Kumpulan 30 Ucapan Hari Ibu Islami Penuh Makna Menyentuh Hati

Kumpulan Ucapan Hari Ibu Islami

Ucapan hari ibu islami layaknya doa yang dipanjatkan oleh anak yang sholeh kepada Allah SWT dengan begitu pahala orang tua tidak akan pernah terputus.


Sebagai umat Islam sudah sewajarnya untuk berbakti kepada kedua orang tua. Termasuk ibu yang sudah melahirkan dan merawat sampai dewasa. Di hari spesialnya yaitu hari ibu, seorang anak bisa memberikan ucapan hari ibu islami sehingga ibu merasa bahagia.

Kebahagiaan seorang ibu memang cukup sederhana karena dengan diberikan ucapan saja sudah merasa diperhatikan. Akan tetapi, ada baiknya saat hari ibu di tanggal 22 Desember ini memberikan kado juga sebagai rasa sayang anak kepada ibunya.

Kumpulan Ucapan Hari Ibu Islami dari Anak Tersayang

Sebagai seorang muslim, ada baiknya mendoakan kebaikan untuk ibunya pada saat hari yang spesial. Contohnya saja bisa memberikan ucapan kepada ibu dengan menggunakan kata-kata islami. Jadi, bukan hanya sekedar ucapan namun juga sekaligus sebagai doa dari anak.

Jika masih bingung dengan ucapan yang akan diberikan kepada ibu bisa melihat pada beberapa rekomendasi di bawah ini, yaitu:

1. Ucapan Selamat Hari Ibu Islami

Ucapan Selamat Hari Ibu Islami

Saat memberikan ucapan hari ibu berarti sebagai anak sudah mengapresiasi pencapaian ibunya. Bukan berarti haus akan pujian, namun sebagai seorang ibu membutuhkan support system dari orang terdekat seperti anak, suami, dan keluarga.

Ada beberapa contoh yang bisa digunakan untuk mengucapkan selamat hari ibu secara islami, yaitu:

  • Selamat hari Ibu untuk pendukung terbaikku di dunia, surga ada di bawah telapak kakimu yang akan memberikan aku kesempatan untuk selalu berbakti kepadamu. Peluk penuh kehangatan darimu membuat aku selalu merasa menjadi anak yang paling beruntung di dunia ini.
  • Ibu, sejak aku lahir di dunia ini engkau selalu berjuang untuk memenuhi seluruh kebutuhan dan kebahagiaanku, saat ini adalah hari spesial untukmu. Semoga Allah memberikan rahmat dan hidayah kepadamu dan selalu dalam penjagaannya.
  • Ya Allah jagalah ibu tersayangku, berikan kesehatan pada badan dan jiwanya sehingga selalu dalam kondisi yang sehat dan kuat dalam menjalani hari-harinya.
  • Ibu, engkau yang selalu berjuang untukku sejak aku dilahirkan di dunia ini. Perjuanganmu selalu tanpa pamrih dan akan mendapatkan balasan dari Allah SWT.

Dengan memberikan ucapan kepada ibu di hari spesialnya dengan kata-kata islami akan menjadi sebuah doa. Selain itu, juga rasanya akan sangat menyentuh sehingga membuat yang membacanya akan hanyut dan merasakan ketulusan pada doa tersebut.

2. Ucapan Doa untuk Hari Ibu

Ucapan Doa untuk Hari Ibu

Ucapan hari ibu islami yang diberikan anaknya untuk ibu pada saat hari ibu memang bisa membuat para ibu merasa sangat bahagia. Terlebih jika kata-kata yang dilantunkan seperti doa sehingga bisa sampai kepada Allah SWT.

Para ibu akan sangat senang dan merasa bersyukur memiliki anak yang sholeh dan shalihah. Ada beberapa ucapan sekaligus doa yang bisa dipanjatkan oleh anak kepada Allah, yaitu:

  • QS. An-Nuh ayat 28 dengan arti Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku.
  • Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, berikanlah aku ilham yang berlimpah sehingga senantiasa mensyukuri atas nikmat yang telah Engkau berikan. Untuk kedua orang tuaku yang senantiasa membahagiakanku maka berikan kebahagiaan pula untuk mereka.
  • Aku hanya memohon kepada-Mu ya Allah, berikanlah kebahagiaan dan kesehatan untuk kedua orang tuaku yang telah memuliakanku. Aku memohon kepada-Mu untuk selalu menjaga mereka selayaknya mereka menjagaku di masa kecilku.
  • Ya Allah Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku memohon pertolongan. Balaskanlah budiku kepada kedua orang tuaku sehingga mereka merasakan kebahagiaan seperti aku merasa bahagia. Ringankanlah beban mereka karena mengurusku di masa kecil.

Ucapan di atas memang terkesan pribadi karena doa untuk orang tua kepada Allah SWT. Namun, tidak ada salahnya menjadi inspirasi yang baik untuk mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena telah diberikan orang tua yang sangat menyayangi kita.

Baca Juga : Kumpulan Doa untuk Kedua Orang Tua Tercinta Dengan Artinya

3. Ucapan pada Kertas (Surat untuk Ibu)

Ucapan pada Kertas (Surat untuk Ibu)

Untuk memberikan ucapan hari ibu islami kepada ibu di hari spesialnya bisa juga memberikan pada kertas. Biasanya kertas ucapan ini diberikan bersama dengan kado yang akan membuatnya bahagia dan beberapa tulisan yang bisa dituliskan pada kertas ini, yaitu:

  • Bagi seluruh ibu yang ada di dunia ini, kalian hebat semoga Allah selalu memberikan hidayahnya untuk seluruh wanita yang menjadi ibu terhebat.
  • Ibu, berbahagialah karena sejatinya anak yang berumur panjang adalah karena telah membuat ibunya selalu bahagia.
  • Ibu, engkau selalu memberikan pelajaran yang tidak pernah terlupakan. Rasa khawatir, cemas, dan pedulimu selalu membuatku lebih berhati-hati menghadapi dunia ini. Semoga Allah selalu memberikanmu kebahagiaan di dunia maupun di akhirat nantinya.
  • Ya Allah, semoga air mata yang pernah jatuh dari mata ibuku nantinya akan menjadi sebuah sungai di surga untuknya, Aamiin.
  • Selamat hari ibu, engkau adalah seseorang yang selalu mencintai dan mendoakanku tanpa pamrih.
  • Di dunia ini memang tidak ada makhluk yang sempurna, namun ibuku tetap yang terbaik untukku, selamat hari Ibu, ibuku tersayang!

Ucapan hari ibu islami juga bisa dibuat pada secarik kertas yang akan membuat ibu merasa sangat tersentuh. Cobalah sedikit lebih romantis dengan ibu sehingga merasakan kasih sayangnya yang sangat tulus untuk anaknya.

4. Ucapan Hari Ibu di Video

Ucapan Hari Ibu di Video

Bagi yang suka berkreasi maka bisa membuat video dengan isi ucapan hari ibu. Biasanya akan dipadukan dengan video atau foto kolase ibu yang sudah pernah diambil sebelumnya. Atau bisa juga menggunakan background yang menarik lainnya.

Saat membuat video sebagai ucapan selamat hari ibu, maka harus memberikan kesan yang baik. Bisa dilengkapi dengan ucapan-ucapan yang membuat hati tersentuh, seperti:

  • Untuk ibuku yang terbaik di dunia, terimakasih atas kasih sayangmu, perhatianmu, dan senyummu yang mencerahkan hariku. Hidupku sangat berarti karenamu, happy mother day.
  • Di hari spesial ini, seluruh hal terbaik ingin kuberikan kepadamu ibuku. Semoga Allah SWT memberikan pertolongan-Nya di setiap langkah Ibu.
  • Masa kecilku sungguh indah karenamu, Ibu. Hidupku sangat bahagia sampai saat ini, selamat hari Ibu.
  • Ali bin Abi Thalib berkata untuk menghargai wanita, terutama untuk ibu yang sangat menyayangi kita, i love you mom.

Dengan menambahkan kata-kata tersebut pada video ucapan hari ibu islami maka akan memberikan kesan yang sangat mendalam. Ibu akan sangat bangga pada anaknya yang mau menyayanginya dengan tulus.

Baca Juga : 13 Hadist Berbakti Kepada Orang Tua yang Perlu Diketahui Umat Muslim

5. Ucapan pada Status WhatsApp

Ucapan pada Status WhatsApp

Memberikan ucapan hari ibu juga bisa melalui sosial media seperti status WhatsApp. Dengan begitu akan banyak orang yang mengetahuinya dan membuat orang lain ingin melakukan hal yang sama. Maka, seluruh ibu yang membaca akan sangat senang dan merasa bahagia.

Untuk status WhatsApp ini bisa ditulis secara langsung pada text status atau menambahkan caption pada foto yang diupload pada WA story. Nah, untuk ide ucapan hari ibu bisa dilihat pada beberapa list di bawah ini:

  • Happy Mothers Day, untuk ibuku tersayang dan ibu hebat di luar sana. Semoga Allah selalu membalas kebaikan dan ketulusan dari lelahmu.
  • Untuk ibuku tersayang, selamat hari ibu di tanggal 22 Desember ini. Semoga apa yang sudah ibu upayakan menjadi ladang pahala yang tidak pernah putus.
  • Ya Allah, jagalah ibuku dan berikan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Berikanlah kesehatan yang prima sehingga bisa hidup dengan bahagia, selamat hari ibu.
  • Terimakasih untuk ibu yang sudah bertahan sampai sejauh ini untuk membesarkan saya. Dengan kesabaran dan kekuatan yang diberikan semoga dibalas oleh Allah SWT, Aamiin.

Mengucapkan selamat hari ibu dan memberikan doa terbaik akan menjadi pahala tersendiri untuk anak. Doa anak sholeh akan selalu didengar oleh Allah SWT. Ibu akan merasa menjadi orang yang sangat beruntung di dunia ini.

6. Ucapan pada Instagram Story

Ucapan pada Instagram Story

Selain di WhatsApp story, ternyata memberikan ucapan saat ini juga sedang trend di Instagram story loh. Cobalah untuk membuat IG story yang menarik dengan kata-kata yang tidak banyak digunakan oleh orang. Atau, bisa juga membuat video untuk ibu dan memberikan ucapan di dalamnya.

Jika merasa malu untuk mengucapkan selamat hari ibu yang biasa maka bisa menggunakan beberapa rekomendasi kata-kata ucapan hari ibu islami di bawah ini:

  • Untuk pendukung terbaikku di dunia, terimakasih karena sudah memberikan aku kasih sayang yang tulus dan berlimpah. Surga di bawah telapak kakimu, baktiku akan selalu tercurahkan untukmu, ibuku selamat hari ibu.
  • Guru terbaik yang pernah aku temui adalah ibuku karena telah memberikan pelajaran yang tidak pernah putus kebaikannya, selamat hari ibu untuk guru terbaikku.
  • Jangan takut untuk menghadapi kehidupan di dunia ini, begitu kata ibu terbaikku. Semoga ibu selalu diberikan kebahagiaan oleh Allah SWT dengan menghilangkan kekhawatirannya sehingga bisa menjalani hidup penuh bahagia.
  • Bagi ciptaan Allah SWT yang paling cantik, ibuku adalah wanita terhebat yang membahagiakanku tanpa pamrih.
  • Apakah hari ini hari ibu? Tentu saja, karena setiap hari adalah hari ibu yang sangat spesial. Yuk, bantu beres-beres sekarang juga!

Cukup keren bukan untuk beberapa kata-kata ucapan hari ibu islami yang diberikan di atas? Jadi, tidak perlu lagi memberikan kata-kata mellow untuk mengucapkan hari ibu.

Baca Juga : Sedekah Kepada Orang Tua: Ini Keutamaan dan Hukumnya

7. Ucapan Sederhana dan Menyentuh

Ucapan Sederhana dan Menyentuh

Sebenarnya, untuk mengucapkan selamat hari ibu tidak selalu dengan kalimat yang panjang. Untuk mengucapkannya bisa menggunakan kata-kata sederhana namun juga bisa menyentuh hatinya. Contohnya saja seperti di bawah ini:

  • Lelah yang tampak di wajah ibu menggambarkan rasa sayang kepada anaknya, selamat hari ibu.
  • Berbicara mengenai kebahagiaan, ibu adalah kebahagiaan terbesarku dan semoga Allah memberikan umur yang panjang pada ibu.
  • Maafkan aku ya bu, karena sudah bertingkah nakal, aku sangat menyayangimu Ibu.
  • Apakah emas berharga di hidupku? Tidak, karena Ibuku adalah hal yang paling berharga.
  • Bagaimanapun kondisinya, Ibu selalu menerima kehadiranku dengan baik, semoga Allah memberikan kebahagiaan yang banyak untuk Ibu.
  • Lihatlah wajahmu ibu, cahaya tidak pernah pudar di sana, selamat hari ibu wanita terhebatku.

Mengesankan, bukan? Tidak perlu memberikan kata-kata yang panjang karena dengan kata-kata yang sederhana bisa membuat kebahagiaan itu tumbuh dengan baik.

8. Ucapan Selamat Hari Ibu Keren

Ucapan Selamat Hari Ibu Keren

Menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah karena dituntut menjadi madrasah pertama bagi anaknya. Namun, sebagai anak bisa selalu membahagiakan ibunya dengan cara yang menarik seperti memberikan ucapan selamat hari ibu.

Agar tidak terkesan kaku maka bisa membuat ucapan yang sedikit kekinian dan keren, seperti di bawah ini:

  • Satu-satunya orang yang tidak akan pernah mau melihatmu sedih adalah Ibu. Selalu hormati ibu dan sayangi mereka ya!
  • Ibu adalah pemberian Allah SWT yang sangat berharga, jaga dan sayangi beliau. Katakan sekarang, selamat hari ibuku sayang.
  • Jika setiap hari adalah hari ibu, maka bantu beres-beres tiap harinya. Buat ibu bahagia merupakan ladang pahala loh.

Dengan menggunakan kata-kata yang tidak mellow, maka akan membuat lebih nyaman untuk membagikannya di sosial media. Selain itu, bisa juga tag akun ibu agar beliau bisa melihatnya secara langsung. Pastinya akan bangga dan senang karena anaknya begitu menyayanginya.

Melihat beberapa kumpulan ucapan hari ibu islami di atas pastinya bisa digunakan sesuai dengan kriteria diri sendiri. Ada yang bisa mengungkapkan isi hati dengan baik namun ada yang malu-malu mengungkapkannya. Dengan begitu, bisa dilihat mana saja yang sesuai dengan keadaan saat ini.

Doa Sebagai Ucapan Hari Ibu Islami

Selain memberikan ucapan seperti yang sudah disebutkan di atas ternyata ada doa yang bisa dipanjatkan sebagai ucapan untuk ibu di hari spesialnya. Panjatkan doa ini pada saat waktu mustajab untuk melantunkan doa, yaitu:

Sebenarnya, untuk doa di atas bisa dibaca setiap selesai sholat fardhu jadi bukan hanya pada saat hari ibu saja. Dengan mengucapkan doa di atas maka bisa menjadikan anak sholeh yang mendoakan orang tuanya.

Dengan membaca doa di atas, bisa menjadikan seseorang menjadi anak yang sholeh dan menjadi pahala yang tidak pernah putus meskipun sudah meninggal dunia. Karena salah satu amalan yang tidak pernah putus adalah anak yang sholeh.

Biasanya seorang muslim akan membaca doa untuk kedua orang tua di atas pada saat setelah melakukan sholat fardhu. Bisa juga memilih waktu-waktu yang tepat untuk memanjatkan doa.

Kado Terindah di Hari Ibu untuk Ibu Tersayang

Selain ucapan yang bernuansa islami, juga bisa memberikan kado kepada ibu. Tidak perlu harga yang mahal karena dengan kado sederhana saja sudah membuat ibu merasa diperhatikan oleh anaknya. Berikut beberapa kado terindah yang bisa diberikan oleh anak kepada ibunya, yaitu:

1. Pakaian

Ibu akan senang jika menerima pakaian dari orang tersayang seperti anaknya. Belilah pakaian yang disukai oleh ibu dan tidak perlu dengan harga yang mahal. Budget bisa disesuaikan saja dengan yang dimiliki. Belilah pakaian yang sering digunakan ibu seperti daster atau gamis.

Jangan lupa untuk memilih bahan yang lembut dan nyaman sehingga ibu akan senang memakainya berulang kali. Jadi, selain memberikan ucapan hari ibu islami bisa juga membelikan pakaian sebagai hadiah yang menarik.

2. Peralatan Masak

Memasak menjadi sebagian hobi dari para ibu karena bisa menyediakan makanan yang sehat untuk keluarga. Bagi ibu yang gemar memasak maka bisa memberikan peralatan masak sebagai kado di hari spesialnya karena akan terasa bermakna.

Untuk mencari peralatan masak yang tepat maka bisa melihat alat masak mana yang sudah usang atau harus diganti. Biasanya peralatan masak yang bisa digunakan sebagai kado seperti pisau, kitchenware, panci, teflon, dan lainnya yang tinggal disesuaikan dengan kebutuhan ibu.

