Ini 11 Cara Agar Anak Cepat Berhitung, Yuk Mulai Terapkan!

Banyak cara agar anak cepat berhitung yang bisa diterapkan oleh orang tua di rumah. Dari cara sederhana pakai jari hingga melibatkan digitalisasi.


Tidak sedikit anak-anak usia pra hingga SD yang masih kesulitan untuk berhitung, hal itu bisa disebabkan daya ingatnya yang belum maksimal atau memang tidak suka hitung-menghitung. Oleh karena itu, perlu bagi orang tua untuk tahu bagaimana cara agar anak cepat berhitung untuk membantu anak berhitung lebih cepat.

Bukan cara monoton seperti yang sering dipakai guru di sekolah, para orang tua bisa memilih cara berhitung untuk anak yang menyenangkan. Alhasil mereka tidak merasa terbebani dengan pelajaran tersebut, dibuat ketagihan sehingga mudah menyerap pelajaran berhitung di sekolah.

Cara Agar Anak Cepat Berhitung

anak laki-laki sedang belajar

Ada sebelas cara yang bisa digunakan untuk membantu anak agar cepat paham hitung menghitung. Bisa dimulai sejak dini, di usia anak 4-6 tahun supaya mereka menjadi terbiasa dengan matematika dan menghitung. 

Tidak sulit, selama orang tua bisa sabar menerapkan cara tersebut dan membuat kondisi yang menyenangkan bagi si kecil.

1.    Pakai Jari

Menghitung menggunakan jari adalah cara agar anak cepat berhitung paling dasar, terutama untuk angka-angka kecil yang bisa dijumlahkan dengan jari. Apalagi saat ini banyak metode jari bisa dicoba, bukan saja menambahkan bilangan tapi juga semua jenis perhitungan.

Baik itu mengurangi bilangan, mengalikan, maupun membagi. Namun sebelum mengajarkannya pada anak, tentu orang tua harus paham dulu cara menggunakan jari yang benar. Dijamin efektif, dan membuat anak cepat bisa menghitung.

2.    Coba Hitung Benda di Sekitar Anak

Cara berikutnya yang bisa dicoba adalah menghitung benda yang ada di sekitar anak, sambil bermain bersama. Ini akan memudahkan anak untuk mengingat jumlah angka dengan benar, apalagi jika dilakukan saat kondisi santai.

Misalnya menghitung jumlah sendok yang ada di meja makan, kaos kaki yang ada di lemari pakaian atau menghitung jumlah mainan yang dimiliki si kecil. Cara ini, bisa dikolaborasikan dengan pakai jari.

Yaitu ketika dia menemukan enam sendok di meja makan, mintalah dia untuk menghitung menggunakan jari.

3.    Gunakan Video Pembelajaran yang Tepat

Saat ini berbagai platform digital banyak yang menyediakan video belajar untuk anak, salah satunya tentang berhitung. Tinggal sesuaikan usia anak dengan video yang dipilih, lalu ajak anak untuk nonton bersama.

Jika mereka bosan, coba aplikasikan materi belajar di dalam video dengan si kecil. Buatlah seseru mungkin agar anak bisa lebih cepat paham pelajaran berhitung tersebut.

4.    Manfaatkan Buku Belajar Berhitung yang Kreatif

Selain video, cara agar anak cepat berhitung juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bulu belajar berhitung sesuai usia anak. Di dalam buku tersebut, sudah ada penjelasan tentang cara berhitung. Mulai dari sistem tambah, kurang, bagi, dan kali.

Anda tinggal memilih mana buku yang cocok dengan usia anak, lalu jangan lupa mendampinginya saat belajar supaya tidak bingung dan merasa terbebani dengan semua materi dari buku.

Cara ini akan sangat efektif bagi anak yang sudah diajarkan cinta membaca sejak kecil, dimana mereka tentunya akan lebih antusias untuk belajar dari buku berhitung yang diberikan.

5.    Ajak Memainkan Game yang Butuh Hitung Menghitung

Banyak permainan yang membutuhkan hitung menghitung, orang tua bisa memilih berbagai jenis permainan yang tepat. Mau yang manual? Bisa main bertema shopping, dimana anak jadi kasir yang harus menghitung belanjaan.

Kemudian bisa melalui permainan ular tangga, ludo, atau monopoli yang mengharuskan pemain untuk bisa menghitung langkah setiap mengocok dadu.

Jika mau versi modern, bisa memilih berbagai permainan seru melalui platform seperti Google Play Store. Tapi pastikan kalau permainan yang dipilih sesuai usia anak, lalu dampingi mereka saat bermain.

