40+ Daftar Nama Anak Perempuan Islami Indah dan Penuh Makna

Nama anak perempuan Islami mengandung makna akan identitas dan spiritualitas. Nama juga merupakan bentuk harapan untuk kehidupan yang baik!


Nama bukan hanya sekadar panggilan, tetapi juga mencerminkan harapan, keyakinan, dan nilai-nilai yang ingin disampaikan kepada anak. Memilih nama anak perempuan Islami penting untuk dilakukan karena menghubungkan identitas dan spiritualitas anak dengan agama yang kelak dianutnya.

Nama Islami bagi anak perempuan mencerminkan keindahan dan keutamaan agama Islam, serta mengandung pesan moral dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam agama. Nama dapat memiliki makna yang mendalam dan mewakili harapan orang tua untuk anak perempuan mereka.

Nama Anak Perempuan Islami 2 Kata

Memberikan nama yang indah dan bermakna bagi anak perempuan merupakan sebuah tradisi penting dalam budaya Islam. Nama-nama tersebut sering kali dipilih dengan harapan bahwa anak akan memiliki kualitas yang baik selama hidupnya.

1. Aisha Fatimah

Fatimah mengacu pada putri Nabi Muhammad SAW yang dihormati dan dikagumi karena kebijaksanaan, kecantikan, dan kebajikannya. Menggabungkan nama Aisha dengan Fatimah memberikan harapan bahwa anak akan hidup dengan penuh kemuliaan, mengikuti jejak Fatimah menjadi wanita solehah.

Aisha: Kehidupan, yang hidup; Fatimah: putri Nabi Muhammad SAW

2. Sarah Zainab

Zainab merujuk pada salah satu istri Nabi Muhammad SAW yang terkenal karena kecantikan dan kepribadiannya yang baik. Mengkombinasikan nama Zainab dengan Sarah menggambarkan harapan akan keanggunan, kekuatan, dan kepemimpinan.

Sarah: Putri bangsawan, ratu; Zainab: Istri Nabi Muhammad SAW

Baca juga :   30+ Daftar Nama Anak Laki-laki Islami, Penuh Makna

3. Nur Amina

Amina merupakan nama yang diambil dari ibunda Nabi Muhammad SAW, yang terkenal karena kebaikan hatinya dan kesalehannya. Nama ini mencerminkan harapan bahwa anak perempuan tersebut akan menjadi sumber penerangan bagi orang lain, mengikuti jejak ibunda Nabi yang penuh kasih dan salehah.

Nur: Cahaya; Amina: Ibunda Nabi Muhammad SAW

4. Maryam Hana

Maryam, atau dalam bahasa Inggris disebut “Mary”, adalah nama yang terkait dengan ibu Nabi Isa AS. Hana mengacu pada kebahagiaan. Menggabungkan kedua nama ini menggambarkan harapan akan anak perempuan yang saleh, dihormati, dan membawa kebahagiaan kepada orang-orang di sekitarnya.

Maryam: Wanita yang saleh, wanita yang dihormati; Hana: Kebahagiaan, kegembiraan

5. Laila Amani

Nama anak perempuan Islami ini mencerminkan harapan akan seorang anak perempuan yang memiliki keindahan batiniah, membawa ketenangan, dan membawa kedamaian dalam kehidupan orang lain.

Laila: Indah seperti malam, malam yang cantik; Amani: Ketenangan, kedamaian.

6. Amina Siti

Gabungan kedua nama ini mengandung harapan bahwa anak perempuan tersebut akan menjadi wanita yang baik hati, terhormat, dan memiliki kedudukan mulia dalam masyarakat.

Amina: Ibunda Nabi Muhammad SAW; Siti: Wanita yang terhormat, ratu

7. Zahra Jamila

Nama Zahra diasosiasikan dengan putri Nabi Muhammad SAW, Fatimah az-Zahra, yang memiliki sifat-sifat kebaikan dan kecantikan. Mengkombinasikan nama Zahra dengan Jamila mencerminkan harapan akan seorang anak perempuan yang indah dan membawa sinar kebaikan dalam kehidupan orang lain.

Zahra: Bunga, cahaya; Jamila: Cantik, indah

8. Khadijah Salma

Menggabungkan kedua nama ini menggambarkan harapan akan seorang anak perempuan yang berkepribadian kuat, bijaksana, dan mampu membawa kedamaian kepada orang-orang di sekitarnya.

Khadijah: Istri Nabi Muhammad SAW; Salma: Selamat, damaikan

9. Amira Yasmin

Nama ini mencerminkan harapan akan seorang anak perempuan yang memiliki jiwa kepemimpinan kuat, kecantikan luar dan dalam, serta memberikan pengaruh positif kepada orang lain.

Amira: Pemimpin, putri; Yasmin: Bunga yang melambangkan keindahan dan keharuman

10. Amani Zahra

Nama anak perempuan Islami ini diberikan dengan tujuan agar anak membawa harapan dan kedamaian dalam hidupnya. Anak juga diharapkan akan memiliki keindahan batiniah yang terpancar kepada orang lain.

Amani: Ketenangan, harapan; Zahra: Cahaya, keindahan

11. Sofia Rania

Kombinasi kedua nama ini mencerminkan harapan akan anak perempuan yang cerdas, bijaksana, dan memiliki jiwa kepemimpinan kuat dalam mencapai kesuksesan hidup.

Sofia: Kebijaksanaan, kecerdasan; Rania: Ratu, kekuasaan

12. Hajar Lutfi

Hajar merujuk pada istri Nabi Ibrahim AS yang dikenal karena kesetiaan dan keberaniannya. Menggabungkan kedua nama Hajar dengan Luthfi mencerminkan harapan akan anak perempuan yang kuat dan berani, namun tetap lembut dan baik hati kepada orang lain.

Hajar: Istri Nabi Ibrahim AS; Luthfi: Lemah lembut, ramah

13. Amalia Nazifa

Nama ini diberikan agar anak bisa hidup dengan melakukan perbuatan baik. Anak juga diharapkan memiliki hati yang murni dan bersih dari niat buruk.

Amalia: Perbuatan baik, amal saleh; Nazifa: Murni, bersih

14. Yusra Latifa

Mengkombinasikan kedua nama ini menggambarkan harapan akan anak perempuan yang membawa kebahagiaan kepada orang lain. Anak juga diharapkan memiliki sifat kelembutan dan kehalusan dalam berinteraksi dengan sesama.

Yusra: Kebahagiaan, kegembiraan; Latifa: Halus, lembut

15. Amani Dania

Gabungan kedua nama ini mencerminkan harapan akan seorang anak perempuan yang membawa kedamaian dan ketenangan, serta memiliki sifat perhatian dan kesetiaan kepada orang lain.

Amani: Ketenangan, kedamaian; Dania: Dekat, penuh perhatian

16. Fatima Layla

Nama ini berisi harapan akan seorang anak perempuan yang memiliki kebaikan dan kecantikan hati meskipun mungkin tersembunyi pada awalnya.

Fatima: Putri Nabi Muhammad SAW; Layla: Gelap malam, keindahan tersembunyi

17. Inayah Salsabila

Mengkombinasikan kedua nama ini menggambarkan harapan akan anak perempuan yang menjadi anugerah dan kegembiraan bagi orang-orang di sekitarnya.

Inayah: Karunia, pemberian; Salsabila: Sungai di surga yang penuh kenikmatan

18. Sumaya Hafsa

Hafsa mengacu pada salah satu istri Nabi Muhammad SAW yang dikenal karena kecerdasan dan kesalehannya. Menggabungkan nama Hafsa dengan Sumaya mencerminkan harapan akan anak perempuan yang memiliki martabat, kecerdasan, dan kesalehan sehingga bisa menginspirasi orang lain.

Sumaya: Tinggi dan mulia, bergengsi; Hafsa: Istri Nabi Muhammad SAW

19. Safiya Naima

Rekomendasi nama anak perempuan Islami ini diharapkan agar anak memiliki hati yang murni dan bersih, serta hidup dengan kenyamanan dan kebahagiaan dalam menghadapi segala situasi.

Safiya: Murni, bersih; Naima; Nyaman, bahagia

20. Zara Aisha

Nama ini dimaksudkan agar anak perempuan indah seperti bunga, membawa cahaya kehidupan kepada orang-orang di sekitarnya. Anak juga diharapkan memberikan semangat dan kegembiraan dalam setiap momen.

Zara: Bunga, cahaya; Aisha: Kehidupan, yang hidup

Nama Anak Perempuan Islami 3 Kata

Berikut adalah daftar nama anak perempuan yang terdiri dari 3 kata beserta artinya. Nama-nama ini dipilih dengan harapan memberikan keberkahan bagi sang anak. Setiap nama memiliki kandungan makna yang dalam sehingga penggunaannya patut dipertimbangkan!

1. Nur Amira Zahra

Nama ini diharapkan menjadikan anak penuh dengan cahaya dan kebaikan, seorang pemimpin yang inspiratif dan bijaksana. Anak juga diharapkan mendapatkan kesuksesan spiritual dan materi dalam hidupnya, serta mendorongnya untuk menjadi sumber kecerahan dan kebahagiaan bagi orang lain.

Nur: Cahaya, terang; Amira: Pemimpin, putri; Zahra: Bercahaya, berwarna cerah

2. Aisha Zara Rania

Anak diharapkan hidup dengan penuh semangat, menunjukkan keanggunan dan kecantikan dalam setiap aspek, serta mencapai keberhasilan dan prestasi yang luar biasa. Nama ini berisi doa akan kebahagiaan dan kesuksesan hidup.

Aisha: Kehidupan; Zara: Bunga, keindahan; Rania: yang berjaya

3. Siti Amina Farah

Anak diharapkan menjadi wanita lembut dan mulia, dipercaya dan dihormati oleh orang-orang di sekitarnya, serta menjalani kehidupan yang aman dan tenang. Nama anak perempuan Islami ini mengandung doa akan kebahagiaan dan kegembiraan yang melimpah.

Siti: Wanita yang terhormat, ratu; Amina: Aman, terpercaya; Farah: Kebahagiaan

4. Zainab Fatima Amani

Anak diharapkan menjadi wanita anggun dan cantik, menyebar kebaikan dan kemurahan hati kepada orang lain, serta memiliki harapan dan keyakinan yang kuat dalam setiap langkah hidupnya. Nama ini mengandung doa tentang kehidupan yang indah dan penuh cinta.

Zainab: Bunga, keindahan; Fatima: Wanita yang pemurah; Amani: Harapan, keyakinan

5. Yasmin Aaliyah Naura

Anak diharapkan menjadi wanita yang indah dan suci, mencerminkan keharuman dan keindahan di dalam hatinya. Nama ini juga mengandung harapan akan kehormatan dan keberhasilan, serta mendorongnya untuk menyebarkan cahaya dan kegembiraan kepada orang-orang di sekitarnya.

Yasmin: Bunga melati; Alliyah: Tinggi, mulia; Naura: Cahaya, kecerahan

6. Maryam Zara Hana

Anak diharapkan akan menjadi wanita yang indah dan suci, memancarkan keanggunan dan cahaya dalam hidupnya. Nama ini juga mengandung harapan akan kebahagiaan dan kepuasan yang mendalam, serta mendorongnya untuk hidup dengan sukacita dan mempersembahkan kebaikan kepada dunia.

Maryam: Keindahan, kemurnian; Zara: Bunga, cahaya; Hana: Kepuasan, Kebahagiaan

7. Safiya Zainah Laila

Anak diharapkan menjadi wanita yang memiliki kemurnian hati dan terlindungi dari kejahatan, memancarkan keindahan dan daya tarik dalam setiap aspek hidupnya. Nama ini juga mengandung harapan akan kedamaian dan ketenangan.

Safiya: Suci, terjaga dari kejahatan; Zainah: Cantik, elok; Laila: Malam

8. Amina Nadira Salma

Nama ini dimaksudkan agar anak menjadi pribadi yang menenangkan bagi orang-orang di sekitarnya, membawa keunikan dan keistimewaan dalam hidupnya. Anak juga diharapkan membawa kedamaian dan keselamatan yang abadi, serta mendorongnya untuk menjadi sumber kedamaian bagi dunia.

Amina: Aman, terpercaya; Nadira: Berharga, langka; Salma: Damai, selamat

9. Zahra Aisha Maliha

Anak diharapkan menjadi wanita yang indah dan ceria, menjalani kehidupan dengan semangat dan vitalitas tinggi. Nama ini juga mengandung doa akan kecantikan dan daya tarik yang memukau, serta mendorongnya untuk menghargai dan memancarkan keindahan di sekelilingnya.

Zahra: Bercahaya, berwarna cerah; Aisha: Kehidupan; Maliha: Cantik, menawan

10. Leila Khadija Yasmin

Nama anak perempuan Islami ini bermakna wanita yang membawa kedamaian dan ketenangan, menunjukkan keberanian dan kekuatan dalam menghadapi kehidupan. Nama ini juga mengandung doa akan keindahan dan kesucian, serta mendorongnya untuk memberikan keharuman kepada dunia.

Leila: Malam, gelap; Khadijah: Permulaan, awal; Yasmin: Bunga melati

11. Fatima Zahra Layla

Anak diharapkan menjadi wanita yang pemurah dan menyebarkan kebaikan kepada orang lain, memancarkan keindahan dan keceriaan dalam hidupnya. Nama ini juga mengandung harapan akan kedamaian dan ketenangan, serta mendorongnya untuk menyebarkan kedamaian dan kebaikan di dunia.

Fatima: Wanita yang pemurah; Zahra: Bercahaya, berwarna cerah; Layla: Malam, gelap

12. Amina Rania Samara

Anak diharapkan menjadi wanita yang dipercaya dan menenangkan, mencapai keberhasilan dan prestasi yang luar biasa dalam hidupnya. Nama ini juga mengandung harapan akan manfaat dan kegembiraan, serta mendorongnya untuk menjadi sumber kebaikan bagi orang lain.

Amina: Aman, terpercaya; Rania: Berjaya, yang sukses; Samara: Penghibur, yang bermanfaat

13. Sara Laila Amani

Anak diharapkan akan menjadi wanita yang memiliki kemurnian hati dan terlindungi, membawa kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya. Nama ini juga mengandung harapan akan kebahagiaan dan kegembiraan, serta mendorongnya untuk memelihara harapan dan keyakinan dalam segala situasi.

Sara: Putih, murni; Laila: Malam, gelap; Amani: Harapan, keyakinan

14. Nyla Farah Zara

Anak diharapkan menjadi wanita yang memancarkan kecantikan dan keanggunan dalam segala aspek. Nama anak perempuan Islami ini juga mengandung harapan akan cahaya dan kecerahan yang membawa kehangatan kepada orang-orang di sekitarnya.

Nyla: Keindahan, kesempurnaan; Farah: Kegembiraan, Zara: Bunga, cahaya

15. Zahra Amira Hana

Diharapkan anak memancarkan keindahan dan keceriaan dalam segala aspek hidupnya, menjadi pemimpin yang bijaksana dan sukses. Nama ini juga mengandung harapan akan kegembiraan yang melimpah, serta mendorongnya untuk membawa kebahagiaan kepada orang lain.

Zahra: Berwarna cerah, bercahaya; Amira: Putri, pemimpin; Hana, Kebahagiaan, kepuasan

Nama Anak Perempuan Islami 4 Kata

Banyak orangtua Muslim mencari kombinasi nama yang tidak hanya indah, tetapi juga mencerminkan harapan dan doa. Berikut ini adalah rekomendasi nama anak perempuan yang terdiri dari 4 kata beserta artinya!

1. Zara Nurul Hana Aulia

Nama ini diberikan dengan harapan anak akan menjadi sosok perempuan yang indah, bercahaya, bahagia, dan dicintai oleh Allah SWT.

Zara: Bunga; Nurul: Cahaya, penyinaran; Hana: Kebahagiaan, kegembiraan; Aulia: Orang yang sangat dicintai oleh Allah

2. Sofia Zainab Raudhah Aziza

Sofia Zainab Raudhah Aziza mengandung makna kelembutan dan kekuatan. Anak diharapkan menjadi sosok yang bijaksana, kuat, membawa kedamaian, dan istimewa dalam segala hal yang dilakukannya.

Sofia: Kebijaksanaan, hikmah; Zainab: Istri Nabi Muhammad SAW; Raudhah: Taman surga; Aziza: Mulia, istimewa

3. Amina Laila Zafirah Hafiza

Amina Laila Zafirah Hafiza adalah nama anak perempuan Islami modern yang penuh dengan makna spiritual dan kesucian. Anak diharapkan akan hidup dengan kesucian hati, kedamaian, dan kemenangan dalam segala aspek kehidupannya, serta dilindungi oleh Allah SWT.

Amina: Ibu Nabi Muhammad SAW; Laila: Malam; Zafirah: yang menang, yang berhasil; Hafiza: Penjaga, pelindung

4. Aaliyah Zahra Ayra Arissa

Aaliyah Zahra Ayra Arissa mengandung makna kekuatan dan keindahan. Anak diharapkan akan tumbuh menjadi sosok yang kuat, indah, bijaksana, dan anggun dalam segala hal yang dilakukannya.

Aaliyah: yang tinggi, yang agung; Zahra: Berseri, bercahaya; Ayra: Penglihatan yang jelas; Arissa: Permaisuri, ratu

5. Aisha Hana Nurul Iman

Nama Aisha Hana Nurul Iman menggabungkan empat kata yang mengandung makna kehidupan, kecerahan, dan keimanan. Anak diharapkan akan memiliki iman yang kuat dan teguh dalam menghadapi tantangan hidup.

Aisha: Istri Nabi Muhammad SAW; Hana: Kehidupan, kebahagiaan; Nurul: Cahaya, terang; Iman: Keyakinan

6. Zayna Salsabila Rania Ayra

Zayna Salsabila Rania Ayra memadukan kecantikan, kelembutan, dan kemuliaan. Nama ini mencerminkan harapan akan anak perempuan yang memiliki keindahan luar dan dalam, kelembutan hati, kebaikan, serta pengaruh besar bagi masyarakat.

Zayna: Cantik, indah; Salsabila: Sungai di surga; Rania: Ratu, yang mulia; Ayra: Penglihatan yang jelas

7. Laila Zahira Raudhah Marissa

Laila Zahira Raudhah Marissa menggambarkan keindahan, kecerahan, dan kedamaian. Anak diharapkan memiliki kecerdasan, kebijaksanaan, dan kemampuan untuk menerangi dunia sekitarnya. Nama ini mencerminkan harapan akan kehidupan yang damai, bahagia, dan penuh berkah.

Laila: Malam; Zahira: Cahaya, kecerahan; Raudhah: Taman surga yang indah; Marissa: Kebahagiaan, keceriaan.

Nama anak perempuan Islami biasanya dipilih dengan maksud menunjukkan identitas dan harapan akan keberkahan hidup. Anda juga bisa membiasakan anak berbuat baik sejak dini. Misalnya, mengajarkan untuk bersedekah melalui tanamberkah.com yang digagas oleh Yayasan Yatim Mandiri.

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.