Tips Mudik Bawa Bayi dan Barang yang Harus Disiapkan

tips mudik membawa bayi

Menjadi orang tua baru mungkin akan sangat melelahkan dengan rutinitas sehari-hari karena adanya bayi. Terlebih saat dekat dengan waktu lebaran maka tips mudik bawa bayi ini dibutuhkan agar bisa merasa nyaman dan tenang selama di perjalanan. 

Karena, untuk mudik sendiri membutuhkan waktu dalam perjalanan terutama mudik ke luar kota. Memang sebagian orang memilih untuk menunda mudik, namun ada juga yang tidak akan meninggalkan tradisi mudik.

Untuk bisa mendapatkan perjalanan yang menyenangkan dapat mengikuti tips di bawah ini. 

Tips Mudik Bawa Bayi di Perjalanan

Tips ini akan sangat membantu bagi orang tua yang baru saja memiliki bayi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan perjalanan mudik dengan bayi yang aman yaitu:

1. Gunakan Mobil Pribadi

membawa mobil untuk perjalanan jauh

Jika masih menempuh perjalanan darat maka ada baiknya untuk menggunakan mobil pribadi jika ada. Karena dengan menggunakan mobil pribadi maka akan terhindar dari polusi serta tidak berdesak-desakan dengan orang lain seperti di angkutan umum. 

Akan tetapi, pada saat menggunakan mobil pribadi jangan lupa untuk selalu menyiapkan perlengkapan lainnya, seperti:

  • Kartu tol dengan saldo yang cukup. 
  • Ban cadangan
  • Dongkrak
  • Mesin sudah diservis
  • Mobil dalam keadaan baik, dan lainnya. 

Pastikan untuk sopir yang menyetir juga sudah mahir dan paham jalan untuk menuju ke tempat tujuan. Dengan begitu, maka akan tenang selama perjalanan. 

2. Jangan Gunakan Sepeda Motor

Memang menggunakan sepeda motor sangat simple dan tidak ribet. Akan tetapi, saat membawa bayi ada baiknya untuk tidak menggunakan sepeda motor karena resikonya cukup besar terlebih barang bawaan yang dibawa cukup banyak. 

Terlebih saat perjalanan jauh dengan sepeda motor maka akan membuat perjalanan menjadi lebih melelahkan. Dibandingkan menggunakan sepeda motor yang resikonya cukup banyak maka ada baiknya untuk menggunakan transportasi umum saja. 

Saat ini, jika memang untuk Tips mudik bawa bayi yang tidak terlalu jauh maka bisa menyewa mobil atau menggunakan taxi online. Karena keselamatan si bayi sangat penting terlebih imun yang dimiliki masih belum sempurna. 

Baca Juga : Kirim Hampers Lebaran Berbagi Kebahagiaan Hantaran Spesial

3. Pilih Transportasi Umum yang Aman

Gunakan transporatasi umum yang aman

Tidak semua orang memiliki mobil pribadi sehingga harus menggunakan transportasi umum. Hal ini akan lebih baik dibandingkan melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor yang pasti akan lebih berbahaya. 

Untuk mudik dengan bayi menggunakan transportasi umum maka bisa dipilih seperti pesawat, kereta api, bus, maupun taxi online. Pastikan dalam perjalanan bayi tetap merasa aman dan tidak berdesak-desakan dengan penumpang lainnya. 

Sebisa mungkin untuk menggunakan transportasi yang mendukung adanya fasilitas seperti kursi khusus bayi. Untuk anak bayi yang sudah bisa duduk jadi bisa dibayarkan tersendiri sehingga bisa lebih nyaman di perjalanan. 

Selain itu, carilah letak yang strategis seperti kursi yang paling depan atau kursi yang dekat dengan toilet. Dengan begitu, saat ingin mengganti popok dan lainnya akan lebih mudah. 

4. Perhatikan Kondisi Kesehatan Bayi

kesehatan bayi

Sebenarnya, umur bayi yang sudah bisa diajak bepergian adalah setelah bayi berusia 3 bulan. Dengan begitu, sistem imun sudah mulai terbentuk meskipun belum sempurna.

Akan tetapi, sebelum bepergian seperti mudik ini maka bisa melihat kondisi kesehatan bayi terlebih dahulu. 

Apakah bayi sedang tidak enak badan atau sedang masa pemulihan? Jika dalam kondisi seperti itu maka bisa ditunda terlebih dahulu. Kesehatan dari bayi sangat penting untuk diperhatikan agar bayi tetap merasa aman dan nyaman di perjalanan. 

Selain itu, bayi yang dalam kondisi tidak enak badan cenderung akan rewel dan malah membuat orang tua kebingungan.  

5. Pastikan Bayi dalam Kondisi yang Kenyang

Saat sudah akan berangkat mudik dengan si bayi, sebelum berangkat ada baiknya untuk mengisi perutnya dulu. Ibu bisa memberikan ASI atau susu yang cukup serta jika sudah mulai MPASI bisa diberikan terlebih dahulu. 

Jika perut sudah terisi dan kenyang selama perjalanan maka akan menghindari bayi masuk angin. Selain itu, perut yang terisi akan membuatnya lebih nyaman.

Tidak jarang saat sudah kenyang maka bayi akan tidur sehingga perjalanan akan terasa lebih mudah bagi orang tua. 

