Urutan, Kisah Serta Nama-Nama Nabi dan Rasul yang Wajib Diketahui 

nama nama nabi dan rasul

Nama nama Nabi dan Rasul wajib diketahui karena akan menambahkan keimanan dalam diri umat Islam mulai dari Nabi Adam As sampai Nabi Muhammad SAW. 


Sebagai seorang muslim memang harus memegang teguh rukun iman. Dan salah satunya yang wajib diimani adalah Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah SWT. 25 nama-nama nabi wajib diketahui oleh muslim beserta dengan kisah-kisahnya. 

Melalui kisahnya pasti akan ada pelajaran positif yang dapat diambil. Dengan begitu maka bisa menjadikan diri menjadi lebih baik lagi karena mendapatkan tauladan yang tepat. Nah, penasaran bukan dengan nama, urutan, serta kisahnya? Yuk simak pada artikel di bawah ini: 

Urutan, Kisah Serta Nama-Nama Nabi dan Rasul

Urutan, Kisah Serta Nama-Nama Nabi dan Rasul

Agar lebih memudahkan dalam pemahaman maka bisa mempelajarinya urut sesuai dengan urutannya sehingga mudah juga mengenalinya. 

1. Nabi Adam As

Dalam kisah Nabi yang pertama diutus Allah yaitu Nabi Adam As yang mana adalah terciptanya manusia untuk pertama kalinya dan kelak sebagai penghuni bumi. Allah menciptakan Nabi Adam dari tanah serta memberikan kemuliaan berupa pengetahuan. 

Wujudnya diciptakan secara lengkap dan sempurna dengan kondisi tubuh manusia pada umumnya. Bahkan, awalnya manusia diciptakan yaitu Nabi Adam As dengan tinggi 18 meter atau sekitar 60 hasta jadi tidak heran jika Ka’bah sangat tinggi. 

Mukjizat yang dimiliki adalah berupa pengetahuan akan alam semesta. Sudah diterangkan dalam Al-Qur’an pada firman Allah Q.S Al-Baqarah Ayat 31 yaitu “Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda) seluruhnya”.

Dalam kisah Nabi Adam akan banyak diambil pelajaran berharga mengenai nilai ketaatan, kesabaran, dan lainnya. Hal tersebut dikarenakan dari awal Nabi Adam As tinggal di surga namun diturunkan ke bumi karena godaan dari Syaitan yang ada di sana.

2. Nabi Idris As

Nabi yang memiliki mukjizat dalam nama-nama nabi berupa kepandaian ilmu yaitu Nabi Idris As. Pengetahuan yang dimilikinya sangat luar biasa bahkan bisa digunakan sampai saat ini. Sungguh pengetahuan sangat luas karena Nabi Idris As sangat rajin dalam mengkaji dan mempelajari banyak hal. 

Ilmu yang juga menarik perhatiannya adalah fenomena-fenomena alam yang terjadi pada bumi dan tata surya. Bahkan di zamannya Nabi Idris juga dikenal ahli perbintangan sebagai orang yang memanfaatkan rasi bintang untuk keperluan tertentu seperti waktu bercocok tanam, perkiraan cuaca, dan penunjuk arah.

Allah SWT juga memberikan mukjizat berupa ilmu yang luar biasa yaitu bisa membuat pakaian pertama kali. Sebelumnya, manusia hanya menggunakan kulit binatang untuk baju layak pakai. 

Yang menjadi kisah Nabi Idris As yang menakjubkan adalah bisa merasakan mati dan hidup kembali. Pernah bertemu dengan Malaikat Izrail yang menyamar sebagai tamu dan Allah SWT mengabulkan permintaan Nabi Idris untuk merasakan sakaratul maut. 

Setelah dihidupkan kembali oleh Allah SWT lantas Nabi Idris menangis sejadi-jadinya karena tidak kuat membayangkan manusia-manusia lainnya mengalami sakaratul yang sakitnya sangat dahsyat.

3. Nabi Nuh As

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu nabi ulul azmi ini dalam urutan nama-nama nabi? Nabi Nuh As memiliki mukjizat yang cukup menegangkan dan membuat takjub. 

Banyak muslim yang mendengar mengenai kisah Nabi Nuh As selamat dari banjir bandang yang cukup dahsyat dengan membuat sebuah perahu. 

Kesabaran yang dimiliki oleh Nabi Nuh menjadikan dirinya memiliki mukjizat yang besar itu. Terbukti dengan kisahnya karena banyak orang yang membencinya bahkan istri dan anaknya tidak mempercayainya saat memberikan berita bahwa akan terjadi banjir bandang.

Barang siapa yang mempercayai Nabi Nuh maka akan selamat, sedangkan jika tidak maka Allah SWT sudah merencanakan orang tersebut akan terbawa arus banjir bandang tersebut. 

Selain kesabaran, sifat terpuji yang baik untuk dijadikan contoh adalah ketabahan dan keteguhannya dalam berdakwah selama 950 tahun untuk mengenal Allah SWT lebih dalam lagi. Amalan kebaikan juga tidak pernah terputus karena selalu memberikan bantuan kepada yang lemah, miskin, dan tertindas.

4. Nabi Hud As

Nabi yang juga menerima wahyu dari Allah SWT adalah Nabi Hud As. Nabi Hud sejak kecil sudah dikenal sebagai orang dengan sifat terpuji seperti amanah, jujur, berbudi luhur, pekerja keras, ramah, serta sangat bijaksana sehingga banyak yang menyukainya. 

Tanah kelahirannya ada di Al-Ahqaf yang berada di antara Oman dan Yaman. Disana banyak hamparan yang indah dengan tanah subur. Banyak hasil pertanian yang berkualitas di sana karena tumbuh dengan baik. 

Nabi Hud As melakukan perjalanan dakwah yang dimaksudkan untuk tempat tinggal sekitarnya agar mau menyembah Allah SWT. Hal tersebut dikarenakan untuk kaum Al-Ahqaf melakukan ibadah berhala dengan menyembah patung buatannya sendiri. 

Meskipun tidak dipercaya oleh kaum Ad tersebut, Nabi Hud As tetap bersikeras dengan menunjukkan kekuasaan dan keesaan Allah SWT. Mereka pun sampai mengatakan bahwa Nabi Hud telah terkena sebuah penyakit gila sampai Allah memberikan Azab berupa kekeringan panjang di daerahnya..

Lalu, Allah menurunkan sebuah awan dengan gumpalan hitam yang pekat. Nabi Hud memperingatkan bahwa itu bukanlah pertanda baik. Kaum Ad masih menentangnya dan datanglah kembali angin topan kencang selama 8 hari 7 malam sehingga segalanya hancur. 

Beruntungnya pengikut Nabi Hud As yang berada di dalam rumah dan tanpa merasakan bahaya sama sekali.

5. Nabi Saleh As

Nabi Saleh As masih merupakan keturunan darah dari Nabi Nuh As dari kumpulan nama-nama nabi. Dalam masa hidupnya, Nabi Saleh As menetap pada daerah Arab Utara dan menjadi orang yang sangat dihormati bahkan dijunjung tinggi oleh kaum Tsamud di Al-Hijr. 

Kaum ini sangat pandai dalam membuat batu-batu pegunungan dengan cara memahat. Di sana sangat banyak bangunan yang megah dan indah. Namun, Kaum Tsamud menyembah secara berhala dan sudah merupakan turun temurun dari nenek moyangnya. 

Setelah diajak untuk menyembah Allah SWT lalu Nabi Saleh As dimusuhi oleh kaum Tsamud. Pastinya dikarenakan perintah untuk meninggalkan penyembahan berhala yang sudah menjadi tradisi. 

Kemudian, untuk menunjukkan kekuasaan Allah, Nabi Saleh diberikan mukjizat berupa unta betina keluar dari batu yang sedang hamil 10 bulan dan dikenal sebagai Unta Betina Allah. Nabi Saleh As marah dan sedih sehingga Allah menurunkan Azab diturunkan oleh Allah kepada kaum Tsamud.

6. Nabi Ibrahim As

Selanjutnya adalah, salah satu nama-nama nabi Ulul Azmi yang terkenal dengan mukjizat menakjubkannya yaitu Nabi Ibrahim As. Di mulai sejak Nabi ibrahim dalam kandungan sebenarnya sudah merasakan kejanggalan seperti adanya aturan anak laki-laki yang harus dibunuh setelah dilahirkan. 

Nabi Ibrahim dilahirkan oleh Ibunya di dalam gua untuk menghindari pengawal kerajaan pada waktu itu. Saat lahir, wajah Nabi Ibrahim sudah memancarkan cahaya yang tepat di keningnya sehingga merasa aneh pada waktu itu. Patung berhala berjatuhan, balkon gedung ambruk, serta mahkota jatuh dari raja. 

Keluar dari gua Nabi Ibrahim sudah seperti layaknya anak berusia 12 tahun padahal hanya di dalam gua 1 tahun saja. Ibrahim kecil tersebut langsung mencari Tuhan dengan cara menafakuri peristiwa matahari terbit, gunung, laut, dan lainnya. 

Dakwah Nabi Ibrahim sangat besar dalam memperingatkan kaum untuk meninggalkan berhala. Namun, ternyata pembuat patung berhala tersebut adalah ayahnya sendiri. Dakwah yang dilakukan Nabi Ibrahim di tolak mentah-mentah dan banyak dimusuhi oleh kaumnya. 

Namun, Allah memberikan kekuasaan-Nya kepada Ibrahim dengan cara memberikan mukjizat berupa:

  • Saat dibakar tubuh Nabi Ibrahim tidak hangus. 
  • Bisa mengeluarkan madu dari jarinya pada saat masih bayi sehingga bertahan hidup di dalam gua. Dan juga keluar susu dari ibu jarinya.
  • Mampu menghidupkan makhluk yang sudah mati atas izin Allah. 
  • Mengubah pasir menjadi makanan.
  • Orang pertama yang mampu membangun Ka’bah.

Baca Juga : Kisah Qurban Nabi Ibrahim Menjadi Awal Mula Ibadah Qurban

7. Nabi Luth As

Nabi Ibrahim adalah paman Nabi Luth As yang mengasuhnya dari kecil sehingga Luth kecil menjadi orang yang percaya dengan petuah Nabi Ibrahim. Wahyu pertama kali diterima oleh Nabi Luth pada saat berada di Palestina dan terpilih menjadi nabi yang diutus untuk dakwah di Sodom. 

Kota Sodom ini terletak pada perbatasan Yordania dan Palestina yang kaumnya penuh dengan maksiat, korupsi, dan angka kriminalitas yang tinggi. Tidak mudah berdakwah di sini, namun Nabi Luth As tetap gigih memperjuangan agama Islam disini. 

Menikah dengan perempuan bernama Wali’ah dan dikaruniai 2 orang anak ternyata istrinya sendiri menjadi musuh dalam selimut. Rencana dakwah yang sudah disusun telah dibocorkan kepada orang-orang Sodom sehingga Nabi Luth tidak dihiraukan oleh kaum Sodom. 

Nabi Luth As tetap teguh dengan menghampiri orang-orang yang menyatakan dirinya bahwa utusan Allah SWT. Namun, kaum Sodom malah mencibirnya dan mengusirnya. Azab dari Allah datang sangat cepat dengan menurunkan 3 malaikat yang memberikan Azab kepada kaum Sodom.

8. Nabi Ismail As

Kisah Nabi Ismail As pasti diketahui sebagai peringatan Hari Raya Idul Adha bagi umat Islam. Ya, memang tidak salah memperingati hari besar karena suatu peristiwa yang besar juga. Kisahnya berawal dari 2 nabi yaitu Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As yang merupakan bapak dan anak. 

Nabi Ismail As sudah menerima bahwa dirinya akan disembelih sendiri oleh ayahnya karena menjalankan perintah dari Allah SWT. Meskipun hanya melalui mimpi namun Nabi Ibrahim tetap meyakini bahwa itu adalah perintah Allah SWT dan mimpi tersebut berlangsung sampai dua kali. 

Ibrahim langsung berbicara kepada Ismail putranya dan meminta untuk tabah dan sabar dalam menjalankan perintah Allah tersebut. Ismail pun menerimanya dengan tetap memperlihatkan kesabaran dan ketabahan. Peristiwa tersebut yang menjadi perintah untuk melaksanakan hari raya kurban. 

Mukjizat yang dimiliki oleh ismail adalah mata air zam-zam yang keluar serta ketabahan saat perintah Allah diturunkan kepada Ibrahim agar menyembelihnya. Namun, peristiwa tersebut tidak terjadi dan Ismail digantikan oleh domba. 

Baca Juga : Sejarah Qurban dari Masa Nabi Adam hingga Nabi Muhammad SAW

9. Nabi Ishaq As

Salah satu putra dari Nabi Ibrahim yang diberkahi dan dipuji oleh Allah Ta’ala dan tercurah pada Q.S Shaad ayat 45-47. Nabi Ishaq As salah satu dari nama-nama nabi melanjutkan tugas ayahnya Nabi Ibrahim berdakwah di Palestina dan menyerukan kaum untuk menyembah dan mengesakan Allah SWT. 

Nabi Ishaq menikah dengan perempuan keturunan Irak yaitu Ribka yang dinikahi pada saat berusia 40 tahun. Mereka menetap di Palestina untuk bisa melanjutkan dakwah Nabi Ishaq. Mendapatkan karunia besar dari Allah Ribka mengandung anak kembar meskipun sebelumnya ia mandul. 

Salah satunya adalah Nabi Yakub yang sangat berperangai lemah lembut. Lebih suka membantu ibunya memasak dan di rumah. Berbeda dengan Esau yang sering mengasah kemampuannya untuk memburu dan tinggal di padang. Ternyata kedua turunan tersebut adalah mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT. 

10. Nabi Yakub As

Nabi dengan kesabaran yang cukup tinggi adalah Nabi Yakub sehingga menggambarkannya sebagai sosok yang memiliki ketabahan sangat baik. Meskipun memiliki banyak cobaan namun tetap saja bersabar dan tabah meskipun mendapat perlakuan yang tidak baik dari kakaknya. 

Anak dari Nabi Ishak As ini merupakan cucu dari Nabi Ibrahim As yang mengikuti jejak dalam berdakwah Islam. Nabi Yakub memiliki sifat yang baik seperti tidak sombong, sangat lemah lembut, dan jauh dari perbuatan maksiat. 

Nabi Yakub memiliki empat orang istri namun tetap bisa bersikap adil dan bijaksana. Para istrinya selalu dipenuhi dengan kebahagiaan karena Yakub bisa mengambil keputusan dan membuat semua orang bahagia. Sifat teladan bijaksana dan baik ini lah yang merupakan mukjizat kekuasaan dari Allah SWT.

11. Nabi Yusuf As

Nabi tampan dan memikat hati dari salah satu nama-nama nabi adalah Nabi Yusuf As yang tidak terkalahkan ketampanannya pada waktu itu. 

Perjalanan hidupnya tidak berlangsung mulus dan bahkan banyak rintangan dan cobaan yang dihadapinya. Nabi Yusuf As dibuang ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya. 

Masih berlangsung cobaannya yaitu dengan difitnah oleh Zulaikha yang mencintai Yusuf namun tidak terbalaskan sehingga memfitnahnya. Meskipun begitu, Nabi Yusuf tetap sabar dan bahkan mengajak Zulaikha untuk menikah dan menghabiskan waktu bersama hingga tua. 

Yusuf juga sempat ditawarkan untuk menjadi orang yang memiliki kekuasaan seperti wakil raja Mesir, Menteri Keuangan Negara  dan menjadi raja Mesir. Meskipun begitu, Nabi Yusuf tidak pernah sombong sedikitpun akan kekuasaan dan ketampanannya. 

12. Nabi Ayyub As

Dari Nabi Ayyub As, bisa belajar mengenai kesabaran dan ketabahan sehingga senantiasa taat kepada Allah SWT dilihat dari nama-nama nabi. Nabi Ayyub mendapatkan ujian dan cobaan sangat besar dari Allah yaitu berupa sakit kulit di sekujur tubuhnya.

Allah memberikan penyakit yang membuat kulitnya mengidap kusta dan tubuhnya sangat lemah sampai tidak sanggup berjalan sendiri. Namun, paras yang dimiliki Nabi Ayyub sangat rupawan. Bukan hanya penyakit namun keturunan Nabi Ayyub juga semuanya meninggal dunia. 

Nabi Ayyub jatuh miskin, memiliki penyakit, dan semua keturunannya meninggal dunia. Semua orang menjauhinya dan beliau mengasingkan diri bersama dengan istrinya ke suatu tempat. Nabi Ayyub tetap menjalankan kehidupannya dengan penuh kesabaran dan ketabahan. 

13. Nabi Syu’aib As

Nabi yang bisa dijadikan tauladan yang baik adalah Nabi Syu’aib A.S yang dalam kegiatan apapun tidak pernah lupa dan meninggalkan Allah SWT. Selalu melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Nabi Syu’aib merupakan orang berilmu yang memiliki komunikasi dengan baik. 

Mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Syu’aib Alaihissalam ini adalah:

  • Selamat dari azab yang menimpa kaum Madyan bersama dengan pengikutnya. 
  • Bisa mendatangkan azab badai panas atas izin Allah. 
  • Bisa mendatangkan awan hitam, petir, serta gempa bumi atas izin Allah. 

14. Nabi Musa As

Nama-Nama Nabi Ulul Azmi yang dirahmati Allah salah satunya adalah Nabi Musa As. Nabi Musa mendapatkan banyak mukjizat karena atas apa yang telah dilaluinya selama hidupnya. Dakwah yang dilakukan untuk menunjukkan kebenaran para umat dan Raja Firaun. 

Raja Firaun menolak mentah-mentah ajakan Nabi Musa dan ingin dibuktikan dengan kekuasaan Allah SWT. Saat itu, wahyu nabi Musa turun dengan mengubah tongkat menjadi ular. Raja Firaun tetap bersikeras mengaku bahwa dirinya adalah tuhan. 

Namun, yang didapatkan Nabi Musa hanyalah hinaan sebagai penyihir licik berbahaya. Dan keajaiban-keajaiban atas mukjizat Nabi Musa mulai ditampakkan, yaitu:

  • Mampu membelah lautan menggunakan tongkatnya. 
  • Tangan Nabi Musa As mampu memancarkan cahaya.
  • Angin topan didatangkan oleh Allah sebagai azab kaum Firaun 
  • Membanjirnya katak sebagai azab dari Allah. 
  • Mampu mengubah air menjadi darah.

Dengan mukjizat yang diberikan tersebut, Nabi Musa merupakan salah satu dari nama-nama nabi yang tetap sabar dan tabah dalam menjalani setiap dakwah untuk membuat para kaum mengikuti ajaran yang benar yaitu mengesakan Allah SWT. 

15. Nabi Harun As

Pada masa Nabi Musa, Nabi Harun As adalah saudara yang saling kerja sama untuk melawan Raja Firaun yang mengaku dirinya adalah Tuhan. Bimbingan dari Nabi Musa dan harun kepada Kaum Bani Israil sangat baik agar menyembah Allah Ta’ala. 

Tugas dari Nabi Harun As sendiri adalah sebagai juru bicara karena ketidakfasihan Nabi Musa dalam bicara. Nabi Harun As sangat baik dalam berdakwah karena mendapatkan wahyu dari Allah SWT. 

