Yuk Siapkan, Ini Dia Barang yang Perlu Dibawa Saat Mudik

barang yang perlu dibawa saat mudik

Setiap liburan panjang pastinya ingin berlibur ke kampung halaman bukan? Biasanya disebut dengan mudik. Dalam hal tersebut, harus mempersiapkan barang yang perlu dibawa saat mudik. Dengan begitu, mudik akan terasa lebih tenang dan menyenangkan. 

Apakah cukup dengan barang yang dipakai sehari-hari saja? Atau bahkan diperlukan untuk membawa barang lainnya? Simak pembahasan tentang barang apa saja yang perlu dibawa saat mudik di bawah ini. 

Barang yang Perlu Dibawa Saat Mudik ke Kampung Halaman

Siapkan barang-barang jauh-jauh hari sehingga bisa tenang pada saat akan melakukan perjalanan ke kampung. Memang tidak harus selalu membawa koper besar namun bawalah barang secukupnya. Oleh sebab itu, beberapa list barang di bawah ini sangat perlu untuk dibawa mudik, yaitu:

1. Pakaian Ganti

Barang yang Perlu Dibawa Saat Mudik ke Kampung Halaman

Pertama yang paling utama adalah pakaian ganti apabila di kampung halaman tidak ada baju ganti. Bahkan jika perjalanan mudik dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Maka bisa menyiapkan pakaian ganti yang pas dan tidak berlebihan. 

Biasanya untuk pakaian ganti ini bisa diletakkan di tas travel sehingga akan mudah dibawa kemana saja. Apabila merasa menginap di kampung halaman maka bisa menyiapkan jumlah baju ganti yang cukup. 

Dan ternyata, baju ganti ini juga bisa digunakan untuk ganti baju selama di perjalanan. Karena bisa saja di tengah jalan merasa gerah dan tidak nyaman dengan pakaiannya. Mengganti pakaian yang dibawa menggunakan tas khusus ini akan memudahkan selama perjalanan. 

2. Peralatan Mandi

Alat mandi bisa disiapkan sendiri dan diletakkan dalam tas besar. Karena untuk alat mandi kecil kemungkinannya digunakan saat perjalanan. Alat mandi tetap dibutuhkan sebagai barang pribadi seperti handuk, sikat gigi, pasta gigi, sabun cair, shampoo, dan lainnya. 

3. Mukenah atau Sarung

Memang terdengar sepele namun sangat dibutuhkan  pada kondisi yang mendesak dan sudah masuk waktunya. Mukena atau sarung harus dibawa saat mudik karena selama bulan Ramadhan sangat sayang untuk meninggalkan ibadah wajib ini.

Salah satu ibadah yang wajib adalah sholat. Dalam islam juga telah diatur cara sholat dalam perjalanan.

Bisa diletakkan pada tempat kecil sehingga compact dan handy saat dibawa. Bisa digunakan sewaktu-waktu pada saat akan digunakan jadi tidak perlu membongkar tas besar. 

Baca Juga : Kirim Hampers Lebaran Berbagi Kebahagiaan Hantaran Spesial

4. Kotak P3K dan Obat-Obatan Pribadi

obat obata pribadi dan P3K

Persediaan obat-obatan bisa masuk ke dalam list barang yang perlu dibawa saat mudik. Bisa membawa obat-obatan general seperti obat maag, obat sakit kepala, obat mual, maupun obat pribadi yang biasa dikonsumsi. 

Biasanya, tidak bisa terlepas dari kebutuhan isi dari kotak P3K dan sangat disarankan untuk membawa kotak ini. Isinya pun berbeda dengan obat-obatan pribadi dan isinya adalah cairan desinfektan, plester, perban, obat merah, dan lainnya. 

Tidak ada salahnya untuk selalu waspada dan berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan membawa obat-obatan adalah pilihan yang tepat. 

5. Minuman dan Makanan

Tidak heran jika perjalanan mudik ini dilakukan pada saat puasa atau bulan ramadhan.

Pemudik bisa saja menghabiskan waktunya seharian di perjalanan sehingga bisa masuk ke dalam waktu buka puasa. Membawa minuman dan makanan memang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. 

Jadi, pada saat berbuka puasa bisa langsung makan dan minum dari yang dibawa selama perjalanan. Bisa saja orang yang sedang bepergian jauh maka tidak berpuasa.

Hal tersebut bisa dikarenakan tidak kuat karena macet, panas, dan membutuhkan asupan makanan agar tidak lemas. 

Siapkan makanan berat dan ringan sesuai kebutuhan. Hindari untuk membawa makanan yang terlalu pedas, berat, dan mengandung banyak gula. Karena makanan tersebut akan membuat perut menjadi tidak nyaman. 

6. Perlengkapan Perjalanan

Mudik memang perjalanan yang cukup jauh dan barang yang perlu dibawa saat mudik harus disiapkan dengan baik.

Sebenarnya, untuk melakukan perjalanan ini bisa menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Dan beberapa barang yang dibutuhkan untuk perlengkapan perjalanan, seperti:

  • Tiket kendaraan umum seperti pesawat, kereta api, dan lainnya. 
  • Untuk kendaraan pribadi yaitu mobil harus membawa ban cadangan, dongkrak, toolkit reparasi, kartu tol, dan lainnya. 
  • Untuk kendaraan pribadi yang menggunakan motor harus selalu menggunakan helm, sarung tangan, masker, dan lainnya. 

Beberapa perlengkapan perjalanan ini sangat penting karena akan menentukan bagaimana suasana dari perjalanan yang akan dilakukan. Semakin siap menyiapkan perlengkapan ini maka perjalanan akan terasa lebih menyenangkan. 

7. Parcel atau Hampers

Tradisi mudik dan lebaran tidak terlepas dari pemberian parcel atau hampers. Biasanya hal ini dilakukan untuk memberikan kesenangan kepada orang tua atau sanak keluarga. Oleh sebab itu, barang ini perlu dibawa saat mudik. 

Akan tetapi, bukan berarti harus disiapkan di rumah dan dibawa selama perjalanan. Bisa saja memesan hampers atau parcel dari kampung halaman atau tempat terdekat sehingga bisa diberikan pada saat sudah sampai di tempat. 

Bahkan, tidak jarang saat ini parcel dan hampers digantikan dengan uang yang diletakkan pada amplop. Dengan begitu pastinya orang tua dan saudara akan senang menerima uang cash. 

8. Alat Komunikasi

Handphone saat ini menjadi barang yang sangat dibutuhkan di era milenial karena seluruh informasi tersedia secara lengkap. Bahkan, saat mudik jangan lupa untuk membawa alat ini beserta dengan chargernya. 

Pastikan sudah diisi kuota internet sehingga selama perjalanan tetap bisa berselancar internet tanpa harus bosan melakukan perjalanan yang jauh. Apabila memiliki powerbank maka bisa dibawa dan dipastikan untuk baterai yang dimiliki masih banyak. 

9. Dokumen Penting

Jangan tinggalkan dokumen penting seperti kartu tanda pengenal atau KTP. Ada juga beberapa yang membutuhkan kartu vaksin atau tes PCR. Dan lebih amannya lagi bisa menyiapkan seluruh dokumen secara scan pada ponsel atau handphone. 

Untuk menata barang yang perlu dibawa saat mudik ini memang harus tepat. Ada yang harus dibawa pada tas kecil yang handy maupun diletakkan pada tas besar atau koper.

Oleh sebab itu, dibutuhkan waktu jauh-jauh hari untuk mempersiapkannya agar tidak ada yang tertinggal saat akan berangkat. 

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.