17 Kisah Mukjizat Nabi Muhammad Salah Satunya Al-Quran

mukjizat nabi muhammad

Kisah mukjizat Nabi Muhammad SAW bisa diimani dan dijadikan sebagai pedoman hidup yang lebih baik. Mukjizat ini sebagai pendukung kebenaran kenabian Nabi Muhammad. Apa saja sih Mukjizat yang perlu kita ketahui? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini.


Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang diutus oleh Allah SWT dan menjadi manusia paling sempurna akhlaknya. Tidak tanpa alasan Allah memberikan kebesaran-Nya kepada Nabi Muhammad SAW dengan memberikan mukjizat Nabi Muhammad yang sangat banyak. 

Kenali terlebih dahulu bagaimana kisah Nabi Muhammad sehingga bisa mendapatkan mukjizat yang tidak ternilai tersebut. Bahkan, dengan mengenalnya maka akan memberikan keimanan yang lebih baik lagi kepada para umat Islam bukan? Serta kebaikan akan didapatkan karena memiliki teladan baik.

Kisah Keajaiban Mukjizat Nabi Muhammad SAW dari Allah

Sangat banyak mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Rasulullah. Hal ini bertujuan untuk memberikan kebenaran kenabiannya serta menyelamatkan umat Islam dan bahaya. Oleh sebab itu, jika tidak mengenai kekuasaan yang dimiliki Allah SWT melalui Rasulullah sungguh sangat merugi. 

1. Kitab Suci Al-Qur’an

Mukjizat terbesar yang dimiliki oleh Nabi Muhammad adalah kitab suci Al-Qur’an yang diturunkan secara berangsur sebagai wahyu Allah. Kitab ini bisa menjadi penunjuk serta pedoman hidup umat Islam baik untuk kehidupan sehari-hari. 

Sebenarnya, untuk kitab yang diturunkan Allah ada 4 kepada keempat para nabi dan rasul. Salah satunya adalah Nabi Muhammad SAW dengan kitab Al-Qur’an yang sangat sempurna. 

Kisah turunnya Al-Qur’an juga menjadi sejarah tersendiri karena patut untuk diimani. Peristiwa tersebut disebut sebagai Nuzulul Qur’an yang mana pada awal Al-Qur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. 

Ayat Al-Qur’an yang menjadi wahyu pertama Nabi Muhammad SAW ini adalah Al-Alaq ayat 1-5. Dengan adanya wahyu berupa ayat Al-Qur’an maka bisa dikatakan sebagai awal kenabian Muhammad. Dan juga menjadi awal dalam perjuangan di Jazirah Arab untuk menyebarkan agama Islam.

Peristiwa ini pertama kali turun di Gua Hira pada tanggal 17 Ramadhan 610 tepatnya di sebelah utara Mekkah. Dan setiap tanggal tersebut selalu diperingati sebagai Hari Nuzulul Qur’an.

2. Peristiwa Isra’ Mi’raj

peristiwa isra' mi'raj

Selain Al-Qur’an Nabi juga memiliki mukjizat nabi Muhammad terbesar yaitu melalui peristiwa Isra’ Mi’raj. Peristiwa besar ini dimaksudkan untuk memberikan perintah shalat kepada umat Muslim. Kejadian ini tepatnya pada tanggal 27 Rajab yang menjadi perjalanan suci Nabi Muhammad SAW. 

Perjalanan tersebut dilakukan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Kemudian, dilanjutkan dengan perjalanan ke Sidratul Muntaha melalui langit ke tujuh hanya dalam waktu satu malam saja.

Peristiwa ini merupakan peristiwa yang sangat luar biasa dan tidak akan dialami oleh manusia lainnya. Bisa dikatakan bahwa perjalanan yang dilakukan secepat kilat dari langit ke Sidratul Muntaha. 

Sebenarnya terdapat beberapa fakta mengenai Isra’ Mi’raj yang terjadi, yaitu:

  • Nabi Muhammad naik ke Sidratul Muntaha dengan badan dan ruh yang tetap utuh seperti bentuk aslinya. 
  • Adanya pemahaman kewajiban sholat yang diperintahkan oleh Allah SWT. 
  • Saat di Mi’rajkan oleh Allah SWT, Nabi Muhammad mampu melihat Allah SWT dengan mata hatinya. Dan bahkan beliau berbicara secara langsung dengan Allah SWT. 
  • Nabi Muhammad SAW berbicara dengan Allah SWT yang mana tidak butuh tepat dengan Nabi di atas Mustawa. 
  • Dalam perjalanannya, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan nabi dan rasul yang sudah mendahuluinya. 

Dengan adanya peristiwa Isra’ Mi;raj ini maka bisa didapatkan hikmah perjalanan sehingga bisa langsung beriman tanpa ragu kepada Allah SWT. 

3. Air Susu Melimpah

Pertama kali mukjizat nabi Muhammad yang didapatkan oleh Rasul adalah air susu yang melimpah dari ibu asuhnya, Halimah. Sebenarnya tubuh Halimah kurus dan kering namun pada saat menyusui bayi Muhammad, ASI yang keluar sangat deras dan berbeda saat menyusui anaknya yang merasa kurang. 

Suami Halimah juga dibuat terkejut karena unta peliharaannya menghasilkan susu berlimpah. Keduanya bisa minum air susu unta betina dengan puas dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. 

4. Dada Dibelah

Di waktu kecilnya pada saat Nabi Muhammad SAW menggembala bersama saudaranya tiba-tiba ada sosok laki-laki. Dua laki-laki tersebut memakai pakaian serba putih dan langsung menghampiri Muhammad. Hal yang dilakukan adalah membelah dadanya dan mengambil benda hitam. 

Nabi, ibu asuh, dan ayah asuhnya tidak mengerti maksud dari laki-laki tersebut yang mengambil benda hitam dalam dada Nabi Muhammad tersebut. 

Sewaktu kecil, nabi sudah dititipkan kepada ibu asuhnya karena ibu kandungnya tidak ingin ia hidup di Mekkah. Karena hidup di Mekkah tidak baik untuk perkembangan Muhammad sendiri. 

5. Membelah Bulan atas Izin Allah

Suatu ketika untuk menunjukkan kebenaran atas kenabiannya, Muhammad meminta atas izin Allah untuk membelah bulan. Hal tersebut diberikan oleh Allah dan menjadi mukjizat kala kaum Quraisy tidak mempercayainya. 

Kaum kafir yang menentangnya telah ditunjukkan kebesaran Allah melalui Muhammad SAW. Kaum Quraisy terkejut dengan apa yang dilakukan oleh Muhammad SAW.

Baca Juga : Urutan, Kisah Serta Nama-Nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui 

6. Meramalkan Istri

Mukjizat lainnya yang didapatkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah bisa meramalkan istri. Dalam ramalannya, istri Rasulullah sangat rajin dalam bersedekah dan akan meninggal dalam jangka waktu yang tidak lama setelah Nabi meninggal.

Zainab adalah istri yang paling rajin bersedekah, dan benar saja bahwa ramalan Rasulullah terbukti bahwa Zainab meninggal tidak lama setelah Rasulullah meninggal. Dengan begitu maka kenabian Muhammad SAW bisa dibenarkan dan terbukti mendapat kebesaran Allah SWT. 

7. Pelindung Tubuh dengan Petir

Dalam masa peperangan, Nabi Muhammad SAW mendapatkan mukjizat yang sangat menakjubkan. Contohnya saja mukjizat nabi Muhammad seperti petir yang melindungi tubuhnya pada saat akan dibunuh oleh Syiban bin Utsman yang terjadi pada saat Perang Hunain. 

Petir yang dikuasakan oleh Allah SWT ini ditujukan untuk melindungi Rasulullah dari bahaya. Selain itu, musuh akan mampu melihat kekuasaan Allah SWT yang sangat besar melalui Rasulullah. Jadi, mukjizat yang diberikan kepada Nabi memang ada tujuan yang dimaksudkan.

8. Air Mengalir dari Jari Nabi Muhammad SAW

Ada juga peristiwa menakjubkan yaitu air yang bisa mengalir melalui jari tangan Nabi Muhammad SAW. Bertepatan dengan hari Al Hudaibiyah (perjanjian) dimana banyak orang yang merasa kehausan secara luar biasa. 

Pada saat Rasulullah selesai berwudhu maka mereka menghampiri Rasulullah. Orang-orang tersebut memberitahukan kepada nabi bahwa tidak ada air yang bisa digunakan untuk wudhu maupun minum meskipun hanya ada sepanci air kecil. Pastilah untuk air tersebut tidak akan cukup untuk banyak orang. 

Karena merasakan kebingungan para umatnya, Nabi Muhammad SAW langsung meletakkan tangannya ke dalam wadah berisi air tersebut. Kemudian, langsung keluar untuk air dari jari-jarinya.

Dengan kekuasaan Allah tersebut maka seluruh umat yang ada di sana bisa menghilangkan rasa haus dengan meminum air yang muncul dari jari tangan Nabi Muhammad. Selain itu, air tersebut mampu digunakan untuk berwudhu bagi orang-orang. 

9. Hanya Sedikit Makanan Namun Cukup untuk Banyak Orang

Nabi Muhammad SAW saat berada dalam kondisi yang lemas pastinya banyak yang khawatir akan kondisinya. Karena mendengar kabar nabi lemas tersebut maka Abu Thalhah dan istrinya memutuskan untuk mengundang Nabi untuk makan bersama di rumahnya. 

Saat datang, Rasulullah datang bersama dengan banyak sahabatnya dan bahkan jumlahnya bisa mencapai 70 sampai dengan 80 orang. Karena tamu yang datang sangat banyak maka bisa dipastikan bahwa makanan yang disiapkan tidak cukup. 

Abu Thalhah dan istrinya past merasa sangat bingung karena banyaknya orang yang datang. Sebelum menyantap makan tersebut, Nabi mendoakannya terlebih dahulu dan kemudian mempersilahkan tamu memakannya. 

Akan tetapi, tamu-tamu tersebut makan secara bergantian yaitu 10 orang sehingga semuanya merasa kenyang setelah makan. Jadi, meskipun makanan yang dihidangkan tidak cukup untuk seluruh jumlah tamu namun sahabat-sahabat Nabi bisa merasakan kenyang setelahnya.

10. Mengenyangkan Banyak Orang dengan Satu Gelas Susu

Mukjizat Nabi Muhammad jika diceritakan tidak ada habisnya dan bahkan bisa dikatakan mustahil terjadi di zaman modern seperti ini. Ya, memang Rasulullah adalah manusia pilihan sempurna yang diberikan mukjizat oleh Allah untuk menyelamatkan umat Islam. 

Pasalnya, bukan hanya makanan saja yang bisa mengenyangkan banyak orang. Namun, ada juga peristiwa mengenai satu gelas susu yang dapat mengenyangkan banyak orang. Kisah ini sebenarnya cukup menarik untuk diceritakan. 

Kisahnya berawal dari teman Nabi Muhammad bernama Abu Hurairah yang sangat miskin dan sering kelaparan. Akan tetapi, Abu Hurairah memiliki hafalan yang banyak serta ilmu pengetahuan yang luas. 

Nabi Muhammad SAW bertemu dengan temannya tersebut dan harus mengikuti Nabi. Kemudian, Nabi mengundang banyak orang ke rumahnya karena telah menemukan satu gelas susu. Orang pertama yang minum susu tersebut adalah Abu Hurairah. 

Selanjutnya, tamu lainnya meminumnya secara bergiliran dan sampai seluruh tamu merasakan puas minum susu tersebut. Tidak hanya puas karena susu yang diminum juga menghindarkan dari rasa lapar beralih menjadi rasa kenyang.

11. Do’a Meminta Hujan

Terjadi pada saat Nabi Muhammad berkhotbah di Sholat Jum’at. Dan ada seseorang yang meminta Rasulullah agar melakukan do’a agar bisa hujan turun di desa tersebut. Hujan sangat diharapkan karena wilayah tersebut sudah mengalami kekeringan yang lama. 

Dengan adanya kekeringan tersebut maka akan berdampak buruk pada kehidupan masyarakat. Do’a dilakukan oleh Nabi Muhammad sampai dengan Jum’at minggu selanjutnya. Namun, karena hujan lebat yang terjadi terus-menerus maka banyak rumah yang mulai rusak. 

Bisa dikatakan bahwa hujan yang turun sangat lama dan membawa dampak di lingkungan tersebut. Karena ada seseorang yang membawa kabar tersebut maka Nabi Muhammad berdo’a agar hujan dipindahkan ke Madinah. Hal ini pastinya sesuai dengan permintaan umatnya. 

Karena telah meminta kepada Allah SWT melalui do’a maka dikabulkan oleh Allah. Terbukti dengan awan-awan yang mulai bergerak ke pusat kota dan tidak berada di desa.

12. Mengobati Mata yang Sakit

Sahabat Nabi, Ali bin Abi Thalib adalah pemegang bendera dan mengeluhkan bahwa matanya sakit. Hal ini terjadi pada saat belum menaklukan Benter Khaibar. Karena mengetahui kabar tersebut maka Rasulullah memanggil Ali agar datang menemuinya. 

Pada saat sudah ditemui maka Rasulullah langsung meludahi mata Ali yang sedang sakit. Tidak lama kemudian, mata tersebut bisa langsung sembuh dalam waktu yang singkat. Bahkan kesembuhan mata tersebut layaknya orang yang tidak sakit mata sebelumnya karena benar-benar kembali normal. 

Karena sakit matanya sudah disembuhkan melalui mukjizat Nabi Muhammad maka Ali bin Abi Thalib bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Bendera bisa dibawa dengan mudah oleh Ali bin Abi Thalib. Dan berlangsung dengan Benteng Khaibar bisa dilanjutkan penaklukannya.  