Baca juga: 10+ Tips Mendidik Anak agar Jujur yang Wajib Dicoba Orang Tua

6.    Manfaatkan Aplikasi Berhitung

Aplikasi berhitung juga banyak disediakan di berbagai situs internet maupun Google Play Store. Bisa dipilih aplikasi yang menyenangkan, anak bisa belajar berhitung dengan menyenangkan.

Ada aplikasi buatan lokal yang memuat banyak cara belajar menghitung angka, lengkap dengan latihan dan sesi diskusi. Ada juga yang dikembangkan oleh developer mancanegara, dengan fitur dan kelengkapan bisa dipilih.

Untuk usia pra sekolah, bisa memilih aplikasi sederhana saja untuk mengajarkan matematika dengan angka-angka yang mudah diingat dan dipelajari. Jika sudah usia sekolah, tinggal menyesuaikan dengan usia dan jenjang pendidikan anak.

7.    Berhitung Lewat Lagu

Coba cari lagu tentang berhitung, ada sejumlah lagu anak-anak yang temanya memang berhitung. Pilih, lalu mintalah si kecil untuk mendengar lagu tersebut dan menghafalnya. Memang ada sebagian anak yang lebih cepat bisa berhitung dari mendengarkan musik.

Jika anak Anda salah satunya, maka cara agar anak cepat berhitung ini akan sangat tepat untuk dicoba.

Kalau seandainya sulit untuk menemukan lagu tersebut, buatlah lagu versi sendiri untuk mengajarkan si kecil tentang perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan. Tidak sulit kok, tinggal mencari nada yang tepat dari lagu yang sudah ada kemudian ganti liriknya dengan pelajaran berhitung.

8.    Nonton Film dengan Tema Berhitung

Mau cara yang juga tak kalah seru? Adalah dengan mengajak si kecil untuk nonton film bertemakan hitung-hitungan. Ada film jenis animasi, film kartun, maupun film keluarga tinggal pilih mau memakai film mana sebagai objek belajar anak.

Dimana bisa menemukan film yang cocok? Coba cari terlebih dahulu di mesin pencarian Google tentang film yang menjelaskan matematika sederhana.

Selanjutnya nonton bersama, sambil menjelaskan alur ceritanya dan bagian-bagian berhitung yang mau diajarkan pada si kecil. 

9.    Aktivitas di Rumah yang Berkaitan dengan Hitungan

Lakukan aktivitas di rumah bersama anak, libatkan hitung menghitung saat melakukan aktivitas tersebut. Misalnya, mengajak anak mengepel lantai lalu mintalah dia menghitung berapa jumlah anak tangga menuju lantai dua.

Bisa juga saat membuat jus di saat sarapan, mintalah anak menghitung berapa jumlah buah yang akan digunakan untuk membuat jus.

10.    Berhitung saat Shopping

Mengajak anak shopping selain menyenangkan karena mereka bisa belanja mainan atau makanan kesukaan, juga sekaligus belajar menghitung. Cara agar anak cepat berhitung saat berbelanja adalah, dengan menghitung berapa jumlah keranjang belanjaan yang tersedia di sebuah toko.

Menghitung berapa total belanjaan yang harus dibayar, bisa juga dengan meminta anak menghitung berapa kembalian uang yang akan diterima setelah membayar dengan uang pecahan tertentu.

11. Problem Solving dengan Menghitung

Apa hubungannya problem solving dengan berhitung? Banyak kasus yang bisa diselesaikan dengan menghitung. Misalnya, saat akan menonton televisi ternyata antenanya tidak berada di posisi tepat.

Kemudian selama diperbaiki. Mintalah anak untuk menghitung berapa lama proses memperbaiki posisi antena tersebut.

Contoh lainnya, ketika diskusi soal apa saja kebutuhan sekolah yang perlu dibeli. Berapa jumlah buku tulis biasa, buku tulis petak, buku gambar, pena, dan pensil. 

Lalu tanyakan juga kenapa harus membeli buku tersebut, supaya anak tahu sebab dan akibat dari membeli buku untuk kebutuhan sekolahnya tersebut.

Jangan mau menyerah mengajarkan anak tentang matematika, pakai saja beberapa atau semua cara agar anak cepat berhitung di atas. Anak akan lebih mudah hafal angka, menjumlah, mengurang, membagi, dan mengurangi bilangan.

Baca juga: 6 Cara Melatih Kesabaran Anak, Praktikkan Sedini Mungkin!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
kurban pop up