Kumpulan Doa untuk Orang yang Sedang Sakit dan Amalannya

Simak beberapa doa untuk orang yang sedang sakit merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk memohon kesembuhan kepada Allah SWT.


Membaca doa untuk orang yang sedang sakit adalah salah satu cara terbaik untuk membantu kesembuhan mereka. Orang yang sedang sakit perlu untuk diberi semangat dan didoakan agar kesehatannya cepat pulih seperti sedia kala.

Mengamalkan doa untuk kesembuhan orang lain sangat penting dilakukan sebagai bentuk rasa simpati, empati, dan dukungan kepada mereka. Selain itu, membaca doa ini juga memiliki banyak keutamaan baik bagi yang mendoakan, maupun yang didoakan.

Doa ini sangat dianjurkan dalam Islam dan telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, doa untuk orang yang sedang sakit sebaiknya diajarkan kepada anak-anak sejak masih kecil. Lantas, bagaimana bacaan doanya? Simak kumpulan doa untuk orang yang sedang sakit yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam artikel berikut ini.

Kumpulan Doa untuk Orang yang Sedang Sakit

Sebagai bentuk kepedulian kepada teman, saudara, keluarga, atau orang lain yang sedang sakit, umat Islam dianjurkan untuk mendoakan mereka. Doa yang diamalkan dengan tulus akan membantu kesembuhan bagi orang-orang yang sedang sakit. Berikut adalah kumpulan doa kesembuhan untuk orang-orang yang sedang sakit.

1. Doa Kesembuhan untuk Diri Sendiri

Doa Kesembuhan untuk Diri Sendiri

Jika melihat orang yang sedang sakit, hendaklah berdoa untuk kesembuhan mereka. Berikut bunyi doanya:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma rabban-nasi adzhibil-ba’sa isyfi antas-syafii laa syifaa-a illa syifaa-uka syifaa-an laa yughaadiru saqama.”

Artinya:

“Ya Allah, Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah penyakit, sembuhkanlah, Engkau lah yang menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.”

2. Doa untuk Kesembuhan Orang Tua yang Sedang Sakit

Doa Kesembuhan untuk Orang Tua yang Sedang Sakit

Ketika orang tua sedang sakit, sebagai anak hendaknya mendoakan untuk kesembuhan orang tua. Berikut doa untuk memohon kesembuhan orang tua:

اللَّهُمَّ اشْفِ أَبَا وَأُمَّتِي مِنَ الدَّاءِ وَقِهِمَا مَكْرُوهَ الْأَلَمِ وَرَفِقْ بِهِمَا فِي الْعَافِيَةِ

“Allahumma ashfi aba wa ummati minad daai wa qihima makruhal alami wa rafiq bihimaa fil ‘aafiyati.”

Artinya:

“Ya Allah, sembuhkanlah ayah dan ibu kami dari penyakit, hindarkanlah mereka dari kesakitan yang tidak disukai, dan berilah kelembutan pada mereka dalam keadaan sehat.”

3. Doa untuk Orang yang Sedang Sakit (Perempuan)

Doa untuk Orang yang Sedang Sakit Khusus Perempuan

Ketika saudara perempuan sedang sakit, doakan mereka agar cepat sembuh sesuai ajaran dalam Islam. Berikut doa yang bisa diamalkan untuk memohon kesembuhan saudari perempuan yang sedang sakit.

اللَّهُمَّ اشْفِ عَبْدَتَكَ يَا شَافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءٌ لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma syafi ‘abdatika ya syafi la syifa-a illa syifa-uka syifa-an la yughadiru saqaman.”

Artinya:

“Ya Allah, sembuhkanlah hamba-Mu ini (untuk perempuan), wahai Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, sembuhkanlah ia sehingga tidak ada penyakit yang tersisa.”

4. Doa untuk Orang yang Sakit (Laki-laki)

Doa untuk Orang yang Sedang Sakit Khusus Laki-Laki

Mendoakan orang yang sedang sakit tidak memandang perempuan atau laki-laki. Sebelumnya, telah dijelaskan doa kesembuhan untuk saudari yang sedang sakit. Lantas, bagaimana jika orang yang sakit adalah laki-laki?

Soal ini, Sahabat bisa membacakan doa untuk orang yang sedang sakit khusus laki-laki berikut ini:

أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

“As-alu Allah al-‘azhima rabb al-‘arshi al-‘azhimi an yashfiyak.”

Artinya:

“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan Pemilik ‘Arsy yang Agung, agar menyembuhkanmu (untuk laki-laki).”

5. Doa Kesembuhan untuk Pasangan 

Selain beberapa doa yang sudah disebutkan, ada pula doa kesembuhan yang bisa dipanjatkan ketika suami atau istri sedang sakit. Adapun doa untuk orang yang sedang sakit, khususnya pasangan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

“Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan.”

Artinya:

“Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad. Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad.”

Kata Sa’dan di dalam doa tersebut bisa diganti dengan nama pasangan yang sedang sakit. Selain untuk pasangan, doa ini juga bisa digunakan untuk memohon kesembuhan bagi kerabat atau keluarga.

6. Doa Kesembuhan yang Diajarkan Nabi Ayyub

Doa untuk Orang yang Sedang Sakit yang Diajarkan Nabi Ayyub AS

Masih ingat kisah Nabi Ayyub AS yang diberikan cobaan berupa sakit kulit selama bertahun-tahun hingga ditinggalkan oleh anak dan saudaranya. Meskipun menderita akibat penyakit tersebut, Nabi Ayyub tidak pernah mengeluh dan justru selalu berdoa kepada Allah.

Dari kisah tersebut, terdapat pelajaran bagi umat Islam untuk selalu berdoa dan meminta kesembuhan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Berikut doa untuk kesembuhan yang diajarkan Nabi Ayyub AS.

رَبِّ أَنِّى مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

“Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.”

Artinya:

“(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (QS. An-Anbiya:83).

Baca Juga: Doa Sakit Gigi Agar Cepat Sembuh yang Diajarkan Rasulullah

Amalan yang Bisa Dilakukan Saat Sakit Agar Cepat Sembuh 

Seorang Laki-Laki sedang Berbaring di tempat tidur rumah sakit dan berikhtiar agar segera sembuh

Selain berdoa dan memohon kesembuhan kepada Allah SWT, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan agar cepat pulih dan terbebas dari penyakit. Berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh orang sakit agar cepat sembuh:

1. Ikhtiar Melakukan Pengobatan 

Ikhtiar dalam melakukan pengobatan merupakan bentuk amalan yang bisa dilakukan agar penyakit yang diderita cepat sembuh. Tanpa usaha atau ikhtiar, penyakit tersebut tentu tidak akan bisa sembuh dengan sendirinya, kecuali atas mukjizat dari Allah SWT.

Bentuk ikhtiar yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit, yaitu berobat ke dokter, minum obat-obatan, beristirahat yang cukup, makan yang bergizi, dan tindakan-tindakan lainnya yang bisa menyembuhkan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Berobatlah wahai hamba Allah. Sesungguhnya Allah ta’ala tidaklah menciptakan suatu penyakit, melainkan Allah juga menciptakan obatnya. Kecuali satu penyakit, yaitu tua.”

2. Berdoa

Berdoa merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang dilakukan dengan pertolongan Allah. Ada banyak doa untuk orang yang sedang sakit yang diajarkan oleh nabi dan bisa diamalkan ketika sedang sakit atau saat menjenguk orang yang sedang sakit.

Berdoa juga merupakan bentuk keyakinan kepada Allah SWT yang memiliki kuasa untuk mencabut dan menghilangkan segala penyakit. Oleh karena itu, orang yang sedang sakit dianjurkan untuk memperbanyak doa dan memohon kesembuhan kepada Allah SWT.

3. Bersedekah 

Selain berobat secara medis dan berdoa, salah satu ikhtiar yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah bersedekah. Sebagaimana hadis dari Abdullah bin Mas’ud dan Ubadah bin Shomit RA, Nabi SAW bersabda:

“Obatilah orang yang sedang mengalami sakit di antara kalian dengan cara bersedekah.” (Hadis ini dianggap sebagai hadis hasan oleh Syeikh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ dan Shahih At-Targhib).

Oleh karena itu, bagi orang-orang yang sedang berjuang untuk sembuh dari suatu penyakit, hendaknya ikhtiar dengan melakukan pengobatan baik secara medis, maupun dengan cara memperbanyak sedekah, terutama sedekah untuk kepada anak yatim dan dhuafa.

Bagi Sahabat yang ingin bersedekah untuk kesembuhan, maka bisa bersedekah melalui platform donasi online milik Yatim Mandiri. Di platform ini, Sahabat bisa bersedekah dengan mudah, cepat, serta tepat sasaran.

4. Dzikir 

Selain doa untuk kesembuhan orang yang sedang sakit, amalan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit yaitu berdzikir. Dengan berdzikir, maka seorang muslim akan senantiasa mengingat Allah SWT bahkan dalam keadaan sulit sekalipun.

Berdzikir juga bisa mendatangkan keyakinan kepada Allah SWT yang bisa menyembuhkan segala penyakit. Berdzikir juga mengingatkan umat Islam untuk selalu bertawakal atau berserah diri dan bersabar atas segala ketetapan Allah SWT.

Keutamaan Membaca Doa untuk Orang yang Sakit 

Seorang Laki-Laki flu sedang uduk mengenakan selimut dan menutup hidungnya menggunakan tisu.

Membaca doa untuk orang yang sedang sakit memiliki banyak keutamaan baik bagi yang mendoakan, maupun bagi orang yang sedang sakit. Berikut adalah keutamaan membaca doa untuk orang yang sakit.

1. Memberikan Ketenangan kepada Orang yang Sedang Sakit

Keutamaan membaca doa untuk kesembuhan orang yang sedang sakit, yaitu memberikan ketenangan hati dan memperkuat iman. Jika hati tenang, beban perasaan dan rasa sakit akan terasa lebih ringan.

Dengan begitu, orang yang sedang sakit bisa menjalankan proses pemulihan dan pengobatan dengan hati yang tenang dan lapang. Hal ini tentu sangat baik dalam mendukung proses pengobatan agar mereka cepat sembuh.

2. Diberikan Kesembuhan dan Perlindungan 

Orang yang berdoa dengan tulus dan ikhlas ketika sakit akan diberikan kesembuhan dan perlindungan oleh Allah SWT. Doa ketika sakit juga akan memberikan ketenangan dan kekuatan agar mereka semangat untuk sembuh kembali sembuh.

3. Meningkatkan Iman dan Ketaqwaan

Membaca doa orang yang sedang sakit bisa meningkatkan iman dan ketaqwaan seseorang. Pasalnya, membaca doa ini membuat orang yang sedang sakit untuk tawakal dan menyerahkan kesembuhannya kepada Allah SWT.

Lebih dari itu, keutamaan membaca doa orang yang sedang sakit juga bisa mendatangkan perlindungan dari Allah SWT.

Itulah kumpulan doa untuk orang yang sedang sakit. Membaca doa ini bisa menjadi salah satu bentuk untuk mendapatkan kesembuhan. Selain berdoa, umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan lainnya, seperti dzikir dan bersedekah yang bisa mendatangkan kesembuhan dari segala penyakit.

Jadi, jika diri sendiri, saudara, keluarga, pasangan, atau teman sedang mendapatkan musibah berupa sakit, jangan lupa untuk membaca doa kesembuhan, ya.

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.