BeritaKemanusiaan

Sepekan Gempa Turki dan Suriah, Korban Tewas Lebih Dari 33.000

Türkiye, YM News – Korban tewas akibat gempa yang mengguncang Turki dan Suriah pekan lalu telah menembus 33.000 jiwa. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan besar mengingat jumlah ini membuat gempa tersebut menjadi salah satu yang mematikan dalam kurun 20 tahun terakhir.

Seperti dilansir AFP, Senin (13/2/2023), para pejabat dan petugas medis mengatakan 29.605 orang tewas di Turki dan 3.574 di Suriah akibat gempa berkekuatan 7,8 pada Senin lalu. Sehingga total korban jiwa yang dikonfirmasi menjadi 33.179.

Puluhan ribu para relawan penyelamat mulai memenuhi sejumlah area terdampak gempa untuk membantu para korban selamat di tengah ancaman cuaca dingin ekstrem. (AP Photo/Emrah Gurel)

Untuk diketahui, saat ini puluhan ribu tim petugas penyelamat masih menjelajahi wilayah terdampak gempa di tengah cuaca dingin yang telah memperdalam duka dan perjuangan jutaan orang yang sekarang sangat membutuhkan bantuan.

Pernyataan Kordinator Kemanusiaan PBB

Persatuan Bangsa-Bansa (PBB) telah memperingatkan bahwa setidaknya 870.000 orang sangat membutuhkan makanan panas di seluruh Turki dan Suriah. Sebanyak 5,3 juta orang juga diyakini telah kehilangan tempat tinggal di Suriah saja.

Hampir 26 juta orang terkena dampak gempa bumi ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sebesar $42,8 juta dibutuhkan untuk mengatasi kebutuhan kesehatan korban gempa.

Badan bencana Turki mengatakan lebih dari 32.000 orang dari organisasi Turki bekerja dalam upaya pencarian dan penyelamatan. Ada juga 8.294 penyelamat internasional.

“Segera, pencarian dan penyelamatan orang-orang akan memberi jalan bagi badan-badan kemanusiaan yang tugasnya menjaga jumlah luar biasa dari mereka yang terkena dampak untuk bulan-bulan berikutnya,” kata Kepala Koordinator Kemanusiaan PBB Martin Griffiths dalam sebuah video yang diposting ke Twitter.

Gempa Turki dan Suriah ini pun menjadi salah satu bencana alam dengan korban terbanyak. Korban meninggal gempa ini melebihi tsunami di Jepang yang mencapai 18 ribu orang.

Meski jumlah korban tewas masih terus dilaporkan bertambah. Perjuangan dan harapan keajaiban yang memungkinkan ada korban selamat di balik reruntuhan gempa. (AP Photo/Francisco Seco)

26 Juta Korban Gempat Turki dan Suriah Butuh Bantuan Segera

Mari jadi bagian dari solidaritas nyata mendampingi saudara-saudara kita di Turki dengan doa tertulus dan bantuan terbaik melalui Laznas Yatim Mandiri.

Kirimkan kepedulian kita via Rekening Yayasan Yatim Mandiri:

BRI #00480 1001 879 567

Mandiri #17100 77799 339

Mohon tambahkan kode unik 53 dibelakang nominal. Misal Rp 100.053

atau melalui halaman https://tanamberkah.com/gempaturki

Redaksi YM News

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Menanam kebaikan di dunia, memanen kebahagiaan di akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *