Berapa Besaran Zakat Fitrah Beras dan Uang? Simak Disini    

Besaran zakat fitrah beras dan uang seringkali ditanyak oleh seseorang yang ingin menunaikan kewajiban ini. Terlebih uang adalah suatu metode pembayaran zakat yang cenderung fluktuatif dari waktu ke waktu.

Oleh sebab itu, sebelum menunaikan zakat untuk mencari tahu dahulu detailnya.

Zakat fitrah merupakan kewajiban yang ditunaikan oleh umat muslim dalam golongan mampu untuk meringankan beban saudara yang membutuhkan.

Bahkan perintah untuk melakukan zakat fitrah juga sudah dicantumkan dalam berbagai macam hadits maupun firman Allah SWT. 

Bagi umat muslim dunia yang ingin menunaikan ibadah zakat fitrah, maka sebaiknya menunaikannya semenjak awal bulan suci ramadhan hingga sebelum melaksanakan ibadah Ied Fitri. Jangan lupa untuk menunaikan zakat fitrah hanya di tempat yang tepat.


Baca juga:   
Apakah Zakat Fitrah Online Diperbolehkan? Simak Berikut ini

Zakat Fitrah 

Salah satu rukun Islam menyebutkan bahwa sebagai umat Islam wajib menunaikan zakat. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan zakat fitrah itu sendiri?

Zakat fitrah merupakan jenis zakat yang dikeluarkan oleh umat muslim pada awal bulan ramadhan maupun mendekati masa Ied Fitri. 

Zakat fitrah yang dikeluarkan bisa berupa makanan pokok maupun uang yang sesuai dengan makanan pokok. Jenis zakat ini ditunaikan untuk membersihkan hati, jiwa dan diri serta untuk memberikan makan bagi para fakir miskin. 

Hukum membayar zakat fitrah adalah wajib ain. Maksud dari wajib ain disini adalah wajib dilakukan bagi umat muslim baik itu laki-laki, perempuan, muda maupun tua. Seluruhnya wajib untuk menunaikan zakat fitrah. 

Sebelum melakukan zakat fitrah tentu ada beberapa hal yang mesti dipahami dengan baik. Selain syarat sah dan syarat wajib zakat fitrah, seluruh umat muslim juga wajib mengetahui rukun zakat fitrah.

Beberapa rukun zakat fitrah, diantaranya:

  1. Niat untuk melakukan zakat fitrah secara ikhlas karena Allah SWT. 
  2. Ada pemberi zakat fitrah atau yang disebut sebagai muzakki.
  3. Ada penerima zakat fitrah yang disebut sebagai mustahik. 
  4. Terdapat makanan pokok yang akan dizakatkan. 
  5. Besaran zakat fitrah beras dan uang yang dikeluarkan harus sesuai dengan agama Islam. 

Ketentuan Membayar Zakat Fitrah

Manfaat Zakat Fitrah

Ketika seorang muslim ingin membayar zakat fitrah maka perlu terlebih dahulu memperhatikan apa saja ketentuan dalam membayar kewajiban tersebut.

Dengan demikian, nantinya tidak akan ada perbedaan ukuran zakat fitrah. Adapun ketentua membayar zakat fitrah, yaitu:

1.   Wajib Dipenuhi Seorang Muslim dengan Sejumlah Kriteria Tertentu 

Secara umum zakat fitrah wajib hukumnya bagi seorang muslim yang bisa memenuhi kriteria merdeka yakni yang bukan merupakan hamba sahaya maupun budak.

Selain itu, zakat fitrah juga wajib berlaku bagi mereka yang memiliki kelebihan makanan pada waktu malam maupun siang hari di Ied Fitri. 

Hal ini juga sekaligus bisa menjawab pertanyaan tentang bagaimana ketentuan pembayaran zakat fitrah. Ketika mampu membayar zakat fitrah berarti seseorang tersebut juga telah dikatakan mampu untuk menolong sesama. 

2.   Hukum Kelahiran dan Kematian Seseorang Pada 29 dan 30 Ramadhan  

Ketentuan lain tentang membayar zakat fitrah ada pada hukum kelahiran dan kematian seorang mulim yang terjadi pada tanggal 29 dan 30 ramadhan.

Apabila seseorang meninggal usai terbenamnya matahari di hari terakhir ramadhan, maka ia akan tetap dikenai zakat fitrah. 

Kemudian, apabila ada bayi yang baru dilahirkan sebelum matahari terbenam pada akhir ramadhan tersebut, maka ia kana tetap dikenaik zakat fitrah. Adapun yang termasuk hari terakhir ramadhan jatuh di tanggal 29 dan 30 ramadhan. 

