Bencana

Banjir Kudus, Yatim Mandiri Kirim Bantuan dan Adakan Psikososial

Kudus, YM News – Yatim Mandiri merespons cepat dampak buruk banjir yang melanda beberapa daerah di Jawa Tengah pada Ahad lalu (11/2/2024) dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan dan adakan psikososial. Banjir tersebut disebabkan oleh jebolnya tanggul Sungai Wulan, mengakibatkan ratusan warga terdampak dan membutuhkan bantuan mendesak.

Sejumlah tim dari Yatim Mandiri diterjunkan ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan logistik kepada warga yang membutuhkan, khususnya di Posko Jati Wetan, Kabupaten Kudus. Bantuan yang disalurkan mencakup kebutuhan dasar, seperti logistik, peralatan mandi, peralatan sholat, pakaian untuk dewasa dan anak-anak, pampers, obat-obatan, popok dewasa, serta sandal jepit.

Banjir Kudus, Yatim Mandiri Kirim Bantuan & Adakan Psikososial
Penyerahan bantuan kemanusiaan untuk warga di Posko Jati Wetan, Kudus.

Menyadari bahwa bencana seperti banjir tidak hanya meninggalkan kerugian fisik, Yatim Mandiri juga memberikan perhatian khusus pada aspek psikososial. Tim relawan Yatim Mandiri di Posko Jati Wetan melaksanakan berbagai kegiatan preventif, termasuk trauma healing untuk anak-anak yang menjadi korban banjir. Kegiatan ini mencakup psikoedukasi bencana, ice breaking atau permainan seru, dongeng, craft, dan mewarnai.

Indrayana, selaku Branch Manager Yatim Mandiri Kudus, menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan tidak hanya sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan fisik korban banjir tetapi juga sebagai wujud kepedulian dan empati terhadap penderitaan yang mereka alami.

 “Kami berharap bantuan kemanusiaan ini dapat meringankan beban para penyintas bencana banjir di Kabupaten Kudus dan membantu mereka pulih dari dampak psikologis yang mungkin timbul, serta menghadirkan kebahagiaan,” ujarnya.

Yatim Mandiri berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada masyarakat yang terdampak bencana, baik dalam bentuk bantuan fisik maupun psikososial. Semoga bantuan yang tersalurkan dapat bermanfaat bagi penerima dan menjadi saksi amal baik bagi seluruh donatur yang mendukung gerakan baik ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *