7 Manfaat Dzikir Pagi dan Petang, Ini Waktu Pelaksanaannya!

Ada banyak manfaat dzikir pagi dan petang, termasuk diberi perlindungan, hidup lebih tenang, hingga mendapatkan surga. Cek manfaatnya disini!

Salah satu manfaat dzikir pagi dan petang dengan mengucap kalimat yang dicintai Allah SWT adalah dapat menenangkan hati serta pikiran. 

Tak hanya itu, ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan oleh umat Muslim. Namun, sebelum menuju ke pembahasannya, sudahkah Sahabat tahu kapan waktu yang tepat untuk membaca dzikir pagi dan petang?

Ternyata, ada waktu-waktu mustajab yang bisa dimanfaatkan untuk membaca dzikir pagi dan petang, lho.

Nah, untuk mengetahui hal ini secara lebih jelas lagi, mari simak penjelasan waktu dan manfaatnya di artikel ini!

Perintah Dzikir Pagi dan Petang

Perintah Dzikir Pagi dan Petang

Sebelum membahas waktu dan manfaat, umat Muslim harus tahu syariat dzikir pagi dan petang yang diajarkan dalam Islam. Dzikir pagi dan petang dikatakan memiliki keterikatan yang besar terhadap waktu.

Diketahui, ada juga beberapa dalil lainnya yang menjelaskan konteks dzikir ini, agar umat muslim bisa lebih memahaminya dengan baik. 

Salah satu dalil yang menyebutkan tentang perintah dzikir pagi dan petang bagi seluruh umat muslim adalah surah Ar-Rum ayat 17 yang bunyinya:

فَسُبْحَانَ اللَّهِ حِينَ تُمْسُونَ وَحِينَ تُصْبِحُونَ

Arti QS. Ar-Rum ayat 17: “Maka bertasbihlah kepada Allah SWT di waktu umat Muslim berada saat sore hari dan waktu di mana umat Muslim berada di pagi hari”. 

Dari potongan ayat ini, diketahui bahwa umat Muslim memang dianjurkan untuk selalu mengucap dzikir di setiap pagi dan sore.

Kapan Waktu Dzikir Pagi dan Petang yang Tepat?

Kapan Waktu Dzikir Pagi dan Petang yang Tepat

Sebagian besar umat muslim sudah tahu bahwa mereka dianjurkan untuk selalu mengucap dzikir di setiap pagi dan sore, tapi sebagian dari mereka juga belum tahu kapan waktu yang tepat untuk melaksanakannya.

Sebenarnya, sampai saat ini masih ada perbedaan pendapat di antara para ulama mengenai penentuan batas waktu dzikir pagi dan petang. 

Ibnul Jazari pernah menyebutkan dalam kitabnya bahwa, dzikir di pagi hari dapat dimulai dari terbitnya matahari sampai matahari tenggelam.

Hal ini berbeda dengan pendapat Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin yang mengatakan bahwa, dzikir pagi bisa dilakukan sejak matahari terbit hingga waktu zawal. 

Apa yang dimaksud dengan waktu zawal? Waktu zawal adalah waktu di mana matahari bergeser ke arah barat.

Sementara untuk waktu dzikir petang pernah disebutkan oleh Imam Nawawi dan Ibnu Taimiyah yang mengatakan bahwa waktu dzikir petang yang tepat adalah dimulai dari waktu ashar sampai maghrib. Jadi, umat Muslim dapat mengikuti salah satu pendapat dari beberapa ulama ini.

Manfaat Dzikir Pagi dan Petang

Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk selalu beristighfar dan mengucap dzikir di setiap pagi dan petang. 

Perintah ini diberikan bukan tanpa alasan, karena mengucap dzikir di waktu pagi dan petang dapat memberikan berbagai manfaat yang sangat baik di antaranya, yaitu:

1. Dicukupkan Kebutuhannya

Salah satu manfaat dari mengucap dzikir pagi dan petang adalah dapat dicukupkan kebutuhannya. Semua umat Muslim wajib mengetahui bahwa berdzikir dapat membuka pintu rezeki yang lebih lebar. 

Tidak hanya kebutuhan duniawi saja, tapi dzikir juga dapat memenuhi kebutuhan akhirat umat Muslim.

Selain itu, berdzikir juga bisa membuat segala urusan di dunia maupun di akhirat nanti lebih mudah dilalui.

2. Dilindungi oleh Allah SWT

Tidak hanya mendapat manfaat dengan dicukupkan segala jenis kebutuhannya di dunia maupun di akhirat, umat Muslim yang rajin berdzikir setiap hari juga dapat memperoleh perlindungan dari Allah SWT. Sebab, salah satu bentuk dzikir ini bermakna memohon perlindungan kepada Allah SWT.

3. Diberi Ketenangan Hati

Manfaat dzikir pagi dan petang selanjutnya adalah diberi ketenangan hati yang membuat pikiran serta perasaan kita lebih damai. 

Manfaat ini sudah bukan rahasia lagi, karena sudah disebutkan dalam Al Quran surat Ar-Ra’d ayat 28.

Di dalam surat tersebut dikatakan bahwa, hanya dengan mengingat Allah SWT di setiap waktu, umat Muslim dapat memperoleh ketenangan hati. Untuk itu, umat muslim dianjurkan mengucap dzikir di setiap pagi dan petang.

4. Mendapatkan Surga

Siapa yang tidak mau masuk surga? Tentu semua orang menginginkan surga yang dapat membuat kehidupan di akhirat nanti sempurna. 

Allah SWT menjanjikan surga untuk semua umat-Nya yang selalu mengamalkan dzikir di setiap pagi dan petang.

Umat Muslim yang mengucapkan dzikir di pagi hari dengan keyakinan penuh, mereka bisa menjadi penghuni surga yang dilindungi oleh Allah SWT. 

Mengingat kita tidak tahu kapan kita akan meninggal dunia, jadi selalu ucapkan dzikir di setiap kesempatan.

5. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Keutamaan dzikir pagi dan petang yang lainnya adalah membantu umat Muslim mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Dzikir merupakan amalan yang paling disukai oleh Allah SWT, sehingga orang-orang yang rajin berdzikir dapat lebih dengan Tuhan yang Maha Esa.

6. Diampuni Dosanya oleh Allah SWT

Untuk masuk surga, umat Muslim perlu menggugurkan dosanya semasa hidup, dan sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggugurkan dosa. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berdzikir setiap pagi dan petang dengan penuh keyakinan.

7. Menghindarkan Diri dari Perbuatan Keji

Manfaat terakhir mengucap dzikir pagi dan petang adalah untuk menghindarkan diri dari berbagai jenis perbuatan keji yang ada di dunia. 

Manfaat ini dapat diperoleh dengan mengucap dzikir yang berbunyi “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah SWT yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya”. Ucapan dzikir tersebut dapat diucapkan sebanyak 3 kali saat sore hari.

Demikianlah uraian mengenai daftar manfaat dzikir pagi dan petang yang bisa diperoleh oleh umat Muslim. 

Dapat disimpulkan, dzikir pagi dan petang bisa mendatangkan berbagai keberkahan dan manfaat hidup umat Muslim yang mengamalkannya.

Maka dari itu, selalu usahakan untuk mengamalkan dzikir pagi dan petang agar hidup lebih tenang dan mendapat banyak perlindungan.

Selain berdzikir, sempurnakan amalan amalan dengan berbuat kebaikan dan membantu sesama melalui sedekah, infak, dan donasi di website sedekah Yatim Mandiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top