3. Alat-Alat Kebersihan

Barang yang berguna dan bisa dikatakan sangat tepat diberikan kepada ibu pada saat hari ibu adalah alat-alat kebersihan. Saat ini di zaman modern sudah banyak alat kebersihan yang canggih seperti pel dengan pemeras, vacuum cleaner, dan lainnya.

Jika memiliki budget yang banyak, maka bisa membelikan ibu alat-alat kebersihan tersebut. Alat-alat kebersihan yang diberikan sebagai kado akan mampu membuat ibu lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.

Pada saat membeli alat kebersihan ini maka bisa melihat merk terkenal sehingga bisa memastikan kualitasnya. Jika membeli alat kebersihan elektronik maka dapat memastikan masa garansinya sehingga bisa mempermudah pada saat mengalami kerusakan.

4. Sembako

Terkesan sepele namun ternyata bisa sangat membantu. Bisa juga membelikan ibu sembako sebagai hadiah untuk hari ibu yang sangat spesial. Apakah tidak terkesan biasa? Memang jika melihat barangnya cukup biasa namun nilainya tidak terkira.

Selain ucapan hari ibu islami, kado berupa sembako juga memiliki arti tersendiri. Membelikan sembako berarti mengerti kondisi keluarga untuk bisa menghemat pengeluaran. Dengan begitu, maka alokasi budget untuk sembako bisa dialihkan untuk keperluan lainnya.

Agar kadonya tepat maka bisa membeli merk yang biasa dibeli oleh ibu. Biasanya isi dari hadiah sembako ini adalah beras, minyak, gula, makanan frozen, minuman teh atau kopi, bumbu dapur, sabun mandi, sabun cuci piring, sabun pakaian, pasta gigi, dan lainnya.

5. Emas atau Perhiasan

Siapa yang tidak suka diberikan emas atau perhiasan? Terlebih bagi seorang wanita yang suka barang-barang cantik. Bisa membelikan ibu emas atau perhiasan yang bisa digunakan atau bisa dijadikan sebagai tabungan investasi.

Saat ini emas yang bisa diberikan ada yang harganya tidak terlalu mahal sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan. Namun, kado ini harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki ya. Dengan memiliki emas, maka kehidupan biasanya akan terasa cukup tenang.

Namun, jika tidak memiliki banyak budget untuk membeli perhiasan emas maka bisa membeli perhiasan imitasi. Perhiasan ini bisa digunakan ibu untuk pergi arisan atau kondangan sehingga akan terasa cantik karena perhiasan yang diberikan oleh anaknya sebagai kado hari ibu.

6. Uang Cash

Ternyata, uang tunai bisa menjadi pilihan yang tepat karena saat ini sedang trend. Cara yang bisa digunakan untuk memberikan uang cash ini juga beragam. Mulai dari dihias seperti buket bunga, dalam tar, dalam balon terbang, dan masih banyak lagi.

Jumlah yang diberikan tinggal disesuaikan saja dengan budget sehingga tidak akan merasa berat memberikan sebagian uang untuk ibu. Pastinya, di hari ibu ini akan sangat senang jika diberikan uang oleh anaknya dan tidak akan menolaknya.

7. Membersihkan Rumah

Memang barang-barang sebagai kado bisa dijadikan pilihan yang tepat ditambah dengan kartu ucapan hari ibu islami yang sudah diberikan di atas. Namun, bagi anak yang belum ada penghasilan maka bisa memberikan kado terindah untuk ibunya.

Contohnya saja dengan membantu ibu dalam membersihkan rumah yang berarti juga membantu meringankan pekerjaannya. Untuk kado ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal namun tetap memberikan kesan di hati ibu.

Biarlah untuk satu hari ini ibu beristirahat dan menikmati waktunya untuk melakukan hobi yang disukai. Bantulah ibu dengan perasaan yang tulus dan ikhlas sehingga ibu akan merasa dicintai dan senang melihat anaknya tulus menyayanginya.

Memberikan ucapan hari ibu islami dengan memberikan kado yang terbaik akan membuat ibu merasa dicintai. Selain itu, di hari spesial ibu bisa memberikan kado berupa pahala jariyah yang bisa dilakukan di http://tanamberkah.com/ yang terbukti amanah dan menyampaikan sedekah dengan baik.

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.