Keteguhannya menjadikan rasa tidak pantang menyerah untuk menyerukan agama Islam. Nabi Harun berpisah dengan Nabi Musa dan menjadi pemimpin Bani Israil saat ditinggalkan oleh Nabi Musa. Dan tetap menjadi pendamping Nabi Musa meskipun dari jauh dan menjalankan amanahnya. 

16. Nabi Zulkifli As

Zulkifli adalah seorang nabi dari nama-nama nabi yang mampu memiliki keberanian besar untuk mengambil tanggung jawab menjadi pemimpin. Di usianya yang masih muda putra Nabi Ayyub ini mampu menjadi pemimpin atau Raja dengan kegigihan yang dimilikinya. 

Meskipun begitu hidupnya dipenuhi dengan kesederhanaan dan tidak menjadikannya sombong dan congkak. Prioritas Raja saat ini adalah kepentingan rakyat yang dalam kesusahan. Tidak berapa lama kemudian negeri Syam tersebut mencapai kemakmuran dan kesejahteraan. 

17. Nabi Daud As

Nabi Daud As berhasil mengalahkan Raja Jalut yang saat itu sedang bertempur. Nabi Daud yang tadinya menjadi panglima tempur suatu ketika menjadi Raja setelah anak Raja Thalut yang tidak adil dan bijaksana sehingga dijadikan kubu Raja Daud dan Anak Raja Thalut. 

Nabi Daud As adalah nabi yang sangat pandai dan bisa menyelesaikan perselisihan dengan baik. Tidak ada yang dirugikan dalam penyelesaian sengketa yang terjadi. Tutur yang sangat melembutkan hati namun tetap dalam bijaksana. 

Banyak kaum yang menerima dakwahnya karena bisa meyakinkan kaum untuk mengindahkan perintah Allah SWT. Bahkan bisa menundukkan gunung untuk bertasbih kepada Allah SWT bersamanya. 

18. Nabi Sulaiman As

Nabi yang bisa berbicara dengan hewan adalah Nabi Sulaiman As karena diberikan mukjizat oleh Allah SWT. Bahkan mukjizat yang diberikan sangat banyak seperti memindahkan singgasana Ratu Balqis sampai dengan pengikut Ratu Balqis ikut bertobat. 

Rasul Allah ini merupakan salah satu keturunan Nabi Daud As sebagai Raja dan memiliki banyak kecerdasan sehingga cara berpikirnya sangat tajam. Nabi Sulaiman As juga berkuasa atas manusia, hewan, tumbuhan, sampai dengan jin. Tidak heran jika Nabi Sulaiman bisa berbahasa binatang. 

Istana yang dimiliki sangat megah dan bisa dibilang sangat kaya raya karena dibangun gotong royong bersama dengan manusia dan jin. 

19. Nabi Ilyas As

Dari nama-nama nabi, salah satu nabi yang gigih dalam beribadah, Nabi Ilyas As melakukan perjuangan berdakwah untuk kalangan kaum Bani Israil. Sempat diusir oleh kaumnya karena dirasa meresahkan dan mengganggu sehingga tidak mau menerima ajakan Nabi Ilyas untuk menyembah Allah SWT. 

Namun, tidak mundur karena Nabi Ilyas As tetap berusaha keras dalam mengajarkan orang-orang untuk menyembah Allah SWT. Dewa-dewa yang disembah adalah palsu dan tidak akan memberikan mereka keberkahan. Ilyas As meminta bantuan Allah sembari sujud untuk memohon agar diselamatkan. 

Kekeringan melanda dan Allah menurunkan hujan ke bumi sebagai tanda akhir dari musim kemarau. Namun, Nabi Ilyas As wafat dalam lindungan Allah dan tidak seorang pun menyelamatkannya dari penjara yang dibuat oleh orang kerajaan.

20. Nabi Ilyasa As

Nabi Ilyasa As adalah seorang nabi yang diutus untuk menyebarkan ajaran tauhid kepada Allah SWT. Ajaran tersebut pastinya untuk menunjukkan jalan yang lurus kepada umat manusia. Perjuangan dakwahnya sungguh luar biasa, 

Bisa dikatakan bahwa Nabi Ilyasa As adalah penerus Nabi Ilyas As karena harus melanjutkan dakwah kepada para kaum Bani Israil. Memang pada saat wafatnya Nabi Ilya As maka keimanan dari Bani Israil sempat mengendur dan tidak menjalankan perintah Allah SWT. 

Rintangan dan hambatan kerap dilalui oleh Nabi Ilyas As namun tidak membuatnya menyerah dan terus saja menyerukan kebenaran pada kaum Bani Israil. Peringatan yang kerap disampaikan oleh Nabi Ilyas As adalah seruan akan datangnya hari akhir, surga dan neraka, serta kehidupan kekal di akhirat. 

Nabi Ilyasa As berpindah dari negeri sebelumnya karena sudah tidak dihargai dan kembali membangun negerinya yang makmur. Kepemimpinan Ilyasa dianggap sebagai pemimpin yang bijaksana dan adil terhadap rakyatnya.

21. Nabi Yunus As

Nabi yang lahir sekitar abad ke 8 SM pada nama-nama nabi dan tepat masa kenabian Ilyas dan Ilyasa. Yunus berasal dari Palestina atau Negeri Syam saat itu disebutkan. Tempat berdakwahnya adalah Kota Ninawa dan menyerukan para penduduk untuk menyembah Allah SWT. 

Namun, kaum Ninawa sangat keras kepala sehingga membuat Nabi Yunus meninggalkannya dengan perasaan sedih, kecewa, dan marah. Sebelum kepergiannya disampaikan bahwa azab Allah akan segera datang. 

Berniat meninggalkan Kota Ninawa dan menumpang pada kapal meskipun kelebihan muatan. Awalnya cuaca cerah namun berganti memburuk dengan awan hitam menggulung, gelombang besar, hingga angin kencang. Nabi Yunus dibuang ke laut berdasarkan hasil undian. 

Nabi Yunus melompat ke dalam laut dengan menyebut asma Allah dan Allah memerintahkan ikan paus untuk menelan Nabi Yunus. Ini adalah wahyu yang diberikan oleh Allah sehingga Nabi Yunus mengakui kesalahannya dengan meninggalkan kaum dengan keadaan marah. 

22. Nabi Zakaria As

Keturunan Nabi Sulaiman, Nabi Zakaria As adalah nabi yang termasyhur karena memiliki istri dari keluarga Nabi Harun As. Anak dari Nabi Zakaria adalah Yahya yang nantinya juga akan menjadi Nabi. Peran dari Nabi Zakaria As adalah pelindung dari Maryam yang merupakan Ibu Nabi Isa As. 

Sosok Nabi Zakaria sangat mengasuh, menjaga, dan merawat Maryam bersama istrinya. Hal tersebut dikarenakan ayah kandung Maryam menitipkan anaknya kepada Nabi Zakaria As dengan cara mendatanginya. 

Perjalanan dakwahnya adalah dengan mengembalikan akhlak Bani Israil yang sudah melakukan dosa menjadi lebih baik lagi. Bani Israil mampu bertobat dan menyembah Allah SWT karena ajakan Nabi Zakaria As, 

23. Nabi Yahya As

Dari nama-nama nabi kelahiran Nabi Yahya As adalah keajaiban dan mukjizat yang didapatkan Nabi Zakaria As dari Allah SWT. Saat itu, Nabi Zakaria yang sedang shalat di Mihrab ditemui oleh Malaikat Jibril. Kabar gembira disampaikan yaitu akan dikaruniai anak laki-laki bernama Yahya. 

Nabi Yahya lahir hampir bersamaan dengan Nabi Isa As anak dari Maryam. Dan saat sudah menginjak usia dewasa diajak oleh Nabi Zakaria untuk berdakwah dalam mengenalkan ajaran Islam serta melawan Raja Herodus bersama dengan ayahnya.

