Rekan Yogya dan Exalos Indonesia Gelar Edukasi Bahaya Ular 

Kulonprogo, YM News – Rabu (16/10/2024), Relawan Kemandirian (REKAN) Yogja bersama Exalos Indonesia sukses menyelenggarakan kegiatan edukasi bahaya ular untuk 200 siswa Sekolah Wustha (SW) dan Madrasah Aliyah (MA) Jamilurrahman di Dolan Ndeso Boro, Kabupaten Kulonprogo. 

Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Rihlah Tarbiyah yang diselenggarakan oleh sekolah tersebut, dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam terkait jenis-jenis ular dan cara penanganan dasar saat bertemu dengan ular.

Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian edukasi yang dikemas secara interaktif dan dibagi dalam empat regu besar. Setiap regu mendapatkan penjelasan serta praktik langsung tentang cara aman menangani ular. 

“Setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk mempelajari materi yang diberikan oleh masing-masing regu, sehingga mereka semua bisa memahami bagaimana cara yang tepat dalam menghadapi situasi darurat terkait ular,” ujar Danu, salah satu instruktur dari Exalos Indonesia.

Salah seorang tim Exalos Indonesia tengah edukasi menjinakkan ular di hadapan siswa.

Tujuan utama dari edukasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat umum, terutama anak-anak, terkait jenis-jenis ular yang sering ditemui dan langkah-langkah dasar penanganan yang aman. 

Kegiatan edukasi ular ini tidak hanya memberikan pengetahuan teori saja, tetapi juga praktik langsung dalam menangani ular dengan aman. Hal ini diharapkan dapat memberikan rasa percaya diri kepada anak-anak dalam menghadapi ular dan mengurangi risiko kecelakaan akibat penanganan yang salah.

“Alhamdulillah, kami berterima kasih kepada Exalos Indonesia yang telah bekerja sama dengan kami untuk memberikan edukasi ular ini. Semoga kedepan semakin banyak masyarakat yang mendapatkan edukasi serupa, sehingga risiko kecelakaan dapat diminimalkan,” ujar Umar, salah satu Rekan Yogja.

Dengan adanya edukasi seperti ini, diharapkan masyarakat, terutama di daerah yang sering ditemukan ular, dapat lebih waspada dan memahami cara penanganan yang tepat. Edukasi ini menjadi salah satu langkah penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai keberadaan ular di sekitar mereka dan cara hidup berdampingan dengan aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Yatim Mandiri adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan yatim dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf) serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga.