merupakan beberapa cara menjaga kehormatan tersebut.

Sebenarnya, buka hanya menjadi amalan 10 Muharram. Menjaga kehormatan sebaiknya dilakukan kapanpun dan dimanapun. Supaya Allah SWT selalu melindungi.

10. Mengajak Orang Bertaubat

Memang tidak mudah untuk mengajak orang lain bertaubat, namun setidaknya banyak jalan untuk mulai melakukannya. Seperti, memberikan contoh-contoh positif kepada orang yang tersesat dan belum mendapatkan hidayah dari Allah SWT.

Berbagai langkah mengajak ini, diniatkan sebagai ibadah supaya menjadi amalan baik di hari yang baik.

11. Shalat Sunnah

Melaksanakan shalat sunnah empat rakaat, menjadi amalan 10 Muharram berikutnya yang dapat dilakukan. Pelaksanaannya dilakukan di malam menuju tanggal 10 Muharram. Pada setiap rakaat dibaca Al-Fatihah dan juga surat Al-Ikhlas 51 kali.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa, Rasulullah pernah bersabda bahwa siapapun yang melakukan shalat empat rakaat di malam 10 Muharram. Dengan membaca surat Al Fatihah sebanyak satu kali dan surat Al-Ikhlas sebanyak 51 kali, Allah Akan memudahkan rezekinya.

12. Baca Shalawat Nabi

Membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW, juga menjadi salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Dapat dilakukan selepas melaksanakan shalat wajib, sebelum dan sesudah berdoa, dan waktu-waktu mustajab lainnya.

Bacaan shalawat yang dianjurkan adalah “wasshollallahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihi wa shihbihii ajma’iin walhamdulillahi robbil’aalamiin.

14. Memotong Kuku

Memotong kuku juga menjadi bagian dari amalan 10 Muharram. Bisa sejalan dilakukan dengan memakai celak, supaya tubuh menjadi bersih dan rapi. Selain itu, juga menjadi bagian dari kesehatan bagian kaki dan tangan.

Sebagai amalan, siapapun yang memotong kuku pada hari Asyura 10 Muharram akan mendapatkan berkah tak terhingga dari Allah SWT.

15. Membaca Doa Asyura

Pada kitab I’anatu al-Tholibin disebutkan bahwa Imam Al-Ajhuri menyampaikan bahwa, siapa saja yang membaca doa di malam asyura, maka Allah SWT akan memberikan perlindungan kepadanya dari segala hal buruk dan musibah selama tahun tersebut.

Membaca doa, diiringi dengan melakukan dzikir hingga 70 kali akan menjadi sebuah amalan mulia di malam 10 Muharram tersebut.

Waktu yang tepat untuk membaca doa tersebut adalah usai Maghrib, dengan khusuk dan benar-benar ikhlas karena Allah SWT.

Cara Terbaik Melakukan Amalan 10 Muharram

Melakukan amalan di bulan Muharram, sama halnya dengan amalan lain, yaitu dilakukan dengan cara yang benar. Seperti khusuk, benar-benar berserah diri kepada Allah dalam menjalankan amalan dari awal sampai selesai.

Kemudian mengucapkan niat yang benar, sesuai dengan ibadah yang ingin dilakukan. Baik itu puasa, memotong kuku, membaca shalawat, dan lainnya.

Selanjutnya, lakukan sebaik mungkin. Jika melakukan puasa Asyura maka benar-benar berpuasa dan menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Begitu juga ketika bersedekah, lakukan dengan ikhlas tanpa ada keinginan untuk pamer kepada orang lain.


Tidak semua orang bisa betah melakukan amalan 10 Muharram, dengan niat yang jelas dan dilakukan karena Allah SWT, semua amalan tidak akan terasa berat. Apalagi, banyak ganjaran positif akan didapat jika melakukan berbagai hal baik sesuai perintah agama tersebut.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.