Qurban

Melihat Lebih Dekat Proses Penyembelihan Sapi Super Gizi Qurban 2022

Gianyar, YM News – Ditengah merebaknya wabah penyakit mulut dan kaki (PMK) pada hewan ternak berkaki genap di momen Idul Adha, Alhamdulillah tahun ini Yatim Mandiri masih melangsungkan penyembelihan amanah hewan qurban sapi Super Gizi Qurban dari para muqorib (pequrban). Penyembelihan hewan qurban sapi sebanyak 185 ekor ini berlangsung 2 hari pada 10 dan 11 Juli 2022 di Gianyar, Bali.

Penyembelihan Sapi Qurban

Yatim Mandiri berkolaborasi dengan Mitra Rumah Potong Hewan (RPH) dan Juru Sembelih Halal (Juleha) setempat untuk melangsungkan penyembelihan hewan qurban. Direktur Program Yatim Mandiri, Hendy Nurrohmansyah juga mengawal secara langsung proses penyembelihan hewan qurban sapi Super Gizi Qurban ini hingga tuntas.

Proses penyembelihan hewan qurban Super Gizi Qurban (SGQ) sesuai syariat.

“Alhamdulillah seluruh rangkaian penyembelihan kami lakukan sesuai syariat, memastikan hewan sehat dan bebas penyakit mulut dan kaki (PMK) melalui kerjasama dengan dinas peternakan setempat untuk memastikan kesehatan sapi, serta dalam prosesnya seluruh tim yang terlibat di lokasi juga tak henti bergantian mengumandangkan takbir,” tutur Hendy.

Super Gizi Qurban adalah inovasi melalui optimasi daging qurban dari para pequrban yang diolah dan dikemas dalam bentuk kalengan, inovasi program qurban ini sejalan dari sisi syariah dengan Fatwa MUI Nomor 37 Tahun 2019 tentang pendistribusian dan pengawetan daging qurban dalam bentuk olahan agar manfaatnya lebih luas dan tahan lama.

Penyortiran Daging Sapi

Penyortiran daging juga dilakukan saat itu juga. Daging sapi yang sudah disortir selanjutnya disimpan sementara di dalam cold storage untuk selanjutnya daging akan diolah menjadi kare dan sosis siap santap.

“Untuk pengolahan daging sendiri setiap tahunnya Yatim Mandiri berkolaborasi dengan pabrik makanan kaleng profesional, jadi sudah dipastikan keamanan untuk dikonsumsi melalui sertifikasi BPOM,” imbuh Hendy menjelaskan.

Proses penyortiran daging qurban untuk selanjutnya diolah menjadi sosis dan kare siap santap.

Sebagai informasi, program Super Gizi Qurban telah dilaksanakan Yatim Mandiri sejak tahun 2009, itu artinya program ini telah belangsung selama 13 tahun.

Selama itu juga jutaan yatim dan dhuafa serta saudara kita yang terdampak bencana sudah merasakan manfaat dari daging qurban yang Sahabat Yatim Madiri tunaikan setiap tahunnya melalui Yatim Mandiri.

Terima kasih kepada para muqorib dan masyarakat yang telah menitipkan amanah qurbannya melalui Yatim Mandiri. Semoga keikhlasan qurban Sahabat, Allah ta’ala balas dengan keberkahan dan ketaqwaan disisiNya serta menjadi kebahagiaan bagi penerima manfaat daging qurban. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *