Kolaborasi

Berkunjung ke Human Initiative Jawa Timur, Tim Yatim Mandiri Belajar Digital Agility

Surabaya, YM News – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kualitas pelayanan lembaga, Tim Amil Laznas Yatim Mandiri melakukan kunjungan visiturahim atau studi banding ke Human Initiative Jawa Timur (HI Jatim) yang berlokasi di Jl. Ngagel Madya, Surabaya pada Selasa, 26 September 2023. Kunjungan ini dilakukan dengan fokus pada pembelajaran terkait CSR Partnership, dan Digitalisasi Layanan Lembaga.

Human Initiative dikenal sebagai NGO berskala global yang telah berhasil dalam mengadopsi digitalisasi dan memiliki manajemen lembaga yang bertumbuh dengan cepat serta agile. Oleh karena itu, mereka menjadi referensi penting bagi Yatim Mandiri dalam upaya adaptasi dan inovasi di era digital saat ini.

Tim Yatim Mandiri yang hadir terdiri dari Abdul Mujib, Bagus Setiawan, Dian Muldianti, dan Miftah Martah Diansyah selaku Tim Marcomm dan Digital Fundraising. Mereka diterima dengan hangat oleh Bapak Deny selaku Kepala Perwakilan HI Jatim, Bapak Teguh selaku CSR Partnership Specialist, dan Kak Elly yang menjabat sebagai Customer Relationship Officer.

Kegiatan studi banding berlangsung mulai pukul 9.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Selama kurun waktu tersebut, banyak materi dan diskusi mendalam yang diberikan oleh Tim HI Jatim. Diantaranya terkait adaptasi dan inovasi yang telah dilakukan Human Initiative dalam mendorong perubahan dan kemajuan lembaga mereka di era digital.

Salah satu highlight dari kegiatan ini adalah diskusi intensif yang dilakukan oleh Bagus Setiawan. Ia banyak menggali dan berbagi informasi terkait tantangan digitalisasi serta bagaimana memperkuat efektifitas kinerja internal organisasi sehinggal dapat meningkatkan layanan kepada Penerima Manfaat dan Donatur melalui berbagai inovasi yang berkelanjutan.

Belajar Ke Human Intiative
Suasana Sharing Tim Yatim Mandiri dan Tim Human Initiave Jawa Timur

Bapak Denny dari HI Jatim menjelaskan bahwa lembaga filantropi sejatinya harus selalu terbuka akan perubahan. Menurutnya, untuk bertumbuh berkelanjutan, adaptasi dan inovasi adalah kunci. “Mau tidak mau kita harus berlari. Jika tidak, kita akan tertinggal,” ujarnya. Ia juga membagikan proses dan best practice yang diterapkan oleh Human Initiative dalam menjalankan berbagai projek mereka.

Diskusi mengenai optimalisasi kegiatan CSR Partnership juga menjadi salah satu topik yang dibahas. Abdul Mujib menanyakan bagaimana Human Initiative membangun kerjasama yang efektif dengan mitra mereka. Mas Teguh dari HI Jatim berbagi pengalamannya dalam menjalankan kegiatan CSR Partnership dan memberikan insight berharga kepada Tim Yatim Mandiri.

Di akhir kunjungan, Abdul Mujib mewakili Tim Yatim Mandiri mengucapkan terima kasih kepada HI Jatim. “Kami sangat berterima kasih atas kesempatan ini untuk belajar bersama, khususnya dalam hal CSR partnership, Digital Funding, dan bagaimana budaya dapat menumbuhkan lembaga agar lebih adaptif dan responsif terhadap perubahan ke arah yang lebih baik,” tuturnya.

Kunjungan studi banding ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara kedua lembaga dan menginspirasi lebih banyak organisasi lainnya untuk selalu berinovasi dan beradaptasi di era digital saat ini, agar semakin banyak kebermanfaatan yang tercipta bagi penerima manfaat.

Redaksi YM News

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Menanam kebaikan di dunia, memanen kebahagiaan di akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *