Kumpulan Doa Selamat Dunia dan Akhirat, Yuk Amalkan!

Doa selamat dunia akhirat memiliki keutamaan bagi siapapun yang mengamalkannya. Simak kumpulan doa selamat dunia dan akhirat beserta keutamaannya.

Doa selamat dunia dan akhirat adalah salah satu doa yang selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini sangat dianjurkan dalam agama Islam karena memiliki banyak keutamaan apabila diamalkan secara rutin.

Doa agar selamat dunia akhirat berisi permohonan dan harapan untuk memperoleh keberkahan, kebahagiaan, serta keselamatan dunia dan akhirat.

Doa ini juga berisi permohonan agar dihindarkan dari siksa kubur, siksa neraka, dan kesengsaraan di akhirat.

Banyak orang yang belum mengetahui doa selamat dunia dan akhirat, padahal doa ini sangat penting karena merupakan sunnah yang sangat dianjurkan.

Oleh karena itu, simak pembahasan berikut untuk mengetahui kumpulan doa agar selamat dunia akhirat.

Berbagai Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Doa agar selamat dunia akhirat biasanya dibaca setelah selesai menjalankan salat, baik fardhu atau sunnah. Berikut adalah kumpulan doa agar selamat dunia dan akhirat lengkap yang bisa dihafalkan dan diamalkan setiap hari.

1.   Doa Agar Selamat Dunia dan Akhirat Panjang

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَ قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةً مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَعِنْدَ الْحِسَابِ، رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ، رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti, allahummaa hawwin ‘alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaabi, rabbanaa laa tuzigh quluubana ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa ‘adzaa ban naar.”

Artinya:

“Ya Allah, Kami memohon ampun kepada-Mu untuk keselamatan dalam agama, kesehatan pada tubuh, dan limpahan ilmu, dan keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut dan juga rahmat pada saat datang maut, dan ampunan sesudah datangnya maut.

Ya Allah, mudahkan kami saat pencabutan nyawa, selamatkan dari api neraka, dan juga ampunan pada saat hisab.”

2.   Doa Selamat Dunia dan Akhirat Pendek

Doa ini menjadi doa yang paling sering digunakan, terutama sesudah menjalankan ibadah shalat fardhu. Berikut adalah doa agar selamat dunia dan akhirat yang pendek.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari.”

Artinya:

“Ya Tuhan Kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan akhirat, serta pelihara kami dari siksa api neraka.”

3.   Doa Selamat dan Keteguhan Iman

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Rabbanaghfir alaina shabran wa tsabbit aqdaamana wanshurna ala-qaumil-kaafirin.”

Artinya:

“Ya Tuhan Kami, limpahkanlah ketabahan kepada kami, tetapkanlah pendirian kami, dan menangkan kami atas orang-orang yang kafir.”

اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim.”

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah, dan atas kehendak-Nya tidak ada sesuatu di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

4.   Doa Selamat Dunia dan Akhirat untuk Orang Tua

Setiap anak harus mendoakan orang tuanya agar doa orang tuanya diampuni dan selamat dunia akhirat. Berikut doa yang bisa diamalkan untuk memohon keselamatan orang tua, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbighfir lii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shagiiran.”

Artinya:

“Ya Tuhanku, ampunilah dosa-dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka telah menyayangi aku sewaktu kecil.”

Waktu Terbaik Membaca Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Sebenarnya, tidak ada ketentuan atau batasan waktu untuk berdoa kepada Allah SWT. Namun, ada beberapa waktu terbaik untuk membaca doa agar doa tersebut dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut adalah waktu terbaik membaca doa selamat dunia dan akhirat.

1. Setelah Adzan

Waktu setelah adzan dianggap sebagai waktu yang mustajab, dimana Allah akan mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh hamba-Nya pada waktu tersebut. Jadi, doa agar selamat dunia akhirat bisa dibaca setelah adzan agar lebih mudah untuk dikabulkan.

2. Selepas Salat

Memanjatkan doa setelah shalat, baik shalat fardhu maupun sunnah merupakan hal yang dianjurkan dan memiliki banyak keutamaan. Membaca doa selamat dunia dan akhirat juga sangat dianjurkan dilakukan pada saat selesai shalat.

3. Pada Saat Sujud

Sujud dalam shalat juga menjadi waktu yang mustajab (mendekati diterima) untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa saat melakukan sujud dalam shalat.

4. Sepertiga Malam Terakhir

Sepertiga malam Terakhir atau sebelum masuk fajar adalah waktu yang dianjurkan bagi umat muslim untuk bangun dan menjalankan ibadah, termasuk memanjatkan doa. Pada waktu ini, para malaikat turun untuk mencatat dan membawa doa umat kepada Allah SWT.

5. Hari Jumat

Hari Jumat dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk membaca doa selamat dunia dan akhirat. Rasulullah SAW menyebut bahwa waktu antara khutbah pertama dan kedua adalah waktu yang sangat memungkinkan untuk dikabulkannya doa-doa.

6. Bulan Ramadhan

Tidak diragukan lagi bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan keutamaan dibandingkan bulan lainnya. Selama bulan Ramadhan, doa-doa yang dipanjatkan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Adab Membaca Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

Dalam membaca doa selamat dunia dan akhirat, ada beberapa adab yang harus diikuti agar doa tersebut dapat diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut adab memanjatkan doa untuk keselamatan dunia dan akhirat:

  1. Diawali dengan niat yang ikhlas dan ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah.
  2. Membaca doa dengan memperhatikan tajwid atau hukum bacaan yang baik dan benar.
  3. Menghadap kiblat saat membaca doa sebagai tanda ketaatan dalam berdoa kepada Allah SWT.
  4. Membaca doa dengan hati yang khusyuk dan penuh penghayatan serta keyakinan kepada Allah yang Maha Mendengar.
  5. Mengulang doa beberapa kali untuk menambah keputusan dalam berdoa.
  6. Memperhatikan waktu terbaik untuk berdoa yang dianjurkan dalam Islam.
  7. Mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
  8. Setelah membaca doa, sampaikan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.
  9. Berdoa dengan rendah hati dan kesadaran akan kelemahan dan ketergantungan kepada Allah SWT.
  10. Berdoa dengan penuh keyakinan bahwa doa tersebut akan didengar dan dikabulkan oleh Allah sesuai kehendak-Nya.

Dengan mengikuti adab dalam membaca doa, maka akan menunjukkan keseriusan dan ketaatan kepada Allah SWT yang Maha Mengabulkan doa.

Keutamaan Membaca Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan bagi yang membaca doa keselamatan dunia dan akhirat. Berikut ini adalah keutamaan tersebut:

1. Pengampunan Dosa

Tidak ada manusia di dunia ini yang luput dari kesalahan dan dosa sekecil apapun. Dalam doa keselamatan dunia dan akhirat terdapat permohonan ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang dilakukan di dunia dan akhirat.

Oleh karena itu, salah satu keutamaan doa selamat dunia akhirat yaitu pengampunan dosa yang pernah dilakukan. Hikmah dari doa ini yaitu pentingnya introspeksi diri dan kesadaran terhadap kelemahan dan kesalahan yang dilakukan.

2. Perlindungan dari Segala Bentuk Musibah

Keutamaan selanjutnya dari doa ini yaitu perlindungan dari segala bencana, malapetaka, dan musibah, baik di dunia maupun akhirat. Dengan pertolongan Allah SWT melalui doa ini, manusia bisa mendapatkan keselamatan dan perlindungan dari musibah.

3. Perlindungan dari Godaan Setan

Salah satu penyebab banyaknya dosa yang dilakukan manusia yaitu karena adanya godaan dan bujuk rayu setan. Doa ini memiliki keutamaan yang bisa melindungi obat dari tipu daya setan yang menyebabkan manusia tersesat dan berbuat dosa.

4. Tercukupi Kebutuhan Hidup

Doa selamat dunia dan akhirat juga berisi permohonan kepada Allah SWT untuk mencukupi kebutuhan hidup di dunia. Doa ini juga mencakup permohonan agar Allah SWT memberikan rezeki yang halal, diiringi dengan kesehatan, kebahagiaan, dan kemudahan menjalani hidup.

5. Terhindar dari Api Neraka

Keutamaan yang paling penting dalam doa ini yaitu keselamatan dari azab api neraka. Doa ini memuat permohonan agar diberikan tempat terbaik di akhirat, yaitu surga. Doa keselamatan dunia akhirat menunjukkan kesadaran akan pentingnya mencapai kehidupan kekal di akhirat.

Dampak Positif Mengamalkan Doa Selamat Dunia Akhirat

Mengamalkan doa keselamatan dunia dan akhirat memiliki banyak dampak positif bagi siapapun yang menjalankannya. Berikut ini adalah beberapa dampak positif bagi umat Muslim yang mengamalkan doa keselamatan dunia dan akhirat.

  1. Menjalin hubungan yang dengan Allah SWT
  2. Mendapatkan kesejahteraan dunia dan akhirat
  3. Mendorong umat muslim untuk lebih taat dan senantiasa berbuat baik.
  4. Memperkuat kesadaran untuk bersyukur atas segala sesuatu yang diberikan oleh Allah
  5. Membantu mengurangi kecemasan dan kegelisahan serta membuat pikiran lebih tenang
  6. Membentuk akhlak yang baik dan menghindari perbuatan yang tercela
  7. Memperkuat iman dan keyakinan kepada Allah SWT

Selain mengamalkan doa selamat dunia dan akhirat, bersedekah juga bisa membantu mencapai keselamatan di dunia dan akhirat. Anda bisa bersedekah melalui Yayasan Yatim Mandiri agar penyalurannya tepat sasaran kepada orang yang benar-benar membutuhkan.

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.