6 Kewajiban Muslim terhadap Muslim Lainnya, Yuk Pahami!

Kewajiban muslim terhadap muslim lainnya adalah menjawab salam, memenuhi undangan, mendoakan, hingga mengantar jenazahnya. Simak di sini!


Langkah awal bagi seluruh umat Islam untuk menjalani kehidupan yang lebih bermakna sepanjang hidupnya adalah menjalankan kewajiban muslim terhadap muslim lainnya. 

Kewajiban ini bisa membangun hubungan yang baik dengan saudara-saudari sesama Muslim, sehingga lebih harmonis.

Ustadz Anas Fauzi pernah menyebutkan bahwa kewajiban Muslim terhadap sesama Muslim lainnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Nah, untuk mengetahui apa saja kewajiban yang dimaksud tersebut, simak artikel ini sampai akhir!

Hadits Kewajiban Muslim terhadap Muslim Lainnya

Kewajiban seorang Muslim terhadap sesama Muslim lainnya sudah pernah disebutkan dalam hadits.

Dalam hal ini, Nabi Muhammad SAW diketahui pernah bersabda, bahwa ada 6 hak kewajiban seorang muslim terhadap muslim lainnya. Adapun bunyi hadisnya, yaitu:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم حَقُّ اَلْمُسْلِمِ عَلَى اَلْمُسْلِمِ سِتٌّ: إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ, وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ, وَإِذَا اِسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْهُ, وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اَللَّهَفَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ, وَإِذَا مَاتَ فَاتْبَعْهُ . رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Di dalam hadits ini disebutkan bahwa kewajiban muslim terhadap sesama muslim lainnya dapat dikategorikan sebagai perintah yang dituntut untuk dikerjakan oleh seluruh umat Islam.

6 Kewajiban Muslim terhadap Muslim Lainnya

Dari penjelasan sebelumnya, diketahui bahwa, Rasulullah menyebutkan, ada 6 kewajiban Muslim terhadap Muslim lainnya.

Nah, apa saja kewajiban tersebut? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Menjawab Salam

Kewajiban Muslim terhadap Muslim lainnya yang pertama adalah menjawab salam. Bagaimana, tidak sulit, kan?

Jadi, apabila ada seorang Muslim ]yang mengucapkan salam, maka Sahabat wajib menjawabnya dengan benar. 

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, bahwa seluruh umat Muslim dianjurkan untuk mengucap salam terlebih dahulu sebelum mereka memulai berbicara dengan sesama Muslim lainnya.

2. Memenuhi Undangan

Memenuhi undangan juga termasuk salah satu kewajiban Muslim terhadap Muslim lainnya. Namun, undangan ini hanya berlaku untuk undangan yang baik dan positif.

Selain itu, umat Muslim juga wajib datang meskipun sebelumnya orang yang mengundang itu tidak datang ke undangan kita.

Selama umat muslim tidak berhalangan untuk menghadiri acara tersebut, maka mereka wajib memenuhi undangan yang diterimanya. 

Hal ini pernah disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW, barang siapa yang tidak memenuhi undangannya, maka mereka telah berbuat maksiat kepada Allah SWT.

3. Menjenguk yang Sakit

Hak muslim terhadap muslim lainnya selanjutnya adalah menjenguk yang sedang sakit. Mulai dari saudara, teman, maupun kerabat lainnya yang sedang sakit.

Sebab, kehadiran kita bisa memberikan semangat kepada orang yang sedang sakit. Maka dari itu, Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya untuk menjenguk yang sakit.

Nah, saat menjenguk orang sakit, jangan lupa untuk membacakan doa untuk orang yang sedang sakit, ya. Hal ini ditujukan agar orang tersebut segera diberi kesembuhan oleh Allah SWT.

4. Menasehati

Selanjutnya, kewajiban Muslim terhadap Muslim lainnya, adalah menasehati. Memberikan nasehat sama halnya dengan ketika mendorong orang tersebut untuk menjadi lebih baik.

Selain menasehati, umat Muslim juga perlu membantu dan mendukung hal-hal baik yang dikerjakan oleh Muslim lainnya.

5. Mendoakan yang Bersin

Masih belum banyak yang tau, mendoakan orang bersin juga merupakan kewajiban Muslim terhadap Muslim lainnya, lho. Hal ini pernah disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW bersabda, segala puji bagi Allah SWT dalam segala jenis kondisi, umat Muslim dianjurkan untuk selalu mendoakan saudaranya yang sedang bersin. 

Jadi, jangan melupakan tentang kewajiban ini ketika melihat atau mendengar orang di sekitar kita sedang bersin.

6. Mengantarkan Jenazahnya

Kewajiban terakhir dari seorang Muslim kepada sesama Muslim lainnya adalah mengantarkan atau melayat jenazah. 

Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan, bahwa barang siapa yang mengantar jenazahnya serta mengangkatnya sebanyak 3 kali, maka mereka telah memenuhi kewajibannya.

Jadi, ketika ada tetangga, teman, atau saudara yang meninggal, kita wajib mengantarkan jenazah atau takziah ke rumah duka.

Itulah dia sederet kewajiban Muslim terhadap Muslim lainnya. Setelah mengetahui dan memahami setiap kewajibannya, jangan lupa untuk menerapkannya, ya!

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa, kewajiban Muslim terhadap Muslim lainnya adalah mendoakan, menasehati, dan menolong mereka ketika mengalami kesulitan.

Membahas soal memberikan pertolongan, marilah kita mendukung saudara-saudara Muslim yang ingin berbuat kebaikan.

Dalam hal ini, ada saudara Mualaf yang membutuhkan bantuan kita untuk belajar dan memperdalam ilmu agama mereka.

Adapun cara untuk membantu mereka adalah dengan ikut serta dalam program Peduli Mualaf yang diselenggarakan oleh Yatim Mandiri.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top