8 Kebutuhan Bulan Ramadhan, Jangan Sampai Kelewatan!

Kebutuhan bulan Ramadhan wajib dipersiapkan sebelum bulan puasa tiba untuk memudahkan masak sahur dan berbuka, serta menghindari pemborosan.

Pasalnya, tidak sedikit kebutuhan yang harganya mendadak melonjak naik ketika mendekati bulan Ramadhan tiba.

Jadi, ada baiknya untuk membeli barang-barang dan kebutuhan pokok lebih awal, sebelum harganya melambung tinggi.

Tidak hanya untuk menghemat budget, membeli kebutuhan bulan Ramadhan lebih awal juga akan memudahkan Sahabat untuk merencanakan makan sahur dan berbuka.

Lantas, apa saja kebutuhan bulan Ramadhan yang harus dibeli dan dipersiapkan? Simak penjelasannya berikut ini:

Kebutuhan Bulan Ramadhan yang Harus Dipersiapkan

Selama menjalani ibadah puasa, tubuh akan mengalami perubahan pola makan, sedangkan semua aktivitas tetap berjalan dengan normal. 

Agar tubuh tetap fit dan kuat saat puasa, pastikan untuk menyantap makanan enak dan bergizi serta konsumsi vitamin.

Dalam rangka bisa merencanakan makanan sahur dan buka puasa yang sehat dan bergizi, ada baiknya untuk mempersiapkan kebutuhan bulan Ramadhan berikut ini:

1. Bumbu Dapur

Kebutuhan bulan Ramadhan yang harus ada di rumah adalah bumbu dapur. Sebagai masyarakat Indonesia yang selalu mengkonsumsi masakan dengan bumbu yang kuat, ketersediaan bumbu dapur tidak bisa dilewatkan ketika menjalani ibadah puasa.

2. Telur

Telur menjadi kebutuhan kedua yang wajib ada di rumah ketika menjalankan ibadah puasa. Telur merupakan bahan makanan yang bergizi tinggi dan sangat mudah diolah. 

Adapun beberapa contoh olahan telur, antara lain telur dadar, ceplok, balado, bahkan kukus.

Karena kemudahannya inilah, telur wajib ada di rumah ketika berpuasa. Dengan begitu, Sahabat tidak perlu ribet memasak menu sahur dan berbuka.

3. Daging-Dagingan

Daging adalah salah satu makanan yang bergizi, sehingga penting untuk dimasukkan dalam list kebutuhan Ramadhan.

Selain bergizi, daging juga merupakan bahan makanan yang mudah disimpan, sehingga agenda memasak selama bulan puasa akan semakin praktis.

4. Beras

Sering sekali terjadi fenomena harga beras semakin tinggi ketika memasuki bulan Ramadhan. Pasalnya, permintaan beras semakin meningkat.

Hal ini mungkin terjadi karena selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk sahur dan buka puasa, umat Muslim membutuhkan beras untuk menunaikan zakat fitrah.

Zakat fitrah merupakan hal wajib yang harus dilakukan ketika bulan Ramadhan. Jika sudah menyediakan beras sejak sebelum memasuki bulan Ramadhan, maka hati sudah tenang karena tidak harus membeli beras ketika harga tinggi karena banyaknya permintaan pasar.

5. Sayur dan Buah

Kebutuhan bulan Ramadhan selanjutnya, yaitu sayur dan buah. Kedua makanan ini penting untuk membantu menjaga kesehatan tubuh selama puasa.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Sahabat membeli stok buah dan sayur untuk persiapan puasa Ramadhan 1445 H ini.

Nah, agar kedua bahan organik ini bisa bertahan lama, Sahabat bisa memasukkannya ke kulkas dan menerapkan cara penyimpanan yang benar.

Meski demikican, perlu diingat bahwa sayur dan buah tidak bisa disimpan selama berminggu-minggu, ya. Jadi, lebih baik dicek secara berkala.

6. Minyak Goreng

Minyak goreng adalah salah satu kebutuhan bulan Ramadhan yang harganya selalu naik setiap tahunnya.

Di bulan Ramadhan, minyak goreng tidak hanya dijadikan sebagai bahan untuk membuat makanan saja. Bahan satu ini. juga kerap dijadikan sebagai isian parsel.

Mengingat minyak goreng dapat bertahan lama jika disimpan dengan benar, maka sebaiknya membeli stok minyak goreng sebelum masuk bulan Ramadhan.

Dengan begitu, Sahabat akan terhindar dari lonjakan harga minyak, sehingga budget yang dikeluarkan akan lebih hemat.

7. Vitamin dan Obat Pribadi

Menjaga kesehatan menjadi hal penting selama menjalani ibadah puasa sebulan penuh. Maka dari itu, penting untuk menyediakan obat-obatan pribadi yang sekiranya dibutuhkan.

Bila perlu, Sahabat juga bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi kesehatan dan obat apa saja yang harus dipersiapkan.

Dengan begitu, ketika Sahabat merasakan gejala sakit, bisa langsung mengonsumsi obat-obatan yang sudah disiapkan sebelumnya.

Di samping obat, penting juga untuk menyediakan vitamin atau suplemen guna menjaga kekebalan tubuh.

8. Keperluan Rumah Tangga

Keperluan rumah tangga menjadi kebutuhan yang terakhir yang wajib ada ketika menjalani ibadah puasa. 

Kebutuhan rumah tangga setiap orang akan berbeda-beda, sehingga ada baiknya melakukan pencatatan apa saja sekiranya kebutuhan yang wajib ada ketika menjalani ibadah puasa.

Itulah dia beberapa kebutuhan bulan Ramadhan yang harus disediakan. Mempersiapkan kebutuhan bulan Ramadhan dapat membantu Sahabat untuk lebih hemat dan bisa merencanakan pengeluaran dengan baik.

Oh ya, selain menyediakan berbagai kebutuhan yang sudah disebut di atas, penting juga untuk menyiapkan hal-hal yang menjadi kewajiban kita di bulan Ramadhan, yaitu zakat fitrah.

Pastikan Sahabat sudah menyiapkan zakat fitrah untuk diri sendiri atau bahkan untuk seluruh anggota keluarga. Hal ini ditujukan agar Sahabat tidak lupa membayarnya.

Nah, jika Sahabat ingin membayar zakat fitrah, pilihlah Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang terpercaya, seperti Yatim Mandiri.

Yatim Mandiri telah beroperasi selama 30 tahun dan telah mendapatkan izin dari Kementerian Agama (Kemenag).

Tenang saja, kami akan memastikan zakat fitrah yang Sahabat bayarkan disalurkan ke orang-orang yang berhak menerimanya. Yuk, bayar zakat fitrah melalui Yatim Mandiri!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top