13. Kerikil Hidup

Bagaimana kerikil bisa hidup? Ternyata salah satu mukjizat Nabi Muhammad yang dimiliki Nabi Muhammad SAW adalah bisa menghidupkan kerikil meskipun benda tersebut termasuk benda mati. Pasalnya, pada halaqah ini digunakan untuk bertasbih. 

Jadi, Rasulullah melakukan tasbih menggunakan batuan kecil yang ada di tangannya. Sebenarnya untuk peristiwa ini ada pada HR. Thabrani yang menjelaskan bahwa batu kerikil di tangan Rasulullah sedang bertasbih di tangannya sehingga bisa diartikan bahwa kerikil tersebut hidup. 

Dalam kejadian tersebut juga ada sahabat nabi yang lainnya yaitu Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, serta Ali bin Abi Thalib yang semuanya mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

14. Pelepah Kurma Menangis

Pada saat belum ada mimbar untuk berkhotbah dalam Sholat Jum’at, Nabi Muhammad jika berkhotbah selalu bersandar di sebatang pelepah kurma. Peristiwa ini bisa dikatakan sebagai peristiwa yang menarik untuk diabadikan. 

Menariknya, pada saat sudah ada mimbar untuk berkhotbah pohon bekas sandaran nabi tersebut terdengar menangis. Orang-orang yang mendengarkannya seperti unta betina yang sedang melahirkan. Hal tersebut karena terdengar sangat menyakitkan. 

Nabi Muhammad SAW menghampiri pelepah kurma tersebut yang sedang menangis. Kemudian, meletakkan tangannya pada pelepah tersebut kemudian suara tangisan tidak terdengar (terdiam). Jadi, cukup dengan usapan tangan mukjizat nabi Muhammad maka pelepah yang menangis bisa terdiam. 

Baca Juga : Mengenal 11 Istri Nabi Muhammad Paling Pertama Hingga Akhir

15. Lolos Kepungan dari Gua Tsur

Hijrah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar di Madinah membuatnya dikejar oleh para musuh. Pada saat itu, Nabi dan sahabatnya bersembunyi di Gua Tsur yang hampir saja diketahui oleh para musuhnya yang terus mengejar waktu itu. 

Dengan pertolongan dari Allah SWT maka Rasulullah SAW dan Abu Bakar diselamatkan dari kepungan musuh tersebut. Sehingga Nabi dan sahabatnya tidak diketahui oleh musuhnya dan tetap melanjutkan hijrah yang dilakukannya. 

16. Selamat dari Racun

Tidak jarang musuh ingin mencelakakan Nabi Muhammad SAW dan bahkan sampai membunuhnya. Suatu perang telah terjadi sehingga kaum musuh tersebut ingin membunuh Rasulullah SAW dengan cara meracuninya. 

Dalam strateginya dilakukan dengan cara menyuguhkan hidangan kambing beracun untuk Nabi Muhammad SAW. Akan tetapi, pada saat daging tersebut akan dimasukkan ke dalam mulut secara tiba-tiba potongan daging tersebut memberitahu nabi bahwa ada racun di dalamnya.

Saat mendengar pengakuan dari daging kambing tersebut maka Rasulullah seketika langsung memuntahkan daging yang sudah masuk ke dalam mulutnya. Allah menyelematkan Nabi Muhammad dengan memberikan mukjizat nabi Muhammad.

17. Memiliki Sifat Terpuji

Sebagai seorang nabi terakhir pastilah keunggulan akan dimilikinya. Hal ini dapat dilihat pada sifat-sifat terpuji yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW seperti sabar, dapat dipercaya, jujur, cerdas, amanah, dan lainnya. 

Dengan adanya sifat-sifat terpuji tersebut maka bisa menjadikan Rasulullah sebagai teladan yang tepat. Pastinya dengan memiliki sifat terpuji maka kehidupan akan berjalan dengan baik dan bisa mendapatkan ketenangan dalam menjalani hidup. 

Bahkan, seluruh sifat tersebut bisa diturunkan kepada umat Islam yang selalu mempercayai Allah SWT dan mengesakan-Nya. Oleh sebab itu, dengan mengetahui mukjizat Nabi akan membuat umat Islam semakin percaya dan bertambah keimanannya.

Setelah mengetahui mukjizat nabi Muhammad maka keimanan akan semakin bertambah. Selalu jalankan perintahnya seperti zakat yang saat ini sudah bisa dilakukan secara online melalui Yayasan Yatim Mandiri terpercaya dan amanah.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.