45 Kumpulan Pantun Idul Fitri yang Penuh Makna dan Lucu

Pantun idul fitri adalah tren yang banyak dilakukan orang untuk memeriahkan hari raya. Untuk itu, simak contoh berikut ini agar bisa ikutan!

Seiring berjalannya waktu, bahkan ucapan Idul Fitri pun juga berkembang mengikuti tren agar tidak terkesan kaku dan membosankan.

Dalam hal ini, pantun Idul Fitri termasuk dalam hal yang sering dicari agar ucapan pada hari raya tidak hanya itu-itu saja.

Pantun sendiri merupakan karya sastra yang sudah ada sejak dulu dan digunakan untuk berbagai hal.

Sementara itu, merangkai kalimat ucapan selamat di hari raya Idul Fitri agar menjadi pantun adalah ide menarik yang tidak ada salahnya dicoba.

Selain bisa semakin memeriahkan hari kemenangan tersebut, hal seperti ini bisa jadi membuat beberapa non-muslim semakin tertarik dengan Islam dengan segala ajaran indah di dalamnya.

Agar tidak perlu pusing-pusing lagi merangkai kalimat yang pas, cek puluhan rekomendasi pantun ucapan Idul Fitri berikut!

Baca juga:   Balasan Ucapan Idul Fitri Dengan Versi Bahasa Lengkap

Sekilas Tentang Apa Itu Pantun Idul Fitri

Pantun adalah salah satu puisi tradisional yang memiliki aturan tersendiri dalam susunannya. Adapun aturan dari pantun adalah terdiri dari empat baris untuk tiap-tiap bait.

Dua baris pertama berupa sampiran dan dua baris selanjutnya berisi isi yang ingin disampaikan melalui pantun itu sendiri.

Pantun umum digunakan sebagai salah satu media untuk menyampaikan nasehat, sindiran, hingga petuah. Karena harus memiliki pola bunyi yang sama, pantun terdengar sangat segar dan menyenangkan saat diucapkan.

Selaras dengan hal tersebut, akhirnya pantun juga digunakan sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan kebahagiaan di hari raya Idul Fitri.

Umumnya, pantun ini akan berisi pesan keagamaan, ucapan hari raya, doa-doa, dan permaafan dengan cara seunik mungkin.

Pengungkapan ucapan pantun Idul Fitri sendiri bisa beragam, ada yang menyampaikan dengan penuh kalimat kebijaksanaan, kalimat agama, hingga kalimat candaan yang menyegarkan.

Tunggu apa lagi? Tentu kegiatan satu ini tidak boleh dilewatkan agar Idul Fitri bisa semakin meriah dan semarak!

Langsung saja simak puluhan contoh kalimat pantun yang cocok untuk Idul Fitri di penjelasan berikut.

Kumpulan Pantun Idul Fitri Menyentuh Hati, Lucu, dan Menyegarkan

Kumpulan Pantun Idul Fitri Menyentuh Hati, Lucu, dan Menyegarkan

Jika ingin memberikan pantun untuk sahabat karib, teman, ataupun orang terdekat, mungkin pantun yang berisi tema menyegarkan, lucu, dan kocak adalah pilihan paling tepat.

Selain bisa membuat suasana cair, saling memberikan pantun seperti ini bisa semakin mempererat hubungan baik.

Tidak perlu repot-repot lagi memikirkan susunan kalimat pantun yang pas, karena berikut ini terdapat berbagai contoh pantun untuk menyambut Idul Fitri yang langsung bisa digunakan. 

Pantun 1

Ada Bakwan dan juga Ketupat

Jangan lupa cuci tangan dulu di air keran

Wahai sahabatku kuucapkan selamat

Selamat menjalani hari raya lebaran

Pantun 2

Di saat kedua kucing oren itu berkelahi

Merebutkan satu-dua butir biji kuaci

Hanya satu yang kupinta kepada ilahi

Semoga di hari ini jiwa-jiwa kita kembali suci

Pantun 3

Makan kurma di pagi hari

Jangan lupa berbagi kepada dua kembar putri

Maaf karena mengirim pesan sebagai pengganti diri

Kuucapkan dengan tulus selamat hari raya Idul Fitri

Pantun 4

Sangat bahagia sekali diriku

Ketika membuka album foto yang selalu terkenang

Maafkan atas semua kesalahanku

Marilah kita sambut hari kemenangan ini dengan perasaan senang

Pantun 5

Spiderman bikin sambal pindang pakai cobek

Iron man duduk makan buah kedondong

Senangnya Idul Fitri sudah coming back

Hai, jangan lupa maafin kesalahanku dong

Pantun 6

Bambu hijau kesukaan si panda

Main bulu tangkis jangan lupa kok

Kalau ingin minta maaf ga perlu ditunda

Aku sudah maafin kesalahanmu kok

Pantun 7

Makan sambal paling enak pakai teri

Cari teri masa di kayu jati

Kini kuucapkan pantun Idul Fitri

Minta maaf apabila pernah menyakiti

Pantun 8

Stroberi manis dibungkus mika

Bunga matahari begitu cantik merekah

Semoga pintu maafmu masih begitu terbuka

Dan kita senantiasa dilimpahi berkah

Pantun 9

Tinkerbell terbang ke kota berlin

Mencari gaun indah berkain satin

Kuucapkan minal aidin wal faizin

Mohon maaf atas kesalahan lahir dan batin

Pantun 10

Sangat enak makan daging rusa

Yang diburu ditengah hutan rimba

Sebulan sudah kita menjalankan ibadah puasa

Akhirnya hari kemenangan telah tiba

Pantun 11

Sebenarnya apel merah itu akan diberikan

Tapi Snow White malah baca koran

Sejatinya orang sepertimu tidak mudah dilupakan

Mari saling memaafkan dan selamat lebaran

Pantun 12

Lihat poster pak Jokowi ada kucing oren

Lucu banget karena banyak gaya

Selamat hari Idul Fitri my friend

Jangan lupa maafin kesalahanku ya

Pantun 13

Sapi besar sudah diperiksa pak mantri

Ternyata hanya keselek pita mini

Dalam hari raya Idul Fitri

Maafkan kesalahan adikmu tercinta ini

Pantun 14

Masak sayur ketupat dengan kentang

Jangan lupa sekalian goreng ikan

Dihari Idul Fitri yang datang

Jangan lupa untuk saling memaafkan

Pantun 15

Belalang kesamber geledek

Setelah gosong dimakan buaya

Besok Idul Fitri telah come back

Maafin saya sekeluarga ya

Pantun 16

Salak hutan memang tak tertandingi

Tapi janganlah engkau makan sendiri

Mohon maaf jika pernah menyakiti

Semoga jiwa kita kembali fitri

Pantun 17

Susah mencari tanaman obat kina

Apalagi dimasak dan dimakan

Teruntuk kau yang nun jauh di sana

Pantun Idul Fitri ini kuucapkan

Pantun 18

Setelah berhasil membersihkan jiwa

Superman selalu sholat tepat waktu

Maafkan bila sering membuat kecewa

Selamat lebaran keluarga tercintaku

Pantun 19

Balon meletus warnanya rupa-rupa

Karena si balon hijau sudah bosan

Sebab masih belum bisa berjumpa

Maaf hanya bisa menyampaikan lewat pesan

Pantun 20

Makan manggis dan buah duku

Upin ipin dimarahin tok dalang

Jika kau tidak memaafkan kesalahanku

Maka cantikmu akan hilang 

Pantun 21

Menaruh durian dikarung goni

Habis dimakan sama si putri

Maaf chatting sebagai pengganti diri ini

Menyampaikan pantun Idul Fitri

Pantun 22

Terimakasih naruto telah bertahan

Nanti bunga cantik pasti merekah

Semoga kita selalu diampuni Tuhan

Dan dilimpahi banyak berkah

Pantun 23

Janganlah kalian berkelahi

Hindari cinta berubah menjadi benci

Satu yang kuminta dari Sang Ilahi

Semoga jiwa kita senantiasa kembali suci

Pantun 24

Beli pecel di warung Bu Rima

Taruh di nampan dimakan bersama

Pesan Anda sudah saya terima

Teriring pula pesan dari saya yang sama

Pantun 25

Sangat kenyang maka lauk patin

Jangan lupa cari obat kina

Saya maaf lahid dan juga batin

Teruntuk kamu yang ada jauh di sana

Pantun 26

Sangat nikmat makan burung dara

Ditambah sambal dan juga ikan

Selamat hari lebaran wahai saudara

Semoga persaudaraan kita semakin dieratkan

Pantun 27

Kalau lapar jangan lupa makan

Jangan lupa pula sedekah diberikan

Saling menghapuskan sesama kesalahan

Adalah makna penting di hari lebaran

Pantun 28

Hati sangat semangat berangkat jumatan

Ternyata pulangnya sandal hilang sepasang

Marilah kawan saling bermaafan

Jalani hari lebaran dengan hati lapang

Kumpulan Pantun Idul Fitri Bahasa Jawa

Kumpulan Pantun Idul Fitri Bahasa Jawa

Bagi beberapa masyarakat, untuk bisa menekankan kesan pantun hari raya Idul Fitri yang lucu dan berkesan, maka menggunakan Bahasa Jawa menjadi opsi yang dipilih.

Selain itu, seseorang juga bisa memberikan pantun kepada orang yang lebih tua dengan menggunakan Bahasa Jawa yang halus.

