BeritaKemanusiaan

Gempa Turki dan Suriah: Korban Capai Lebih 23.700 Jiwa, Kondisi Darurat

Türkiye, YM News – Berikut ini update informasi korban tewas akibat Gempa Turki M 7,8 yang menggucang wilayah Turki dan Suriah, Senin (6/2/2023) lalu.

Jumlah korban jiwa terbaru di kedua negara akibat gempa dahsyat itu sudah melebihi prediksi WHO yang menyebut korban jiwa kemungkinan bisa mencapai 20.000 orang.

Jumlah kematian di Turki naik menjadi 20.213 pada Jumat, kata menteri kesehatan negara itu. Di Suriah, lebih dari 3.500 telah tewas. Lebih banyak orang tetap berada di bawah reruntuhan.

Gempa paling mengerikan di kawasan Turki dan barat laut Suriah mengakibatkan sebanyak lebih dari 23.700 jiwa meninggal dunia. Ini merupakan laporan terbaru setelah empat hari sejak bencana itu terjadi, dikutip dari Al Jazeera.


Jumlah korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,8, SR yang melanda pada dini hari, Senin (6/3/2023) telah melampaui gempa dahsyat pada 1999 lalu di Turki yang menewaskan lebih dari 17.000 orang.

Berjuang Evakuasi Korban Yang Masih Tertimbun Reruntuhan Bangunan

Petugas tanggap darurat setempat telah melakukan serangkaian penyelamatan dramatis di Turki pada hari Jumat kemarin.
Mereka banyak menyelamatkan sejumlah orang dari reruntuhan dalam empat hari setelah bencana gempa berkekuatan M 7,8 tersebut.
Illustration (Credit: Uknown)
Sementara kondisi cuaca dengan suhu dingin dikabarkan masih berada di bawah titik beku di hampir seluruh wilayah terdampak gempa tersebut.
Banyak orang tidak memiliki tempat berlindung, sehingga Pemerintah Turki pun langsung mendistribusikan jutaan makanan hangat, serta tenda dan selimut. Namun dikabarkan masih belum semua korban Gempa Turki mendapatkan bantuan.

Respons Laznas Yatim Mandiri Koordinasi Pengiriman Bantuan

Merespon gempa M 7,8 di Turki, Yatim Mandiri, sejak Selasa (7/2/2023) berkoordinasi dengan Forum Zakat, Kemenko PMK, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) serta mitra lembaga lokal di Turki dalam percepatan pengiriman bantuan terbaik.

Laznas Yatim Mandiri turut mengundang seluruh lapisan masyarakat untuk turut peduli dan bekolaborasi demi kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana di Turki dan Suriah, masyarakat dapat langsung membantu melalu platform online di link berikut.

Redaksi YM News

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Menanam kebaikan di dunia, memanen kebahagiaan di akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *