9 Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak 

Mau meningkatkan minat baca pada anak? Coba terapkan sembilan cara berikut ini secara kontinu supaya anak lebih dekat dengan buku dan punya wawasan lebih luas.


Era digitalisasi secara perlahan menggeser kebiasaan orang membaca buku, apalagi gadget mampu memberikan berbagai informasi penting dengan cepat. Namun tetap ada cara untuk meningkatkan minat baca pada anak sejak dini, tanpa harus ketinggalan teknologi. Bagaimana caranya?

Dulu kata bijak “membaca adalah jendela dunia” masih relevan karena belum adanya teknologi secanggih sekarang. Orang akan update informasi lewat buku, surat kabar, maupun media baca manual lainnya. Sebenarnya percaya atau tidak, kata bijak itu masih berlaku kok.

9 Meningkatkan Minat Baca pada Anak

Kebanyakan anak zaman sekarang memang tidak bisa lepas dari gadget, bahkan ada yang sampai kecanduan. Sehingga berdampak kepada kehidupan sosial mereka yang menjadi terbatas, akibat aktivitas sendiri menggunakan alat elektronik tersebut. 

Sudah saatnya kembali menanamkan pentingnya membaca kepada anak, dengan sembilan cara meningkatkan minat baca pada anak di bawah ini.

1.    Jelaskan Bahwa Membaca Itu Penting

Jika anak beralasan bahwa semua informasi bisa didapat melalui gadget, coba jelaskan sepenting apakah membaca tersebut.

Dengan membaca, selain menambah wawasan lewat buku yang dibaca juga akan merangsang tumbuh kembang otak dan berbagai kemampuan anak. Mulai dari daya pikir sampai kemampuan membaca. Jelaskanlah hal tersebut dengan konsisten, supaya anak paham pentingnya membaca.

2.    Contohkan Hobi Baca Orang Tua

Orang tua harus mencontohkan terlebih dahulu kecintaannya membaca, ketimbang main HP atau beraktivitas pakai komputer. Misalnya, ayah rutin membaca koran tiap pagi atau pulang kantor. Lalu ibu membaca buku-buku menarik seperti resep makanan, novel, dan buku inspiratif.

Lakukan hobi tersebut di depan anak sebagai pemancing keingintahuan anak tentang buku dan membaca. Kemudian, hindari terlalu sering menggunakan gadget di depan anak supaya kebiasan itu juga menular pada si kecil.

3.    Ajak Anak Membaca Rutin Setiap Hari

Setelah itu, bisa dengan mengajak anak untuk rutin membaca setiap hari. Untuk awal, bebaskan anak membaca buku apa saja yang tersedia di rumah. Namun harus dipastikan bahwa isi buku tersebut memang sesuai dengan usia anak.

Dengan begitu secara bertahap anak akan terbiasa dengan membaca, bahkan banyak anak yang kemudian menjadi antusias membaca karena selalu diajak orang tua untuk menelaah isi sebuah buku.

4.    Buat Pustaka Mini di Rumah

Bukan saja arena bermain di rumah, perlu juga untuk membuat sebuah spot baca yang menarik dan membuat anak tidak bosan saat ingin membaca. 

Tata buku di pustaka tersebut sebaik mungkin, pisahkan buku kategori anak-anak dengan buku untuk lainnya supaya anak dipastikan membaca buku sesuai usianya. Saat membuat pustaka tersebut, libatkan anak saat menyusun dan menatanya agar anak lebih antusias.

5.    Beli Buku yang Disukai Anak

Untuk menambah koleksi bahan bacaan anak, orang tua bisa memberikan waktu rutin membeli buku baru. Setiap ke toko buku, beri kebebasan bagi anak untuk memilih buku yang mau mereka baca.

Cara meningkatkan minat baca pada anak ini juga dinilai ampuh, dimana tingkat antusias anak menjadi lebih tinggi untuk membaca karena mereka sendiri yang memilih bukunya.

6.    Gadget untuk Aplikasi Membaca 

Selain membaca buku fisik, bisa juga memanfaatkan gadget untuk membaca berbagai informasi penting untuk anak. Salah satunya dengan mengunduh berbagai aplikasi yang berisi bacaan menarik sesuai usia si kecil.

Jadi waktu bermain gadget bukan lagi selalu untuk bermain game, namun juga membuka aplikasi membaca tersebut.

Selain itu, sudah banyak juga beredar buku elektronik atau biasa disebut e-book di internet, anak juga dapat memilih judul ebook yang ingin dibaca. Selanjutnya biarkan anak Anda membaca buku tersebut.

7.    Baca Buku Menjelang Tidur

Membacakan dongeng untuk anak sebelum tidur, juga dapat membantu anak meningkatkan minat bacanya. Bagi anak usia balita, bisa dibacakan buku dongeng dengan gambar ilustrasi yang menarik.

Sehingga dapat pula meningkatkan imajinasi mereka setelah melihat gambar-gambar tersebut. jangan lupa membacakan dongeng dengan cara dan intonasi yang membuat anak ketagihan mendengarkannya.

8.    Diskusi Isi Buku yang Dibaca Bersama Anak

Setelah sesi membaca buku bersama anak, diskusikanlah dengan si kecil isi dari buku tersebut. Misalnya buku cerpen tentang anak-anak, tanyakanlah apa kesimpulan dari isi buku tersebut. bagian mana yang paling disukai anak dan bagaimana pendapat mereka tentang isi buku tersebut.

Sehingga selain membaca, anak juga bisa lebih paham isi dari sebuah buku. Ini juga akan menambah minat anak untuk terus membaca lebih banyak buku lagi.

9.    Jadikan Buku sebagai Teman yang Menyenangkan

Caranya adalah dengan menempatkan buku favorit anak di tempat yang mereka sukai, sehingga mudah dijangkau dan dibaca kembali. Kemudian biarkan anak menata buku mereka sendiri, menulis buku dengan coretan mereka sebagai tanda bahwa buku tersebut adalah hak miliknya.

Jangan biarkan generasi sekarang lupa akan pentingnya membaca, dengan upaya meningkatkan minat baca pada anak maka orang tua sudah ikut melestarikan kecintaan membaca buku. Selain itu, membaca juga akan membantu mengalihkan anak dari kebiasaan menggunakan gadget. Anda tentu ingin anak tumbuh lebih cerdas dan berwawasan luas lewat membaca bukan?

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.