24. Nabi Isa As

Nabi Isa As lahir dari seorang perempuan bernama Maryam yang saat itu tidak bersuami. Nabi Isa sewaktu bayi sudah bisa berbicara atas izin Allah karena ibunya dihina dan dijadikan buah bibir masyarakat karena hamil tanpa suami. 

Allah SWT telah menjelaskan bahwa salah satu hamba terbaik pilihan-Nya adalah Nabi Isa As. Allah telah menyiapkan tempat terbaik untuk Isa As dan ibundanya di negara yang aman dan banyak air sehingga baik untuk pertumbuhan Nabi Isa yang masih kecil. 

Dakwah yang dilakukan oleh Nabi Isa As adalah untuk mengajak kaum Bani Israil menyembah Allah dan percaya akan kekuasaan-Nya. Kitab yang diajarkan kepada Nabi Isa adalah Taurat dan Injil yang dapat digunakan untuk memperdalam ilmu yang diberikan oleh Allah SWT.

Kisah yang terkenal adalah pengkhianatan Yudas Iskariot yang termasuk kaum munafik. Nabi Isa direncanakan untuk dibunuh namun berhasil kabur dan menangkap seseorang yang menyerupai Nabi Isa As. Hasilnya adalah yang dibunuh bukanlah Nabi Isa namun orang yang mirip dengannya.

25. Nabi Muhammad SAW

Nama-Nama nabi umat Islam, terutama Nabi Muhammad SAW yang menjadi teladan bagi setiap kehidupan. Nabi Muhammad sebelum menjadi rasul sudah diberikan kekuasaan oleh Allah SWT yaitu wajahnya yang bersih dan bersinar. 

Tanda tersebut dimunculkan karena akan diutus menjadi nabi terakhir dengan kedudukan tertinggi. Wahyu yang pertama kali didapatkan adalah Surat Al-Alaq 1-4 yang diturunkan melalui Malaikat Jibril. 

Dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah ditujukan secara terang-terangan kepada Kaum Quraisy. Yang mana mereka melakukan ibadah berhala dengan menyembah patung. 

Namun, perjalanan nabi tidak mulus dan banyak mendapatkan tentangan dari kaum tersebut mulai dari dilempar batu dan kotoran ke baju nabi. 

Allah memberikan banyak kemampuan (mukjizat) yang sangat besar untuk mendukung kenabian Muhammad. Maksud dari mukjizat iji adalah untuk melemahkan lawannya dan melindungi umat muslim dari bahaya. Beberapa mukjizat yang dimiliki Nabi Muhammad dari Allah, yaitu:

  • Air susu yang melimpah dari Ibu persusuan Nabi yaitu Halimah meskipun tubuhnya kurung kering. 
  • Dada yang dibelah oleh dua orang laki-laki berpakaian serba putih dan mengambil benda hitam dalam dadanya.
  • Dapat membelah bulan atas izin Allah SWT.
  • Air mengalir dari jari tangannya untuk orang-orang yang merasa haus dan butuh air untuk berwudhu.
  •  Membuat makanan yang sedikit mampu untuk mengenyangkan banyak orang. 
  • Susu yang diminum juga bisa mengenyangkan banyak orang.
  • Do’a minta hujan untuk kekeringan yang cukup lama dan berdampak pada kehidupan manusia. 
  • Mengobati sakit mata seorang sahabatnya.
  • Dapat menghidupkan kerikil yang berada di tangannya dan digunakan untuk bertasbih.
  • Membuat pelepah kurma menjadi manis karena mengusapkan tangannya ke permukaan pelepah yang biasa digunakan untuk berkhotbah.
  • Peristiwa Isra Miraj sebagai perintah sholat dari Allah SWT. 
  • Kitab suci Al-Qur’an yang menjadi sumber pedoman kehidupan bagi manusia di muka bumi. 

Setelah mengetahui nama-nama Nabi dan Rasul yang harus diimani maka selanjutnya keimanan harus lebih bertambah.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.