12 Amalan Penghapus Dosa, Yuk Amalkan Mulai Sekarang!

Beberapa amalan penghapus dosa bisa dilakukan oleh umat muslim jika ingin dosanya diampuni oleh Allah SWT dan memperoleh pahala.


Selama umat Muslim hidup di dunia, pasti tidak akan terhindar dari melakukan kesalahan dan berbuat dosa.

Namun, Allah SWT membukakan pintu pengampunan untuk seluruh umatnya jika mereka melakukan amalan penghapus dosa.

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan, mulai dari sering beristighfar, puasa, hingga rajin berdzikir setiap hari.

Selengkapnya, mari simak daftar amalan penghapus dosa dalam artikel berikut ini! Baca sampai habis, ya!

Amalan Penghapus Dosa

Amalan baik yang dilakukan oleh umat Muslim selama hidup di dunia akan membawa keberkahan dan pahala.

Namun, ada beberapa amalan yang secara spesifik memiliki keutamaan untuk menghapus dosa dan memperoleh pengampunan Allah SWT. 

Apa saja amalan yang dapat digunakan untuk menghapus dosa umat muslim? Berikut daftarnya:

1. Istighfar

Istighfar merupakan sebuah bacaan yang diucapkan oleh umat muslim dengan tujuan untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas semua dosa yang diperbuat.

Harapannya, Allah SWT bisa mengampuni dosanya. Bacaan istighfar yang paling banyak dilakukan oleh umat Muslim adalah astaghfirullahaladzim.

Namun, sebetulnya ada banyak bacaan istighfar yang bisa dilafalkan selain astaghfirullahaladzim, yakni:

a. Kalimat Bacaan Istighfar Setelah Sholat

Setelah selesai melaksanakan sholat, ada baiknya membaca kalimat istighfar di bawah ini:

"Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih."

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

b. Kalimat Bacaan Istighfar Penghapus Dosa Besar

Membaca kalimat istighfar di bawah ini dapat dijadikan sebagai amalan penghapus dosa besar.

"Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih."

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Maha hidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

2. Puasa

Amalan penghapus dosa selanjutnya adalah puasa. Puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan cara menahan hawa dan nafsu dari matahari terbit hingga matahari terbenam. 

Untuk memperoleh ampunan atas semua dosa yang diperbuat, perbanyaklah melakukan puasa yang sesuai dengan syariat atau ajaran Islam seperti puasa sunnah Senin dan Kamis.

3. Wudhu

Tak disangka, wudhu juga merupakan amalan penghapus dosa, lho. Ya, selain untuk menyucikan diri sebelum sholat, amalan ini juga bisa menggugurkan dosa.

Hal ini telah disebutkan dalam salah satu hadis riwayat Muslim (HR Muslim), bahwa umat Muslim yang berwudhu dan memperbagus wudhunya, maka dosa-dosanya akan keluar/luntur dari bagian tubuh yang terkena air wudhu.

4. Sholat 5 Waktu

Sholat 5 waktu tidak hanya sebatas kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Sebab, sholat wajib ini merepresentasikan ketaatan seorang Muslim kepada Allah SWT.

Sholat yang dijalankan dengan penuh keikhlasan, akan memberikan banyak manfaat baik, salah satunya yaitu menggugurkan dosa.

5. Sholawat

Sholawat merupakan sebuah bacaan yang memuji Nabi Muhammad SAW. Sholawat dilakukan dengan tujuan agar umat Muslim dapat mengenang dan meneladani apa saja yang sudah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW selama hidupnya.

Selain itu, Allah SWT menjanjikan barang siapa umatNya yang selalu membaca shalawat, maka akan memperoleh pengampunan dosa dan syafaat di hari akhir nanti.

6. Menuntut Ilmu

Sebagai umat Islam, menuntut ilmu merupakan wajib hukumnya. Hal ini dikarenakan, Allah SWT telah menjanjikan barang siapa umatNya yang menuntut ilmu, maka akan diangkat derajatnya dan diampuni segala dosanya. 

Jadi, dapat dikatakan bahwa, Allah SWT menyukai orang yang suka belajar dan menuntut ilmu baik ilmu untuk bekal di dunia maupun di akhirat.

7. Silaturahmi

Umat Muslim diperintahkan untuk menjaga hubungan baik dengan sesama. Nah, hubungan ini bisa terjalin melalui silaturahmi.

Di samping menjaga hubungan, keutamaan silaturahmi juga bisa mendatangkan pahala, membuka rezeki, memperoleh rahmat dari Allah SWT, dan dipanjangkan umurnya,

8. Memohon Ampun kepada Allah SWT (Bertaubat)

Memohon ampunan Allah SWT adalah amalan penghapus dosa zina dan berbagai jenis dosa lainnya.

Memohon ampunan ini bisa dilakukan dengan cara sholat taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dimbangi dengan memperbaiki diri.

Dengan begitu, segala dosa yang telah diperbuat akan diampuni Allah SWT, dzat Yang Maha Pengampun.

9. Berbakti kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu ajaran dalam agama Islam yang jika dilakukan akan dijanjikan keberuntungan dan dipanjangkan umurnya oleh Allah SWT. Sebagai anak yang baik, wajib berbakti kepada orang tua yang sudah merawat sejak kecil.

10. Berdzikir

Amalan penghapus dosa selanjutnya, yaitu berdzikir. Ada banyak dzikir yang bisa Sahabat amalkan, salah satunya yaitu dzikir pagi dan petang.

Diketahui, salah satu manfaat dzikir pagi dan petang adalah mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Selain itu, dzikir ini juga bisa mendatangkan ketenangan hati.

11. Berperilaku Baik

Perlu diingat, selain melakukan sholat taubat, umat Muslim juga harus memperbaiki perilaku. Berbuatlah baik agar hal ini bisa menjadi penghantar untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Sebagai contoh, memperbaiki sholat 5 waktu, rajin menolong orang, dan lain sebagainya. Selain itu, penting juga untuk menjauhi larangan dan hal-hal yang dibenci oleh Allah SWT

12. Sedekah

Amalan penghapus dosa selanjutnya, yaitu rutin bersedekah. Sedekah merupakan yang dilakukan dengan cara memberikan sedikit hartanya untuk orang lain yang membutuhkan.

Dalam agama Islam, sedekah merupakan salah satu amalan yang paling mulia, sehingga dijanjikan pahala yang besar dari Allah SWT.

Maka dari itu, umat Muslim dianjurkan untuk sedekah rutin dan membantu saudara/saudari yang membutuhkan.

Untuk mengamalkan dan menjalankan perintah ini, Sahabat bisa sedekah di Yatim Mandiri. Platform kami mudah digunakan kapan saja dan di mana saja.

Yuk, perbanyak berbuat kebaikan dan #TumbuhkanHarapan orang-orang yang membutuhkan!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top