Ini Alasan Kenapa Zakat dapat Mempererat Silaturahmi

Mungkin masih banyak yang ragu jika zakat dapat mempererat silaturahmi. Namun, ternyata beberapa alasan berikut ini akan mengubah pandangan tersebut.


Apa Anda sudah tahu apa alasan zakat dapat mempererat silaturahmi? Ya, zakat yang ditunaikan mempunyai berbagai macam manfaat bagi sesama. Dengan adanya zakat, maka orang yang kurang mampu dapat merasakan kenikmatan ataupun keberkahan.

Di dalam agama Islam, zakat sendiri terbagi menjadi dua jenis yang harus diterapkan. Kedua jenis tersebut yaitu zakat fitrah, yang dilakukan oleh seluruh Umat Muslim yang mampu ketika Bulan Suci Ramadhan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Zakat mal, merupakan zakat yang berasal dari sebagian harta Umat Muslim yang sudah mencukupi syarat yang telah ditentukan. Baik itu zakat fitrah maupun zakat mal, keduanya sama-sama mampu mempererat tali silaturahmi antar umat.

Baca juga :   Mengenal Apa itu Zakat Tijarah, Syarat dan Nishabnya

Alasan Zakat Dapat Mempererat Silaturahmi

1.   Zakat Menjadi Salah Satu Bentuk Ibadah

Zakat merupakan salah satu bentuk ibadah di dalam Agama Islam yang sangat penting dan wajib untuk ditunaikan. Zakat juga termasuk ke dalam rukun Islam yang mana menjadi dasar pedoman bagi seorang Muslim untuk menjalani kehidupan.

Zakat sendiri menjadi bentuk ibadah yang telah ditentukan Allah SWT, dengan maksud untuk membantu orang-orang yang berasal dari golongan kurang mampu. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Umat Muslim bisa terus bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

Tidak hanya itu, zakat dapat mempererat silaturahmi karena membantu mendorong meningkatkan kesadaran serta partisipasi terhadap tanggung jawab secara sosial. Dengan memberikan zakat kepada kaum yang membutuhkan, maka mereka juga akan mendapat dorongan untuk kehidupan yang lebih baik.

Hal ini akan membantu mereka agar bisa membangun jaringan sosial dan mendorong rasa solidaritas sosial. Selain itu, juga bisa membantu agar lebih saling menghargai dan meningkatkan rasa hormat di antara orang dengan status atau tingkatan ekonomi yang berbeda.

2.   Zakat Mempererat Silaturahmi

Zakat wajib ditunaikan oleh setiap Umat Muslim yang telah memenuhi syarat. Zakat sendiri dikumpulkan dari orang-orang yang berkecukupan, kemudian diberikan kepada mereka yang kurang mampu. Jadi terdapat manfaat sosial yang terkandung, yakni zakat bisa mempererat silaturahmi.

Silaturahmi merupakan hubungan yang erat antara individu maupun kelompok yang saling mengasihi, mencintai, serta memberi dukungan satu sama lainnya. Hal ini sangat penting untuk agar komunitas yang bahagia dan solid dapat terbentuk.

Nah, kegiatan berzakat menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk mempererat silaturahmi di antara umat manusia dalam suatu kelompok. Pada saat membayar zakat, mereka juga mempunyai kepercayaan jika yang dibagikan tidak hanya harta, namun juga pikiran mereka.

Secara tidak langsung, kegiatan tersebut akan membantu mereka untuk lebih dekat dan juga membangun hubungan emosional yang jauh lebih kuat. Zakat bahkan mengajarkan pembagian dan pengorbanan, sehingga komunitas yang kuat dan saling peduli dapat terwujud.

3.   Proses Peningkatan Hubungan Antar Umat

Mempererat silaturahmi menjadi proses dalam peningkatan hubungan antara sesama umat manusia. Tentu saja ini sangat penting agar keutuhan dan keharmonisan hubungan tetap terjaga dengan baik. Salah satu cara yang sangat efektif untuk mewujudkannya yakni dengan menunaikan zakat.

Zakat merupakan suatu pembayaran yang hukumnya wajib dilakukan Umat Muslim kepada golongan yang berhak menerima. Zakat menjadi wujud akan kepedulian sosial sekaligus menjalankan ibadah berdasarkan pada rukun Islam yang ketiga.

Jadi tidak hanya soal memenuhi kewajiban saja, zakat juga menjadi sarana agar silaturahmi bisa dipererat. Zakat mampu mempererat silaturahmi dengan membantu sesama manusia yang memang membutuhkan bantuan dari orang lain.

Ya, sebagai seorang Muslim yang beriman, sudah menjadi kewajiban untuk bersedekah dan memberikan zakat kepada orang yang membutuhkan. Misalnya saja seperti orang miskin, fakir, anak yatim piatu, musafir dan lain sebagainya.

4.   Zakat Dapat Membantu yang Kurang Mampu

Zakat merupakan salah satu cara terbaik agar orang-orang yang kurang mampu bisa terbantu, sehingga silaturahmi yang terjalin semakin erat. Dengan menunaikan zakat, maka umat Muslim yang mampu dari segi ekonomi bisa membantu saudara-saudara yang kurang mampu.

Dengan menyalurkan zakat, maka bisa membantu orang lain yang membutuhkan hal-hal dasar seperti makanan, uang, pakaian, dan lain sebagainya. Pastinya hal ini akan membantu meningkatkan taraf hidup mereka dan memenuhi kebutuhan pokoknya.

Pada saat membantu orang lain, secara tidak langsung Anda juga akan meningkatkan rasa hormat serta saling mengerti antar sesama manusia. Tidak semua manusia diberi kecukupan, dan sudah menjadi tugas seorang Muslim untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Nah, dengan adanya zakat ini, maka rasa kasih sayang serta saling menghormati antar sesama umat dapat dibangun. Jadi hubungan yang erat akan tercipta dan membantu untuk bisa merasa lebih dekat dan saling menyayangi sesama.

Artikel lainnya :   Mengetahui Pengertian Zakat Rikaz, Aturan dan Dalilnya

5.   Zakat dapat Membangun Suasana yang Lebih Hangat

Alasan zakat dapat mempererat silaturahmi berikutnya, yakni zakat mampu membantu membangun kebersamaan dan persahabatan, sehingga tercipta suasana yang lebih hangat. Ya, terdapat beberapa cara yang mampu mempererat tali silaturahmi, salah satunya dengan berzakat.

Dengan menunaikan zakat, maka bisa meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama manusia. Selain itu, zakat juga menjadi wujud bantuan secara langsung bagi orang yang membutuhkan. Bahkan, zakat juga bisa memberi dukungan moral bagi yang menerimanya.

Jika hal itu sudah dilakukan, maka suasana yang hangat dan nyaman secara otomatis akan tercipta. Hingga pada akhirnya, terciptalah iklim saling berbagai antar sesama umat. Ketika menunaikan zakat, maka orang akan lebih terbuka dalam berbagi dan menghormati.

Tentunya itu akan membuat orang-orang merasa jauh lebih nyaman dan terhubung dengan baik dengan orang yang lain. Jadi pada intinya, berzakat dapat menumbuhkan rasa empati dan kepedulian antar sesama, sehingga timbul suasana yang hangat.

6.   Zakat Dapat Memperluas Jaringan Sosial

Perlu diketahui bahwa zakat termasuk dalam bentuk pengorbanan yang dilakukan oleh umat Islam untuk membantu saudara yang kurang mampu, serta menghormati dan mencukupi hak-hak sosial mereka. Secara tidak langsung, zakat berkontribusi dalam proses pemanfaatan sumber daya alam.

Mendapatkan informasi mengenai berbagai macam kegiatan yang ada di masyarakat merupakan salah satu manfaat yang akan didapatkan dari membayar zakat. Dengan menunaikannya, maka Anda akan terlibat di dalam beragam program pengembangan masyarakat.

Misalnya saja seperti program pendidikan, kesehatan, dan juga sosial. Dengan begitu, maka sesama umat yang terlibat dalam program tersebut bisa saling terhubung dengan baik. Pada akhirnya, bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai kegiatan yang ada di dalam kehidupan masyarakat.

Secara tidak langsung, zakat juga dapat memberi fasilitas akan jaringan sosial. Zakat membantu memperluas jaringan sosial, karena dengan menunaikan zakat, maka Anda juga akan terlibat dalam kegiatan dan program yang sudah diselenggarakan pemerintah.

Dari penjelasan yang ada di atas, bisa disimpulkan jika zakat dapat mempererat silaturahmi antar sesama umat, khususnya umat Muslim. Hubungan yang baik akan selalu terjaga berkat adanya timbal balik yang tercipta dari penunaian zakat itu sendiri.

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.