Pasalnya, dalam Bahasa Jawa sendiri terdapat beberapa tingkatan bahasa mulai dari krama inggil, krama halus, hingga ngoko. Untuk krama, bisanya ini ditujukan untuk orang yang lebih tua atau orang yang begitu dihormati.

Sementara Jawa ngoko digunakan untuk berbicara santai dengan teman ataupun sahabat karib. Karena terdapat tingkatan seperti ini, penggunaan Bahasa Jawa sangatlah membantu agar suatu kalimat terkesan sopan, menghormati, atau memiliki kesan bercanda dan lucu.

Agar bisa memeriahkan suasana meriah hari raya Idul Fitri, berikut terdapat berbagai kumpulan pantun Idul Fitri dengan menggunakan Bahasa Jawa yang bisa langsung digunakan.

Pantun 1

Koyo lagu Mbah Marijan roso roso

Senadyan ketiban rambutan ora opo-opo

Iling riyoyo mung kurang sedino

Sedoyo kalepatan kulo nyuwun sepuro

Pantun 2

Mangan sambal kalo teri

Aja lali karo ngombe seng akeh

Pada kanca sugeng idul fitri

Jaluk sepurane sen uakeh

Pantun 3

Putus cinta ati kelaran

Makane diomongi iku manuto

Kanggo koncoku iki sugeng lebaran

Ayo sepuroan ing antara kito

Pantun 4

Dolan-dolan disuguhi roti

Maem e sego anget lan iwak balur

Kulo ngaturaken pantun Idul Fitri

Kagem para keluwarga lan sedulur

Pantun 5

Budal jamaan sholat mesti barengan

Ngelewati kebon ingkang ati-ati

Ngaturaken sugeng lebaran kagem panjenengan

Tiyang ingkang ana ing jero ati

Pantun 6

Poso iku kudu duweni iman sing kuat

Akeh-akeh nglakoni perbuatan becik

Nanging saiki ramadhan sampun keliwat

Ngaturaken mugi-mugi ati kulo panjenengan tansah resik

Pantun 7

Katah rejeki niku apik bagi-bagi

Mugi-mugi khusnul khotimah ingkang kepanggih

Nalikane Idul Fitri sakniki sampun dugi

Nyuwun ngapunten saking sedanten kalepatan nggih

Pantun 8

Ramadhan iku kanggo ningkatake iman

Nanging masake nggih dikiro-kiro

Dumatenge dinten lebaran

Nyuwun ngapunten saking kesalahan sen ga dikiro

Pantun 9

Golek iwak langsung menyang nelayan

Mergo lagi usum-usum iki

Niat awak mugi saget salaman

Jaluk sepuro ing lebaran niki

Pantun 10

Dhahar ketupat paling cocok damel jangan

Ampun supe ngagem klambi ingkang apik

Kulo aturaken pantun Idul Fitri lebaran

Mugi pada ngapura amrih urip ingkang luwih apik

Pantun 11

Joko kae pancen lagi tresno ning Sri

Mlayu ning kebon kenek getah

Ngaturaken sugeng riyadin Idul Fitri

Nyuwun ngapunten ingkang kathah

Pantun 12

Gawe bakwan kakehan tepung pati

Ingkang disalahkae kito-kito

Sugeng lebaran damel kanca sejati

Aja sampe ana dendam lan iri ing antara kita

Pantun 13

Rumah Paijo warnane biru

Ayu tenan diparingi wit cemara

Menawi kulo wonten salah lan keliru

Nyuwun kathah samudra pangapura

Pantun 14

Ojo akeh-akeh melek bengi

Nopo melig ngopi terus kaleh maem ketan

Misal aku ono kesalahan sen ora disenengi

Sepurane tenan tulung dimaafkan

Pantun 15

Bangun umah ojo lali diparingi konco

Lan ditandingi piro-piro wit klopo

Sugeng riyadin damel konco

Njaluk ngapuro seng akeh-akeh e yo

Pantun 16

Sakurung budal ojo lali sarapan roti

Men ga luwe lan terus wareg

Ngaturaken sugeng riyadin Idul Fitri

Kagem sedanten keluawarga lan poro sederek

Pantun 17

Ora bakal kesel senajan wis kulino

Masak jangan ketupat iku gawe santen

Nalika riyadin kurang sedino

Sedoyo kalepatan kulo nyuwun ngapunten

Dari kumpulan berbagai pantun Idul Fitri di atas, seseorang bisa langsung menggunakannya untuk diucapkan untuk memeriahkan hari raya Idul Fitri.

Namun, boleh juga untuk hanya mengambil sampiran atau isinya saja, kemudian memodifikasinya sesuai dengan selera dan kebutuhan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
kurban pop up