BeritaPemberdayaan

Soft Launching Wisata Kampung Mandiri Sidoharjo Sukses Digelar

Kulon Progo, YM News – Di usianya yang menginjak 3 dekade, Yatim Mandiri sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) menggelar Gebyar Milad Ke-30 Tahun sekaligus soft launching wisata Kampung Mandiri Sidoharjo. Acara tersebut diadakan di Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (4/5/2024) lalu. 

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), talkshow, dan hiburan rakyat berupa Jathilan. Selain itu, diikuti pula dengan adanya peresmian bedah rumah. Dan dilanjutkan dengan soft launching wisata Kampung Mandiri Sidoharjo sebagai acara utamanya. 

Dalam gelarannya, acara tersebut dihadiri oleh Staf Gubernur DIY Bidang Sosial, Budaya, Kemasyarakatan yakni Dr. Etty Kumolowati M.Kes, Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo Sari Wulandari, DPRD Kabupaten Kulon Progo Budi Hutomo Putro, Tim Pengembangan BI DIY Dian Wening, jajaran pemerintahan Kapanewon, Danramil, Kapolsek Samigaluh, jajaran Pemerintah Kalurahan Sidoharjo, pimpinan dan staf Yatim Mandiri, serta warga setempat. Acara dibuka dengan pemecahan kendi.

Salahuddin, S.E., Direktur Laznas Yatim Mandiri mengatakan bahwa soft launching wisata Kampung Mandiri Sidoharjo merupakan program perluasan program pemberdayaan ekonomi yang sudah dilakukan Yatim Mandiri Yogyakarta selama 2 tahun. Yatim Mandiri Yogyakarta melakukan launching Program Kampung Mandiri Sidoharjo pada November 2021 melalui program pemberdayaan Kampung Mandiri. “Acara ini merupakan tindak lanjut dari program tersebut,” ujarnya.

Salahuddin menambahkan bahwa Kampung Mandiri merupakan sebuah program pemberdayaan kelompok untuk mengoptimalkan potensi lokal yakni kopi dan talas. Sejak 2021 hingga 2023 kelompok kampung mandiri desa Sidoharjo ini berjalan, berkembang, dan bertumbuh dengan baik. “Selanjutnya sebagai pengembangan program yang lebih, maka program pemberdayaan di Sidoharjo ini di luaskan manfaat nya menjadi Wisata Kampung Mandiri dengan mengangkat beberapa objek wisata dan paket wisata edukasi,” imbuhnya. 

Pembukaan Acara dengan Pemecahan Kendi

Tidak sampai disitu, Salahuddin menjelaskan bahwa berbekal record pemberdayaan selama 2 tahun Kampung Mandiri Sidoharjo ini dinilai semakin berkembang. Adapun kali ini Yatim Mandiri akan melanjutkan kebermanfaatannya di Sidoharjo. Oleh karena itu, bersama – sama warga Sidoharjo, Yatim Mandiri hendak membangkitkan potensi alam dan budaya untuk meramunya menjadi pemberdayaan berbasis wisata menjadi Wisata Kampung Mandiri Sidoharjo. 

Soft launching tersebut berjalan lancar dan sukses. Menggandeng Hannif Andy Al Anshori, Founder Insan Wisata dan Tegar Founder Kopi Menoreh Tumpang Sari & Lestari Purwosari, acara tersebut mengadakan talkshow bertajuk “Kopi Penunjang Pariwisata”. Dengan adanya talkshow ini, pengunjung lebih mengetahui potensi kopi sebagai pendukung pariwisata.

Tidak sampai disitu, pengunjung diajak untuk bersama-sama melakukan kunjungan wisata Kampung Mandiri yakni edukasi talas dan edukasi kopi. Serangkaian acara ditutup di hari Ahad (5/5/2024) dengan Gebyar Pentas Seni yang menghadirkan Jathilan bersama Turonggo Hargo Kendil, Mbak Vivi, dan Mas Heru (Wiraswara).

Acara ini dimeriahkan pula dengan adanya  festival kopi dan bazar UMKM yang menghadirkan produk lokal. Diantaranya seperti Kopi Mbak Mar, Kopi Pak Rohmat, Kopi Mengger, Kopi Mbajing, Bionature Nusantara, JK Watch, P4S, Makalo, PKK Nyemani, Kelompok Tani Selasih, dan Wahyu Batik. 

Beberapa Produk Lokal yang Turut Memeriahkan Acara tersebut

Sebagai tindak lanjut dari acara tersebut, Di akhir tahun 2024 Yatim Mandiri tengah merencanakan Event Grand Launching yang lebih besar dan lebih menarik. Tentu saja, dalam gelarannya akan melibatkan banyak pihak. “Semoga diberi kemudahan dan kelancaran,” ujar Salahuddin.

Salahuddin mewakili Yatim Mandiri mengucapkan terima kasih kepada sponsor utama Bank Indonesia Wilayah DIY dan KAI DAOP 6 Yogyakarta yang telah mensupport penuh Gebyar Milad sehingga berjalan dengan sukses dan lancar. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Kahf, Cleo, Gembira Loka Zoo, dan media partner yang turut mendukung acara Gebyar Milad Ke-30 Tahun Yatim Mandiri. “Semoga kebaikan akan selalu menyertai kita,” pungkasnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *