Aktivitas Binaan

Anak Binaan Yatim Mandiri Ikut peringati Hari Dharma Samudera TNI AL

Balikpapan, YM News – Hari Senin ini, tanggal 15 Januari 2024, adalah hari yang istimewa bagi adik-adik Binaan Yatim Mandiri dari Sanggar Genius Balikpapan. Mereka berkesempatan untuk menghadiri upacara peringatan Hari Dharma Samudera, sebuah momen bersejarah yang ditujukan untuk menghormati para Pahlawan Laut, di Kapal Patkamla Posa.

Dalam kegiatan baik ini, adik-adik dapat menyaksikan dan mengenang perjuangan besar para pahlawan Indonesia yang bertempur dengan gigih untuk menjaga keutuhan tanah air. Pada tanggal 15 Januari 1962, 62 tahun yang lalu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) berjuang melawan Belanda dalam pembebasan Irian Barat (Papua) di perairan Maluku. 

Hari Dharma Samudera tidak hanya mengenang peristiwa tersebut, tetapi juga napak tilas terhadap peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut, terutama di bawah kepemimpinan Yos Sudarso.

Dalam operasi rahasia tersebut, tiga Kapal Republik Indonesia (KRI) terlibat untuk mengintai kekuatan armada Belanda di sekitar Irian Barat. Ketiga kapal tersebut adalah KRI Macan Tutul, KRI Macan Kumbang, dan KRI Harimau. Keberanian dan dedikasi para pelaut Indonesia saat itu menjadi semangat bagi generasi muda untuk terus menghargai dan menjaga kemerdekaan.

Gunawan, Perwakilan Tim Yatim Mandiri Balikpapan, menyampaikan harapannya agar adik-adik binaan bisa mengambil pelajaran berharga dari kegiatan hari ini. Selain menjadi bagian dari upacara, adik-adik juga diperkenalkan dengan profesi Angkatan Laut (TNI AL). Harapan besar terletak pada semangat adik-adik untuk mengejar cita-cita mereka. Melalui pemahaman terhadap profesi TNI AL, diharapkan adik-adik dapat semakin termotivasi untuk meraih impian dan cita-cita mereka.

Dengan kehadiran mereka dalam peringatan Hari Dharma Samudera, adik-adik Binaan Yatim Mandiri Balikpapan turut memperlihatkan bahwa semangat patriotisme dan pengabdian kepada bangsa harus terus ditanamkan dalam setiap generasi penerus, menjadikan momen ini sebagai inspirasi bagi masa depan yang lebih baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *