7 Macam-Macam Manfaat Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan

Manfaat zakat fitrah meliputi menenangkan hati, mengurangi kecemburuan sosial, dan lainnya. Cari tahu manfaat lebih lengkapnya di sini!


Ramadhan adalah bulan yang sungguh amat mulia. Berbagai macam ibadah yang dikerjakan tentu akan mampu menuai banyak pahala. Salah satunya adalah ibadah zakat fitrah. Manfaat zakat fitrah sangat besar bagi kehidupan umat muslim dimanapun berada. 

Karena itulah seluruh umat muslim dunia diwajibkan untuk melakukan zakat fitrah. Terlebih lagi zakat fitrah hanya dilakukan sekali dalam setahun.

Berbagi tentu tidak akan membuat harta yang dimiliki semakin habis. Justru nantinya akan semakin bertambah dan berkah. 

Justru ada begitu banyak manfaat dari berbagai apalagi bagi sesama yang membutuhkan. Termasuk kegiatan zakat fitrah. Islam adalah agama yang amat mulia. Oleh sebab itu, Islam mengutamakan kebaikan bagi semua umat-Nya. 

Macam-Macam Manfaat Zakat Fitrah

Terdapat begitu banyak manfaat dari zakat fitrah yang bisa dituai oleh banyak umat muslim di dunia. Sebagai agama yang mulia, tentu Islam senantiasa mengutamakan kebaikan bagi sesama termasuk dengan adanya ibadah zakat fitrah. 

Zakat fitrah adalah suatu zakat yang disyariatkan dalam Islam berupa satu sho’. Biasanya zakat fitrah seperti ini dikeluarkan di akhir bulan ramadhan atau menjelang perayaan Idul Fitri pada setiap tanggal 1 Syawal. Berikut merupakan beberapa manfaat dari adanya zakat fitrah. 

1. Membuat Hati Terasa Lebih Tenang 

Salah satu manfata dari adanya zakat fitrah bagi yang menunaikannya adalah mampu membuat hati terasa jauh lebih tenang. Dengan melakukan zakat fitrah, maka hati semua umat muslim yang melakukannya akan terasa plong. 

Selain itu, zakat fitrah juga mampu melatih umat muslim untuk senantiasa terus bisa ikhlas. Apabila zakat fitrah dilakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan dari berbagai macam pihak, maka hal ini akan terasa sangat indah dan menenangkan. 

2. Menjadi Perlindungan di Hari Akhir  

Jika ada pertanyaan tentang sebutkan manfaat zakat fitrah, maka salah satunya adalah mampu dijadikan sebagai perlindungan di hari akhir nanti. Ketika masuk waktu kiamat, manusia akan dikumpulkan di padang Mahsyar. 

Nantinya amalan kebajikan yang dilakukan selama hidup di dunia akan menjadi peneduh dari panas yang tidak tertahankan. Jadi, zakat fitrah adalah salah satu amalan yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh di hari kiamat nanti.

Baca Juga : Apakah Zakat Fitrah Online Diperbolehkan? Simak Berikut ini

3. Diampuni Seluruh Dosa-Dosanya  

Manfaat zakat fitrah adalah sebagai pengampun dari seluruh dosa-dosa seseorang ketika berada di dunia. Jadi, zakat fitrah bukan hanya menjadi pelindung di hari akhir nanti melainkan sebagai pengampun dari dosa-dosa yang dilakukan sebelumnya.

Jika semasa hidup banyak melakukan kebaikan, tentu kelak di akhirat Allah SWT akan memberikan balasan yang setimpal. Begitupula ketika seseorang banyak melakukan hal-hal buruk selama hidup di dunia.

4. Membersihkan Diri dan Hati  

Berikutnya, zakat fitrah juga dapat digunakan untuk membersihkan diri dan hati seseorang. Dengan membayar zakat fitrah, maka seseorang telah masuk ke dalam kelompok orang-orang dermawan serta memisahkan diri dari kelompok orang-orang yang kikir.

Dengan hati yang bersih dan suci, maka pikiran juga akan terasa lebih tenang. Saat melakukan ibadah lainnya pun akan terasa semakin nikmat berkat zakat yang sudah ditunaikan. Tentunya hal ini juga bisa menjadi jawaban dari pertanyaan jelaskan manfaat zakat fitrah

5. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT 

Zakat fitrah juga menjadi ajang untuk umat muslim semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Tentunya Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang bisa menunaikan ibadah dengan hati yang tulus, ikhlas dan semuanya karena-Nya.

Dengan demikian, silahkan tunaikan zakat fitrah dengan baik dan ikhlas. Saat ini menunaikan zakat fitrah juga bisa dilakukan dengan begitu mudah, termasuk via online.

Ada begitu banyak platform yang melayani zakat fitrah online. Pastikan hanya memilih platform terpercaya untuk menunaikan zakat ini. 

6. Mengurangi Kecemburuan Sosial  

Adanya zakat fitrah juga mampu mengurangi kecemburuan sosial. Adapun yang dimaksud dengan kecemburuan sosial ialah sikap tidak mampu untuk memahami maupun menerima adanya bentuk perbedaan sosial di dalam lingkungan masyarakat.

Kecemburuan sosial tentu bisa memberikan dampak buruk yang amat mengganggu. Beberapa dampak buruk dari adanya kecemburuan sosial ialah mudahnya penyebaran informasi palsu atau hoax, timbulnya kebencian kepada sesama dan sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Zakat : Syarat, Hukum Rukun dan Macam-Macamnya

7. Meningkatkan Rasa Tolong Menolong  

Berikutnya, manfaat lain dari zakat fitrah adalah untuk meningkatkan rasa tolong menolong khususnya bagi sesama umat muslim.

Tolong menolong seperti ini sangat bagus dilakukan karena mampu memberikan banyak dampak positif. Pastinya hal ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan. 

Beberapa manfaat dari sikap tolong menolong ialah mampu mempererat rasa persaudaraan, membuat pekerjaan akan terasa semakin ringan, menumbuhkan kerukunan antar umat manusia, saling membantu biaya yang dikeluarkan, berbagai kebahagiaan dengan orang lain dan lain sebagainya. 

Manfaat zakat fitrah sungguh banyak macamnya. Pastikan juga untuk menunaikan zakat di tempat yang tepat. Salah satunya adalah Yayasan Yatim Mandiri.

Hanya di tempat ini, siapapun bisa menunaikan zakat dengan mudah dan praktis, seperti halnya melakukan zakat fitrah online.  Segera tunaikan zakat fitrah di Yatim Mandiri yang sudah jelas amanah dan terpercaya.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.