6. Menentukan Waktu Perjalanan yang Tepat

waktu perjalanan mudik

Selanjutnya tips mudik bawa bayi bisa dengan pemilihan waktu yang tepat untuk perjalanan. Dalam melakukan perjalanan yang panjang pastikan bahwa pada saat waktu si kecil tidur. Dengan begitu, di perjalanan si kecil akan tertidur. 

Biasanya waktu yang tepat adalah setelah makan siang saat perut di kecil sudah terisi makanan. Atau bisa malam hari sehingga si kecil tetap bisa tidur di jam tidurnya. 

Ada baiknya untuk melakukan perjalanan mudik sendiri tanpa harus bersama dengan rombongan. Dengan begitu, maka orang tua bisa menentukan waktu, tempat, dan kapan harus berhenti sesuai dengan kondisi bayi. 

7. Buat Suasana Senyaman Mungkin

Anak bayi masih sangat membutuhkan kenyamanan dari orang tuanya sehingga saat di perjalanan ada baiknya untuk selalu berinteraksi dengan bayi. Bisa membawakan mainan bayi, mengajak berbicara, maupun memeluk bayi agar tidur. 

Agar bayi merasa nyaman dan rileks maka selama perjalanan juga bisa memberikan pijatan-pijatan lembut sehingga ia tidak akan pegal-pegal selama perjalanan.

Barang yang Harus Dibawa Saat Mudik dengan Bayi

Membawa bayi dalam perjalanan mudik memang cukup melelahkan namun demi buah hati maka orang tua rela ribet. Oleh sebab itu, tips mudik bawa bayi selanjutnya adalah mempersiapkan barang bawaan yang sekiranya dibutuhkan untuk keperluan bayi. 

Di bawah ini akan diberikan beberapa list barang bawaan bayi saat mudik:

1. Diaper Bag dan Isinya

diaper bag untuk perjalanan mudik

Selain tas besar yang berisi barang-barang pribadi, bisa menyiapkan diaper bag yang berisikan kebutuhan bayi seperti mengganti popok, minyak telon, susu, botol susu, air minum, dan lainnya. Sangat penting membawa tas khusus untuk bayi. 

Alasannya adalah pada saat digunakan untuk mengganti popok atau bayi ingin minum susu maka bisa langsung diberikan dengan mudah. Jika tidak memiliki diaper bag maka bisa menggunakan tas yang ditenteng di tangan sehingga memudahkan orang tua untuk merawat anaknya. 

Selain itu, di dalam diaper bag ini bisa diisi dengan popok (pampers), tisu kering, tisu basah, makanan bayi, susu formula, dot, selimut, mainan, beberapa baju ganti, topi, jaket, dan lainnya. Ada baiknya untuk menyiapkan sejak dulu sehingga tidak akan tertinggal saat perjalanan. 

2. Makanan Bayi

Selama perjalanan jika memang sudah waktunya makan maka bisa membawa MPASI dan makanan ringan khusus bayi. Karena di dalam kendaraan sangat jarang ada makanan bayi sehingga orang tua bisa menyiapkannya dari rumah. 

Memang sudah dianjurkan untuk sebelum melakukan perjalanan maka bayi harus dalam kondisi yang sudah makan dan kenyang. Akan tetapi, ada baiknya untuk tetap menyediakan makanannya karena tidak akan pernah tahu kondisi nantinya. 

Biasanya orang tua bisa menyiapkan makanan MPASI dengan menu lengkap atau juga bisa memberikan makanan ringan sebagai cemilan bayi. Selain itu, makanan ini bisa dijadikan bayi untuk lebih nyaman selama perjalanan karena sibuk dengan makanannya.

3. Gendongan dan Stroller

Gendongan dan Stroller

Selanjutnya, yang harus dibawa adalah gendongan dan stroller yang memungkinkan. Karena bayi akan lebih nyaman saat berada di stroller untuk tidur karena posisinya terlentang bahkan tidak akan membuat orang tua menjadi capek karena harus menggendongnya. 

Pilihlah gendongan dengan bahan yang nyaman dan orang tua bisa menggunakannya. Tips mudik bawa bayi memang cukup melelahkan karena selain harus membawa barang-barang juga harus menggendong si kecil agar tetap nyaman. 

4. Obat-Obatan

Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan yang bisa saja digunakan pada saat perjalanan atau berlibur saat waktu mudik. Karena untuk masalah kesehatan ini biasanya tidak bisa diprediksi seperti mabuk kendaraan, dehidrasi, sembelit, diare, pilek, batuk, dan lainnya. 

Oleh sebab itu, sebelum melakukan perjalanan ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sehingga bisa mendapatkan saran untuk membawa bayi mudik yang aman. Selain itu, obat-obatan bisa diresepkan oleh dokter sehingga tidak asal memberikan obat kepada anak. 

Dan juga, ada yang tidak kalah penting adalah kotak P3K yang bisa digunakan untuk berjaga-jaga. Isi dari kotak P3K yang bisa dibawa seperti obat gigitan serangga (nyamuk), termometer, obat luka, plester, kasa, perban, kasa steril, obat demam, dan obat dari resep dokter. 

Tips mudik bawa bayi memang sedikit ribet dan membutuhkan usaha yang cukup besar. Akan tetapi, jika semuanya diikuti dan merasa bahwa cocok dengan orang tua maka bisa membuat perjalanan menjadi lebih aman dan tenang. 

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.