10 Kegiatan Ramadhan Kreatif di Rumah dan Sekolah

Apa saja kegiatan Ramadhan kreatif yang dapat membuat anak-anak senang dan bersemangat? Berikut adalah beberapa daftar kegiatannya!

Untuk mengajarkan anak-anak berpuasa sejak kecil, orang tua harus mengetahui bagaimana kegiatan Ramadhan kreatif yang dapat membuat anak-anak semakin bersemangat untuk berpuasa.

Maka dari itu, di sini kami akan membagikan beberapa kegiatan kreatif yang bisa dilakukan selama Ramadhan.

Sampai saat ini, kegiatan Ramadhan masih menjadi momen yang selalu ditunggu oleh semua umat muslim, karena momen ini tidak bisa datang setiap hari dan hanya bisa dilakukan selama satu bulan itu saja.

Jadi, para orang tua bisa mengajak anak-anaknya untuk melakukan kegiatan tersebut.

Nantinya, beberapa kegiatan Ramadhan ini tidak hanya bisa dilakukan di rumah saja, tapi juga bisa dilakukan di sekolah bersama dengan guru-guru dan teman-temannya.

Dengan begitu, anak-anak bisa lebih mudah untuk melatih diri berpuasa selama bulan Ramadhan.

Baca juga: 10 Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak SD yang Menyenangkan

10 Kegiatan Ramadhan Kreatif yang Dapat Membuat Anak Senang

Meski tubuh merasa lelah dan haus, umat muslim tetap tidak boleh bermalas-malasan selama berpuasa.

Ada begitu banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang selama bulan Ramadhan.

Bahkan, beberapa kegiatan ini juga bisa dilakukan bersama dengan anak-anak.

Dengan melakukan beberapa kegiatan ini bersama dengan anak-anak, mereka bisa lebih bersemangat untuk berlatih berpuasa penuh.

Sebab, mereka bisa melupakan perasaan bosan, lelah, lapar, dan haus selama sedang berpuasa. Lantas, apa kegiatan kreatif yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan?

1. Mengikuti Kajian Online bersama Anak

Kegiatan ini tidak perlu dilakukan di luar rumah dan bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan smartphone atau laptop serta jaringan internet yang stabil.

Pada saat mendengarkan kajian online tersebut, para orang tua bisa mengajarkannya secara langsung kepada anak-anaknya.

Dalam arti lainnya adalah informasi-informasi yang didapatkan dari kajian tersebut bisa disampaikan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami kepada anak-anak.

Untuk lebih mudahnya, orang tua juga bisa memilih kajian yang dapat diikuti dengan anak-anak juga, sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan ketika mendengarkannya.

2. Membuat Kartu Ucapan Ramadhan

Pada dasarnya, bulan Ramadhan adalah waktu yang paling tepat bagi umat muslim untuk bersilaturahmi dengan orang-orang terdekatnya.

Para orang tua bisa mulai mengajarkan kebiasaan ini kepada anak-anaknya sejak sedini mungkin, sehingga mereka bisa selalu mengingatnya hingga besar.

Selama bersilaturahmi dengan orang-orang terdekat, umat muslim bisa saling bertukar kartu ucapan Ramadhan yang berisi tentang susunan kalimat positif.

Nantinya, ajak anak-anak untuk membuat desain kartu ucapannya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan menarik yang ada di sekitarnya.

Baca Juga : 7 Doa Menyambut Puasa Ramadhan yang Bisa di Lakukan

3. Membuat Video Perjalanan Ramadhan

Kegiatan Ramadhan kreatif ini bisa dilakukan untuk menjadikan momen-momen selama berpuasa menjadi momen yang lebih berkesan dan dapat ditonton ulang di kemudian hari.

Sebab, suasana Ramadhan sangatlah berkesan dan membuat anak-anak lebih merasa bahagia.

Suasana Ramadhan yang berkesan ini dapat diabadikan dengan sebuah video yang direkam oleh sang anak sendiri.

Dengan begitu, mereka bisa menonton ulang video Ramadhan tersebut ketika mereka sudah dewasa.

4. Tadarus

Selama bulan Ramadhan pintu pahala akan dibuka dengan selebar mungkin, sehingga umat muslim tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini begitu saja.

Dalam hal ini, para orang tua bisa mengajarkan anak-anaknya untuk mengaji bersama atau tadarus selama bulan Ramadhan di masjid terdekat.

Untuk membuat kegiatan Ramadhan kreatif di masjid ini terasa lebih menyenangkan, buatlah grup bersama yang berisi anak-anak seumuran.

Meski begitu, tetapkan aturan juga bahwa mereka tidak boleh main terlebih dahulu selama mengaji bersama.

