Kisah Sukses

Jadi Desainer Microstock, Ahlan Berpenghasilan Ribuan Dollar

Hobi yang ditekuni dengan serius memang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama. Seperti yang dilakukan oleh Ahlan Tulastra.

Alumni MEC angkatan XIV ini memang suka dengan dunia desain dan animasi sejak duduk di bangku SMK. “Saat masuk MEC saya pun masuk jurusan desain grafis. Di sanalah saya mengenal dunia microstock dari salah seorang dosen. Dan saya tekuni sampai sekarang,” jelas pria yang akrab disapa Ahlan ini.

Tentu tak semudah itu menjadi desainer microstock. Setelah lulus MEC, Ahlan kembali tinggal di kota asalnya, Bogor. Ahlan pun memutuskan untuk serius menjadi desainer microstock. Salah satunya karena dirinya bisa bekerja dari mana dan kapan saja.

Dengan fokus menjadi desainer microstock, dalam sehari Ahlan bisa membuat 30 sampai 50 desain. Desain yang ia buat lalu diunggah ke akun Shutterstock, Freepik, dan Adobe Stock.

Jumlah desain sebanyak itu memang merupakan target yang ditentukan. Karena dirinya tidak bisa langsung mendapat uang dari satu kali unggahan desain. Semakin sering Ahlan mengunggah desainnya, semakin besar pula kesempatan desainnya diunduh. “Dari beberapa kali unduhan itu baru bisa mendapat uang atau komisi,” ujarnya. Dalam sebulan, Ahlan bisa menghasilkan 700 sampai 1500 USD.

Baginya, salah satu kunci keberhasilan menjadi desainer microstock adalah dengan membuat desain yang unik. Namun bisa digunakan kapan saja. “Contohnya adalah desain border, desain undangan, sampai sertifikat. Saya pilih desain yang timeless. Jadi desain itu tidak termakan tren dan bisa dipakai kapanpun,” jelasnya.

Dari microstock pula Ahlan bisa mendapat klien dari luar negeri seperti Ecuador dan Kanada. Ahlan mengatakan bahwa pekerjaan seperti inilah yang memiliki prospek di masa depan.

“Karena sekarang sudah era serba digital, kita juga harus mengikuti jaman. Pekerjaan seperti desainer microstock ini bisa menjadi prospek yang baik,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *