Amal Jariyah! Keutamaan Sedekah Air Bersih

Keutamaan sedekah air bersih diantaranya bisa mendatangkan pahala sekaligus mendatangkan ampunan Allah SWT. Simak keutamaan lainnya berikut ini ya!


Sedekah umumnya memang dilakukan dengan memberi barang atau uang. Tetapi sebenarnya ada loh sedekah air. Ya, memberikan air untuk makhluk hidup termasuk manusia juga merupakan salah satu amalan sedekah. Apalagi air memang merupakan salah satu sumber kehidupan. 

Meskipun begitu, pada kenyataannya ada beberapa daerah yang masih kesulitan mendapatkan air bersih. Bahkan di negara Indonesia sekalipun yang notabenenya memiliki musim penghujan yang berlangsung selama 6 bulan sejak bulan Oktober sampai dengan bulan Maret. 

Setelah musim penghujan berlalu, akan berganti dengan musim kemarau. Pada musim kemarau inilah krisis air bersih rentan terjadi. Padahal air bersih sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya untuk minum tetapi juga untuk mandi, memasak, mencuci dan lain-lainnya. 

Keutamaan Sedekah Air

Untuk bersedekah air, bisa dilakukan salah satunya dengan membuat atau memberikan sumber air bersih seperti sumur termasuk sumur gali, sumur bor dan jenis sumur lainnya. Dengan adanya sumur tersebut, tentunya masyarakat yang mengalami krisis air bersih akan sangat terbantu. 

Sedangkan untuk orang yang bersedekah, mereka akan mendapatkan beberapa keutamaan sebagai berikut:

1.    Merupakan Bentuk Pertolongan Kepada Sesama Manusia

Pembuatan dan pemberian sumber air atau sumur bisa menjadi salah satu bentuk pertolongan kepada sesama manusia. Terlebih jika sumber air tersebut dihadirkan di tengah-tengah masyarakat yang sedang krisis air bersih. 

Artinya, dengan menghadirkan sumber air di tengah masyarakat yang tengah dalam kondisi tersebut, ini berarti Anda sudah mempermudah kesulitan yang dialami oleh orang lain. Kalau hal ini dilakukan dengan ikhlas, maka Allah SWT akan memberikan balasan yang terbaik pula. 

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang redaksi dan artinya sebagai berikut:

اَلْـمُسْلِمُ أَخُوْ الْـمُسْلِمِ ،  لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ ، وَمَنْ كَانَ فِـيْ حَاجَةِ أَخِيْهِ ، كَانَ اللهُ فِيْ حَاجَتِهِ ، وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ ، فَرَّجَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًـا ، سَتَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.

Seorang Muslim adalah saudara orang Muslim lainnya. Ia tidak boleh menzhaliminya dan tidak boleh membiarkannya diganggu orang lain (bahkan ia wajib menolong dan membelanya)[1]. Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allâh Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allâh akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat

Dari hadits di atas, sangat jelas bahwasanya seseorang yang membantu meringankan beban orang lain termasuk menolong sesamanya dalam kebaikan, maka Allah SWT juga akan meringankan kesulitannya. 

2.    Mendapatkan Pahala di Hari Kiamat

Bersedekah air akan memberikan pahala di hari kiamat kelak kepada orang yang melakukannya. Walaupun air tersebut hanya digunakan setetes saja, bisa menjadi salah satu penolong atau penyelamat di hari kiamat kelak. 

Tidak main-main, bahkan Allah SWT berjanji bahwa pahala yang akan diberikan kepada hamba yang bersedekah adalah pahala yang berlipat ganda. Tentunya ini dengan catatan bahwa memberikan sedekah tersebut harus dengan hati yang ikhlas karena Allah SWT. 

Bukan hanya itu saja, sedekah bisa menjadi teman dan akan menaungi pemberi sedekah pada hari kiamat kelak. Hari di mana dunia ini akan diporakporandakan dan tidak ada perlindungan selain perlindungan dari Allah SWT. 

3.    Mendatangkan Ampunan Allah SWT

Bersedekah air juga bisa mendatangkan ampunan Allah SWT. Keutamaan yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar karena pernah ada cerita tentang seorang hamba yang dengan ikhlas memberikan air minum kepada seekor anjing. Karena perbuatannya ini, Allah SWT kemudian mengampuni dosanya. 

Sebagai manusia biasa, tentunya tidak akan luput dari dosa baik itu yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Dosa akan menjadi penghalang seseorang untuk masuk surga. Akan tetapi, Allah SWT yang Maha Penyayang memberikan kesempatan kepada setiap hamba-Nya yang bertaubat. 

Allah SWT juga memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk menghapus dosa-dosa yang sudah dilakukannya salah satunya dengan bersedekah. Allah SWT dengan sifat kasih-Nya juga telah berjanji akan mengampuni dosa sebanyak apapun jika hamba-Nya bersedekah dengan ikhlas. 

4.    Pahala Mengalir Sampai ke Liang Lahat

Sebagaimana yang sudah diketahui, air ini sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Air dibutuhkan oleh banyak orang dan selama air tersebut mengalir, maka orang yang bersedekah air tersebut akan mendapatkan pahala terus dan tidak terputus dan sedekah ini termasuk sedekah jariyah.

Sedekah ini bahkan bisa dilakukan atas nama ibu yang sudah meninggal dunia. Soal sedekah jariyah itu sendiri merupakan sedekah yang pahalanya akan terus mengalir sekalipun pemberi sedekah sudah meninggal dunia. 

Merupakan Sedekah yang Sangat Dianjurkan

Perlu diketahui juga bahwasanya bersedekah air itu adalah sedekah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, An-Nasai dan Abu Daud. 

Tidak hanya dianjurkan, bahkan sedekah ini menjadi salah satu sedekah yang afdal. Alasannya adalah karena air memiliki manfaat yang sangat luas baik untuk urusan agama maupun untuk urusan dunia. Hal ini sesuai dengan penjelasan dari penulis kitab ‘Aun Al-Ma’bud Syarh Sunan Abi Daud. 

Penulis tersebut ialah Abu ‘Abdirrahman Syarof Al-Haqq Muhammad Asyraf Ash-Shidiqi Al-‘Azhim Abaadi. Sedangkan soal bagaimana sedekah ini dilakukan ialah bisa dengan menawarkan langsung segelas air pada makhluk hidup atau manusia yang tengah mengalami kehausan. 

Selain itu, bisa juga dengan membangun sumber mata air di daerah-daerah yang rawan mengalami kekeringan. Dengan demikian, masyarakat yang ada di sana bisa memanfaatkan sumber air tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. 

Baca juga :    10 Cara Menghemat Air Bersih yang Efektif untuk Dilakukan

Cara Sedekah Air

Pada intinya, sedekah ialah mengeluarkan sebagian harta di jalan Allah SWT. Meskipun dalam kegiatan ini harta yang dimiliki seseorang akan berkurang, kenyataannya Allah SWT sudah menjamin akan memberikan pahala yang berlipat ganda kepada hamba-Nya yang suka berbagi. 

Bahkan dengan sedekah, harta yang dimiliki akan disucikan sekaligus menjadi tabungan pahala kelak di akhirat. Bersedekah saat ini bisa dilakukan dengan sangat mudah termasuk bersedekah air. Pasalnya, di zaman yang serba online ini, Anda juga bisa bersedekah secara online. 

Memang ada platform khusus yang melakukan program sedekah air. Tentunya, Anda bisa bersedekah online dengan cara transfer sejumlah uang ke yayasan yang mengadakan program ini. Uang yang terkumpul dari para donatur nantinya akan dimanfaatkan untuk membangun sumber air. 

Diantaranya dengan membangun sumur bor maupun sumur gali. Selain itu, biasanya juga diikuti dengan kegiatan pengadaan filter air, konservasi air bersih sampai dengan pendistribusiannya. Dengan berpartisipasi dalam program ini, tentunya sedekah Anda akan memberikan manfaat yang lebih luas lagi.

Masyarakat sasaran akan bisa mengakses air bersih yang memadai sehingga mereka tidak mengalami kesulitan lagi baik untuk minum, membersihkan diri maupun melakukan berbagai kegiatan yang memerlukan banyak air. 

Pentingnya Air Bersih Bagi Manusia

Air bersih pada dasarnya ialah air yang tidak akan memberikan masalah pada kesehatan ketika dikonsumsi. Parameter air bersih yang layak dikonsumsi ada tiga yaitu mikrobiologi, fisik serta kimia. Jika ketiga parameter tadi menunjukkan bahwa air tersebut tidak terkontaminasi, maka bisa dikonsumsi. 

Sebaliknya, jika air tersebut terkontaminasi, maka air bisa dikatakan tercemar dan pastinya harus dicari solusinya. Jika tidak, kesehatan akan terancam. Soal pentingnya air bersih itu sendiri, sebagaimana yang sudah diketahui, air menjadi salah satu sumber kehidupan makhluk hidup termasuk manusia. 

Manfaat air ini tentunya tidak bisa diganti oleh senyawa yang lainnya. Sayangnya, di beberapa daerah, air bersih merupakan hal yang langka. Jika ini terjadi, harus segera diambil tindakan termasuk mengelola air dengan cara yang benar. 

Jika kelangkaan air bersih terus dibiarkan, ini akan membuat perkembangan suatu wilayah jadi terhambat. Sementara air bersih itu sendiri digunakan untuk melakukan banyak hal, termasuk untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. 