Dengan begitu, mereka bisa mulai terbiasa untuk mengaji ketika bulan Ramadhan tiba.

5. Buka Puasa Bersama

Anak-anak akan selalu senang ketika bisa berkumpul bersama dengan teman-temannya, sehingga kegiatan ini bisa dilakukan oleh para orang tua atau guru untuk menyenangkan anak-anaknya tersebut.

Kegiatan buka puasa bersama ini bisa dilakukan di rumah, sekolah, masjid, ataupun tempat lainnya.

Nantinya, setelah anak-anak berbuka puasa dengan hidangan yang mereka sukai, lanjutkan kegiatan tersebut dengan kegiatan lain yang tidak kalah bermanfaat dan menyenangkan seperti ceramah, bertukar hadiah, mengaji bersama, dan lain sebagainya.

6. Pesantren Kilat

Pesantren kilat adalah kegiatan Ramadhan kreatif di sekolah yang sudah sering diselenggarakan di sekolah-sekolah Indonesia.

Pada dasarnya, pesantren kilat merupakan kegiatan di sekolah yang dapat diikuti oleh seluruh siswa untuk menghidupkan nilai-nilai keagamaan selama bulan Ramadhan.

Biasanya, kegiatan ini hanya berlangsung selama 1-2 minggu pertama bulan Ramadhan saja. Meski begitu, manfaat yang dapat diberikan dari kegiatan ini sangatlah besar.

Dengan mendaftarkan anak ke kegiatan ini, orang tua bisa lebih mudah untuk mengajarkan kepada anak-anaknya mengenai makna puasa.

7. Membangunkan Sahur (Sahur on the Road)

Kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan anak-anak bersama dengan teman-temannya selama bulan Ramadhan adalah membangunkan sahur atau sahur on the road.

Bahkan, dari semua kegiatan yang telah kami sebutkan, kegiatan ini adalah yang paling ditunggu-tunggu banyak orang.

Hal ini terjadi karena kegiatan sahur on the road bisa dilakukan beramai-ramai dan dengan menggunakan alat-alat yang unik untuk membangunkan orang-orang sahur.

Maka dari itu, ada banyak anak kecil di Indonesia yang tertarik untuk melakukan kegiatan ini selama bulan Ramadhan.

8. Bagi-Bagi Takjil

Anak-anak harus diajarkan tentang makna berbagi sejak sedini mungkin. Salah satu kegiatan Ramadhan ini bisa dimanfaatkan oleh para orang tua untuk mengajarkan tentang makna berbagi kepada anak-anaknya.

Pada dasarnya, mengisi hari-hari di bulan Ramadhan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat adalah wajib hukumnya.

Maka dari itu, orang tua harus mengajak anak-anaknya untuk membiasakan diri melakukan kegiatan-kegiatan yang positif selama bulan Ramadhan ini.

Pada saat waktu berbuka mulai dekat, orang tua ataupun guru bisa mengajak anak-anaknya untuk berbagi takjil ke orang-orang yang membutuhkannya.

Biasanya, kegiatan ini sering dilakukan di pinggir jalan raya, agar orang-orang yang masih berada dalam perjalanan bisa berbuka dengan makanan yang layak.

9. Membuat Minuman Berbuka Puasa yang Sederhana

Agar anak-anak lebih merasa bersemangat untuk menunaikan ibadah puasanya tersebut, orang tua bisa mengajak anaknya untuk membuat minuman berbuka puasa yang sederhana.

Dengan begitu, rasa lapar dan haus yang dirasakan oleh sang anak bisa teralihkan ke kegiatan yang lebih positif.

Selain itu, kegiatan ini juga bisa mengajarkan kepada anak-anak untuk lebih berhemat selama bulan Ramadhan.

Sebab, membuat minuman berbuka sendiri di rumah dapat lebih hemat jika dibandingkan dengan membelinya di tempat lain.

10. Melakukan Kegiatan Bersih-Bersih Rumah

Kegiatan Ramadhan kreatif di rumah ini bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mengajarkan kepada anak-anaknya, agar selalu menjaga kebersihan yang ada di lingkungan sekitarnya.

Kegiatan ini juga bisa membuat anak-anak lebih merasa bersemangat untuk menunggu buka puasa.

Dengan begitu, perasaan bosan yang sedang dirasakannya tersebut perlahan bisa menghilang dan anak-anak bisa berhasil menjalankan puasanya hingga buka puasa di waktu yang tepat.

Dengan melihat informasi yang ada di artikel ini, orang-orang jadi bisa tahu bahwa sebenarnya ada banyak kegiatan Ramadhan kreatif yang bisa dilakukan bersama dengan anak-anaknya.

Jadi, mereka tidak akan kesulitan untuk mengajak anaknya berpuasa hingga adzan maghrib tiba.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
kurban pop up