3.   Kewajiban Suami untuk Membayar Zakat  

Dikatakan dalam kitab Ihya Ulumuddin Al Ghazali bahwa seorang suami memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran zakat fitrah istrinya, anak-anaknya, budah maupun setiap anggota keluarga lain yang menjadi tanggungannya. 

Jangan lupa untuk membaca dengan baik niat berzakat. Jangan sampai keliru antara niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan niat zakat fitrah untuk keluarga.

Dengan demikian, kiranya setiap muslim bisa merasakan manfaat baik dari zakat fitrah. Pahami juga besaran zakat fitrah dengan baik.

4.   Ketahui Besaran Zakat Fitrah 2023   

Ketentuan lainnya adalah memperhatikan dengan baik tentang seperti apa besaran zakat fitrah terkini. Adapun yang harus dibayarkan ketika seseorang hendak menunaikan zakat fitrah ialah makanan pokok sejumlah satu sha’.

Nilai ini pun setara dengan makanan pokok seberat 2,5 kilogram atau 3,5 liter. Kemudian, Syekh Yusuf Qardawi juga pernah menjelaskan terkait ketentuan ini.

Nilai satu sha’ tersebut sebetulnya bisa digantikan dengan sejumlah uang yang setara dengan harga makanan pokok di lokasi tersebut. 

Mengingat bahwa harga makanan pokok yang ada pada tiap-tiap daerah berbeda-beda, maka sebaiknya umat Islam bisa merujuk kepada besaran nominal zakat fitrah yang ditetapkan oleh pihak terkait yaitu Baznas di provinsi maupun kabupaten setempat. 

5.   Kenali Waktu-Waktu Menunaikan Zakat Fitrah   

Terakhir, jangan lupa untuk mengenali waktu-waktu yang dibutuhkan untuk menunaikan zakat fitrah. Waktu-waktu tersebut bukan hanya waktu yang dianjurkan saja melainkan juga waktu haram untuk melakukan zakat fitrah. 

  • Waktu Wajib

Waktu wajib untuk melakukan zakat fitrah tidak lain adalah ketika seseorang mendapatkan sebagian maupun sedikit bulan ramadhan, sedikit bulan syawal maupun pada waktu malam takbiran.

  • Waktu Jawaz 

Kemudian, ada yang disebut sebagai waktu jawaz. Adapun maksud dari waktu jawaz tidak lain adalah waktu ketika masuk bulan suci ramadhan hingga sebelum melakukan shalat idul fitri. 

  • Waktu yang Dianjurkan 

Berikutnya, waktu yang dianjurkan. Adapun waktu yang dianjurkan untuk menuaikan zakat fitrah adalah pada pagi hari sebelum waktu shalat idul fitri. 

  • Waktu Makruh 

Selanjutnya, waktu makruh. Waktu makruh untuk melakukan zakat fitrah adalah semenjak selesainya shalat idul fitri sampai matahari sebelum terbenam pada 1 syawal. 

  • Waktu Haram 

Waktu haram untuk melakukan zakat fitrah ialah ketika lewat dari tanggal 1 syawal. Jika pembayaran zakat fitrah terjadi pada waktu tersebut, maka yang bersangkutan wajib meng-qadha.

 

 Artikel lainnya:    Macam-macam Manfaat Zakat Fitrah Amalan di Bulan Ramadhan

Besaran Zakat Fitrah Beras dan Uang

Syarat-Syarat Zakat Fitrah 

Ketika seseorang hendak menunaikan zakat fitrah tentu harus tahu terlebih dahulu berapa kisaran zakat fitrah baik berupa beras maupun uang. Detail informasi terkait besaran zakat fitrah baik berupa uang maupun beras, diantaranya:

1.   Uang  

Menurut Syekh Yusuf Qardawi zakat fitrah diperbolehkan dalam bentuk uang dengan nilai setara dengan 1 sha’ gandum, kurma maupun beras. Jadi, jika dikonversikan dalam bentuk uang maka besarannya harus sesuai dengan harga beras yang dikonsumsi. 

2.   Beras   

Selain menggunakan uang, menunaikan zakat fitrah juga bisa dilakukan menggunakan beras. Adapun jumlah zakat fitrah beras adalah 2,5 kilogram atau setara dengan 3, 5 liter per jiwa. Pastikan juga sudah mengetahui syarat yang harus dipenuhi penunai zakat, yaitu:

  1. Beragama Islam.
  2. Mampu secara finansial. 

Besaran zakat fitrah beras dan uang harus diketahui dengan baik dan benar. Bagi yang ingin menunaikan zakat fitrah, kini bisa dilakukan secara online agar lebih mudah dan praktis.

Pastikan hanya menunaikan zakat fitrah online di Yayasan Yatim Mandiri. Berikan zakat terbaik bagi sesama. 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
ebook kurban