Selain itu, air bersih juga diperlukan untuk mandi, memasak, mencuci bahkan untuk keperluan pertanian dan peternakan. Begitu pentingnya air bersih ini, maka setiap manusia dianjurkan untuk menggunakannya dengan bijak. 

Manfaat Air Bersih Bagi Manusia dan Lingkungan

Sesuai dengan yang sudah disampaikan sebelumnya, bersedekah air bisa memberikan kebaikan pada untuk urusan agama maupun untuk urusan dunia. Akan tetapi, air bersih itu sendiri juga memiliki banyak manfaat khususnya bagi manusia dan lingkungan yang beberapa diantaranya sebagai berikut. 

1.    Menjaga Ekosistem Lingkungan

Air yang bersih akan membantu menjaga sistem lingkungan. Lebih tepatnya, air bersih ini akan membantu memelihara biota air sekaligus budidaya perikanan. Selain itu, air bersih juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan irigasi. 

Karena manfaat yang pertama ini, sebaiknya memang kebersihan sumber dan badan air termasuk sungai perlu dijaga. Nantinya, ekosistem sungai ini bisa dijadikan tempat untuk rekreasi maupun tempat untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. 

Artikel lainnya :    Banyak Daerah Kekurangan Air Bersih dan Apa Sebabnya?

2.    Untuk Irigasi Pertanian

Sejak dahulu sudah sering disebut bahwasanya Indonesia adalah negara agraris dengan alasan mayoritas penduduknya yang bermata pencaharian di bidang pertanian. Tanpa bisa dipungkiri, aktivitas berkebun, bertani ataupun bercocok tanam tidak akan sukses jika tidak ada air yang memadai. 

Air yang digunakan pun sebaiknya air bersih, selain untuk mendukung pertumbuhan tanaman juga untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas hasil panen. Kebanyakan petani memang menggunakan air danau atau air sungai untuk irigasi. 

Hanya saja yang disayangkan adalah saat ini ada banyak sungai serta danau yang tercemar terutama oleh limbah industri yang membuat air menjadi kotor. Air yang seperti ini umumnya mengandung organisme atau senyawa yang berbahaya. 

Artinya, kalau air tercemar tersebut dipaksakan untuk mengairi lahan pertanian, maka bukan tidak mungkin kualitas hasil panen akan menurun. Tidak hanya berdampak pada hasil panen, air kotor ini juga akan membuat tanah jadi kehilangan kesuburannya. 

Lebih buruknya lagi, kalau manusia mengonsumsi hasil panen yang tercemar tersebut dalam jangka waktu lama, ini malah akan memicu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. 

3.    Membantu Pekerjaan Sehari-Hari

Ada banyak pekerjaan yang membutuhkan air bersih, misalnya pekerjaan rumah tangga. Termasuk diantaranya adalah mencuci alat makan, mencuci pakaian bahkan mencuci kendaraan dan mengepel lantai.

Dengan menggunakan air bersih, sudah tentu berbagai benda yang dicuci tadi akan bersih dan kotoran-kotoran yang sebelumnya menempel akan hilang. Dengan begini, berbagai peralatan tersebut bisa dipakai kembali tanpa perlu khawatir dengan adanya kuman yang menjadi sumber penyakit. 

4.    Menjaga Kesehatan Tubuh

Tidak hanya bisa dipakai untuk mencuci, air bersih juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, air adalah salah satu komposisi utama dalam tubuh dan jumlahnya bisa berkisar antara 50% hingga 80% tergantung pada usia. 

Karena sebagian besar tubuh ini adalah cairan, maka sudah tentu tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup. Asupan cairan ini sendiri bisa didapatkan salah satunya dengan konsumsi air minum serta memakan makanan atau buah yang di dalamnya ada cairannya. 

Jika asupan cairan ini kurang, bisa-bisa konsentrasi akan menurun dan kalau ini sampai terjadi, sudah tentu aktivitas sehari-hari akan terganggu. Biasanya, kebutuhan asupan cairan ini berbanding lurus dengan berat badan. 

Semakin tinggi berat badan seseorang, maka semakin banyak pula asupan cairan yang diperlukan. Selain bisa untuk menjaga konsentrasi, air juga bisa membantu mengurangi panas yang berlebih pada tubuh dan tubuh bisa terhindari dari sakit kepala serta dehidrasi. 

Jadi sudah jelas ya bagaimana keutamaan sedekah air ini? Sekarang bersedekah sudah bisa dilakukan secara online kalau memang Anda berminat.

Hanya saja, pastikan bahwa yayasan atau lembaga yang dipilih benar-benar amanah supaya niat Anda membantu banyak orang benar-benar terlaksana. Wallahu a’lam bish shawab. 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.